Bunda Maria Diangkat Ke Surga
Posted Agustus 12, 2007
on:- In: Renungan
- 69 Comments
Tanggal 15 Agustus adalah hari yang penting bagi umat Katolik karena pada hari ini diperingati terangkatnya Bunda Maria ke Surga.
Bunda Maria atau sering pula disebut sebagai Bunda Yesus, Santa Perawan Maria atau Bunda Allah adalah seorang wanita yang dipilih oleh Allah untuk melahirkan Yesus ke dunia ini. Sejak permulaan dia telah disiapkan oleh Allah dan Allah sendiri telah menubuatkan kehadiran Maria sebagai Bunda Allah.
Kejadian 3:15
“Aku akan mengadakan permusuhan antara engkau dan perempuan ini, antara keturunanmu dan keturunannya; keturunannya akan meremukkan kepalamu, dan engkau akan meremukkan tumitnya.”
Bunda Maria adalah keturunan murni Hawa. Dan Bunda Maria sejak dalam kandungan sampai tiba saatnya melahirkan Yesus telah berada dalam kuasa dan perlindungan Roh Kudus. Allah telah menjaga kekudusan Maria sejak dalam kandungan ibunya. Tentu saja karena Allah ingin agar kelahiran Yesus benar-benar kudus.
Sejak kecil Maria dikenal sebagai wanita yang soleh dan berbakti kepada orang tua. Maria dibesarkan dalam keluarga yang taat. Maria juga seseorang yang polos dan suci tetapi Maria memiliki kedewasan iman dan memiliki kepasrahan yang besar kepada Allah.
Karya Roh Kudus
Cerita mengenai kabar dari malaikat, turunnya Roh Kudus, kehamilan Maria, kebimbangan Yusuf, kunjungan ke keluarga Imam Zakaria dan Elisabeth, sensus dan kelahiran Yesus di kandang dapat dibaca dengan lengkap di kitab Lukas 1-3.
Dan semasa hidup Yesus, Maria dengan sangat taat dan setia mendampingi Anaknya dalam suka dan duka. Betapa pilunya hati Maria saat mendampingi Yesus yang wafat di kayu salib.
Umat Katolik mempercayai bahwa Maria tetap perawan walau pun telah melahirkan Yesus. Tidak diceritakan dalam Alkitab bahwa Maria melahirkan adik-adik Yesus. Demikian pula tidak diceritakan lebih rinci mengenai Yusuf suaminya. Tetapi Alkitab mencatatkan penyertaan Maria dalam karya-karya Yesus selama hidup Yesus.
Bunda Maria Diangkat Ke Surga
Bunda Maria adalah salah satu dari beberapa manusia yang diangkat ke surga. Di Alkitab tercatat beberapa manusia yang diangkat ke surga, yaitu Henokh, Elia, Yesus (setelah bangkit) dan kemudian Maria.
Menduga alasan mengapa Maria diangkat ke surga?
Pertama, karena Maria adalah Bunda Allah, yang memang telah dipersiapkan secara khusus oleh Allah dan kehadirannya memiliki arti khusus dalam karya keselamatan manusia. Kekudusannya telah menyelamatkannya dari dunia seperti halnya Henokh yang semasa hidupnya bergaul dengan Allah sehingga Allah berkenan mengangkatnya ke surga.
Kedua, Allah tidak ingin jasad Maria menjadi batu sandungan bagi manusia. Kita semua ingat bahwa manusia purba terus mencari jasad Musa yang telah dimatikan Allah. Tetapi malaikat Mikael telah menyembunyikan jasad Musa walau pun untuk itu Mikael harus bertengkar dengan Iblis (Lucifer).
Tidak lain tidak bukan karena jika jasad Musa ditemukan, maka akan terjadi kemusyrikan yang sangat luar biasa. Bisa jadi jasad Musa akan diawetkan, didewakan atau diagungkan sehingga pada akhirnya akan menyesatkan manusia. Tentu pembaca ingat akan batu meteor yang sampai saat ini masih diagungkan oleh umat lain kan? Padahal itu hanyalah batu meteor tidak berarti. Hanya saja memang batu itu dipercaya didirikan oleh Abraham.
Tentu saja Allah tidak ingin hal itu terjadi pada tubuh Maria. Dan akhirnya Maria diangkat ke surga. Maria memang suci dan kudus, tetapi bukan untuk konsumsi kedangkalan pikiran dan hati manusia.
Alasan lain? Hanya Allah yang tahu sehingga Maria pun diangkat ke surga.
Doa Kepada Maria
Bunda Maria yang setia dan taat kepada Allah sepanjang hidupnya merupakan gereja mula-mula atau sering disebut sebagai gereja purba. Dialah yang mendampingi kehidupan rohaniah para rasul. Dialah yang mendampingi para murid dalam berkarya sepanjang kehidupannya.
Maria dan para murid Yesus membentuk suatu persekutuan jemaat Kristen mula-mula. Dari sinilah akhirnya terbentuk gereja apostolik pertama dengan dipimpin oleh Santo Petrus.
Setelah diangkat ke surga, beberapa puluh tahun kemudian timbul bidaah-bidaah yang menganggap bahwa Maria adalah salah satu Allah, yaitu Allah ibu. Arti Trinitas telah diselewengkan sebagai: Allah Bapa, Allah Ibu dan Allah Putera. Tentu ini adalah paham yang tidak benar. Paham ini tidak sejalan dengan paham gereja mula-mula. Bidaah ini sering disebut sebagai Mariamisme.
Bidaah ini sempat tumbuh subur di kalangan masyarakat. Puji Tuhan bahwa Gereja Katolik memberikan sikap yang tegas. Gereja Katolik mengakui kekudusan dan kesucian Maria, tetapi bukan berarti Maria itu Allah. Gereja Katolik sangat menghargai Maria sebagai ibu Yesus. Tetapi Trinitas bagi Katolik tetap berarti: Allah Bapa, Allah Putera dan Allah Roh Kudus.
Saat ini beredar paham yang salah tentang Gereja Katolik dengan anggapan bahwa umat Katolik berdoa kepada Maria dan bukan kepada Allah. Berkaitan dengan hal tersebut pada akhirnya ada juga aliran Kristen yang pada akhirnya tidak mengakui kekudusan dan kesucian Maria.
Pada saat bidaah Mariamisme tumbuh subur, memang benar bahwa ada banyak umat yang berdoa kepada Maria, bahkan porsinya lebih banyak dari pada kepada Allah sendiri. Mereka berdoa kepada Maria selayaknya Maria adalah allah. Tetapi bukan berarti demikian dengan Gereja Katolik.
Gereja Katolik berdoa kepada Maria dalam wujud mohon didoakan. Berikut adalah petikan doa “Salam Maria” yang sering didaraskan oleh umat Katolik mengikuti doa “Bapa Kami.”
Salam, Maria penuh rahmat, Tuhan besertamu.
Terpujilah engkau di antara wanita dan terpujilah buah tubuhmu Yesus.Santa Maria, Bunda Allah, doakanlah kami yang berdosa ini,
sekarang dan waktu kami mati. Amin.
Bait pertama dari doa “Salam Maria” ini diambil dari salam yang diucapkan oleh malaikat Gabriel yang diutus Allah kepada Maria. Sedangkan bait kedua adalah permohonan umat agar supaya didoakan oleh Maria.
Maria adalah gereja. Maria adalah orang kudus. Maria juga hadir di perayaan Ekaristi di surga. Dalam kekudusan doa surgawi, dan dalam persekutuan doa baik di bumi dan surga, umat Katolik percaya bahwa kita pun berdoa bersama dengan para kudus yang berdoa di surga.
Sesuai dengan semangat mengasihi, sudah selayaknya bahwa kita saling mendoakan. Dan tidak ada yang salah jika kita minta didoakan pula oleh para kudus di surga. Dan salah satu orang kudus yang dapat kita mintai doa adalah Bunda Maria.
Jadi esensinya berbeda ketika kita berdoa kepada Allah. Kita tetap berdoa kepada Allah. Tetapi kita juga minta didoakan oleh Bunda Maria. Seperti ketika kita akan pergi ke suatu tempat yang jauh kemudian minta restu dan didoakan oleh orang tua atau keluarga kita supaya kita bisa selamat sampai tujuan dan juga agar misi kita dapat berhasil.
Demikianlah sedikit tulisan saya mengenai Bunda Maria yang suci dan kudus.
69 Tanggapan to "Bunda Maria Diangkat Ke Surga"
@ MAS DEWO…ATT ALL..
Dalam blog komentar kemaren kan saya sudah tampilkan..bahwa saya sudah membaca komponen nenek moyang yesus…meskipun karena saya menghormati setinggi tingginya sebagai umat muslim yang mengimani rasul rosul pembawa keselamatan…agar umay kristian semacam mas dewo yang taat..maka say tidak melanjutkan cerita itu.Saya kasian dan saya terharu sekali.. saudara saudaraku belum memahami…dan iklhas…ihsan dalam mengartikan hakekat TUHAN .
Baru saja saya usai mengulas masalah ibunda MARIA/MARYAM BIN IMRAN …siapa belaiu yag suci itu..? anak siapa…?betapa tergolong piatu sama dengan muhamad anak yatim… ini logika dan sangatttt sederhana sebagai manusia ,hamba hamba sahaya…pada dasarnya latar belakang para tokoh tokoh penghuni surga…latar belakang sangat buruk…jadi tidak ada suatu hal yang di istimewakan..meskipun dalam kisa ada seorang nabi yang raja diraja,kaya dan terhormat,terpandang…dan rata rata nabi nabi kita terdahulu awalnya susah kemudian terjunjung tinggi..tetapi akhirnya mati juga…
Ini merupakan sebuah HIDAYAH dan pelajaran untuk kita ..agar kita tidak terlalu terfokus oleh…suatu istilah “SAYAP DADA”
Setelah saya baca ulasan diatas…tentang bunda maryam…yaitu tadi istilah SAYAP DADA kenapa mesti ada kalmat yang ,meninggikan atau kalimat yang bersinylamen menuhankan sesuatu yang sebenarnya dianggap wajar sebagai mahluk yang ditinggikan derajatnya…dan kita semua sudah musti tau kalau yang semacam itu jelas masuk surga…tidak perlu didoakan..atau mendoakannya…mereka tidak didoakan pun sdh ada tempatnya.Kecualiiii kita kita ini massss dewo….
Islam membenarkan sejarah dan saya baca mukadimah bibel… saya justru semacam terbawa halusinanasi bayangan…bayangan yang seakan akan kita itu sedang melayang layang diawan…kalimat dan orasi narasinya..mendayung ndayung…seperti komentar mas dewo diatas…persis macam itu… apakah tidak ada kalat kata yang lain…
Saya seorang muslim…yang bener bener cinta para rasul…cinta dengan perjuangan perjuanganya…cinta dengan karya karyanya…bukan cuma muhamad sajaaaa….nabi nabi yang lebih awal dari itu saja sdh cukup membeuat saya menangisssssssss….bayangkan…manusia di zaman itu..hanya diperintahkan tunduk,sujud,bersyukur, dan mengucapkan ALLAH..kata kata yang palinggggg ringan…alangkah berat nya….mereka malah lebih suka menyebut kata kata…anggur dari pada Allah…
Anggurr anggurrrrr anggurr….maksudnya apa…? ngerti nggak sih….minuman tuak…minuman niras…saya sdh katakan tidak akan lagi meyinggung masalah iman…tetapi justru saya akan mengajak saudara saudara yang katanya sudah beriman…
Dengan iman yang sdr sdr pegang teguh pada saat ini..saya mau menanyakan..:
1.Apa sumbangsih sdr sdr…?kepada beliau beliau kesayangan Allah itu..?apa..?
2.Apakah sdr sdr sudah menyisihkan sebaian dari pada harta sdr…untuk fakir miskin dan ank anak terlantar…?lihatlah anak anak jalan itu.Dan pandanglah dia seakan akan mereka itu anak kita sendiri..bagaimana..? adakah hati nurani anda untuk mengangkat derajatnya…?
3.Seharusnya tujuan blog ini bukan untuk berdebat,dan berorasi melainkan akan lebih tepat kalau blog ini mengajak kita semua..membangun kehidupan yang lebih layak…dengan cara yang telah dipercontohkan oleh beliau beliau sang penyelamat kita…
4.Kita semua mengatakan mereka mereka itu juru selamat kita…ya..! tapi kita…mau menyelamatkan siapa..?sementara anak anak yatim piatu,anak anak jalanan mencari makan dipinggir jalan…YESUS MURKA kepada kita semua…bagaimana kita bisa disertakan kepadanya disurga kalau kita sendiri cuma ongkang ongkang di depan komputer…
Jadi kita tak usahlah terlalu jauh mengurusi tentang betapa oh kudusnya engkau..betapa sucinya oh engkau ataupun dikuduskanlah engaku oh…gak usah begitu juga beliau beliau sdh ada tempatnya…yang jadi persoalan sebenarnya kita kita ini…”belaiu beliau itu tunduk,sujud,berserah diri kepada Allah dengan tukmaninah” apa yang diperintahkan dan apa yang diajarkan kepadanya..selalu dikerjakan dengan tulus iklas meskipun kepalanya melayangg…jiwanya terancam……..sementara disini kita cuma makan tidur kerja mangku anak…liat anak org lain ileran gembel…ingat tidak sedikit para malaikat selalu menyamar sebagi manusia biasa…lebih banyak malaikat menjelma menyerupai pengemis… malaikat sedang menguji iman kita ..mau memberi sedekah atau tidak…hati hati ini jgn disepelekan…
sekarang kita tidak usah membicarakan subyektif yang sudah berlalu..sekarang kita membicarakan…kita sendiri saja…bagaimana..?
1.Bagaimana mencari jalan kebenaran sejarah, bukan perubahan sejarah…merubah sejarah sama saja merubah…kebenaran,kita cari siapa yang merubah sejarah itu…barulah kita akan memperoleh siapa yg telah ……?karena saya yakin karena dialah sdr sdr menjadi pemimpi pemimpi sahaya…
2.Saya sedih sekali dengan kekeliruan sdr sdr dengan apa yg selama ini sdr sdr ikuti…kalau saja yg sdr sdr ikuti itu menurut sejarah aslinya..maka saya anggap sdr sdr adalah MUSLIM.dan tidak ada lagi katholik,kriten dll keimanan sdr sdr sudah mantab dan sdh baik..cuma ketuhanan sdr yang masih harus diperbaiki.masih ada jalan dan kesempatan untuk memperbaikinya.salam mohon maaf…bila ada yang meninggung perasaan sdr sdr..
Terima kasih atas penjelasannya mas Dewo. Walau ada banyak hal kita berbeda pendapat, tapi kita mempunyai satu tujuan, yaitu:
“supaya dalam nama Yesus bertekuk lutut segala yang ada di langit dan yang ada di atas bumi dan yang ada di bawah bumi,
dan segala lidah mengaku: “Yesus Kristus adalah Tuhan,” bagi kemuliaan Allah, Bapa!”
Filipi 2:10-11
Walau anda diserang dan dicaci maki oleh banyak orang, saya berdoa agar mas Dewo agar tetap setia memproklamasikan kabar baik ini, hanya dengan kekuatan-Nya melalui Roh dan kebenaran FirmanNya 😉
@Saudara/Saudariku Muslim
Saudara/saudariku, ikhwan/akhwat sebenarnya apa yang saudara/saudariku itu sudah lebih dari pada cukup untuk meyakinkan keimanan untuk saudara/saudariku yang tidak seiman. Tapi ada bebeapa point dalam berda’wah :
1. Kita diberikan petunjuk dalam Al Quran bahwa sesungguhnya agama yang diridhai Allah itu ialah Islam.
2. Kemudian kita juga diberi petunjuk dalam Al Quran bahwa dalam ajaran islam sesungguhnya tidak ada paksaan.(“Untuku agamaku dan untukmu agamamu)
3. Kemudian kita juga diberi petunjuk dalam Al Quran kalau kewajiban kita hanya menyampaikan bahwa yang benar itu benar dan yang sesat itu sesat walaupun hanya satu ayat.
4. Kemudian kita juga diberi petunjuk dalam Al Quran kalau selanjutnya itu adalah urusan Allah. Jadi apakah seseorang itu tetap berada dalam kesesatan atau mendapatkan Hidayah. Hanya Allah lah yang bisa memberikan petunjuk.
Oh ya perlu kita yakini bahwa banyak saudara-saudari kita yang menjadi mualaf. Dan mereka menjadi mualaf itu bukan karena paksaan dari kaum muslimin melainkan mereka itu mencari sendiri kebenaran yang selama ini mereka cari. Mungkin inilah yang namanya Hidayah dari Allah.
@Dewo
Mas Dewo maaf saya mau bertanya (intermezo aja)
Kalau misalnya dalam umat Kristiani itu dibagi 3 kelompok yaitu :
1. Pakar/Sarjana/Ahli Kitab
2. Pastur/Pendeta
3. Jemaat Gereja
Kira-kira anda termasuk mana, ya ?
He..he…hee..intermezo aja
@dewo 11
betul kata anda kita semua umatNya murid Yesus.
Pakar / sarjana/ahli kitab/pastor/pendeta/jemaat gereja semua nya murid Yesus.
tiada yang besar tiada yang kecil, sama rata saja dimata Tuhan,
Tuhan memberkati.
@dewo
“Saya termasuk murid Yesus.”
Kalau anda murid Yesus berarti Yesus itu adalah guru anda…
Kalau Yesus itu sebgai Tuhan anda, dalam hubungan timbal balik kira-kira anda sebagai apanya Yesus, ya?
Bunda Maria atau sering pula disebut sebagai Bunda Yesus, Santa Perawan Maria atau Bunda Allah adalah seorang wanita yang dipilih oleh Allah untuk melahirkan Yesus ke dunia ini. Sejak permulaan dia telah disiapkan oleh Allah dan Allah sendiri telah menubuatkan kehadiran Maria sebagai Bunda Allah.
Salam, Maria penuh rahmat, Tuhan besertamu.
Terpujilah engkau di antara wanita dan terpujilah buah tubuhmu Yesus.
Santa Maria, Bunda Allah, doakanlah kami yang berdosa ini,
sekarang dan waktu kami mati. Amin.
Bait pertama dari doa “Salam Maria” ini diambil dari salam yang diucapkan oleh malaikat Gabriel yang diutus Allah kepada Maria. Sedangkan bait kedua adalah permohonan umat agar supaya didoakan oleh Maria.
Setelah saya membaca dgn dalam2 tulisan ini dan sebagai org kristen yg berdasarkan alkitab
saya setuju maria adalah wanita yg kudus dan dipilih oleh Allah tuk melahirkan Tuhan Yesus Kristus ,memang kita harus menghormati maria atau org 2 yg dipilih Tuhan ,
1.tetapi mengapa kesannya maria itu lebih dari org22 yg beriman(kudus) yg dipilih Tuhan..Contohnya ada doa salam bunda maria..tidak ada salam doa Bapak musa atau elia mengapa hamya maria saja yg ada doanya /salamnya bukannya semua mereka juga org kudus dan diangkat ke surga .
2. Memang maria bunda Tuhan Yesus tetapi maria hanya manusia yg kudus dan hanya dipakai Allah tuk menggenapi rencana Allah yaitu melahirkan Mesias.Seumpama Maria pada waktu itu tidak mao melahirkan Tuhan Yesus apakah Mesias tidak lahir/rencana Allah gagal hanya seorg wanita bernama maria??Tentu saja rencana Allah tidak akan gagal .
Jadi kesimpulannya Maria itu hanya wanita kudus yg dipakai Allah tuk melahirkan Mesias seperti nabi22 lain yg juga dipakai Allah sesuai dgn rencanaNya.
3.Jadi kesimpulan semua org kudus yg dipakai oleh Allah tuk menngenapi rencanaya atau menyebarkan ajaran semuanya sama dimata Allah tergantung imannya .Jadi tidak ada yg lebih dan yg kurang.
Dear Mas Tom2000,
Memang orang Katholik sangat memuji Bunda Maria yang rendah hati dan berserah diri terhadap kehendak Allah, sekalipun konsekuensi yang dihadapi sangat berat. Kemungkinan diputus cintanya oleh Yusuf/ Yosef, serta menyaksikan “Putera” yang dilahirkannya disiksa sampai mati.
Sebagai perempuan sekaligus Ibu (silakan tanyakan bagaimana perasaan Ibu Anda), ketabahan dan kesetiaan Bunda Maria sungguh istimewa. Segala kesukaran dan penderitaan dilakoninya dengan penuh keikhlasan. Tidak ada tulisan dalam alkitab yang menceritakan keluh kesah Bunda Maria. Bahkan, ketika Yesus hilang pun dan setelah diketemukan menjawab kecemasan Ibunya dengan berkata: “Mengapa kamu mencari Aku ? Tidak kah kamu tahu, bahwa Aku harus berada dalam rumah BapaKu ?” (Lukas 2:49-51) Bunda Maria menyimpan semua perkara itu di dalam hatinya.
Bunda Maria adalah figur perempuan dan Ibu yang sangat berkenan di hadapan Allah (Markus 3:35). Karena itulah, Yesus pun sungguh memperhatikan permohonan Bunda Maria ketika perkawinan di Kana (Yoh 2: 4,11)
Apa yang kemudian dilakukan kebanyakan umat Katholik agar Bunda Maria juga mendoakan (kata ini digarisbawahi) segala permohonan/ harapan mereka, karena Injil pun tidak menyangkal peran dan bantuan Bunda Maria dalam memperoleh campur tangan dan pertolongan dari Yesus untuk segala kesulitan yang kita hadapi.
Umat Katholik sungguh beruntung mendapatkan perhatian dan bantuan doa dari Bunda Maria.
Silakan Mas Tom2000 meminta bantuan dari Bunda Maria, agar Yesus mau berpaling dan menyendengkan telingaNya kepada doa-doa harapan Anda.
Salam Damai
Bukan hanya org katolik tapi org kristen jugi sangat memuji maria atas kekudusannya yg dipakai Allah untuk menggenapi janjinya , ,tetapi ttp saja jika kita sbg umat nasrani harus berdasarka injil secara keseluruhan bukan hanya satu sisi saja
Dimana kita mengenal Allah Tritunggal Allah Bapa,Allah putera,dan Allah Roh Kudus
Dimana Allah yg menampakan diri sebagai manusia adalah Tuhan Yesus dan Yesus dan Bapanya adalah satu.
dimana Tuhan Yesus adalah berasal surga dan bukan dari dunia.(Allah menjadi manusia bukan Manusia menjadi Allah) Tentu semua umat narani mengamini itu.
Bagaimana dgn tanggapan saudara dalam pasal Matius 12:47 Maka seorg berkata kepadaNya Lihatlah ibuMu dan saudara2 Mu ada diluar dan berusaha menemui Engkau.
12:48 Tetapi jawab Yesus kepada org yg menyampaikan berita itu kepadaNya “Siapa ibuKu?Dan siapa saudara-saudaraku ?.ayat ini melihat sisi dari Tuhan Yesus itu bukan sebagai Anak Manusia tetapi dr sisi sebagai Tuhan dan Anak Allah yg berasal dari Surga dan tdk mempunyai Ibu.
Bunda Maria adalah figur perempuan dan Ibu yang sangat berkenan di hadapan Allah (Markus 3:35) .Ayat ini melihat maria adalah Ibu Tuhan Yesus dr sisi Tuhan Yesus sebagai Anak Manusia.
Bukannya sebagai umat nasrani mengamini bahwa Yesus
adalah berasal dr surga dan bukan dari bumi.
Tentusebagai umat nasrani kita berpedoman kepada satu yaitu Alkitab krn wahyu Allah yg diturunkan ke bumi melalui perantara nabi2/org yg dipilih dgn kuasa Roh Kudus
Untuk doa salam Bunda Maria siapa yg menciptakan?Apakah ada ayat dari alkitab baik PL dan PB ttg doa terhadap maria
Apakah pastor2/ahli agama nasrani yg diakui pada jaman itu membuat/membikin doa salam bunda Maria ?atas kuasa siapa???
Dear Mas Tom2000,
Saya tidak tahu apakah Anda umat Kristen/ Katolik, sehingga melewatkan Lukas 1:28, 42, 48 (lengkapnya Lukas 1: 26 -56 yang sekaligus menjawab kriteria Yesus mengenai arti “Ibu” kepada Bunda Maria. Dari ayat-ayat itu pulalah doa Salam Maria menjadi inspirasi iman dan dikutip. Seandainya Mas Tom2000 juga ingin membuat doa sendiri untuk Bunda Maria maupun doa kepada Yesus atau berdoa menurut ungkapan hati sendiri dalam berdialog kepada Allah, apa saya harus/ berhak meributkan atas kuasa siapa ?
Salam Damai
Mengucapkan “Selamat Menunaikan Ibadah Puasa” kepada semua Saudaraku dan juga kerabatku. Semoga Allah SWT melimpahkan Rahmat Pengampunan dan Kemenangan. Amien.
saudara-saudaraku,apakah kalian tidak mengkaji lebih dalam lagi injil itu sebenarnya?
Mohon maaf,tidak satupun dari ayat injil yang menyatakan bahwa yesus itu Tuhan.ia hanylah seorang nabi biasa yang dimuliakan Allah.
Coba kalian lihat injil Yohanes 17:3 yang isinya “Inilah hidup yang kekal itu yaitu mengenal engkau satu-satunya Allah dan mengenal Yesus kristus yang telah engkau utus”.
Coba pahami dan dalami ayat ini,tidakkah memberitahukan kepada seluruh umat nasrani bahwa yesus itu hanyalah utusan atau rasul bukan tuhan sama seperti Moses dan rasul-rasul sebelumnya.
Puji Tuhan,
Disini saya tekankan sekali lagi sebagai org kristen saya sangat menghormati,mengikuti teladan dan mengamini bukan hanya maria tetapi juga nabi,rasul,org2 pilihan Tuhan karena mereka org kudus yg dipakai sesuai dgn kebutuhan Tuhan.Jika maria sebagai org kudus dipilih Allah tuk melahirkan Tuhan Yesus dan diberkati di antara semua perempuan ,begitujuga dgn rasul2/nabi2 semuanya diberkati Tuhan seperti yg ditulis di injil.
Jika saudara bilang berdarkan doa maria berdarkan inspirasi atas ayat22
Lukas 1:28 Ketika malaikat itu masuk ke rumah Maria, ia berkata: “Salam, hai engkau yang dikaruniai, Tuhan menyertai engkau.”
Lukas 1:42 lalu berseru dengan suara nyaring: “Diberkatilah engkau di antara semua perempuan dan diberkatilah buah rahimmu.
Lukas 1:48 sebab Ia telah memperhatikan kerendahan hamba-Nya. Sesungguhnya, mulai dari sekarang segala keturunan akan menyebut aku berbahagia,
dan jika kita lihat isi dan makna yg terkandung dalam doa salam maria
Salam, Maria penuh rahmat, Tuhan besertamu.
Terpujilah engkau di antara wanita dan terpujilah buah tubuhmu Yesus.
didalam pasal2 yg anda sebutkan dan di seluruh ayat dlm injil
tidak ada kalimat/doa2 dibawah ini .
Santa Maria, Bunda Allah, doakanlah kami yang berdosa ini,
sekarang dan waktu kami mati. Amin.”(Ini doa/kalimat yg menjadi pertanyaan saya terhadap saudara??)”
Inspirasi drmna ?atau dari Iman?Iman yg mana?
1.Yg plg penting kami sebagai org kristen ,Adanya doa salam maria yg dibuat mengikuti doa “Bapa Kami.” (seperti yg saudara tulis).
Berdasarkan apa sehingga terciptanya doa salam maria sehingga bisa/dapat dapat mengikuti doa Bapa kami yg dibuat oleh Tuhan Yesus.(mana bisa dibandingkan/diikuti?) maria adalah manusia kudus/suci, tapi ttp aza sebagai manusia ciptaan Tuhan sedangkan doa Bapa kami adalah doa Tuhan Yesus kepada Bapanya yg menciptakan semua isinya.
Tuhan mengajarkan doa Bapa kami kepada murid2Nya ,sekaligus kita sbg manusia kristen agar berdoa langsung kepada Bapa ,krn
doa itu adalah hubungan khusus/langsung antara Allah dengan kita sebagai manusia dan hanyalah kepada Tuhan kita berdoa ,bukan pertama kepada Tuhan dan kedua kepada org22 kudus/melalui org kudus) agar kita ikut/minta didoakan
Tuhan Yesus berkata ,doalah kepada Bapa maka Bapa akan mendengar ,mintalah maka engakau diberi karena Tuhan tahu apa yg kau inginkan.
dan Tuhan Yesus mengajarkan Doa Bapa kami kepada murid2Nya dan sekaligus kita sebagai pengikut Kristus agar kita berdoa langsung kepada BapaNya,bukan melalui perantara nabi2/org suci atau minta didoakan
,karena sekali lagi sbgai org kristen “doa adalah hub pribadi kita hanya dng Allah” ,bukan bisa digabung2 bisa antara manusia dan Tuhan ,dan manusia dgn manusia(walaupun org suci ttp aza mereka manusia ciptaan Tuhan).Sekali lagi doa adalah hub langsung hanya antara manusia/kita dgn Tuhan.
Seperti yg anda tulis,
Apa yang kemudian dilakukan kebanyakan umat Katholik agar Bunda Maria juga mendoakan (kata ini digarisbawahi) segala permohonan/ harapan mereka,
Sebagai umat kristen tentu kita hanya mengamini apa yg ada di didalam injil tidak melebihan atau mengurangi ayat dan arti didalamnnya.Doa itu adalah doa hubungan khusus/langsung antara Allah dengan kita sebagai manusia dan hanyalah kepada Tuhan kita berdoa seperti dalam injil dimana Abraham ,Musa,Elia,Rasul22 Tuhan dll,pada waktu mereka berdoa kepada Tuhan ,mereka berdoa hanya langsung kepada Tuhan,bukan “pertama kepada Tuhan setelah itu kepada org22 kudus(melalui org kudus) agar kita ikut didoakan segala permohonan kita seperti doa yg anda lakukan ,karena sekali lagi Tuhan Yesus berkata doalah hanya kepadaKu ,karena engkau akan diberi. ”
Umat Katholik sungguh beruntung mendapatkan perhatian dan bantuan doa dari Bunda Maria.
Umat kristen lebih beruntung lagi, tanpa melalui manusiapun(maria dll ), Tuhan Yesus mendengar/mengabulkan doa kami
Saya sebagai org kristen tidak akan berdoa terhadap manusia manapun,tetapi saya hanya berdoa kepada Tuhan Yesus Kristus.
Semoga saudara sadar apa maknanya /artinya sesungguhnya doa
Amin
GBU
YESUS itu jalan kebenaran. sedangkan Muhamad itu nabi palsu yang diramalkan YESUS. YESUS itu tuhan buktinya ketika YESUS dibaptis terdengar suara ALLA BAPA menatakan “INILAH ANAKKU YANG KUKASIHI KEPADANYALAH AKU BERKENAN DENGARKANLAH DIA”.
Amin
Dear Mas Tom2000,
Bagaimana pun pemahaman kita tentang Bunda Maria, terutama dalam Yoh 2:4,11 (Perkawinan di Kana) memang berbeda. Saya pun tidak akan memaksakan Anda untuk mengucapkan Salam Maria agar Bunda Yesus mendoakan saya.
Saya tetap menghormati Anda yang hanya berdoa kepada Tuhan Yesus.
GBU too !
Dear Bung Andi,
Saya prihatin dengan ungkapan “nabi palsu” kepada Muhammad. Karena tidak mencerminkan ajaran “Kasih” Yesus. Tuduhan ini sekaligus membuat Anda telah menghakimi yang bukan menjadi hak Bung Andi (semata menjadi hak dan kuasa Allah Yang Maha Esa).
Jika, saya juga mengatakan hal serupa kepada adik-adik kandung saya, menantu saya, besan saya (yang mereka semua muslim dan muslimah). Bukankah sama halnya saya menzalimi sesama dan menentang perintah Yesus ?
Saya mohon maaf kepada semua saudara-saudaraku yang beragama Islam atas kekhilafan yang mungkin tidak disadari oleh saudaraku Bung Andi.
Salam Damai.
saya juga menghormati anda sebagai pengikut Kristus
Haleluya puji Tuhan
Memang jika bicara bunda maria maka ada perbedaan katolik dan protestan.
saya ada pertanyaan yg sampai skrg belum bisa saya jawab mungkin mas bisa menolong saya
1.Pada pasal dan ayat brapa didalam injil, bhwa Tuhan menginjinkan/mengajarkan berdoa kepada umat nasrani, selain kepada diriNya , juga umatNya dapat berdoa/didoakan kepada manusia2 suci dan kudus(yg skrg telah wafat dan berada di surga)?
2. pada pasal dan ayat brapa didalam injil yg tercantum kalimat ini dalam salam Bunda Maria?
Santa Maria, Bunda Allah, doakanlah kami yang berdosa ini,
sekarang dan waktu kami mati. Amin.
thx atas pencerahannya
@andi
Saudara Andi informasi tentang akan datangnya nabi-nabi palsu yang di ucapkan oleh Yesus saya setuju.
Anda dapat informasi ini dari para pendeta atau Alkitab ?
Kalau yang ditulis dalam Alkitab/Injil, Yesus berkata kalau suatu saat nanti akan ada nabi-nabi palsu yang memiliki mu’jizat yang sama dengan nabi-nabi terdahulu. Jadi akan ada nabi-nabi palsu yang bisa memiliki kemampuan yang sama dengan nabi-nabi terdahulu seperti mengubah tongkat menjadi ular, ada yang bisa menyembuhkan orang yang sakit, ada yang bisa membangkitkan orang yang mati dan lain-lain. Saya setujuuu…
Kita kembali ke nabi Muhammad saw, apakah nabi Muhammad diberikan kekuatan seperti di atas ?
Ternyata tidak, nabi Muhammad hanya seorang lelaki biasa yang tidak memiliki kekuatan di atas.
Kesimpulan :
1. Jadi nabi Muhammad saw tidak termasuk nabi palsu yang diperkirakan oleh Yesus (Isa As).
2. Al Quran itu bukan ciptaan nabi Muhammad saw tapi Firman Allah dimana nabi Muhammad saw hanya seorang lelaki biasa yang merima wahyu Al Quran dari Allah.
3. Wajar jika nabi Musa As memiliki pengikutnya karena Tuhan telah memberikan kehebatan/mu’jizat yang bisa mengubah tongkat menjadi ular. Orang-orang melihat karena itu.
4. Wajar jika nabi Isa As memiliki pengikutnya karena Tuhan telah memberikan kehebatan/mu’jizat yang bisa mengobati orang sakit,membangkikan orang mati dll. Orang-orang melihat karena itu.
5. Tapi ternyata mu’jizat yang terbesar dari semua mu’jizat adalah pribadi nabi Muhammad saw dan Al Quran. Seorang lelaki biasa, bisa mengubah dunia dari zaman Jahiliah menjadi zaman yang penuh berkah. Seorang lelaki biasa, bisa mengubah umat manusia dan mengikuti ajaran yang diturukan kepadanya dalam jumlah yang fantantis (berjuta-juta/milyaran) tanpa suatu kekuatan/mu’jizat yang pernah diturunkan kepada nabi-nabi sebelumnya melainkan hanya dengan Al Quran dan As Sunnah(Al Hadist).
Adakah diantara kalian yang sombong, bisa mengubah dunia hanya dengan kepribadian anda ?
Jika anda bisa melebihi apa yang telah dilakukan nabi Muhammad saw, maka anda berhak untuk sombong dan boleh menghina beliau. Tapi kalau tidak bisa sebaiknya anda ambil cermin lalu lihat wajah anda di cermin, siapakah diri anda ?
Salam
Andi Wrote :
YESUS itu jalan kebenaran. sedangkan Muhamad itu nabi palsu yang diramalkan YESUS. YESUS itu tuhan buktinya ketika YESUS dibaptis terdengar suara ALLA BAPA menatakan “INILAH ANAKKU YANG KUKASIHI KEPADANYALAH AKU BERKENAN DENGARKANLAH DIA”.
*************************
di situ Allah Bapa tidak berkata kalo yesus itu TUHAN, kalo yesus TUHAN seharusnya perkataannya adalah : “inilah anakku yang kukasihi kepadanyalah aku berkenan SEMBAHLAH DIA” jadi itu bukan alasan yesus adalah TUHAN.
Di ayat itu Allah Bapa menunjukan seseorang (yesus), sehingga bisa kita fahami kalo Allah Bapa dan yesus itu terpisah Contohnya kalo saya ngomong : INILAH ANDI YANG KUKASIHI KEPADANYALAH AKU BERKENAN, DENGARKANLAH DIA. berarti aku dengan andi terpisah pada saat aku ngomong begitu andi berada di sampingku, ayat ini sekaligus mematahkan doktrin trinitas.
kalo yesus itu tuhan lalu siapa ALLAH BAPA itu ? bapaknya yesus ? karena kristen selalu mengatakan anak tuhan.
kalo yesus itu anak tuhan napa org2 kristen nyembah anaknya bukan bapaknya ? kan Allah Bapa tuh lebih tinggi pangkatnya ?
sekarang sy mo nanya seperti yg ditanyakan oleh saudara Darul : Siapa Allah, Tuhan Bapak, Tuhan anak, yesus itu ?
Siapakah Aku?
– wujud tubuh jasmaniku adalah DIRIKU
– segala kemauanku adalah DIRIKU
– segenap pikiranku adalah DIRIKU
– segenap akal budiku adalah DIRIKU
– segenap jiwaku adalah DIRIKU
– segala desahan nafasku adalah DIRIKU
– segala kehidupanku adalah DIRIKU
– rohku adalah DIRIKU JUGA……
Lalu berapakah DIRIKU…????
TETAP SATU….!!!
Apakah Aku terpisah satu sama lain?
TIDAK BUKAN….???!!!
Walaupun semuanya adalah bagian dari DIRIKU tetapi masing-masing tidak akan lebih besar, lebih kecil, atau sama besar satu sama lain
Aku melihat kisah hidupmu yang tertulis di buku Biografi kesayanganmu di Gramedia
Aku melihat dirimu adalah seperti yang kamu tuliskan di Biografi itu
Apakah kamu masih menganggap aku melihat wujudmu berbentuk buku Biografi???
Ataukah kamu masih menganggap aku melihat wujudmu berbentuk tulisan abjad ABCD???
TIDAK BUKAN…???
Wujudmu tetap bersama dengan dirimu dengan segala apa yang kamu miliki.
Lalu apakah yang aku lihat kalau bukan tubuhmu ataupun bukumu itu????
AKU MELIHAT PRIBADIMU, SIFATMU, JIWAMU yang tak berwujud materi.
Begitulah kita mengenali PRIBADI ALLAH yang tak dapat diwujudkan dalam hitungan dimensi atau materi.
Lalu kalau aku mencemooh, menghina dan meludahi tulisanmu di buku Biografi yang sudah aku beli, apakah kamu tersinggung???
Ya… Pasti begitu bukan??? Kamu akan merasa terhina….. walaupun buku itu sudah bukan menjadi hakmu, tetapi karena kamu telah mencurahkan segala pikiranmu, rohmu, nafas kehidupanmu, dan memberikan ilham kedalam bukumu itu, maka kamu akan merasa terhina seakan-akan aku meludahi mukamu, karena bukumu itu adalah bagian dari dirimu.
Kalau buku biografimu terbit 1 juta eksemplar apakah berarti pikiranmu, rohmu dan nafasmu, dan dirimu terbelah menjadi 1 juta juga….????
TIDAK BUKAN…???
Nyawamu, pikiranmu dan dirimu tetaplah satu dan tetap bersama dirimu sampai ajalmu……
Tetapi rohmu, fikiranmu, dirimu juga akan tetap hidup walaupun tubuh kamu sudah mati…, karena bukumu itu tetaplah dianggap sebagai perwujudan dirimu juga….
Karena kamu telah MENJELMAKAN DIRIMU didalam isi buku itu…
Lalu apakah berarti dirimu telah menjelma menjadi buku???
Dirimu hilang dan berubah menjadi buku????
Ataukah dirimu beranak buku???
Tidak bukan…???
Karena roh tidak beranak dan diperanakkan
Karena fikiran tidak beranak dan diperanakkan
Karena dirimu tidak beranak dan diperanakkan
Yang beranak dan diperanakkan adalah wujud materi
Yang beranak dan diperanakkan adalah wujud kedaginganmu, tubuhmu
Tidak rohmu…., tidak juga fikiranmu……..
Begitulah kita memahami Yesus sebagai Firman Allah yang hidup, Yesus adalah perwujudan dari Kehendak Allah/Firman Allah sendiri yang Kekal dan lahir dari Bapa tanpa seorang ibu karena Firman Allah/Kehendak Allah bukanlah materi.
Dan karena Sifat Ilahi yang Suci, maka dalam kehadiranNya sebagai manusia haruslah lahir dari tubuh yang suci juga, yaitu dari seorang perawan suci lahirlah Yesus tanpa seorang bapak jasmani, seperti yang telah dijanjikanNya sendiri melalui para Nabi.
Melalui Yesus kita dapat mengenal lebih dekat apa yang menjadi Kehendak Allah terhadap diri kita, melalui segala Kuasa yang ditunjukkanNya, melalui Kebangkitan tubuh puteraNya yang mengalahkan maut, pribadi yang suci tanpa noda dosa, Yesus adalah Icon, model atau Percontohan bagi kita yang menginginkan keselamatan, akan mendapatkan kebangkitan seperti Yesus, Yesus telah menyiapkan bagi kita jalan yang lurus, jalan yang sudah ada di depan mata, tinggal mau atau tidak kita mengikutiNya.
Untuk menjadi guru, kita harus belajar dari seorang guru.
Untuk menjadi pembalap, kita harus belajar dari seorang pembalap yang berprestasi
Untuk menjadi perenang, kita harus belajar dari seorang perenang ulung.
Nah apa yang akan kita cari usai pariwara kehidupan ini? Kehidupan kekal bukan?
Dimanakah tempat yang akan kita tuju? Surgakah? Ya… hanya Yesuslah satu-satunya jalan keselamatan seperti yang telah di katakanNya :
“AKULAH JALAN DAN KEBENARAN DAN HIDUP, TIDAK SEORANGPUN YANG DATANG KEPADA BAPA KALAU TIDAK MELALUI AKU”
@ Y. Henri
“Siapakah Aku?
– wujud tubuh jasmaniku adalah DIRIKU
– segala kemauanku adalah DIRIKU
– segenap pikiranku adalah DIRIKU
– segenap akal budiku adalah DIRIKU
– segenap jiwaku adalah DIRIKU
– segala desahan nafasku adalah DIRIKU
– segala kehidupanku adalah DIRIKU
– rohku adalah DIRIKU JUGA……
Lalu berapakah DIRIKU…????
TETAP SATU….!!!
Apakah Aku terpisah satu sama lain?
TIDAK BUKAN….???!!!
”
Kalau anda mengambil perumpamaan di atas maka akan banyak ditemukan kejanggalan pada Tuhanmu.
Anda benar semua unsur-unsur yang anda sebutkan di atas itu adalah satu yaitu “DIRIMU” tidak bisa dipisahkan.
Saya mau bertanya bagaimana jika salah satu unsurnya dipisahkan, apakah unsur-unsur yang lain bisa mengambilnya kembali ?
Saya ambil contoh bagaimana jika “segenap jiwamu” dipisahkan dari “DIRIMU” (dengan kata lain DIRIMU meninggal), bisakah “wujud tubuh jasmanimu” mengambil kembali “segenap jiwamu” ?
Saya yakin “wujud tubuh jasmanimu” tidak akan bisa mengambil kembali “segenap jiwamu” .
Sekarang mari kita hubungkan Bapa, Yesus & Roh Kudus berdasarkan konsep anda di atas.
Maka Bapa, Yesus & Roh Kudus adalah satu yaitu Tuhan.
Sekarang saya mau bertanya kenapa pada saat Yesus meninggal di salib, kok Bapa bisa mengambil dan mengangkat Yesus ? bukankah seharusnya Bapa tidak bisa mengambil Yesus karena baik Bapak maupun Yesus merupakan bagian-bagian dari Tuhan ( menurut konsep di atas ).
Jadi bagaimana ini maksudnya ?.
Padahal Jelas sekali kalau Yesus dan Bapa itu secara unsur merupakan dua unsur yang terpisah dan berbeda.
Apakah anda mengerti maksudnya Yesus dan Bapa adalah satu ?
Coba anda cari Alkitab bahasa Yahudi bahasa menyatunya Yesus dan Bapa sama dengan menyetunya Adam dan Hawa. Tapi definisi menyetunya Yesus dan Bapa serta menyatunya Adam dan Hawa disini adalah bukan menyatunya dalam satu tubuh tetapi menyatu dalam tujuannya.
Salam
@Cepot
Saya mau bertanya bagaimana jika salah satu unsurnya dipisahkan, apakah unsur-unsur yang lain bisa mengambilnya kembali ?
Saya ambil contoh bagaimana jika “segenap jiwamu” dipisahkan dari “DIRIMU” (dengan kata lain DIRIMU meninggal), bisakah “wujud tubuh jasmanimu” mengambil kembali “segenap jiwamu” ?
Saya yakin “wujud tubuh jasmanimu” tidak akan bisa mengambil kembali “segenap jiwamu”.
—-
Lalu apakah yang aku lihat kalau bukan tubuhmu ataupun bukumu itu????
AKU MELIHAT PRIBADIMU, SIFATMU, JIWAMU yang tak berwujud materi. =(Didalam bukumu)
Begitulah kita mengenali PRIBADI ALLAH yang tak dapat diwujudkan dalam hitungan dimensi atau materi.
Apakah pribadimu, sifatmu dan jiwamu yang aku lihat di bukumu itu terpisah dengan dirimu?
TIDAK BUKAN?
Dalam kasus diriku dan dirimu kita tidak memiliki kuasa untuk mengambilnya, karena yang memiliki kuasa itu adalah Allah.
Dalam hal kebangkitan Yesus, Yesus memiliki kuasa untuk membangkitkan orang mati dan kebangkitan TubuhNya karena Yesus memiliki kuasa Ilahi, karena Yesus adalah Firman Allah sendiri, Firman Yang Hidup, Injil Sejati, bukan benda mati seperti buku.
============
@Cepot
Sekarang mari kita hubungkan Bapa, Yesus & Roh Kudus berdasarkan konsep anda di atas.
Maka Bapa, Yesus & Roh Kudus adalah satu yaitu Tuhan.
Sekarang saya mau bertanya kenapa pada saat Yesus meninggal di salib, kok Bapa bisa mengambil dan mengangkat Yesus ? bukankah seharusnya Bapa tidak bisa mengambil Yesus karena baik Bapak maupun Yesus merupakan bagian-bagian dari Tuhan ( menurut konsep di atas ).
Jadi bagaimana ini maksudnya ?.
—
Kalau buku biografimu terbit 1 juta eksemplar apakah berarti pikiranmu, rohmu dan nafasmu, dan dirimu terbelah menjadi 1 juta juga….????
TIDAK BUKAN…???
Nyawamu, pikiranmu dan dirimu tetaplah satu dan tetap bersama dirimu sampai ajalmu……
Tetapi rohmu, fikiranmu, dirimu juga akan tetap hidup walaupun tubuh kamu sudah mati…, karena bukumu itu tetaplah dianggap sebagai perwujudan dirimu juga….
Karena kamu telah MENJELMAKAN DIRIMU didalam isi buku itu…
Lalu apakah berarti dirimu telah menjelma menjadi buku???
Dirimu hilang dan berubah menjadi buku????
Ataukah dirimu beranak buku???
Walaupun rohmu, fikiranmu, jiwamu dan tubuhmu mati, tetapi bukumu yang juga penjelmaan dari dirimu itu tidak ikut mati, tetapi tetap hidup walaupun bukumu itu hanya benda mati.
Kasus diriku dan dirimu adalah kasus kita sebagai ciptaan, laris atau tidaknya bukumu setelah kematianmu tergantung dari besarnya kuasa dirimu yang kamu tanamkan selagi kamu masih hidup.
==========
@Cepot
Padahal Jelas sekali kalau Yesus dan Bapa itu secara unsur merupakan dua unsur yang terpisah dan berbeda.
——
Karena kamu telah MENJELMAKAN DIRIMU didalam isi buku itu…
Lalu apakah berarti dirimu telah menjelma menjadi buku???
Dirimu hilang dan berubah menjadi buku????
Ataukah dirimu beranak buku???
Tidak bukan…???
Secara Fisik bukumu bukanlah wujud dirimu, kamu manusia dan buku terbuat dari kertas.
Tetapi apa yang ada didalamnya adalah wujud dirimu yang memiliki kuasa mempengaruhi pembaca mengikuti kemauanmu.
Secara Fisik, Yesus adalah manusia sama seperti kita, yang memiliki rasa takut dan jiwa manusiawi seperti kita, tetapi didalamNya juga adalah Kuasa IlahiNya, karena di dalam Dia adalah Kuasa Allah sendiri.
Secara Fisik standar manusia harus mati tetapi Kuasa Ilahi membangkitkan tubuh dari maut.
==========
@Cepot
Apakah anda mengerti maksudnya Yesus dan Bapa adalah satu ?
—
Apakah kamu sudah dapat mengambil benang merah pemahaman makna “Bapa dan Aku adalah Satu” ?
Repot sekali tampaknya menjelaskan trinitas ya..Padahal Yesus sendiri kayaknya tidak pernah menyuruh untuk ber-trinitas.
Masa sih konsep ketuhanan sepenting ini tidak dijelaskan sejelas-jelasnya oleh Yesus ? Dan masa sih konsep ketuhanan rumit sekali ? Apakah hanya untuk orang-orang pinter aja ?
Saya lebih setuju kalau Yesus itu adalah Nabi, terus konsep Bapa itu adalah Tuhan. Kalau roh kudus, ini mungkin maksudnya al-kitab kali ya.. atau malaikat.
Nah kalau Yesus adalah Nabi, semuanya jadi jelas. Kalau taat pada Nabi, berarti pasti taat sama Tuhan. Lha wong nabi diangkat oleh Tuhan khan. Mungkin ini yang dimaksud dengan “Bapa dan aku adalah satu”. Taat saja sama Yesus, maka kamu berarti taat dengan Tuhan. Simple kan.
Saya pikir ke-monotheisme-an kristiani haruslah dijaga, sehingga tidak terjebak menjadi semacam paganisme, yaitu mengagungkan secara berlebihan sesuatu yg lain dari Tuhan. Bahkan, menurut saya, sudah cukup keterlaluan mengatakan Tuhan punya anak.
Satu hal lagi, kalau Yesus adalah Nabi, maka hal ini memperkuat kenyataan bahwa memang seharusnyalah seorang manusia yang mengajak manusia lain untuk berbuat kebaikan dan menyembah Tuhan, karena dia akan merasakan sebagaimana manusia merasakan. Saya pikir terlalu berlebihan jika kita berpikir bahwa Tuhan menjelma menjadi manusia, atau ada anak Tuhan, dst dst.
‘Tuhan menjelma menjadi manusia’ mungkin bisa menjadi satu kemungkinan, tetapi ‘Tuhan mengirim seorang Nabi’ adalah kemungkinan yang lain.
Nah, tinggal ditest saja bagaimana perilaku Tuhan sebelum ini. Kira-kira apa sih kondisi manusia yang partikuler saat itu (jaman Yesus), sedemikian sehingga Tuhan harus menjelma menjadi manusia ? Padahal sebelumnya Tuhan ‘cukup’ mengirim nabi-nabi (mengangkat manusia jadi nabi).
Apa sih yang menjadi ‘keberatan’ kita untuk menganggap Yesus sebagai Nabi atau Rasul ? Bukankah ini adalah posisi yang sangat tinggi di sisi Tuhan ?
Memang ada ayat-ayat yang menyatakan Yesus anak Tuhan (Yoh 3:16), tapi ini kadang-kadang bertentangan dengan ayat lain (Yoh 17:21-23). Dan ini sangat membingungkan. Untuk konsep ketuhanan yang sangat penting seperti ini, seyogyanya kitab suci TIDAK menggunakan kalimat-kalimat yang bermakna ganda. Oleh karena itu, saya mengabaikan ayat-ayat ini dan mencoba menggeneralisir dari perilaku Tuhan sebelumnya, yaitu mengangkat Nabi. Artinya, ‘anak Tuhan’ dalam Yoh 3:16 adalah Nabi, dan ‘Aku dan Bapa adalah satu adanya’ (Yoh 17:21-23) juga berarti Nabi, maka pengertian ini TIDAK MENYALAHI kedua konsep tersebut, ketimbang kadang-kadang menjadi anak, dan kadang-kadang ‘bersatu’ dengan Bapa.
Untuk ini memang perlu digali lagi Al-kitab dari versi aslinya, karena memang banyak sekali perubahan dan revisi yang dilakukan pada Alkitab semenjak dia ditulis sampai sekarang.
Saya rasa perlu digali lagi sejarah manusia-manusia yang hidup sejaman Yesus, apakah mereka menganggap Yesus sebagai Tuhan, ataukah sebagai Nabi. Karena dari mereka inilah ajaran Yesus yang otentik.
Perlu juga digali lagi di Al-kitab apa-apa saja yang diajarkan Yesus tentang cara-cara beribadah kepada Tuhan. Misalnya, bagaimana Yesus melakukan puasa. Bagaimana Yesus mengajarkan cara berdo’a, misalnya. Atau, apakah pernah Yesus mengajarkan membuat tanda salib. Jangan-jangan kita terjebak dalam bidaah-bidaah. Misalnya nih, saya pikir, perayaan Natal bukanlah sesuatu yang diajarkan Yesus. Upacara dan ritual di dalam gereja, apakah memang pernah diajarkan Yesus seperti itu ?
Di lain pihak, lho kok malah kita tidak pernah berpuasa seperti Yesus pernah berpuasa.
Mungkin kita bisa buat list ritual-ritual apa saja yang dulu dilakukan Yesus.
Boleh kan berpikir kritis, nggak harus ikut-ikutan Paus, kardinal, ataupun pastur…iya nggak sih ? Merdeka !
°adek°
@Y. Henri
“Dalam kasus diriku dan dirimu kita tidak memiliki kuasa untuk mengambilnya, karena yang memiliki kuasa itu adalah Allah.”
Saya setuju dengan anda, itulah sifat ilahi dari Allah
“Dalam hal kebangkitan Yesus, Yesus memiliki kuasa untuk membangkitkan orang mati dan kebangkitan TubuhNya karena Yesus memiliki kuasa Ilahi, karena Yesus adalah Firman Allah sendiri, Firman Yang Hidup, Injil Sejati, bukan benda mati seperti buku.”
Jika anda mengatakan Yesus memiliki kuasa Ilahi berarti seharusnya Yesus juga memiliki kuasa ilahi seperti
“Dalam kasus diriku dan dirimu kita tidak memiliki kuasa untuk mengambilnya” karena Yesus juga seharusnya memiliki kuasa itu, kan.
Lalu bagaimana dalam kasus Yesus diangkat oleh bapa (Allah) ke sorga. Kalau Yesus memiliki kuasa ilahi seharusnya Yesus tidak diangkat oleh Bapa tapi Yesus mestinya bisa mengangkat dirinya sendiri, karena itu kan sifat kuasa ilahi .
“Karena kamu telah MENJELMAKAN DIRIMU didalam isi buku itu…
Lalu apakah berarti dirimu telah menjelma menjadi buku???
Dirimu hilang dan berubah menjadi buku????
Ataukah dirimu beranak buku???
Tidak bukan…???”
He..he..hee
Perumpamaan anda ini …. lucu, makin aneh.
Okeh anggaplah DIRIMU adalah Yesus, buku itu adalah Tuhan.
Jadi DIRIMU sudah menjelma jadi isi buku, lalu Jika kusobek lah isi buku itu kemudian isi buku itu dipisahkan dari buku itu
apakah DIRIMU dikatakan sebagai buku ?
DIRIMU yang berubah menjadi lembaran-lembaran isi buku itu ternyata tidak terbentuk seperti buku.
“Secara Fisik, Yesus adalah manusia sama seperti kita, yang memiliki rasa takut dan jiwa manusiawi seperti kita, tetapi didalamNya juga adalah Kuasa IlahiNya, karena didalam Dia adalah Kuasa Allah sendiri.
Secara Fisik standar manusia harus mati tetapi Kuasa Ilahi membangkitkan tubuh dari maut.”
Bisakah anda menyebutkan sifat-sifat kuasa ilahi itu ?
Jadi apa saja yang termasuk sifat-sifat ilahi itu ?
Kemudian jika ada beberapa atau salah satu dari sifat ilahi itu bertentangan apakah itu masih dikatan sebagai sifat ilahi ?
“Apakah anda mengerti maksudnya Yesus dan Bapa adalah satu ?”
Ya, saya mengerti
“Apakah kamu sudah dapat mengambil benang merah pemahaman makna “Bapa dan Aku adalah Satu” ?”
Baik saya akan bacakan di dalam Yohanes. 10:38
“tetapi jikalau Aku melakukannya dan kamu tidak mau percaya kepada-Ku, percayalah akan pekerjaan-pekerjaan itu, supaya kamu boleh mengetahui dan mengerti, bahwa Bapa di dalam Aku dan Aku di dalam Bapa.”
dan Yohanes. 14:11
“Percayalah kepada-Ku, bahwa Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam Aku; atau setidak-tidaknya, percayalah karena pekerjaan-pekerjaan itu sendiri.
Menurut pemahaman saya tentang “Bapa dan Aku adalah Satu” adalah bukan dilihat dari perwujudan yang menyatu tetapi dari tujuan pekerjaan-pekerjaannya. Bukankah apa yang disampaikan oleh Yesus itu merupakan apa yang diperintahkan oleh Allah. Dengan kata lain Bapa dan Aku adalah satu tujuan.
Lalu coba anda perhatikan dalam Johanes pasal 17 ayat 21.
“Supaya semua jadi satu, ia Bapa! seperti Bapa dalam saya dan saya dalam Bapa dan supaya dia orang jadi satu dalam kita, biar dunia percaya Bapa sudah mengutus saya.”
Jadi jelas yang menjadi satu kesatuan itu bukan hanya Yesus dan Bapa saja tetapi para murid pun menjadi satu dalam Bapa dan Yesus. Jadi para murid pun memilki tujuan pekerjaan yang sama. Dan dalam ayat ini juga dikatakan Bapa sudah mengutus saya. Artinya apa ?
Jelas kalau Yesus itu adalah utusan Allah (Rasul).
Jika anda memaksakan konsep “Bapa dan Aku adalah satu” menjadi dasar Ketuhanan Yesus berarti kalau anda konsisten maka anda harus mengakui kalau para Murid juga bisa dikatakan sebagai Tuhan.
Jadi ada berapa sebenarnya Tuhan anda in ?
buat kang adek & kang cepot
saya sependapat sekali dengan saudara adek & kang cepot. pertama-tama umat kristen perlu mengkaji ulang peribadatan mereka yaitu misalkan napa mereka beribadah hari minggu padahal dalam injil seharusnya beribadah hari sabtu ? siapa yg mulai kok tiba2 jd pindah hari ? hal ini tidak sejalan dengan aga islam yg sejak awal misalkan shalat wajib ada lima waktu dan dilaksanakan setiap hari waktu ya di kasih contoh ama Rasulullah bagaimana cara shalat 5 waktu tersebut dan tidak pernah sampe sekarang umatnya shalatnya jd belang2 tetep aja lima waktu setaiap hari begitu pula dengan puasa ramadhan tidak pernah umat islam puasa wajibnya pindah bulan jadi bulan rajab misalkan, hal2 mendasar ini yg seharusnya di teliti oleh kalangan kristen sendiri itu juga kalo mereka mo berpikir ttg agamanya.
Terus masalah Natal ? Paskah ? siapa yg mulai ? apakah yesus mengajarkan ? kemudian masalah sunat, di satu ayat yesus menyuruh tp di ayat lain paulus menentang ? mana yg wajib diikuti ? terus terang kalo mengimani satu ayat itu maka dengan sendirinya mengingkari ayat yg lainnya dan jika mengingkari satu ayat saja dalam kitab suci tersebut tentunya imannya dipertanyakan, jika yesus masih hidup tentunya dia akan bilang “KAMU ITU IKUT KATA2 SAYA ATO PAULUS ?” sedangkan kitab suci merupakan pedoman hidup dalam beragama dan itu harus diamalkan seluruhnya tidak boleh sebagian-sebagian/diambiil yg riangnya saja, seperti dalam islam al-quran memerintahkan shalat, puasa zakat dll dan itu wajib dilaksanakan.
masalah trinitas, “Bapa dan Aku adalah satu” menurut saya itu kan perumpamaan seperti kita berbicara “KITA HARUS BERSATU MENYELESAIKAN PEKERJAAN INI” apakah pengertian ini saya dan mungkin temen2 saya menjadi satu badan ? tidak kan ? saya tetap saya dan teman2 sy tetap menjadi mereka sendiri.
dalam Johanes pasal 17 ayat 21 seperti yg kang cepot ungkapkan “Supaya semua jadi satu, ia Bapa! seperti Bapa dalam saya dan saya dalam Bapa dan supaya dia orang jadi satu dalam kita, biar dunia percaya Bapa sudah mengutus saya.” kata2 itu kan sudah jelas sekali kalo yesus cuma disuruh/utusan bahkan bukan cuma itu yesus mengatakan “BIAR DUNIA PERCAYA BAPA SUDAH MENGUTUS SAYA” subhanallah, ternyata yesus mengatakan bukan cuma buat orang bani israel aja kalo dia itu adalah seorang utusan/nabi tapi “DUNIA” artinya dunia harus tahu/percaya kalo dia itu seorang nabi/utusan. menurut keyakinan kristen yesus dan bapa menjadi satu & di tambah bahwa pada saat itu Tuhan menjelma menjadi seorang anak manusia untuk menebus dosa2 manusia, sekarang logikanya kalo yesus itu tuhan lalu pada saat ngomong begitu maka timbul pertanyaan dimana TUHAN sesungguhnya ?
jelas sekali orang2 kristen memaksakan opini mereka dan sayangnya doktrin paulus ini berhasil menancap kuat di hati mereka walaupun hati mereka sebenarnya mengakui kesalahanya karena tidak bisa dibuktikan kebenarannya.
WALLAHU’ALAM BISSOWAB.
Sdrku Moslem,
Salam,
Anda menganggap bahwa ada penyesatan oleh Paulus. Tapi anehnya (menurut logika saya) pelurusan baru terjadi setelah 600 tahun, ketika akar Gereja sudah terlanjur kuat.
Mengapa ya?
Salam sejahtera.
Peace.
@Cepot
Jika anda mengatakan Yesus memiliki kuasa Ilahi berarti seharusnya Yesus juga memiliki kuasa ilahi seperti
“Dalam kasus diriku dan dirimu kita tidak memiliki kuasa untuk mengambilnya” karena Yesus juga seharusnya memiliki kuasa itu, kan. Lalu bagaimana dalam kasus Yesus diangkat oleh bapa (Allah) ke sorga. Kalau Yesus memiliki kuasa ilahi seharusnya Yesus tidak diangkat oleh Bapa tapi Yesus mestinya bisa mengangkat dirinya sendiri, karena itu kan sifat kuasa ilahi .
He..he..hee
Perumpamaan anda ini …. lucu, makin aneh.
———
Kuasa yang mengangkat Tubuh Yesus adalah Kuasa Ilahi itu sendiri, bukan Tubuh Jasmani Yesus yang mengangkat diriNya ke Sorga.
Kan sudah aku tuliskan sebelumnya, “Secara Fisik, Yesus adalah manusia sama seperti kita, yang memiliki rasa takut dan jiwa manusiawi seperti kita, tetapi didalamNya juga adalah Kuasa IlahiNya, karena didalam Dia adalah Kuasa Allah sendiri.
Secara Fisik standar manusia harus mati tetapi Kuasa Ilahi membangkitkan tubuh dari maut.”
Bukankah dalam perumpamaan di atas sudah jelas bahwa Kuasa Ilahi itu adalah Firman Allah sendiri yang ada bersama2 Tubuh Jasmani Yesus sejak Yesus dilahirkan?
Yang mendongkrak omzet penjualan bukumu itu bukanlah karena wujud bukumu yang terbuat dari kertas itu, tapi pribadi baikmu yang sudah kamu tanamkan sejak kamu masih hidup.
Dengan kebangkitan Firman Allah (Yesus) ini, terbukti sudah bahwa Allah telah menepati JanjiNya sendiri seperti yang telah dinubuatkan para Nabi dan juga seperti apa yang sudah di Sabdakan Yesus, bahwa Anak Manusia akan bangkit dari maut.
Kamu bisa membaca di alkitab bagaimana Thomas seorang murid Yesus itu sendiri masih belum percaya Yesus telah Bangkit sampai2 harus minta bukti mencocokkan jarinya di telapak tangan Yesus, barulah setelah itu Thomas mempercayainya.
Dapat dilihat disini, seorang murid Yesus saja harus minta bukti untuk menjadi percaya, apalagi kamu yang pada dasarnya sudah tidak percaya sama sekali kalau Yesus wafat di salib, makanya kita juga tidak terlalu kaget kalau kamu tidak percaya, bagi umat Kristen manusia itu wajib mati.
Sudah banyak peristiwa kedatangan Yesus sampai saat ini untuk menyelamatkan dombaNya yang tersesat, mungkin kamu sudah pernah dengar kesaksian2 seperti ini, Yang terbaru adalah kesaksian pertobatan bp. Mahrus, ex. Pemburu hantu di Lativi itu, Yesus telah menemuinya hingga dia dan keluarganya kini telah mengimani Kristus.
===============
@Cepot
Bisakah anda menyebutkan sifat-sifat kuasa ilahi itu ?
Jadi apa saja yang termasuk sifat-sifat ilahi itu ?
Kemudian jika ada beberapa atau salah satu dari sifat ilahi itu bertentangan apakah itu masih dikatan sebagai sifat ilahi ?
—————
Kuasa Ilahi adalah Kuasa Allah sendiri saying.., dalam iman Kristen itu mengenal Kuasa Allah dan kuasa Gelap, kuasa gelap itu kuasa iblis, setan, jin, gondoruwo, kuntilanak dan kawan-kawan, kuasa gelap ini hanya dapat dipatahkan dalam Nama Yesus (Nama disini bukan nama kongkrit, Nama = Kuasa Ilahi yang telah kita kenali dalam diri Yesus).
Bagaimana kita bisa menghitung jumlah Kuasa Allah yang tak terhingga ini?
==================
@Cepot
Yohanes. 10:38
“tetapi jikalau Aku melakukannya dan kamu tidak mau percaya kepada-Ku, percayalah akan pekerjaan-pekerjaan itu, supaya kamu boleh mengetahui dan mengerti, bahwa Bapa di dalam Aku dan Aku di dalam Bapa.”
Yohanes. 14:11
“Percayalah kepada-Ku, bahwa Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam Aku; atau setidak-tidaknya, percayalah karena pekerjaan-pekerjaan itu sendiri.
Menurut pemahaman saya tentang “Bapa dan Aku adalah Satu” adalah bukan dilihat dari perwujudan yang menyatu tetapi dari tujuan pekerjaan-pekerjaannya. Bukankah apa yang disampaikan oleh Yesus itu merupakan apa yang diperintahkan oleh Allah. Dengan kata lain Bapa dan Aku adalah satu tujuan.
———
Yoh 14:11…………………ATAU SETIDAK TIDAKNYA, percayalah karena pekerjaan-pekerjaan itu sendiri.
Ini khusus untuk kamu yang memang tidak percaya sama sekali dengan Ucapan Yesus sendiri, Yesus secara gampangnya mengatakan kalau kamu kesulitan memahaminya gampangannya adalah cukup kamu mempercayai saja Pekerjaan-pekerjaan yang Yesus lakukan adalah supaya kamu percaya siapakah Dia.
==========================
@Cepot
Lalu coba anda perhatikan dalam Johanes pasal 17 ayat 21.
“Supaya semua jadi satu, ia Bapa! seperti Bapa dalam saya dan saya dalam Bapa dan supaya dia orang jadi satu dalam kita, biar dunia percaya Bapa sudah mengutus saya.”
Jadi jelas yang menjadi satu kesatuan itu bukan hanya Yesus dan Bapa saja tetapi para murid pun menjadi satu dalam Bapa dan Yesus. Jadi para murid pun memilki tujuan pekerjaan yang sama. Dan dalam ayat ini juga dikatakan Bapa sudah mengutus saya. Artinya apa ?
Jelas kalau Yesus itu adalah utusan Allah (Rasul).
Jika anda memaksakan konsep “Bapa dan Aku adalah satu” menjadi dasar Ketuhanan Yesus berarti kalau anda konsisten maka anda harus mengakui kalau para Murid juga bisa dikatakan sebagai Tuhan.
Jadi ada berapa sebenarnya Tuhan anda ini ?
——-
Yoh 17:18 Sama seperti Engkau telah mengutus Aku ke dalam dunia, demikian pula Aku telah mengutus mereka ke dalam dunia;
Yoh 17:19 dan Aku menguduskan diri-Ku bagi mereka, supaya merekapun dikuduskan dalam kebenaran.
Yoh 17:20 Dan bukan untuk mereka ini saja Aku berdoa, tetapi juga untuk orang-orang, yang percaya kepada-Ku oleh pemberitaan mereka;
Yoh 17:21 supaya mereka semua menjadi satu, sama seperti Engkau, ya Bapa, di dalam Aku dan Aku di dalam Engkau, agar mereka juga di dalam Kita, supaya dunia percaya, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku.
Si A mengenali DIRIMU dari buku yang kamu jual, dan dia penggemar fanatik dirimu, segala gerak geriknya mencerminkan segala pribadimu seperti yang kamu tulis, dan dia seakan sudah menyatu dengan bukumu karena segala isi bukumu itu sudah menyatu dengan dirinya.
Kalau bukumu aku sobek2 kamu akan tersinggung karena bukumu adalah belahan jiwamu, tetapi…
Kalaupun Si A di hina apa ya kamu akan tersinggung? Apa dia adalah bagian dari belahan jiwamu juga?
@Moslem
saya sependapat sekali dengan saudara adek & kang cepot. pertama-tama umat kristen perlu mengkaji ulang peribadatan mereka yaitu misalkan napa mereka beribadah hari minggu padahal dalam injil seharusnya beribadah hari sabtu ? siapa yg mulai kok tiba2 jd pindah hari ?
———–
Siapa yang memberi hitungan jam = 24 jam dalam 1 hari?
Siapa yang memberikan nama hari senin, selasa, rabu, dst..?
Siapa yang memberi hitungan tahun, sekarang sudah th 2007?
Siapa yang memberi hitungan bulan = 12 bulan ?
Bukankah setiap hari matahari terbit di sebelah timur dan tenggelam di sebelah barat mulai dari dulu karena bumi ini berputar?
Apa bedanya dihadapan Allah bulan maret dengan bulan desember?
Dan apa juga manfaatnya bagi Allah?
Yang dituntut dari kita adalah ketaatan tanpa mengenal waktu.
======================
@Moslem
menurut keyakinan kristen yesus dan bapa menjadi satu & di tambah bahwa pada saat itu Tuhan menjelma menjadi seorang anak manusia untuk menebus dosa2 manusia, sekarang logikanya kalo yesus itu tuhan lalu pada saat ngomong begitu maka timbul pertanyaan dimana TUHAN sesungguhnya ?
———
Sebaiknya kalau sempat baca lagi komentar saya no. 33 dengan seksama karena sudah ada jawabannya.
=====================
Sebagai org bukan pengikut Tuhan Yesus tentu meraka tidak mengenal siapa itu Tuhan Yesus sebenarnya, tentu mereka bilang bahwa Tuhan Yesus adalah hanya manusia dan karena besar kuasaNya serta banyak membuat keajaiban2 dan ajaran pada jamanNya maka ,mereka menyebut dengan nabi Mengapa?
karena mereka hanya melihat Tuhan Yesus dari luarnya sebagai manusia dan bukan dari keseluruhanya siapa itu Tuhan Yesus
Mereka seperti seorg anak kecil yg berumur dibawah 3 thn yg hanya melihat dgn mata dari bentuknya saja mis melihat gas,air ,es pasti anak kecil bilang berbeda unsur, krn bentuknya beda2,tapi jika mereka semakin mempelajari, maka semakin tahu/knal bahwa sebenarnya itu adalah satu unsur yg sama tapi bentuknya berbeda .Atau mis seperti matahari yg diatas,dengan sinar matahari dan panas matahari tentu merupakan satu sumber yg sama tanpa adanya panas /sinar matahari tentu namanya bukan matahari mungkin bulan/bintang namanya
seperti dalam ayat2 injil yg mereka liat hanya Tuhan Yesus dari sisi/sifat manusianya saja mis dalam:
Yohanes
19:26 Ketika Yesus melihat ibu-Nya dan murid yang dikasihi-Nya di sampingnya, berkatalah Ia kepada ibu-Nya: “Ibu, inilah, anakmu!”
P. Baru: Yohanes: 19
19:28 Sesudah itu, karena Yesus tahu, bahwa segala sesuatu telah selesai, berkatalah Ia–supaya genaplah yang ada tertulis dalam Kitab Suci–:”Aku haus
4:6 Di situ terdapat sumur Yakub. Yesus sangat letih oleh perjalanan, karena itu Ia duduk di pinggir
9:17 Lalu kata mereka pula kepada orang buta itu: “Dan engkau, apakah katamu tentang Dia, karena Ia telah memelekkan matamu?” Jawabnya: “Ia adalah seorang nabi.”
Matius 21:10 Dan ketika Ia masuk ke Yerusalem, gemparlah seluruh kota itu dan orang berkata: “Siapakah orang ini?”
21:11 Dan orang banyak itu menyahut: “Inilah nabi Yesus dari Nazaret di Galilea.”
21:18. Pada pagi-pagi hari dalam perjalanan-Nya kembali ke kota, Yesus merasa lapar.
21:46 Dan mereka berusaha untuk menangkap Dia, tetapi mereka takut kepada orang banyak, karena orang banyak itu menganggap Dia nabi.
Dimana dalam ayat22 tersebut mengambarkan hanya Tuhan Yesus dari sisi/berbentuk manusia saja bisa letih ,haus,berdarah ,mempunyai org tua dll , dan org2 yg bukan pengikutnya tapi kagum dan takjub pada jamanNYa,tapi tidak tahu dan mengenal benar2 siapa sebenarNya Tuhan Yesus itu dan menyebutnya nabi karena seperti anak kecil yg hanya melihat dgn mata ,tapi belum mengenal/meyakini benar2.
Ada juga yg melihat Tuhan Yesus berbeda dengan Bapanya atau hanya menyebut Tuhan Yesus sebagai Anak Allah. Ada Bapa ada Anak , atau 2 unsur yg berbeda krn bentuknya beda
krn mengambil hanya dari ayat2 dalam injil yg hanya melihat Tuhan Yesus sebagai Anak Allah
Yohanes
11:41 Maka mereka mengangkat batu itu. Lalu Yesus menengadah ke atas dan berkata: “Bapa, Aku mengucap syukur kepada-Mu, karena Engkau telah mendengarkan Aku.
3:16 Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.
11:42 Aku tahu, bahwa Engkau selalu mendengarkan Aku, tetapi oleh karena orang banyak yang berdiri di sini mengelilingi Aku, Aku mengatakannya, supaya mereka percaya, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku.”
17:1. Demikianlah kata Yesus. Lalu Ia menengadah ke langit dan berkata: “Bapa, telah tiba saatnya; permuliakanlah Anak-Mu, supaya Anak-Mu mempermuliakan Engkau.
3:17 Sebab Allah mengutus Anak-Nya ke dalam dunia bukan untuk menghakimi dunia, melainkan untuk menyelamatkannya oleh Dia.
Matius 3:16 Sesudah dibaptis, Yesus segera keluar dari air dan pada waktu itu juga langit terbuka dan Ia melihat Roh Allah seperti burung merpati turun ke atas-Nya,
3:17 lalu terdengarlah suara dari sorga yang mengatakan: “Inilah Anak-Ku yang Kukasihi, kepada-Nyalah Aku berkenan.”
4:3 Lalu datanglah si pencoba itu dan berkata kepada-Nya: “Jika Engkau Anak Allah, perintahkanlah supaya batu-batu ini menjadi roti.”
8:29 Dan mereka itupun berteriak, katanya: “Apa urusan-Mu dengan kami, hai Anak Allah? Adakah Engkau ke mari untuk menyiksa kami sebelum waktunya?”
Dan jika melihat Tuhan Yesus adalah Allah yg menampakan diri sebagai manusia ,seperti penampakan Allah yg lain mis sebagai cahaya,api pada jaman nabi2 , kepada hamba/umatNya
seperti dalam ayat2 dlm injil mis
Yohanes
1:1. Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah.
1:14 Firman itu telah menjadi manusia, dan diam di antara kita, dan kita telah melihat kemuliaan-Nya, yaitu kemuliaan yang diberikan kepada-Nya sebagai Anak Tunggal Bapa, penuh kasih karunia dan kebenaran
14:9 Kata Yesus kepadanya: “Telah sekian lama Aku bersama-sama kamu, Filipus, namun engkau tidak mengenal Aku? Barangsiapa telah melihat Aku, ia telah melihat Bapa; bagaimana engkau berkata: Tunjukkanlah Bapa itu kepada kami.
Jadi tergantung melihat dari sisi mana sosok Tuhan Yesus
jika hanya mengambil sepotong2, maka hanya melihat Tuhan Yesus sebagai Manusia(Nabi), dan Anak Allah.
Seperti anak kecil yg belum mengerti/mengenal hanya melihat dgn mata saja(dari luar/bentuknya) tapi tidak mengenal secara keseluruhan
Sebagai umat kristen kami mengenal secara keseluruhan dari dulu ,saat ini dan pada saat akhir jaman siapa sebenarnya Tuhan Yesus bukan hanya sebagai Manusia atau Anak Allah saja , tapi sebagai Allah yg menampakan diri sebagai Anak Manusia
Dan sebagai umat Kristus kami sangat bersyukur sebagai umat yg paling disayang/dikasihi oleh Tuhan ,karena walaupun banyak nabi2 , tapi Tuhan sendiri yg datang untuk menyelamatkan kami ,dibandingkan dgn agama lain. Tidak ada satupun agama lain yg sampai Tuhannya sendiri datang ke dunia hanya untuk menyelamatkan umatnya ,paling yg diutus hanya nabi/rasul.
yohanes 3:16 Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.
Amin
buat saudara Tom,
sy yakin anda orang terpelajar tahu bahasa dan makna dan siapapun pasti akan langsung mengerti dengan ayat2 ini tanpa harus menjelaskannya lagi ;
11:41 Maka mereka mengangkat batu itu. Lalu Yesus menengadah ke atas dan berkata: “Bapa, Aku mengucap syukur kepada-Mu, karena Engkau telah mendengarkan Aku.
dia ayat ini yesus berdo’a: KALO YESUS TUHAN KEPADA TUHAN MANA LAGI DIA BERDO’A ? YESUS MENGUCAP SYUKUR KEPADA TUHAN KARENA DO’A2NYA TELAH DIDENGAR TUHAN BERARTI YESUS BUKAN TUHAN.
3:16 Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.
KATA2 NYA DISANA MERUJUK PADA TUHAN YG MAHA KUASA BUKAN MERUJUK PADA YESUS, TERUS KATA2 ANAK DISITU BERMAKNA UTUSAN BUKAN ANAK SEBENARNYA, COBA ANDA PIKIR KITA MENGENAL ADA ANAK SEKOLAH, APAKAH LANTAS KITA MENGATAKAN BAHWA SEKOLAH BERANAK ? KALO KITA MENGATAKAN ANAK KAMBING BARU BISA KITA FAHAMI BAHWA KAMBING MEMPUNYAI ANAK, SEKARANG KALO TUHAN BERANAK MAKA IA TELAH GUGUR KETUHANANNYA KARENA SIFAT TUHAN SEPERTI YANG INJIL DAN AL-QURAN KATAKAN BAHWA IA ITU ESA NAH KALO BERANAK DIA TIDAK ESA LAGI DONG.
11:42 Aku tahu, bahwa Engkau selalu mendengarkan Aku, tetapi oleh karena orang banyak yang berdiri di sini mengelilingi Aku, Aku mengatakannya, supaya mereka percaya, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku.”
YESUS DENGAN JELAS2 MENGATAKAN BAHWA ENGKAULAH YANG TELAH MENGUTUS AKU. JADI INI AYAT2 GA BISA DI PUTAR2 LAGI GA BISA DI ARTIKAN LAGI KALO YESUS ITU HANYA SEBAGAI UTUSAN/NABI BUKAN TUHAN.
17:1. Demikianlah kata Yesus. Lalu Ia menengadah ke langit dan berkata: “Bapa, telah tiba saatnya; permuliakanlah Anak-Mu, supaya Anak-Mu mempermuliakan Engkau.
INI AYAT YESUS MENGATAKAN KALO DIA MEMOHON SUPAYA IA DIA DI MULIAKAN, NAH KALO YESUS ITU TUHAN DIA MEMOHON PADA TUHAN MANA LAGI ? TERUS KALO YESUS TUHAN KOK MINTA DI MULIAKAN KAN TUHAN SUDAH JELAS2 YANG PALING MULIA. MAKNA ANAKMU DISITU ADALAH NABI/UTUSAN BUKAN TUHAN ATAU ANAK TUHAN SEBENARNYA.
Matius 21:10 Dan ketika Ia masuk ke Yerusalem, gemparlah seluruh kota itu dan orang berkata: “Siapakah orang ini?”
21:11 Dan orang banyak itu menyahut: “Inilah nabi Yesus dari Nazaret di Galilea.”
LAH INI MAH LEBIH MUDAH LAGI MENTERJEMAHKANNYA INJIL SENDIRI MENGATAKAN KALO YESUS ITU NABI KOK SEKARANG DI DAULAT MENJADI TUHAN.
“Jadi tergantung melihat dari sisi mana sosok Tuhan Yesus
jika hanya mengambil sepotong2, maka hanya melihat Tuhan Yesus sebagai Manusia(Nabi), dan Anak Allah.
Seperti anak kecil yg belum mengerti/mengenal hanya melihat dgn mata saja(dari luar/bentuknya) tapi tidak mengenal secara keseluruhan”
WADUH INI LEBIH KACAU LAGI PERNYATAAN SAUDARA TOM. YANG NGAMBIL DAN MENTERJEMAHKAN SEPOTONG2 ITU JUSTRU ORANG2 KRISTEN SENDIRI YANG TIDAK MENGERTI MAKNA TAUHID DALAM INJIL BAIK AYAT2 INJIL ITU DIAMBIL SELURUHNYA ATAU SEPOTONG2 TENTUNYA AKAN MEMBINGUNGKAN ANDA SENDIRI KARENA TIDAK ADA DASAR MENJADIKAN YESUS TUHAN. BUKTINYA MANA ?
ANDA AKAN TERJEBAK DALAM KEBINGUNGAN KARENA AYAT2 YG SATU DENGAN YG LAIN SALING BERTENTANGAN.
SEDANGKAN INJIL MERUPAKAN SEBUAH KITAB SUCI KALO INJIL MENGATAKAN A LALU ANDA MENGARTIKAN B MAKA SEMUANYA AKAN MENJADI SALAH. SILAHKAN RENUNGKA KEMBALI AYAT2 YANG ANDA KEMUKAKAN TERSEBUT
ANDA MENGATAKAN TERGANTUNG DARI SUDUT MANA KITA MELIHAT. LAH BAGI ORANG2 YANG BERFIKIR DARI SUDUT MANAPUN IA MELIHAT TENTUNYA KESIMPULANNYA TETAP SAMA YESUS BUKAN TUHAN.
WALLOHU A’LAM BISSOWAB
filipi 2:10-11
supaya dalam nama YESUS bertekuk lutut segala yang ada di langit dan yang ada di atas bumi dan ada di bawah bumi,dan segala lidah mengaku :Yesus Kristus adalah TUHAN.”bagi kemuliaan ALLAH BAPA.
Imanku tidak akan pernah goyah.
sebagaimana kasih Kristus.
aku punya seorang ibu yaitu Bunda Maria.
bunda yang selalu mendengar permintaan anak2nya.
Buat saudara moslem
Sebelum Anak Manusia lahir yaitu Tuhan Yesus yang menjadi Anak Tunggal Bapa telah difirmankan
Yohanes
1:1. Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah.
1:14 Firman itu telah menjadi manusia, dan diam di antara kita, dan kita telah melihat kemuliaan-Nya, yaitu kemuliaan yang diberikan kepada-Nya sebagai Anak Tunggal Bapa, penuh kasih karunia dan kebenaran.
Siapa itu Anak Manusia sebagai Anak Tunggal Bapa?
Saya juga yakin anda orang terpelajar tahu bahasa dan makna dan siapapun pasti akan langsung mengerti dengan ayat2 ini tanpa harus menjelaskannya lagi
Firman itu telah menjadi manusia dan Firman itu adalah Allah
Seumpama jika ada sebuah perusahaan dan mempunyai Komisaris(yg mempunyai modal dan yg plg berkuasa) .Tentu dalam perusahaan ini banyak department/bagian. Karena begitu besar rasa kasih/syang komisaris ini hanya kepada satu department mis department marketing .Lalu komisaris ini memutuskan untuk menampakan diri bukan sebagai komisaris tetapi menjadi anak komisaris dan memimpin sebagi manager/kepala bagian dari marketing.saja so artinya sebenarnya anak komisaris itu adalah satu dengan komisaris.
Setelah dia menampakan diri/turun kelapangan mempimpin bagian marketing, maka komisaris tentu akan berkata bukan sebagai komisaris lagi tetapi sebagai anak komisaris n manager marketing saja dan bagian/departmen lain tentu tidak mengenalnya dia sebagai komisaris melainkan hanya sebagai anak komisaris / manager dari marketing, karena bagian/departemen lain hanya mengenal komisaris/bossnya dari namanya saja.
Dalam sehari-hari dikantor waktu dia masi menampakan diri sebagai anak komisaris n manager ,maka akan berkata, “ aku anak komisaris” kepada semua org di kantor
“ Bukan Aku Komisaris ‘’ .Jika ada ucapan syukur/selamatan kepada komisaris,maka dia akan berkata ‚’’aku mengucapkan syukur kepada bapaku komisaris ‚’’
tentu org yg tidak mengenalnya maka akan bilang anak komisaris itu lain dengan bapanya , kalo anak komisaris itu adalah komisaris ,komisaris mana lagi dia mengucapkan syukur dan org22 ini bilang dia bukan komisaris
Orang2 yg tdk mengenal ini sama seperti yg saudara yg tidak mengenal /percaya Tuhan Yesus dan berkata “kalau Yesus Tuhan ,Tuhan mana lagi dia berdoa?
Matius 21:10 Dan ketika Ia masuk ke Yerusalem, gemparlah seluruh kota itu dan orang berkata: “Siapakah orang ini?”
21:11 Dan orang banyak itu menyahut: “Inilah nabi Yesus dari Nazaret di Galilea.”
Org banyak ini yang seperti anda yg tdk mengenal/percaya Tuhan Yesus dan berkata Dia nabi
Yohanes
9:35. Yesus mendengar bahwa ia telah diusir ke luar oleh mereka. Kemudian Ia bertemu dengan dia dan berkata: “Percayakah engkau kepada Anak Manusia?”
9:36 Jawabnya: “Siapakah Dia, Tuhan? Supaya aku percaya kepada-Nya.”
9:37 Kata Yesus kepadanya: “Engkau bukan saja melihat Dia; tetapi Dia yang sedang berkata-kata dengan engkau, Dialah itu!”
9:38 Katanya: “Aku percaya, Tuhan!” Lalu ia sujud menyembah-Nya.
matius
16:13. Setelah Yesus tiba di daerah Kaisarea Filipi, Ia bertanya kepada murid-murid-Nya: “Kata orang, siapakah Anak Manusia itu?”
16:14 Jawab mereka: “Ada yang mengatakan: Yohanes Pembaptis, ada juga yang mengatakan: Elia dan ada pula yang mengatakan: Yeremia atau salah seorang dari para nabi.”
16:15 Lalu Yesus bertanya kepada mereka: “Tetapi apa katamu, siapakah Aku ini?”
16:16 Maka jawab Simon Petrus: “Engkau adalah Mesias,
Org percaya ini yang mengenal bahwa Tuhan Yesus adalah Tuhan
Karena saudara tidak percaya/mengenal Tuhan Yesus adalah Tuhan dan tidak membaca injil secara keseluruhan ,hanya mengambil sepotong2 ,maka saudara seperti org lain yg tdk mengenal dan tidak percaya Tuhan Yesus
Yohanes
1:1. Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah.
1:14 Firman itu telah menjadi manusia, dan diam di antara kita, dan kita telah melihat kemuliaan-Nya, yaitu kemuliaan yang diberikan kepada-Nya sebagai Anak Tunggal Bapa, penuh kasih karunia dan kebenaran
Firman itu telah menjadi manusia sebagai Anak Allah dan Firman itu adalah Allah
” Dan ketika Allah SWT berkata wahai Isa putra Maryam, apakah engkau yang telah mengatakan kepada manusia, jadikanlah aku dan ibuku tuhan selain Allah, maka ia( Isa Al Masih) berkata kepada Allah, Maha Suci Engkau, tidaklah aku mengatakan sesuatu yang bukan hakku, jika aku telah mengatakannya maka tentulah Engkau telah mengetahuinya,, Engkaulah yang mengetahui apa -apa yang ada didiriku dan aku tidak mengetahui apa yang ada pada diri-Mu, sesungguhnya engkaulah Yang Maha mengetahui alam goib {116}
Tidaklah aku ( Isa putra Maryam) mengatakan kepada mereka melainkan apa yang Engkau telah perintahkan kepadaku untuk mengatakan : sembahlah bagi kalian Allah Yang merupakan tuhanku dan tuhan kalian, dan akupun menyaksikan mereka ketika aku masih berada bersama mereka, dan ketika Engkau mengangkatku maka engkaulah yang mengawasi mereka, dan sesungguhnya hanya Engkaulah Yang Maha menyaksikan atas segala sesuatu. {117} “(Surat Al-Maidah)
” Katakanlah bahwa Allah itu Esa{1}
Allahlah tempat bergantungnya segala sesuatu{2}
Dia ( Allah) tidak beranak dan tidak pula diperanakkan {3}
Dan tiada sesuatupun yang setara dengan-Nya {4} ” (Surat Al-Ikhlash)
” Dan ketika Allah SWT berkata wahai Isa putra Maryam, apakah engkau yang telah mengatakan kepada manusia, jadikanlah aku dan ibuku tuhan selain Allah, maka ia( Isa Al Masih) berkata kepada Allah, Maha Suci Engkau, tidaklah aku mengatakan sesuatu yang bukan hakku, jika aku telah mengatakannya maka tentulah Engkau telah mengetahuinya,, Engkaulah yang mengetahui apa -apa yang ada didiriku dan aku tidak mengetahui apa yang ada pada diri-Mu, sesungguhnya engkaulah Yang Maha mengetahui sesuatu yang goib {116}
Tidaklah aku ( Isa putra Maryam) mengatakan kepada mereka melainkan apa yang Engkau telah perintahkan kepadaku untuk mengatakan : sembahlah bagi kalian Allah Yang merupakan tuhanku dan tuhan kalian, dan akupun menyaksikan mereka ketika aku masih berada bersama mereka, dan ketika Engkau mengangkatku maka engkaulah yang mengawasi mereka, dan sesungguhnya hanya Engkaulah Yang Maha menyaksikan atas segala sesuatu. {117} ”
(Surat Al-Maidah)
” Katakanlah bahwa Allah itu Esa{1}
Allahlah tempat bergantungnya segala sesuatu{2}
Dia ( Allah) tidak beranak dan tidak pula diperanakkan {3}
Dan tiada sesuatupun yang setara dengan-Nya {4} ”
(Surat Al-Ikhlash)
memang dalam islam (AQ) yang dmaksud kristen menyembah Tuhan 3 itu siapa aja oknumnya???
buat saudara Ibnuabih,
Jika anda membandingkan injil dgn aq maka akan ada perbedaan tentang Yesus/Isa,tetapi sebelonnya saya bersyukur bahwa anda mengerti apa yg difirmankan ttg injil.
DIDALAM INJIL TIDAK TERDAPAT AYAT2 YG INI SEPERTI DALAM AQ
Dan ketika Allah SWT berkata wahai Isa putra Maryam, apakah engkau yang telah mengatakan kepada manusia, jadikanlah aku dan ibuku tuhan selain Allah, maka ia( Isa Al Masih) berkata kepada Allah, Maha Suci Engkau
DIDALAM INJIL
:1. Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah.
1:14 Firman itu telah menjadi manusia
Disini klo kita membandingkan maka akan bertentangan satu sama lain
Dalam aq mengamini taurat dan injil adlah wakhyu dari Tuhan..dan sebelon aq ada,maka taurat dan injil sudah ada diwahyukan oleh Tuhan.
Hampir 70% isi dari aq adalah dari taurat dan injil yg ada skrg ,tetapi didalam aq terus ada pengurangan dan penambahan bahkan merubah isinya.(katanya tuk menyempurnakan/membenarkan)
Skrg pertanyaannya injil yg mna yg diaminin dalam aq..kita tahu bahwa dalam injil TuhanYesus/Isa adalah Tuhan sedangkan di aq dibilang nabi malah ditambah ayat2 yg diatas ,dan yg pasti tidak ada satu ayat itu pun ada dalam injil
Pasti saudara Ibnuabih bilang bahwa injil yg ada skrg dah dipalsuin dan dilebih-lebihkan oleh penganut nasrani(sesuai dlm ajaran aq). Oleh krn itu aq sbg kitab terakhir yg menyempurnakan dan membenarkan.
Sekarang saya mao tanya kepada saudara sebagai umat beragama tentu kita yakin bahwa wahyu/firman Tuhan adlah muncul dari yg awal sampai yg akhir(akhir jaman).Masa Firman Tuhan/Injil yg palsu dulu muncul baru ,hampir 400 thn baru ada ada Firman Tuhan/aq yg membenarkan..bukannya terbalik ni….
Dimana2 pasti ada produk yg asli dulu baru muncul, baru banyak tiruannya/jiplaknnya dan menyesatkan banyak org,tetapi yg produk asli tetap bertahan sampai skrg,APALAGI YG NAMANYA Firman/wahyu Tuhan tentu ADA yg asli duluan baru yg banyak yg PALSU(ditiru/jiplak dan dirubah2)..Bagaimana injil /wahyu dari Tuhan yg diamini dalam aq muncul palsu duluan lebih dari400 thn sampai skrg ,baru ada yg asli???/
Bagaimana jika ada agama terakhir mucul thn 1000an,mis namanya agama D,yg kitab sucinya mengambil 70%dari taurat,injil juga aq..,tetapi ada pengurangan /penambahan dan mengganti isinya..Dalam kitab mereka tertulis juga tentang muhammad sbg nabi ,tetapi disebut bukan rasul Allah dan bukan nabi terakhir, krn ada nabi terakhir setelah muhammad dalam kitab mereka..Dan bilang bahwa kitab mereka membenarkan kitab yg sudah ada
APA TANGGAPAN SAUDARA?
pasti anda bilang agama D alaha agama palsu/sesat..
Sama seperti umat nasrani yg sudah ada injil, tiba22 muncul agama baru yaitu islam yg isinya dirubah22 dan dibilang palsu .
Apa yg ada di aq hampir semua ada di injil kecuai ttg muhammad dan pengikutnya begitu juga ttg NUBUAT TTG akhir jaman yg ada di aq ,itu hampir smua sudah ada di injil walaupun ditambah/dikurangi bahkan diganti…Injil ada duluan baru 400 thn an lebih kemudian muncul aq
APAKAH ALLAH KURANG BERKUASA SEHINGGA WAHYUNYA DIPALSUIN DULU OLEH SETAN ,BARU MUNCUL WAHYU YG BENARNYA???? BUKANNYA TERBALIK MAS
mas Tom2000
untuk mas Tom yang baik, semoga kita semua tidak sedang saling menghujat, tetapi mengkritisi fenomena yang ada.
mungkin ada baiknya kita sama-sama mengkaji.. mas Tom punya injil cetakan tahun 200an ???
mas Tom punya injil cetakan tahun 70an ????
silahkan bandingkan perbedaannya.
mas Tom2000
untuk mas Tom yang baik, semoga kita semua tidak sedang saling menghujat, tetapi mengkritisi fenomena yang ada.
mungkin ada baiknya kita sama-sama mengkaji.. mas Tom punya injil cetakan tahun 2000an ???
mas Tom punya injil cetakan tahun 70an ????
silahkan bandingkan perbedaannya.
TUHANmu, TUHANku, dan TUHAN kita semua;
1. Coba lihat kembali sejarah manusia dlm mencari TUHANnya, mulai dari men-TUHAN-kan Patung, Binatang, Matahari sampai Dewa-2, Bagaimana dan apa sj yg dilakukan dengan TUHANnya ?, Mengapa semua terjadi spt itu ?
2. Kemudian bagaimana, kapan, dan dimana Agama-agama itu lahir ?
3. Kalau masing-2 Agama mempunyai TUHAN sendiri-2, alangkah banyaknya TUHAN ini ! dan kalau betul demikian, bagaimana TUHAN-2 itu bersahabat dan berdebat ! dan mungkin berkelahi kali ! kalau betul TUHAN lebih dari satu ! (logika Manusia, APA IYA ?).
4. Pastikan TUHAN ini Cuma satu dan tdk mungkin banyak (logika kita/ akal rasio, coba renungkan dalam-2).
5. Jadi TUHANnya Orang Budha, Hindu, Kristen, Shinto, Kong Huchu, ISLAM, aliran kepercayaan mungkin SAMA ? dan hanya SATU (maha Esa !) TUHAN.
6. Kalau TUHAN hanya satu dan Cuma satu-satunya, yang mana diantara TUHAN-TUHAN itu yg mrpk TUHAN sesungguhnya dan siapa beliau ini ? (Mr. X itu ?) dan spt apa wujudnya TUHAN itu ? (setiap orang akan berpikir sesuai dg persepsi masing-2 kan ).
7. Bagaimana manusia (ciptaannya) mengetahui bhw Dia adl TUHANnya dan bagaimana TUHAN menyatakan dirinya serta memberitahukan bhw Dirinya adl TUHAN yg sesungguhnya bagi alam semesta beserta isinya (manusia, fauna, & flaura) ?.
8. Silahkan pelajari semua agama (PROTESTAN, KATHOLIK, ADVENT, ISLAM, HINDU, BUDHA, SINTO, KONG HUCHU, Aliran Kepercayaan) berikut kitab-2 sucinya (TAURAT, JABUR, Perjanjian Lama, Perjanjian Baru, INJIL, AL QUR`AN, WEDA, Dll) apa saja isi kitab-kitab suci dan bagaimana proses diturunkan (dibuatnya) ?
9. Jangan pernah berhenti mencari TUHAN yg sesungguhnya, niscaya dan insyaa ALLAH, TUHAN yg sesungguhnya akan menemui kita.
10. SELAMAT MENCARI, semoga TUHAN yg sesungguh akan segera menemui kita, amien.
BISARA SIANTURI bercerita;
Lelaki bernama Bisara Sianturi ini bukannya sembarangan lelaki. Dia ialah anak muda yang fanatik dengan agama Prostestan.
Apa yang menarik mengenai Bisara ini, ialah percubaannya untuk mempengaruhi sebuah keluarga muslim di Medan agar menerima ajaran Kristian Prostestan berkesudahan dengan kegagalan. Namun dari ketewasannya berdialog dengan seorang haji, menjadi penyebab dia mendapat hidayah dari Allah SWT.
Bisara Sianturi dilahirkan di Tapanuli Utara pada 26hb Jun 1949. Dia dibesarkan dalam didikan keluarga yang taat penganut Prostestan.
Pada tahun 1968 Bisara telah merantau ke Kota Medan. Nasibnya agak baik kerana berkesempatan berkenalan dengan keluarga Walikota(Datuk Bandar) Medan ketika itu, Ahmad Syah. Dari kemesraan hubungan itu dia mendapat kesempatan tinggal bersama-sama di rumah keluarga walikota berkenaan.
Bisara mengaku, selama tinggal di rumah keluarga walikota tersebut, dia cuba mendakwah anak-anak walikota itu lagu-lagu gereja. Kebetulan anak-anak walikota dekat dengannya dan suka dengan lagu-lagu yang diajarkannya. Sementara walikota sendiri tidak pernah marah kepadanya. Bahkan dia pernah bertanya kepada walikota tentang agama apa yang baik. Walikota itu menjawab, bahawa semua agama itu baik.
Pemikiran terbuka walikota seperti itulah uyang membuatnya senang dan berani mengajarkan lagu-lagu gereja kepada anak-anaknya. Menurutnya, kalau orang sudah memeliki pemikiran seperti ini, biasanya akan mudah diajak masuk Kristian.”Saya berniat mengkristiankan keluarga ini. Pertama-tama melalui anak-anaknya dulu. Makanya saya ajari mereka lagu-lagu gereja. Anehnya, mereka suka sekali dengan lagui-lagu yang saya ajarkan,” kenang Bisara Sianturi.
Usaha Bisara untuk mengkristiankan keluarga walikota melalui anak-anaknya ternyata tidak boleh berjalan dengan lancar. Di rumah walikota itu tinggal juga bapa mertuanya, Haji Nurdin. Meskipun walikota tidak merasa keberatan anak-anaknya diajarkan lagu-lagu gereja, tetapi Haji Nurdin tidak suka kalau cucu-cucunya diajarkan lagu-lagu gereja oleh Bisara.
Pada suatu petang, di ruang depan rumah walikota, Haji Nurdin mengajak Bisara untuk bercakap masalah serius. Haji Nurdin yang luas pengetahuan agamanya ini mengajaknya berdialog mengenai agama. Bahkan beliau menawarkan diri untuk masuk Kristian jika Bisara mampu menyakinkan Haji Nurdin melalui hujah-hujahnya.
“Kalau kamu boleh menjawab pertanyaan-pertanyaan saya dengan benar, saya berserta keluarga saya seluruhnya dengan ikhlas dan sukarela akan mengikuti kepercayaan kamu,” kata Haji Nurdin waktu itu. Tawaran itu tentu saja menggugat hati Bisara. Dia dengan bersemangat menyanggupinya. Dia mengira akan dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan Haji Nurdin dengan mudah. Ternyata kemudiannya semua pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh Haji Nurdin membuat keyakinnannya terhadap Kristian pula goyah.
“Mana lebih dahulu Tuhan dengan air?” tanya Haji Nurdin.
“Pak Haji ini bercanda. Anak kecil juga bisa menjawab,” ucap Bisara.
“Saya tidak bercanda. Kalau kamu boleh menjawapnya, saya dan keluarga akan masuk agamamu!” tegas Haji Nurdin.
“Tentu lebih dahulu Tuhan, kerana Tuhanlah yang menciptakan air,” jawab Bisara.
“Kalau begitu, bila Tuhan kamu lahir? Bukankan Tuhanmu, Jesus, lahir pada tahun 1 Masehi? Bukankah tarikh Masehi yang kita pakai sekarang ini mengikuti tarikh kelahiran Jesus? Bukankah sebelum Jesus lahir setelah ada air? Kalau begitu air lebih dulu ada sebelum adanya Tuhanmu?” balas Haji Nurdin. Bisara kebingungan sendiri. Tetapi dia dengan mudah menjawabnya kembali.
“Jesus itu’ kan anaknya Tuhan.”
“Bukankah dalam ajaran agamamu dikenal ajaran “Trinitas” yang menganggap tiga tuhan, iaitu Tuhan Bapak, Jesus dan Roh Kudus sebagai satu kesatuan yang tidak boleh dipisahkan? Satu bererti tiga dan tiga bererti satu. Kalau demikian, tidak mungkin kita memisahkan Tuhan Bapak, Jesus dan Roh Kudus.
“Kalau Tuhan Jesus jatuh atau diragukan dengan pertanyaan seperti tadi, bererti yang lain juga ikut jatuh,” kata Haji Nurdin.
Bisara tambah bingung. Ianya tidak boleh membantah lagi.
“Yang kedua. Dalam Injil Matius pasal 27 ayat 46, disebutkan bahawa Jesus meminta tolong ketika sedang disalib. Cuba kamu fikir, bagaimana mungkin Tuhan yang Maha Sempurna minta tolong, Kalau Tuhan minta tolong, bererti dia tidak pantas dianggap Tuhan,” kata Haji Nurdin.
Kali ini Bisara tambah terkejut. Dia tidak menyangka Haji Nurdin mengerti banyak tentang Injil. Oleh itu, dia tidak mampu menjawab lagi.
Bisara kesal, meskipun semua meresap ke dalam hatinya, tetapi ia tidak menerima begitu saja. Dia balik bertanya kepada Haji Nurdin tentang kebiasaan orang islam menyunat anak-laki-lakinya.
Al-Haj Lord Headly Al-Farooq
Seorang Bangsawan, Negarawan dan Pengarang
Mungkin ada kawan-kawan saya yang mengira bahwa saya telah terpengaruh oleh orang-orang Islam. Dugaan itu tidak benar, sebab kepindahan saya kepada agama Islam adalah timbul dari kesadaran saya sendiri, hasil pemikiran saya sendiri.
Saya telah bertukar pikiran dengan orang-orang Islam terpelajar tentang agama hanya terjadi beberapa minggu yang lalu. Dan perlu pula saya kemukakan bahwa saya sangat bergembira setelah ternyata bahwa semua teori dan kesimpulan saya persis seluruhnya cocok dengan Islam.
Kesadaran beragama, sebagaimana yang ditegaskan oleh Al-Qur’an, harus timbul dari kebebasan memilih dan putusan yang spontan, dan tidak boleh ada paksaan. Mengenai hal ini, Jesus Al-Masih menyatakan kepada para pengikutnya:
“Dan orang tidak akan dapat menerima kamu atau memperhatikan kata-kata kamu, apabila kamu meninggalkan dia.” — Injil Markus, VI, 2.
Saya banyak mengetahui tentang aliran Protestan yang fanatik, yang berpendapat bahwa kewajiban mereka ialah mendatangi rumah-rumah orang Katolik Roma untuk mengusahakan supaya kawan-kawan se-“kandang”-nya itu bertaubat. Tidak bisa diragukan lagi bahwa tindakan yarig menyolok ini, adalah suatu tindakan yang tidak jujur, bahkan setiap jiwa yang murni akan mengutuknya, karena hal itu dapat membangkitkan pertentangan-pertentangan yang menodai keluhuran agama. Maaf saya katakan, bahwa kebanyakan misi Nasrani juga telah mengambil langkah-langkah yang sama terhadap saudara-saudaranya yang memeluk agama Islam. Saya tidak habis pikir; mengapa mereka selalu berusaha memurtadkan orang-orang yang pada hakekatnya lebih dekat kepada ajaran Jesus yang sebenarnya dari pada mereka sendiri?! Saya katakan demikian, sebab dalam hal kebaikan, toleransi dan keluasan berpikir dalam akidah Islam lebih dekat kepada ajaran Kristus, dari pada ajaran-ajaran sempit dari Gereja-gereja Kristen sendiri.
Sebagai contoh ialah Kredo Athanasia yang mengecam akidah Trinitas dengan keterangannya yang sangat membingungkan. Aliran ini yang sangat penting dan berperanan menentukan dalam salah satu ajaran pokok dari Gereja, menyatakan dengan tegas bahwa dia mewakili ajaran Katolik, dan kalau kita tidak percaya kepadanya, kita akan celaka selama-lamanya. Tapi kita diharuskan olehnya supaya percaya kepada akidah Trinitas. Dengan kata lain. Kita diwajibkan beriman kepada Tuhan Yang Maha Pengasih dan Maha Agung, kemudian pada waktu yang sama kita diharuskan menutupinya dengan kezaliman dan kekejaman, seolah-olah kita menutupi manusia paling jahat. Sedangkan Allah swt. amat jauh dari kemungkinan bisa dibatasi oleh rencana manusia lemah yang mempercayai akidah Trinitas atau Tatslits.
Masilh ada satu contoh lagi tentang kemauan berbuat baik. Saya pernah menerima surat –tentang kecenderungan saya kepada Islam– dimana penulisnya menyatakan bahwa apabila saya tidak percaya kepada ke-Tuhan-an Yesus Kristus, saya tidak akan mendapat keselamatan. Pada hal soal ke-Tuhan-an Yesus itu menurut pendapat saya tidak sepenting soal: “Apakah Yesus Kristus telah menyampaikan Risalah Tuhan kepada manusia atau tidak?” Jika saya meragukan soal ini, pastilah pikiran saya akan tergoncang. Akan tetapi, alhamdulillah, saya tidak ragu-ragu sedikitpun, dan saya harap bahwa kepercayaan saya kepada Yesus dan segala ajarannya tetap kuat seperti keyakinan setiap orang Islam atau setiap pengikut Yesus Kristus. Sebagaimana yang sering saya kemukakan bahwa agama Islam dan agama Kristen yang diajarkan oleh Yesus sendiri, adalah laksana dua saudara sepupu. Antara kedua agama itu hanya berbeda dengan adanya dogma-dogma dan tatacara yang mungkin tidak diperlukan.
Sekarang ini manusia sudah mulai menjurus kepada ketiadaan iman kepada Allah s.w.t. manakala mereka diminta supaya percaya kepada dogma-dogma dan kepercayaan-kepercayaan yang berpandangan sempit, dan dalam waktu yang bersamaan manusia haus kepada suatu agama yang dapat berbicara kepada akal dan athifah (sentiment) kemanusiaan.
Siapakah yang pernah mendengar bahwa seorang Muslim menjadi seorang atheist? Memang mungkin ada beberapa kejadian, tapi saya sangat meragukannya. Saya tahu ada beribu-ribu orang pria dan wanita, yang dalam hatinya adalah Muslim, akan tetapi secara biasa mereka tidak berani mengemukakan isi hatinya secara terang-terangan, dengan maksud supaya bisa menghindari gangguan-gangguan dan kesulitan-kesulitan yang akan dialami kalau mereka menyatakan ke-Islamannya secara terbuka. Justru saya sendiri mengalami yang demikian itu selama 20 tahun dalam keimanan saya secara terang-terangan yang telah menyebabkan hilangnya pikiran baik dari teman-teman saya.
Saya telah menerangkan alasan-alasan saya, mengapa saya menghormati ajaran-ajaran Islam, dan saya umumkan bahwa saya sendiri telah memeluk Islam lebih baik dari pada sewaktu saya masih seorang Kristen. Saya hanya bisa mengharap bahwa kawan-kawan saya mau mengikuti contoh ini yang saya tahu adalah suatu contoh yang baik, yang akan membawa kebahagiaan kepada setiap orang yang memandang langkah hidup saya sebagai suatu kemajuan dan jauh dari bersifat bermusuhan terhadap agama Kristen.
Tentang Pengarang : Lord Headly Al-Farooq
Lord Headly Al-Farooq dilahirkan pada tahun 1855. Beliau adalah seorang bangsawan Inggris, negarawan dan pengarang. Belajar pada Universitas Cambridge dan menjadi seorang bangsawan pada tahun 1877, mengabdikan diri dalam kemiliteran dengan pangkat Kapten, dan terakhir sebagai Letnan Kolonel dalam Batalion IV Infanteri di North Minister Fusilier. Walaupun beliau seorang insinyur, beliau berkecimpung juga dalam bidang kesusastraan. Beliau pernah menjabat sebagai Redaktur s.k. “Salisbury Journal” dan banyak mengarang buku-buku, dan yang paling terkenal ialah “A Western Awakening to Islam”.
Beliau telah menyatakan ke-Islaman-nya pada tanggal 16 Nopember 1913 dan berganti nama menjadi Syaikh Rahmatullah Al-Farooq. Beliau banyak melakukan perjalanan, dan pernah mengunjungi India pada tahun 1928.
Cape deh…. berdebat ttg Tuhan ini , Allah itu ,dewa itu dll. Mau murtad kek mau mualaf kek terserah… itu hak masing2.Bagi saya agama yg benar itu harus mengajarkan cinta kasih,damai dan semangat untuk mampu mengampuni kesalahan org lain .Nggak ada yang namanya “fatwa mati”, “perang suci/Jihad” dan bullshit lainnya, apalagi bom bunuh diri.
Saya pribadi sangat anti kekerasan apalagi yg seperti hukuman potong tangan,potong ini potong itu,cambuk sana cambuk situ…akkkh.
@Ly
Inilah ciri-ciri orang yg “munafik” bilang KASIH tapi buntutnya malah menghujat gak jelas.
Mas/mbak mau hujan loh jemuran dah diangkat belom
Allah cmn mewahyukan 10 printah Allah.alkuran itu karangan orng muslim yg menganggap agama mereka lah yg paling benar.bertobatlah,jangan sok sokan.,
Terpujilah Tuhan Yesus
Syalom, salam sejahtera…
Saya ingin menyampaikan 3 hal :
1. Saya percaya bahwa bunda maria itu adalah orang suci dan kudus, tetapi saya tidak percaya jika anda mengatakan bahwa bunda maria sudah terangkat ke surga, saya yakin dia akan di angkat, tetapi mungkin belum terangkat. karena tidak ada ayat Alkitab yg menjelaskannya.
2. Saya tidak setuju jika harus meminta supaya bunda maria mendoakan saya, karena maria adalah orang biasa, dia bukan nabi dan dia bukanlah Tuhan. Apakah bedanya jika anda meminta di doakan oleh nenek saya yg sudah meninggal, dengan anda meminta di doakan oleh bunda maria…?
bukankah itu sama..?? atau… apakah anda mengetahui cara untuk berhubungan dengan orang mati…?? jika demikian, saya ingin tahu caranya.
3. Jika anda percaya bahwa bunda maria sudah berada di surga, dia tidak perlu berdoa kepada Tuhan jika ingin meminta sesuatu, dia cukup mengatakannya kepada Tuhan, karena Tuhan juga berada di surga, bukankah doa adalah sarana kita untuk berkomunikasi dengan Tuhan? Jika engkau dapat berdoa dan memohonkan langsung permohonanmu kepada Sang Pencipta, mengapakah engkau harus melalui orang lain seperti misalnya maria? Apakah engkau tidak percaya bahwa Tuhan dapat menjawab doa-doa mu..? Dimanakah iman mu hai saudara qu…? Tuhan sudah membukakan pintu berkat kepadamu, tetapi engkau tidak mempercayai-Nya. dalam Yohanes 15:7 Yesus berkata : “Jikalau kamu tinggal di dalam Aku dan firman-Ku tinggal di dalam kamu, mintalah apa saja yang kamu kehendaki, dan kamu akan menerimanya.”
mohon pencerahannya buat saudara semua, jika saya salah, tolong di koreksi. God Bless.
1 | Garam Dunia
Agustus 21, 2007 pada 5:53 am
Hanya penasaran (not picking a fight 😉 ), bukankah konteks ‘keturunan‘ di Kejadian 3:15, sama dengan janji Allah kepada Abraham dalam memberkatinya melalui ‘keturunan‘-nya, yaitu menunjuk kata singular (Seed, instead of seeds), yaitu keturunan Allah yang sempurna, anak Allah, Yesus Kristus?
Sehingga, keturunan ini tidak menunjuk kepada Bunda Maria (di dalam konteks tulisan anda)?