Agamaku Kesaksianku

Mujizat Terbesar Yesus

Posted on: September 30, 2007

{** Tulisan ini adalah sebagai pelengkap bagi artikel “Orang Kristen Sangat Membanggakan Mujizat Yesus.” **}

Aneh memang jika tulisan ini dikatakan sebagai “pelengkap” bagi artikel di blog Suryaningsih tersebut. Bukankah artikel tersebut ditulis untuk memperolok orang Kristen? Bukankah artikel tersebut dimaksud untuk mengecilkan Yesus sekaligus mengedepankan Dajjal & Sai Baba?

Tetapi memang itulah maksud saya, yaitu untuk melengkapi tulisan tersebut dengan kebesaran mujizat Yesus yang tidak terdapat pada kedua tokoh idola Suryaningsih. Sehingga pada akhirnya setiap orang akan sadar bahwa Yesus adalah benar-benar Tuhan yang empunya segalanya.

Datangnya Nabi-nabi Palsu

Dalam Alkitab tercatat banyak sekali mujizat yang dilakukan Yesus. Yang unik adalah bahwa dalam Alkitab, Yesus seolah memiliki wewenang penuh atas kuasa tersebut sehingga Yesus mampu melakukan mujizat seketika tanpa perlu memohon kepada Allah. Memang benar bahwa Yesus berdoa tetapi doa Yesus adalah untuk mengucapkan syukur kepada Allah Bapa.

Mujizat-mujizat Yesus ini ditengarai sebagai mujizat yang paling banyak dan paling lengkap dari pada semua nabi yang pernah hidup. Tetapi Yesus pernah bernubuat bahwa akan ada banyak orang yang mampu melakukan mujizat seperti diri-Nya, bahkan lebih besar. Mereka adalah “nabi-nabi palsu” yang mampu meniru setiap mujizat Yesus demi menyesatkan banyak orang. (Matius 7:15, Matius 24:11, Matius 24:24, Markus 13:22)

Mengenai hal ini Yesus sudah mewanti-wanti umat manusia akan penyesatan yang akan terjadi dengan mengatasnamakan Yesus tetapi tujuannya untuk menyesatkan umat manusia. Jangan khawatir, Yesus telah memberikan tips bagi kita, yaitu untuk menguji setiap buah yang dihasilkannya. Sebab pohon itu dikenali dari buahnya. Tidak mungkin seseorang memetik buah anggur dari semak duri, atau buah ara dari rumput duri. (Matius 7:16-20, Matius 12:33, Lukas 6:43-44)

Mujizat-mujizat Yesus

Selama hidupnya Yesus sangat berkuasa dalam bermujizat dan semuanya tercatat dalam Alkitab. Tetapi referensi dari kitab agama lain justru sangat berlebihan dan tidak memiliki nilai manfaat sedikit pun. Dengan demikian kita tetap memegang mujizat Yesus yang ada di Alkitab. Dan mujizat Yesus yang tercatat dalam Alkitab bukah mujizat sembarang demi “pamer” tetapi memiliki nilai manfaat, keselamatan, penyembuhan dan pengampunan.

Mujizat-mujizat Yesus yang tercatat misalnya: pengubahan air menjadi anggur, hafal Taurat dan mengajar sejak kecil, menyembuhkan segala macam penyakit dan cacat, menghidupkan orang mati, mengatur alam, menghilang, berjalan di atas air, memberi makan ribuan orang dengan modal minim, mengusir roh jahat (setan, legion), dan lain-lain.

Mujizat Terbesar Yesus

Kalau mujizat-mujizat Yesus di atas itu bisa ditiru oleh para nabi palsu, maka masih ada mujizat Yesus yang terbesar yang mungkin tidak dapat ditiru oleh para nabi palsu. Dan apa yang ditulis ini akan menjadi pelengkap bagi tulisan Suryaningsih. Dan memang benar apa yang dikatakann Suryaningsih, yaitu bahwa umat Kristiani sangat bangga dengan mujizat Yesus ini karena apa yang akan saya tulis di bawah ini adalah landasan utama iman Kristiani. Berikut adalah mujizat terbesar Yesus tersebut:

1) Kelahiran Yesus

Betapa luar biasa kelahiran Yesus. Selain sudah dinubuatkan oleh para nabi selama ribuan tahun sebelumnya, juga karena Yesus itu dikandung oleh seorang Perawan Suci, yaitu Maria. Kehamilannya adalah karena Roh Kudus. Mengenai hal ini bahkan tertulis pula di kitab agama lain. Artinya bahwa kehamilan yang luar biasa ini diakui oleh bahkan umat agama lain. (Matius 1:18, Lukas 1:28-35)

Kelahiran Yesus juga dipenuhi keajaiban, yaitu dengan adanya bintang penunjuk yang mengikuti perjalanan Yusuf & Maria. Bintang inilah yang menuntun orang-orang Majus dari Timur ke Yerusalem untuk menyembah kanak-kanak Yesus. (Matius 2:1-10)

Tetapi tidak hanya mujizat kelahiran ini yang membuat orang Kristiani bangga kepada Yesus, tetapi karena kerahiman dan kasih Allah yang begitu besar kepada manusia sehingga Allah bersedia memberikan Putera Sulung-Nya lahir di dunia demi menyelamatkan umat manusia. Puji dan syukur kepada Tuhan.

2) Kebangkitan Yesus

Yesus memang ditetapkan oleh Allah untuk menderita sengsara di dunia ini demi penebusan dosa manusia dan korban perdamaian antara manusia dengan Allah. Dan kematian Yesus sungguh sangat hina di kayu salib. Hukuman salib adalah hukuman paling hina bagi penjahat paling kejam di jaman Romawi. Dan Yesus harus menempuh kematian dengan cara seperti itu.

Tetapi sungguh Yesus adalah manusia suci dan kudus yang tanpa noda dosa dan seluruh hidup-Nya berkenan bagi Allah. Kehidupan dan kematian Yesus ini menjadi tonggak sejarah duniawi yang berarti meruntuhkan kekuasaan dan wewenang iblis atas dunia dan manusia. Yesus telah menggenapi segenap prasyarat penebusan umat manusia dan iblis telah dikalahkan.

Wafat Yesus di kayu salib dilengkapi dengan kemenangan surgawi. Yesus bangkit dari kubur-Nya setelah 3 hari. Inilah mujizat terbesar Yesus. Karena kekudusan hidup-Nya, maut tidak berkuasa atas kematian Yesus. Akibat dari dosa, yaitu kematian (maut), tidak dapat merengut dan menguasai Yesus sehingga Yesus dapat bangkit dari kematian. Yesus bangkit dengan keadaan lengkap, jiwa dan raga, tidak hanya roh-Nya. Bahkan Thomas (seorang murid yang tidak percaya dengan kebangkitan Yesus) harus membuktikan kebangkitan raga Yesus dengan mencucukkan jarinya di lubang paku tangan dan luka tusukan di lambung-Nya. (Matius 28, Markus 16, Lukas 24, Yohanes 20)

3) Kenaikan Ke Surga

Setelah wafat Yesus masih tinggal bersama para murid-Nya selama 40 hari. Selama itu pula Yesus masih terus mengajar dan membuat mujizat seperti penangkapan ikan, merubah wajah, dan lain-lain.

Puncak dari masa 40 hari ini adalah saat Yesus naik ke Surga dan duduk di sebelah kanan Allah Bapa (Markus 16:20, Lukas 24:51). Ini juga mujizat Yesus yang luar biasa. Allah berkenan mengangkat Yesus naik ke surga disaksikan ratusan murid-Nya.

4) Kedatangan Yesus Kedua Kali

Akhirnya mujizat paling besar adalah saat Yesus datang untuk kedua kalinya ke dunia ini. Yesus akan hadir sebagai hakim yang akan mengadili orang hidup dan mati. Setelah itu Yesus akan menjadi raja di raja yang memegang tampuk pemerintahan selama-lamanya. Berbahagialah umat manusia yang selamat dan menjadi umat pilihan Yesus karena mereka akan menikmati kekuasaan Yesus yang paling besar, karena Allah telah memberikan kuasa atas surga dan bumi kepada Yesus (Matius 28:18). (Tentang kedatangan Yesus kedua: Matius 24, Lukas 17:24, Yakobus 5:8, 1 Yohanes 2:28, Wahyu).

Memang Sudah Sepatutnya Umat Kristiani Bangga

Mujizat-mujizat Yesus memang luar biasa. Tetapi mujizat ini bukan lantas menjadikan umat Kristiani bangga dan bermegah diri (sombong). Mujizat-mujizat ini seharusnya menjadi penguat iman umat Kristiani.

Bagi umat agama lain yang skeptis (bahkan anti) terhadap Yesus, silakan membaca: “Bagi Yang Tidak Mengimani Yesus” supaya dapat memahami misi Yesus Kristus.

Selain iman, Yesus juga mengajarkan kasih, yaitu hendaknya kita mengasihi Allah dan sesama manusia seperti mengasihi diri kita sendiri (“Mengasihi Allah”, “Mengasihi Musuhmu”).

Penutup

Akhir kata saya mengucapkan terima kasih kepada Suryaningsih yang telah membuka jalan bagi terciptanya tulisan ini. Semoga semakin banyak manusia yang dapat diselamatkan dalam nama Yesus Kristus yang adalah “Jalan dan Kebenaran dan Hidup.”

Tuhan memberkati.

146 Tanggapan to "Mujizat Terbesar Yesus"

Setuju. Dia lah Yesus.

Thanks atas tulisannya ya. Nambah lagi nih.. Saya minta ya.
Thanks lagi.

Salam Damai.

@ Dear Etus07,

Sama-sama Mas. GBU.

Mas Dewo,
Saya ndak tahu apakah pemahaman saya ini tidak umum.
Saya kagum dan bangga dengan Yesus bukan karena Dia bisa mengubah air menjadi anggur, menyembuhkan orang buta ataupun membangkitkan orang mati.
Saya bangga karena Dia yang agung begitu peduli dengan kita yang begitu kecil dan Dia begitu dekat. Yang saya kagumi adalah cinta kasihnya yang begitu besar hingga secara sukarela berkenan membebaskan mausia dari belenggu dosa. Hal semacam inilah yang membuat saya bangga mengikuti Yesus.
Karena alasan itu pula saya tidak pernah membaca post “Orang Kristen Sangat Membanggakan Mujizat Yesus” ketika menemukannya di botd-nya wordpress.
Itu tidak salah kan ya mas?

@ Dear Sigid,

Betul Mas. Tidak apa-apa tidak membaca artikel tersebut.

Saya membuat artikel ini untuk mengklarifikasi tulisan tersebut sekaligus mencoba memberikan pemahaman yang benar kepada masyarakat yang mungkin belum memahami Yesus Kristus. Terutama bagi para orang yang skeptis dan anti terhadap Yesus Kristus.

Jadi Mas Sigid tidak salah kok. Keimanan kita bukan hanya karena kita “melihat” tetapi lebih karena “mengalami.” Terutama mengalami jamahan Allah.

Salam.

Saya bangga karena Dia yang agung begitu peduli dengan kita yang begitu kecil dan Dia begitu dekat.

luar biasa…

Bagus en lengkap bgt mas Dewo…
^_^

Biar postingan ini bisa menjadi jawaban bagi yang membaca postingan Suryaningsih tersebut…

Tapi kalo buat saya, yang terpenting adalah karunia keselamatan yang diberikan Tuhan Yesus kepada kita ;-)

@ Dear Eyang Kakung & Indiegal,

Terima kasih atas dukungan & kunjungannya.

Tuhan memberkati.

Ya…ya ini bisa menjadi bantahan yang seimbang dari 2 kutub yang berbeda, dan ini sangat bagus mas Dewo, karena ya emang Yesus memiliki mukjizat yang sangat besar dalam kapasitas-Nya sebagai putra Bapa bukan hanya sekedar sebagai nabi…

@ Dear ExtremusMilitis,

Iya betul, karena Yesus adalah Tuhan.

GBU.

@ Dewo

Yakinlah bahwa Umat Muslim juga percaya dengan mukjijat tsb dan juga sangat menghormati Yesus (Isa Al Masih), Tidak ada Moslem yang skeptis dan anti terhadap Yesus (Isa Al-Masih).

Anda jangan salah kaprah terhadap tuduhan “skeptis” yg dialamatkan terhadap “kami” (tahu buat siapa itu ditujukan)
Justeru terhadap Nabi Muhammad SAW banyak Umat Agama tertentu di Indonesia bahkan di dunia SANGAT2 SKEPTIS dan SANGAT2 SINIS Sejak Dulu dan berulangkali yg membuat emosi pengikutnya terus dibuat terombang-ambing.

Dari buku penghinaan yg lucunya diberi penghargaan, hingga dagelan kartun berupa gambar binatang maupun bentuk pelecehan2 lainnya, hingga dogma kebencian dgn kata2 hinaan yg terpampang di sekolah2 teologis BARAT sampai bentuk Pemusnahan suatu Negara terhadap Negara lain dgn Alasan “Pura2 dan dibuat-buat”.

Pelecehan2 model begitu sangat tabu buat Umat Islam apalagi “terhadap Yesus” ataupun agama lain. Ketika Kemarahan negatif umat islam meledak (yg sengaja atau tdk), hal ini seperti moment yg pas itu dijadikan senjata pen-diskreditan baik serangan fisik maupun mental.

Kalau toh ada kemarahan2 kecil yg meletup dikarenakan tumpukan2 api dalam sekam yg timbul krn ranah2 pribadi yg sangat prinsip mereka terlalu jauh di “USILI”.

Dalam Islam keajaiban2 yg dapat dilakukan manusia biasapun bisa terjadi (karomah). Tapi itu dikembalikan kepada Allah dan tdk dibuat berlebihan krn kalo org tsb mati kuburannya bakalan disembah dan dipuja2.

Tanda2 keajaiban kelahiran Nabi Muhammad hingga banyak kejaibannya kalo ingin tahu klik aja di : http://hikmah.sitesled.com/sirah_nabawi/Kurnia_Ilahiah-kelahiran_nabi.htm

Hingga kejaiban sejarah Ka’bah ketika diserang pasukan Abrahah (pasukan gajah) dari Yaman yang dipimpin oleh Abrahah yang ingin meruntuhkan Ka’bah di Mekah. Padahal Peristiwa ini terjadi pada tahun Nabi Muhammad s.a.w. dilahirkan.

Surat Al Fiil (Gajah)
(105:1)
Apakah kamu tidak memperhatikan bagaimana Tuhanmu telah bertindak terhadap tentara bergajah [Dipimpin Abrahah]?
(105:2)
Bukankah Dia telah menjadikan tipu daya mereka (untuk menghancurkan Ka’bah) itu sia-sia?,
(105:3)
dan Dia mengirimkan kapada mereka burung yang berbondong-bondong,
(105:4)
yang melempari mereka dengan batu (berasal) dari tanah yang terbakar,
(105:5)
lalu Dia menjadikan mereka seperti daun-daun yang dimakan (ulat).

Saya menceritakan ini dgn maksud bahwa hendaknya kita sesama umat beragama di Indonesia haruslah saling instropeksi terhadap diri kita masing2, bahwa tidak ada yg istimewa selain Sang Pencipta Alam Semesta ini, bahkan dgn kehendak-NYA manusia biasa sekalipun bisa melakukan suatu bentuk kejaiban bilamana Allah Berhendak, tapi jgn menjadikan kita sombong hingga kita mengangkat pesaing Tuhan2 lainnya.

Ingatlah bahwa kita hidup di Indonesia dengan Dasar Negara Pancasila yg Sila Pertamanya “Ketuhanan Yang Maha Esa”

Salam

Kalo bagi saya sih, mukjijat terbesar yesus itu adalah ajarannya yang sungguh luar biasa.

@all.
shallom//////

Sebelum ini saya pakai MAYA tapi saya tersesat lalu pakai LURUS.

Selamat hari Raya Idel Fitri buat saudara/saudari dari kaum Isemail.

Salam damai, Tuhan memberkati. Amen

Buat saya semua mujizat yang Yesus buat semuatnya sangat besar karena semua nabi pilihan Allah dan Yesus yang diberikan mujizat. Dan Mujizat Yesus yang terbesar. Tuhan kita juga ingat agar berhati2 terhadap nabi2 palsu yang mampu buat mujizat karena berasal dari iblis

Jadi dengan kata lain, Muhammad adalah Nabi yang mengangkat dirinya sendiri menjadi nabi atau nabi-nabian. Karena kenabiannya tidak berasal dari Allah dan Juga bukan berasal dari Iblis. Kenapa ? Karena nabi yang berasal dari Allah dan Nabi palsu dari Iblis di sediakan mujizat.

Iblis sangat senang dengan nabi yang satu ini karena telah membawa kesesatan banyak orang

Shallom.

Mau nanya yah?….

Apakah Kitab pegangan kaum saudara Ismeal kita itu bukan tergolong dalam Kitab GNOSTIK!!!!!!!!.

Bagaimana, tolong komen yah……

Salam.

Damai dihati Damai dibumi

Dear Lurus …. mungkin bisa baca

THE PRIEST AND THE PROPHET/SANG PENDETA DAN SANG NABI/QISS WA NABI
PENGARUH PENDETA KRISTEN, WARAQAH IBN NAWAL, terhdp MUHAMAD
yang ditulis oleh Joseph Azzi.

sedikit resume ..
Joseph Azzi, penulis Lebanon Kristen melacak pengaruh pendeta Waraqah terhdp saudara sepupunya, Muhamad. Sejak thn 1979, ketika QISS WA NABI diterbitkan dalam bahasa Arab, buku ini dicap sbg buku yg sangat provokatif karena mempertanyakan sumber2 Quran.

Waraqah menjadi mentor Muhamad saat ia menjadi petinggi sebuah gereja di Mekah, abad 7. Sektenya, kepercayaan non-ortodoks kpd Yesus, sang Mesiah, terwujud dlm Islam sekarang.

Penulis lahir di Lebanon thn 1938. Ia mendalami studi teologi di Holy Spirit University di Kaslik dimana ia mengajar filsafat, sambil meneruskan interesnya dlm Islam. ‘The Priest and the Prophet’ mengalami cetak ulang sebanyak 14 kali sejak Azzi menerbitkannya dibawah nama samaran Abu Musa El Hariri.

#15 belzebul

terima kasih.
Saya sedang mencari buku tersebut tak jumpalah.

Kalau ada di internet? apa wednya.

salam

@ Dear FreddyKrueger (#10),

Seharusnya komen Anda untuk penulis SuakaHati atau pun Suryaningsih. Tulisan ini didedikasikan untuk meluruskan artikel di Suryaningsih. Jika Anda sudah mengunjungi kedua blog tersebut, seharusnya Anda bisa menilai dan berpendapat lebih baik. Sudah seharusnya jika komen ada diposting di sana.
~~~

@ Dear Danalingga (#11),

Setuju bangets.
~~~

@ Dear Androzrony (#12),

Ehem…
~~~

@ Dear Lurus (#13),

Mujizat Yesus yang tercantum di AQ memang kebanyakan dari kitab Gnostik yang telah tidak diakui oleh Gereja sejak lama, bahkan sebelum Islam lahir.
~~~

@ Dear Belzebul (#14),

Terima kasih atas informasinya.

GBU

shallom.

Terima kasih penjalasan yg diberi Pak Dewo.

Saya baru dapat CD kesaksian pertaubatan Pendita Ustad Md Yassin. Saya tambah dikuatkan dan diberkati dg kesaksiannya. Kini dia melayani Tuhan Yesus Kristus dg sungguh setelah ditangkap oleh Tuhan Yesus sendiri lewat hari hari perjalanan dalam kehidupannya.

Tuhan Yesus Kristus adalah kuatku.

Mas Dewo

Sebagai coguide di blok ini saya pendatang baru ingin sharing & diskusi mengenai sakramental didlm katolik.

mengapa didalam keselamatan katolik mesti dengan tahapan sakramental ( baptis,pertobatan,krisma …..) dsb.

Bisakah dijelaskan !

{pandora)

Umat kristiani selalu mengatakan bahwa Muhammad adalah nabi Palsu. Seperti dikatakan pada halaman ini bahwa nabi palsu tersebut akan mampu meniru mujizat seperti yang dilakukan oleh Yesus. Pertanyaannya adalah apakah Muhammad tersebut melakukan mujizat mujizat seperti yang dilakukan oleh Yesus. Jawababnya adalah tidak.

Apakah ada dalam ucapannya Muhammad mengatas namakan Yesus? Sama sekali tidak ada. Yang selalu mengatas namakan Yesus adalah yang selalu diucapkan oleh Rasul Paulus. Jadi apa yang diucapkan Yesus tersebut tidak dapat dialamatkan kepada Muhammad.

Terima kasih.

pandora)

Umat kristiani selalu mengatakan bahwa Muhammad adalah nabi Palsu. Seperti dikatakan pada halaman ini bahwa nabi palsu …..

===> MAS PANDORA… UMAT KRESTEN MEMANG TIDAK MENGAKUI MUHAMMAD SEBAGAI NABI DALAM SILSILAH YAHUDI (ALKITAB).
TENTANG MUHAMMAD SEBAGAI NABI ALLAH SWT ITU LAEN CERITANYA, DG MENCARI PEMBENARAN DALAM ALKITAB YG DIKATAKAN SUDAH TIDAK ASLI …KAN LUCU…!!

Pertanyaannya adalah apakah Muhammad tersebut melakukan mujizat mujizat seperti yang dilakukan oleh Yesus. Jawababnya adalah tidak.

===> MEMANG TIDAK…. KARENA MUHAMMAD MENGAKU SEBAGAI NABI DG MENCARI PEMBENARAN DALAM ALKITAB YG DIKATAKAN SUDAH TIDAK ASLI.

Apakah ada dalam ucapannya Muhammad mengatas namakan Yesus? Sama sekali tidak ada.

===> KARENA MUHAMMAD INGIN MENYAMAKAN DIRINYA SEPERTI YESUS.

SAYA TIDAK BERMAKSUD MEMPROVOKASI…BEGITULAH SEJARAHNYA… BISA ANDA BUKTIKAN DLM QURAN DAN HADIST.

SALAM DAMAI.

RAHASIA KAUM MISSIONARIS (PARA PENDETA & PASTOR) YANG TAKUT DIKETAHUI OLEH UMATNYA SENDIRI

BERIKUT INI ADALAH SEBAGIAN INFORMASI YANG SELAMA INI DISEMBUNYIKAN OLEH GEREJA AGAR UMAT KRISTEN / KATHOLIK TIDAK MEMPELAJARI ALKITAB MEREKA SENDIRI SECARA MENDALAM, APALAGI SAMPAI DENGAN MEMBANDINGKAN ANTAR SATU KITAB DENGAN KITAB LAIN, SANGAT DILARANG KERAS.

————————————————————————————–

INDEKS AL-KITAB

Kitab agama ini adalah milik umat Kristiani, dikenal dengan sebutan Alkitab atau Bibel (Inggris : Bible, Jerman : Bijbel), terdiri dari dua bagian kitab, yaitu Kitab Perjanjian Lama (PL) dan Kitab Perjanjian Baru (PB). Di dalam Perjaniian Lama Tuhan pernah berfirman bahwa orang-oran Israel itu sangat durhaka dan hobi merubah-rubah kitab suci (baca: Kitab Mikha 3:1 – 12 dan Ulangan 31:27). Akibatnya, kitab suci ini menjadi bercampur-baur antara kebenaran ilahi dan kesalahan-kesalahan manusiawi yang ditulis oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Maka Alkitab tidak boleh dibaca dengan doktrin yang harus diterima apa adanya bahwa Alkitab itu pasti baik dan benar, karena Tuhan telah mengaruniakan akal budi kepada setiap manusia. Akal budi inilah yang mendatangkan karunia (Amsal 13:15). Tanpa akal budi mengakibatkan kebodohan dan kebinasaan (Amsal 10:21). Gunakanlah akal untuk menguji dan menyaring Alkitab antara ayat-ayat firman Tuhan dan ayat-ayat buatan manusia. Sesuai dengan perintah berikut : “Ujilah segala sesuatu dan peganglah yang baik” (I Tesalonika 5: 2 1).

AYAT-AYAT ILLAHI :

Tuhan itu Esa (monotheisme), bukan Trinitas
1. Tauhid Nabi Musa (Ulangan 4:35, Ulangan 6:4, Ulangan 32:39).
2. Tauhid Nabi Daud (II Samuel 7:22, Mazmur 86:8).
3. Tauhid Nabi Sulaiman (I Raja-raja 8:23).
4. Tauhid Nabi Yesaya (Yesaya 43: 10-11, Yesaya 44:6,Yesaya 45:5-6, Yesaya 46:9).
5. Tauhid Yesus (Markus 12:29, Yohanes 5:30, Yohanes 17:3).

Yesus bukan Tuhan dan tidak sama dengan Tuhan
1. Yesus lebih kecil daripada Tuhan (Yohanes 10:29).
2. Tuhan lebih besar dari pada Yesus (Yohanes 14:28).
3. Yesus duduk di sebelah kanan Tuhan (Markus 16:19, Roma 8:4).
4. Yesus berdiri di sebelah kanan Tuhan (Kisah Para Rasul 7:56).
5. Allah tahu kapan datangnya kiamat, sedang Yesus tidak tahu (Matius 24:36).
6. Yesus bersyukur kepada Tuhan (Matius ll:25, Lukas 10:21).
7. Yesus berteriak memanggil Tuhan (Matius 27:46, Markus 15:34).
8. Yesus menyerahkan nyawanya kepada Tuhan (Lukas 23:44-46, Yohanes 19:30).
9. Yesus disetir oleh Tuhan (Yohanes 5:30).

Yesus adalah utusan Tuhan (Rasul Allah)
Dalil : Markus 9:37, Yohanes 5:24, 30,7:29,33,8:16,18,26,9:4,10:36,II:42,13:20,16:5, 17:3,8,23,25.

Tidak ada dosa waris dan Penebusan dosa
Para nabi Allah tidak ada yang mengajarkan Dosa Waris dan Penebusan Dosa. Risalah Allah yang dibawa oleh semua nabi-Nya itu pada hakekatnya sama saja, yaitu Tauhid dan amal shalih. Semua nabi menekankan adanya tanggung jawab individu atas segala perbuatan setiap manusia (Yehezkiel 18:20, Ulangan 24:16, Matius 16:27, Yeremia 31:29-30, II Tawarikh 25:4).

Nubuat akan datangnya seorang nabi akhir setelah Yesus
Dalam Alkitab masih dapat ditemukan nubuat-nubuat para nabi yang memberikan sinyalemen akan datangnya seorang nabi terakhir yang menutup keberadaan para nabi sebelumnya. Keberadaan nabi terakhir yang pamungkas ini sangat penting artinya untuk kesempurnaan ajaran Tuhan kepada manusia di muka bumi.

Namun, nubuat itu disampaikan dalam bentuk sandi-sandi bahasa yang dapat dipahami dengan penafsiran yang membutuhkan pemikiran akal yang tinggi.

Ayat-ayat yang dimaksud adalah :
1. Ulangan 18:18-20, tentang nabi diluar bani Israel dengan ciri-ciri: nabi seperti musa, tidak mati terbunuh dan semua perkatannya terjadi.
2. Habakuk 3:3 jo. Ulangan 33;1-3, tentang nabi yang berhasil menegakkan syariat agama di tanah Arab.
3. Yesaya 29:12, nabi yang tidak bisa membaca.
4. Yesaya 41:1-4, nabi yang bisa perang, punya keturunan dan sudah lama ditunggu-tunggu oleh bangsa yang tertindas sebagai pembebas dan penyelamat dari penindasan kaum yang zalim.
5. Yesaya 42:1-4, nabi yang menegakkan hukum kepada bangsa-bangsa lain dan tidak pernah berteriak dengan suara nyaring.
6. Yeremia 28:9, tentang nabi yang membawa damai.
7. Kejadian 49: 1, 10 dan Matius 21: 42-43, nabi tersebut keturunan nabi Ismail.
8. Yohanes 1: 19-25, datangnya setelah zaman Yahya dan Yesus.
9. Yohanes 16:7-1 5, nabi yang mendapat julukan “Penolong yang lain” dengan ciri-ciri: manusia biasa, memiliki gelar ‘penghibur’ dan ‘al-amin/orang benar jujur terpercaya’, tidak berkata-kata dari dirinya sendiri dan memuliakan nabi Isa dengan alaihisalam.
10. Dan lain-lain.

AYAT-AYAT BUATAN MANUSIA :

Ayat-ayat Porno (cabul)
1 Yehezkiel 23: 1-21, ayat-ayat jorok tentang seksual.
Diceritakan di dalamnya penyimpangan seksual yang sangat berbahaya bagi perkembangan psikologis bila dibaca oleh anak-anak di bawah umur. Ada kalimat-kalimat yang sangat cabul dengan menyebut buah dada, buah zakar, menjamah-jamah, memegang-megang, birahi, dan lainlain.

2. Yehezkiel 16: 22-38, ayat porno yang bugil-bugil.
“….Waktu engkau telanjang bugil sambil menendang nendang dengan kakimu …. (ay.22). “…dan menjual kecantikanmu menjadi kekejian dengan meregangkan kedua pahamu bagi setiap orang yang lewat, sehingga persundalanmu bertambah-tambah” (ay.25.”Engkau bersundal dengan orang Mesir, tetanggamu, si aurat besar itu…..”(ay.26). “engkau bersundal juga dengan orang Asyur, oleh karena engkau belum merasa puas ya, engkau bersundal dengan mereka, tetapi masih belum puas” (ay.28). “Betapa besar hawa nafsumu itu, demikianlah firman Tuhan ALLAH” (ay. 30). “….engkau yang memberi hadiah 1 umpan kepada semua yang mecintai engkau sebagai bujukan, supaya mereka dari sekitarmu datang kepadamu untuk bersundal” (ay. 33). Aku akan menyingkap auratmu di hadapan mereka, sehingga mereka melihatseluruh kemaluanmu: (ay.37).

3. Ulangan 23: 1-2, Tuhan menyebut “Buah Pelir”.

4. Hosa 3: 1, nabi Hosea disuruh Tuhan untuk mencintai perempuan yang suka bersundal (pelacur) dan berzinah. Jika benar bahwa Tuhan pernah menyuruh nabi-Nya untuk mencintai pelacur, semua laki-laki akan rebutan menjadi nabi. Dan, semua wanita akan rebutan untuk menjadi pelacur, supaya dicintai oleh nabi Allah.

5. Kidung agung 4:1-7, puisi rayuan yang memuji kecantikan dengan menyebut buah dada dan susu.

6. Kejadian 38:8-9, kisah asal-usul onani (masturbasi) oleh leluhur Yesus.

7. Kidung Agung 7:6-13. Puisi Kenikmatan Cinta yang memuji kecantikan dan cinta yang memakai kata-kata seksual, yakni keindahan buah dada dan keinginan untuk memegang-megang buah dada. “Sosok tubuhmu seumpama pohon korma dan buah dada gugusannya. Aku ingin memanjat pohon korma itu dan memegang gugusan gugusannya.Kiranya buah dadamu seperti gugusan anggur.

Pelecehan Alkitab (Bibel) kepada Tuhan
1. Tuhan menyesal dan pilu hati? (Kejadian 6:5-6, Keluaran 32:14).
2. Tuhan mengah-mengah, megap-megap, dan mengerang seperti perempuan yang melahirkan? (Yesaya 42:13).
3. Roh Tuhan melayang-layang (terapung-apung) di atas permukaan air? (Kejadian 1:1-2).
4. Tuhan jorok, menyuruh makan tahi? (Yehezkiel 4:12-1 5).
5. Tuhan kelihatan alas kaki-Nya? (Keluaran 24:10).
6. Tuhan merasa jenuh/jemu/bosan? (Yeremia 15:6).
7. Tuhan petak umpet dengan Adam? ( Kejadian 3:8-10).
8. Tuhan besanan dengan manusia? (Kejadian 6:2).
9. Tuhan kalah dalam duel melawan Yakub? (Kejadian 32:28).
10. Tuhan bersiul memanggil manusia? (Zakharia 10: 8).
11. Tuhan bersuit? (Yesaya 7: 18, Yesaya 5: 26).
12. Tuhan menengking? (Yeremia 25: 30)
13. Tuhan lelah kepayahan dan kecapaian? (Keluaran 31: 17).
14. Tuhan menyuruh mencintai pelacur? (Hosea 3:1).
15. Tuhan kelihatan punggungnya-Nya? (Keluaran 3 3: 23).

Pelecahan Alkitab (Bibel) kepada Para Nabi Allah
1 . Nabi Nuh mabuk-mabukan sampai teler dan telanjang bugil (Kejadian 9: 18-27).

2. Nabi Luth menghamili kedua putri kandungnya sendiri dalam dua malam secara bergiliran (Kejadian 19:30-38). Heboh … !!! Skandal seks ayah dan anak kandung oleh nabi??

3. Nabi Daud melakukan skandal seks dengan Batsyeba, istri anak buahnya sendiri. Setelah Batsyeba mengandung suaminya dibunuh oleh Daud, kemudian Batsyeba dinikahi Daud diboyong ke istana (II Samuel l l: 2-27).

4. Ketika sudah tua, Nabi Daud tidur dengan perawan yang masih muda (I Raja-raja 1: 1-3).

5. Nabi Yakub bekerja sama dengan ibu kandungnya untuk membohongi dan menipu ayah kandungnya, supaya Israel diberkati (Kejadian 27: 1-46).

6. Yehuda (putra Nabi Yakub) menghamili menantunya sendiri (Kejadian 38: 13-19). Skandal seksa ayah dan menantu dalam kitab suci!?

7. Absalom (putra Nabi Daud) memperkosa gundik ayahnya sendiri (11 Samuel 16: 21-23). Perselingkuhan anak dengan ibu (gundik ayah) dalam Kitab Suci?!

8. Amnon (putra Daud) memperkosa saudara perempuannya (II Samuel 13: 7-14). Incest antara anak nabi dengan saudaranya sendiri ?!?

9. Ruben (putra tertua Nabi Yakub) melakukan hubungan seks dengan Bilha, gundik ayahnya (Kejadian 35:22). Gundik ayah diperkosa anaknya sendiri ?!?

10. Nabi Sulaiman (Salomo) tidak taat kepada Tuhan karena lebih mencintai 700 istri dan menyimpan 300 gundik (I Raja-raja 11:3) Mustahil ada nabi yang rakus wanita..

11. Nabi Harun membuat dan menyembah patung emas (Keluaran 32:2-4).

12. Nabi Isa (Yesus) orang bodoh, idiot, dan emosional. Pada waktu bukan musim buah ara, Yesus mengutuk pohon ara yang tidak berbuah (Markus ll: 12-14; bandingkan: Yohanes 2:4 dan Yohanes 7:8-10).

Catatan : Nama-nama pezinah tersebut ada dalam silsilah yesus (Matius 1:1-17 dan Lukas 3:23-38).

Ayat-ayat yang tidak masuk akal (irasional)
1. Anak lebih tua 2 tahun daripada ayahnya pada waktu II Tawarikh 21:5,20, Yoram berusia 32 tahun jadi raja dan memerintah Yerusalem selama 8 tahun lalu meninggal (pada usia 40 tahun). II Tawarikh 22: 1-2, Setelah Yoram meninggal, dia digantikan Ahazia, anaknya pada usia 42 tahun. Jadi, Ahazia lebih tua 2 tahun daripada ayahnya.

2. Usia 11 tahun sudah tidak punya anak
Ahas berumur 20 tahun ketika naik dan memerintah kerajaan selama 16 tahun (II Raja-raja 16:2). Sepeninggal Ahas, tahta kerajaan diganti oleh Hizkia, anaknya (II Rajaraja 16: 20). Hizkia berusia 25 tahun waktu naik tahta menjadi raja (II Raja-raja 18: 2).
Jadi, dalam usia 11 tahun Ahaz sudah punya anak ??!!

3. Tuhan salah hitung
Kejadian 46: 8-1 5, disebutkan daftar nama-nama bani Israel yang datang ke Mesir berjumlah 34 nama. Padahal pada ayat 1 5 disebutkan “Jadi seluruhnya, laki-laki dan perempuan, berjumlah 33 jiwa”. Pakai Tuhan tidak pandai berhitung ??

Ayat-ayat yang mustahil dipraktekkan

1. Hukum Sabat
Hari Sabat (Sabtu) adalah hari Tuhan yang harus dikuduskan. Pada hari itu setiap orang dilarang bekerja, dilarang memasang api di rumah (lampu, kompor, dan lain-lain) karena Sabat adalah hari perhentian penuh. Orang yang bekerja pada hari Sabtu harus dihukum mati (Keluaran 20:8-11,31:15,35:2-3).
Ayat ini mustahil dipraktekan di jaman modem. Siapa yang sanggup mengamalkan ? Siapa yang mau dibunuh apabila melanggar hukum Sabat ?

2. Bunuh orang kafir dan musyrik!! (Ulangan 13: 6-9)
Ayat ini memeiintahkan kewajiban membunuh orang yang mengajak menyembah tuhan selain Allah. Ayat ini tidak bisa diterapkan. Buktinya umat Yahudi dan Kristen tidak pernah membunuh umat Hindu, Budha, Kong Hu Chu, dan lain-lain.

3. Dilarang memakai pakaian yang dibuat dari pada dua jenis bahan (Imamat 19: 19).
Bila ayat ini diamalkan, maka manusia akan kembali kepada jaman primitif, ketinggalan jaman, ketinggalan gaya dan tidak modernis.

4. Cungkil mata yang menyesatkan orang untuk berbuat dosa (Matius 5:29).
Secara Letterlijk maupun Figuurlijk, ayat ini mustahil dipakai. Bila diterapkan, maka banyak orang Kristen menjadi buta.

5. Potong kaki dan tangan orang yang menyesatkan ke arah dosa (Matiusl8:8-9)
Secara Letterlijk maupun Figuurlijk, ayat ini mustahi dipakai. Bila diterapkan, maka banyak orang kristen menjadi pincang dan buntung.

6. Dilarang melawan penjahat (Matius 5: 39-44)
Ayat ini mustahil dipraktekkan di masyarakat manapun. Bila ajaran ini diterapkan, maka menghancurkan tatanan sosial dan keamanan masyarakat. Apa jadinya di masyarakat apabila suatu kejahatan tidak dilawan ? Tidak melawan kejahatan berarti mendukung kejahatan. Bila kejahatan tidak dilawan, berarti mendukung kejahatan.
Bila kejahatan tidak dilawan, maka kriminalitas akan meningkat dan subur berkembang.

7. Kasihilah musuhmu (Lukas 6: 27-29). Ajaran ini sangat menguntungkan penjajah.

8. Dilarang membawa perbekalan, dilarang membawa dua helai baju dan dilarang membawa kasur dalam pedalanan (Matius 10:9-10). Kenyataannya, umat Kristen sendiri tak ada yang bisa mengamalkan ayat ini.

Ayat-ayat takhayul (mistis)
Simson (Inggris: Samson) adalah utusan Tuhan yang sakti mandraguna selama rambutnya tidak dicukur. (Hakim-hakim 16:1-22).

Diceritakan dalam kitab Hakim-hakim 16:1-22 bahwa Samson adalah utusan Tuhan yang sakti mandraguna. Dia bisa mencabut kedua daun pintu gerbang kota beserta kedua tiang dan semua palangnya, Ialu semuanya diletakkan di atas kedua bahunya dan dipindahkan ke puncak gunung (ay. 3). Tapi sayangnya dia jatuh cinta kepada seorang pelacur (wanita sundal) yang bernama Delila. Mala Delila disewa oleh raja Filistin dengan bayaran 1100 uang perak untuk mencari rahasia Samson (ay. 5).

Di atas pangkuan pelacur Delila, akhimya Samson tergoda rayuan dan bujukan sehingga membuka rahasia kesaktiannya. Bahwa selama rambut kepalanya tidak dicukur, maka seluruh kekuatannya akan musnah dan dia menjadi orang lemah (ay. 17). Maka setelah nabi Samson tertidur di atas pangkuan pelacur Delila, rambutnya dicukur. Lalu musnahlah seluruh kesaktiaan dan kekuatan Samson. (ay.19). Kemudian kedua mata Samson dicungkil sehingga jadilah Samson buta mata akibat rahasia kesaktiannya dicukur (ay. 21).

Cerita ini adalah cerita takhayul (mistik) yang biasanya berkembang di masyarakat primitif.

Ayat-ayat Diskrimatif
Perbuatan riba (rente) dilarang dilakukan kepada Israel, tapi boleh dilakukan kepada non Israel (Ulangan 23: 19-20).
Ayat ini jelas buatan orang Yahudi, sebab tidak mungkin Tuhan berlaku diskiiminatif dengan melarang mengambil bunga uang kepada bangsa Yahudi, sementara mengambil bunga kepada orang selain Yahudi diperbolehkan. Dan sangat bertentangan dengan kitab Keluaran 22: 25: “Jika engkau meminjamkan uang kepada salah seorang umat-Ku, orang miskin diantaramu, maka janganlah engkau berlaku sebagai penagih hutang terhadap dia: janganlah kamu bebankan bunga kepadanya”.

Ayat-ayat Ramalan Bibel yang meleset tak terpenuhi

1. Ramalan Paulus tentang kedatangan Yesus (I Tesalonika 4: 16-17).
Dalam ayat ini Paulus meramalkan bahwa setelah kebangkitan Yesus dari kubur, dia dan seluruh pengikutnya yang masih hidup itu akan diangkat bersama-sama dengan Yesus dalam awan menyongsong Tuhan di angkasa. Ramalan ini tidak terpenuhi bukan Yesus yang menjemput Paulus, tapi pedang kaisar Nero yang memenggal leher Paulus di Roma tahun 64 M.
Ramalan Paulus ini tidak akan terjadi, meski dia diberi waktu 2000 tahun lagi untuk menunggu kegenapan nubuatnya.

2. Ramalan kedatangan Yesus (Matius 10:23, 16:28, Markus 9:1 dan Lukas 9:27).
Yesus menubuatkan bahwa dia dan kerajaan Allah akan datang sebelum para muridnya selesai mengunjungi kotakota Israel. Ramalan ini meleset jauh, sebab sampai saat ini Yesus belum juga turun datang kembali ke dunia. Padahal para murid Yesus sudah mati semua 2000 tahun yang Ialu.

3. Hak keturunan Abraham (Kejadian 21: 12).
Dalam ayat ini Tuhan menubuatkan bahwa yang disebut keturunan Abraham adalah berasal dari Ishak. Nubuat ini meleset jauh besar, Sebab dalam I Tawarikh 1:28-30 Ismail juga disebut sebagai anak keturunan Abraham.

4. Ramalan Tuhan Meleset (Yeremia 34:4-5)
Dalam ayat Tuhan berfirman bahwa Zedekia, raja Yehuda tidak akan mati oleh pedang, melainkan akan mati dengan damai. Nubuat ini meleset jauh, dalam kitab Yeremia 52: 10-11 diceritakan bahwa pada dalam akhir hayatnya Zedekia tewas ditangan raja Babel. Sebelum meninggal, mata Zedekia dibutakan, lalu dibelenggu dengan rantai tembaga. Kemudian ditaruh dalam rumah hukuman sampai meninggal.

5. Nubuat Tuhan tidak terjadi (Yeremia 36: 30).
Dalam kitab Yeremia 36:30 Tuhan berfirman bahwa keturunan Yoyakim tidak ada yang naik tahta kerajaan Daud. Nubuat ini tenyata meleset. Diceritakan dalam kitab II Rajaraja 24: 6 bahwa sepeninggal Yoyakim, yang naik tahta menggantikannya adalah Yoyakin, anaknya.

AYAT-AYAT KONTRADIKSI :

Kontradiksi Perjanjian Lama
1. Siapakah anak Daud yang kedua ?
a. Kileab (II Samuel 3: 2-3).
b. Daniel (I Tawarikh 3: 1)

2. Di Yerusalem, Daud mengambil beberapa gundik atau tidak ?
a. Ya! Daud mengambil beberapa gundik dan istrei (11 Samuel 5: 13-16).
b. Tidak! Daud hanya mengambil beberapa isteri saja (I Tawarikh 14: 3-7).

3. Berapa anak-anak Daud dari gundik di Yerusalem ?
a. 11 orang (Samuel 5: 13-16).
b. 13 orang (I Tawarikh 14 3-7).

4. Di Kota mana Daud mengambil tembaga ?
a. Betah dan Berotai (II Samuel 8: 8).
b. Tibhat dan dari Kun (I Tawarikh 18: 8)

5. Siapa anak Tou yang diutus untuk mengucapkan selamatkepada Daud ?
a. Yoram (II Samuel 8: 10).
b. Hadoram (1 Tawarikh 18: 9- 1 0)

6. Dari orang bangsa saja Daud mengambil perak dan emas untuk Tuhan ?
a. Aram (II Samuel 8: 11-12).
b. Edom (I Tawarikh 18: 14-16).

7. Siapakah panitera (sekretaris) Daud ?
a. Seraya (II Samuel 8: 15-17).
b. Sausa (I Tawarikh 18: 14-16).

8. Berapakah tentara berkuda tawanan Daud ?
a. 1.700 orang (II Samuel 8: 4).
b. 7.000 orang (I Tawarikh 18: 4).

9. Berapa ekor kuda kereta yang dibunuh Daud ?
a. 700 ekor (II Samuel 10: 18).
b. 7.000 ekor (I Tawarikh 19:18).

10. Yang dibunuh Daud, pasukan berkuda atau pasukan jalan kaki ?
a. 40.000 pasukan berkuda (II Samuel 10:8).
b. 40.000 pasukan berjalan kaki (I Tawarikh 19: 18).

11. Siapakah panglima musuh yang tewas di tangan Daud?
a. Sobakh (II Samuel 10: 18).
b. Sofakh (I Tawarikh 19: 18).

12. Daud memerangi Israel atas hasutan Tuhan atau atas bujukan iblis ?
a. Tuhan murka Ialu menghasut Daud (II Samuel 24: 1).
b. Setan bangkit Ialu membujuk Daud (I Tawarikh 21:1)

13. Siapakah kepala Triwira pengiring Yahudi ?
a. Isyabaal, orang Hakhmoni (II Samuel 23: 8).
b. Yasobam bin Hakhmoni (I Tawarikh 11:11).

14. Kepala Triwira Daud membunuh berapa orang ?
a. 800 orang (II Samuel 23:8).
b. 300 orang (I Tawarikh 11:11).

15. Berapakah angkatan perang Daud dari orang Israel ?
a. 800 orang (II Samuel 24: 9).
b. 1.100.000 orang (I Tawarikh 21:5).

16. Berapakah angkatan perang Daud dari orang Yehuda ?
a. 500.000 orang (11 Samuel 24:9).
b. 470.000 orang (I Tawarikh 21:5).

17. Berapakah kandang kuda milik Salomo (Sulaiman ?
a. 40.000 kandang (I Raja-raja 4:26).
b. 4.000 kandang (II Tawarikh 2:2).

18. Berapa mandor pengawas kerajaan Salomo (Sulaiman)?
a. 3.300 mandor (1 Raja-raja 5:16).
b. 3.600 mandor (II Tawarikh 2:2).

19. Berapa bat air di Bait Suci buatan Salomo ?
a. 2.000 bat air (I Raja-raja 7:26).
b. 3.000 bat air (II Tawarikh 4:5).

20. Berapakah jumlah keturunan Yakub seluruhnya ?
a. 66 jiwa (Kejadian 46:26).
b. jiwa (Keluaran 1:5).

21. Yang diharamkan, kelinci ataukah kelinci hutan ?
a. Kelinci (Imamat ll: 6).
b. Kelinci hutan (Ulangan 14: 6).

22. Yang haramkan, babi ataukah babi hutan ?
a. Babi hutan (Ulangan 14: 8, Imamat ll: 7).
b. Babi (Yesaya 66: 17).

23. Berapa lama Yoyakhim menjadi raja di Yerusalem ?
a. 3 bulan (11 Raja-raja 24: 8).
b. 3 bulan 10 hari (11 Tawarikh 36: 9).

24. Berapa lama Yesua dan Yoab yang pulang kembali ke Yerusalem dan Yehuda dari pembuangan Nebukadnezar ?
a. 2.812 orang (Ezra 2:6).
b. 2.818 orang (Nehemia 7:11).

25. Berapa anak-anak Benyamin ?
a. 10 orang (Kejadian 46:21).
b. 5 orang (Bilangan 26:38-39).
c. 3 orang (I Tawarikh 7:6).
d. 5 orang (1 Tawarikh 8:1-5).
Komentar Silsilah anak Benyamin itu, semuanya tidak sama baik nama maupun jumlahnya.

26. Berapa cucu Benyamin (anak-anak Bela) ?
a. 5 orang (I Tawarikh 7:7).
b. 9 orang (I Tawarikh 8:3-5).
c. 2 orang (Bilangan 26:40).
Buka dan bacalah ayat yang dimaksud. Terlihat jelas bahwa semua nama dan jumlah cucu Benyamin tidak ada yang sama.

27. Tuhan salah dalam batasan usia ?
a. Tuhan membatasi umur manusia hanya 120 tahun saja “Berfirman Tuhan: “Roh-Ku tidak akan selama-lamanya tinggal di dalam manusia, karena manusia itu adalah daging, tetapi umurnya akan seratus dua puluh tahun saja” (Kejadian 6:3). “Maka berkatalah TUHAN,’Aku tidak memperkenankan manusia hidup selama-lamanya; mereka mahluk fana, yang harus mati. Mulai sekarang umur mereka tidak akan melebihi 120 tahun” (Kejadian 6:3, Alkitab Bahasa Indonesia Sehari-hari).
b. Batasan usia dari Tuhan itu salah besar, karena banyak orang yang usianya melebihi 120 tahun. Adam hidup selama 930 tahun (Kej. 5:3-5), Set hidup selama 912 tahun (Kej. 5:6-8), Enos hidup selama 905 tahun (Kej.9-11), Keenam hidup selama 9 1 0 tahun (Kej. 5:12-14), Mahalaleel hidup selama 895 tahun (Kej. 5:15-17), Yared hidup selama 962 tahun (Kej. 5:18-20), Henokh hidup selama 365 tahun (Kej. 5:21-23), Metusalah hidup selama 969 tahun (Kej. 5:25-27), Lamekh hidup selama 777 tahun (Kej. 5:28-32), Nuh hidup selama 950 tahun (Kej. 9:29), Sem hidup selama 600 tahun (Kej. 11: 10-11), Arpakhsad hidup selama 438 tahun (Kej. 11:12-13), Selah hidup selama 433 tahun (Kej. ll: 14-15), Eber hidup selama 464 tahun (Kej. ll:16-17). Peleg hidup selama 239 tahun (Kej. ll:18-19), Rehu hidup selama 239 tahun (Kej.11: 22-21), Serug hidup selama 230 tahun (Kej. 11: 24-25), Sara hidup selama 127 tahun (Kej. 23: 1-2), Ismael hidup selama 137 tahun (Kej. 25:17), Nahor hidup selama 148 tahun (Kej. ll: 24-25), Yakub hidup selama 147 tahun (Kej. 47: 28), Lewi hidup selama 137 tahun (Kej. 6:15), Kehat hidup selama 133 tahun (Kej. 6:19), Harun hidup selama 123 tahun (BH 33:39), Ayub hidup selama 140 tahun (Ayub. 42: 16-17).

28. Tuhan menyesal atau tidak ?
a. Tuhan tidak punya sifat menyesal (I Samuel 15:29, Bilangan 23:19).
b. Tuhan menyesal dan pilu hati karena telah menciptakan manusia yang akhimya cenderung berbuatjahat di muka bumi (Kejadian 6:5-6). Tuhan menyesal karena telah Saul sabagai raja di Israel (I Samuel IS: 10-11, 35). Tuhan menyesal setelah mengacungkan tangan ke Yerusalem (II Samuel 24:16).Tuhan menyesal karena telah merancang malapetaka (Yeremia, 26:3, Yeremia 42:10, Keluaran 32: 14).

29. Tuhan bisa dilihat atau tidak ?
a. Tuhan tidak bisa dilihat dan didengar (Yohanes 5: 37,I Timotius 1:17, I Timotius 6:16, Keluaran 33: 20, I Yohanes 4:12).
b. Tuhan bisa dihhat dengan mata kepala (Keluaran 33:11), Kejadian 18:1, Yohanes 5:37), Keluaran 33:20; I Timotius 6:16, I Timotius 1: 17,I Yohanes 4:12, Kejadian 26:24).
c. Tuhan kelihatan kaki-Nya (Keluaran 24:9-10).
d. Tuhan kelihatan sedang duduk (Yesaya 6:1).
e. Tuhan bias dilihat dari jauh(Yeremia 31:3).

Sebenarnya masih ada ratusan lagi daftar kontradiksi dalam Perjanjian Lama. Tapi karena keterbatasan ruang muat, maka dalam indeks ini dicukupkan sampai disini daftar ayat kontradiksi dalam Perjanjian Lama. Untuk selengkapnya baca buku “Fakta Dan Data Kepalsuan Alkitab (Bibel)” yang akan segera terbit.

Kontradiksi Perjanjian Baru :

Silsilah Yesus dalam Alkitab bisa dilihat di dua kitab Injil yaitu Injil Matius 1:1-17 dan Injil Lukas 3: 23-38. sementara injil Markus dan Injil Yohanes diam seribu bahasa tak tahu menahu tentang silsilah Yesus.

1. Siapakah leluhur Yesus dari Adam sampai dengan Abraham?
a. Lukas menuliskan 21 nama dalam silsilah dari Adam sampai dengan Abraham.
b. Matius tidak menuliskan satu nama pun dalam silsilah dari Adam sampai dengan Abraham. Apakah Tuhan tidak memberikan inspirasi Yesus kepada Matius ? Apakah Tuhan pilih kasih terhadap Lukas ? Padahal Lukas termasuk dalam daftar murid Yesus di Injil Matius 10:2-4.

2. Berapa nama silsilah dari Abraham sampai dengan Daud ?
a. Lukas mencatat 15 nama dari Daud sampai dengan Yesus.
b. Matius hanya mencatat 14 nama dari Daud sampai dengan Yesus.

3. Dalam silsilah dari Abraham sampai dengan Daud, siapakah anak Hezron?
a. Anak Hezron adalah Arni (Lukas 3: 33).
b. Anak Hezron adalah Ram (Matius 1: 3).

4. Berapa nama silsilah Daud sampai dengan Yesus ?
a. Lukas mencatat 43 nama dari Daud sampai dengan Yesus.
b. Matius hanya mencatat 28 nama dari Daud sampai dengan Yesus.

5. Siapakah kakek Yesus ?
a. Yakub (Matius 1:6).
b. Eli (Lukas 3:31).

6. Siapakah anak daud yang menurunkan Yesus ?
a. Salomo (Matius 1: 6).
b. Natan (Lukas 3:31).

7. Yesus memasuki Yerusalem naik apa ?
a. Seekor keledai (Markus ll:7; Lukas 19:35).
b. Seekor keledai betina dan seekor keledai (Matius 21:7).

8. Ketika Yesus bertemu Yalrus, apakah anak perempuan Yairus sudah mati?
a. Ya! Sudah mati! (Matius 9:18).
b. Belum mati! Masih sakit dan hampir! (Markus 5: 23).

9. Bolehkah membawa tongkat dan kasut dalam pedalanan ?
a. Ya, boleh ! (Markus 6: 7-9).
b. Tidak, tidak boleh!! (Matius 10: 9- 1 0, Lukas 9: 1-3).

10. Kesaksian Yesus tentang dirinya, benar atau salah ?
a. Tidak benar (Yohanes 5: 31).
b. Benar (Yohanes 8:14).

11. Berapa jumlah orang buta yang bertemu Yesus di Yerikho?
a. Dua orang buta (Matius 20:29-30).
b. Hanya satu orang buta saja (Markus 10:46).

12. Dimana Yesus menemui orang kerasukan setan ?
a. Di Gedara (Matius 8:28).
b. Di Gerasa (Markus 5:1-2).

13. Berapa jumlah orang kerasukan setan yang ditemui Yesus ?
a. Ada 2 orang (Matius 8:28).
b. Hanya 1 orang saja (Markus 5: 1-2).

14. Apa yang diucapkan Yudas di hadapan Yesus ?
a. Salam Rabi (Matius 26: 49).
b. Rabi (Markus 14: 45),
c. Yudas tidak mengucapkan apa-apa/diam (Lukas 22:47).

15. Ketika Yesus berjalan di atas air, bagaimana respon para muridnya ?
a. Mereka menyembah Yesus (Matius 14:33).
b. Mereka tercengang dan bingung (Markus 6:51-52).

16. Jam berapa Yesus disalibkan ?
a. Jam sembilan (Markus 15:25).
b. Jam 12 Yesus belum disalibkan (Yohanes 19:14).

17. Yesus membawa damai dan keselematan atau onar ?
a. Yesus menyelamatkan dunia (Matius 5:9, Yohanes 3:17, Yohanes 10:34-36).
b. Yesus membawa onar, pedang dan kekacauan keluarga (Matius 10: 34-36).

18. Apa hukumnya bersunat ?
a. Sunat itu wajib (Kejadian 17:10-14, 17:14, Kejadian 21:4). Yesus tidak membatalkan sunat, (Matius 5: 17-20, Lirkas 2:21). Yesusjuga disunat (lukas 2: 21). Dan orang yang tidak disunat, tidak dapat diselamatkan (Kisah Para Rasul IS: 1-2).
b. Kata Paulus, sunat tidak wajib, tidak berguna dan tidak penting (Galatia 5:6, I Korintus 7:18-19).
19. Bolehkah makan babi ?
a. Babi haram dimakan (Ulangan 14:8, Imamat 11:7, Yesaya 66:17).
b. Kata Paulus, semua daging binatang halal dimakan, tidak ada yang haram (I Korintus 6: 12, I Korintus 10:25, Kolose 2:16, I Timotius 4-5, Roma 14:17).

20. Selain Yesus, adakah yang naik ke sorga ?
a. Tidak ada! Hanya Yesus saja yang pemah naik ke sorga (Yohanes 3: 13).
b. Henokh dan Elia telah naik ke sorga (Kejadian 5: 24, II Raja-raja 2. 1 1).

AYAT-AYAT TUHAN YANG RAGU-RAGU :

Tuhan ragu-ragu dalam ispirasi wahyu-Nya, sehingga memakai kata dugaan “kira-kira”.

Kira-kira jam 3 malam (Matius 14:25, Markus 6:48), kira-kira jam 3 (Matius 27:46), Kira-kira jam 3 petang (Kisah Para Rasul 10: 3) . Kira-kira jam 4 (Yohanes 1:39), Kira-kira jam 5 petang (Matius 20:6), Kira-kira jam 5 (Matius 20:9), Kirakira jam 9 (Kisah Para Rasul 23:23),

Kira-kira jam 9 pagi (Matius 20:3), Kira-kira jam 12 (Lukas 23:44, Yohanes 19:14), (irakira pukul 12 (Matius 20:5, Yohanes 4: 6, Kisah Para Rasul 10:9), Kira-kira 2 jam (Kisah Para Rasul 19:34), Kira-kira 3 jam (Kisah Para Rasul 5:7).

Kira-kira 12 orang (Kisah Para Rasul 19:7), Kira kira 20 orang (I Samuel 14:14), 1 Samuel 25:13, I Raja-raja 22:6, Kisah Para Rasul 5:36), kira-kira 600 orang (1 Samuel 14: 2,1 Samuel 23:13).

Kira-kira 1000 orang (Yudas 9:49), kira-kira dua atau tiga ribu orang (Yosua 7:3), kira-kira 3000 orang (Yosua 7: 4, Yudas 16:27), kira-kira 3000 jiwa (Kisah Para Rasul 2: 41), kira-kira 4000 orang (1 Samuel 4:2, Markus 8:9), kira-kira 5000 orang (Yosua 8:12), kira-kira 5000 laki-laki (Matius 14:21, Lukas 9:14, Yohanes 6:10, Kisah Para Rasul 4: 4).

Kira-kira 10.000 orang (Yudas 3:29), kira-kira lima belas ribu orang (Yudas 8:10), kira-kira 40.000 orang (Yosua 4:13).

Kira-kira 8 hari (Lukas 9: 28), kira-kira 10 hari (1 Samuel 25: 38), Kira-kira 3 bulan (Kejadian 38: 24. Lukas 1: 56), kirakira 12 tahun (Lukas 8: 42), kira-kira 30 tahun (Lukas 3: 23), kira-kira 100 tahun (Roma 4: 19), kira-kira 450 tahun (Kisah Para Rasul 13: 20).

Kira-kira 50 kati (Yohanes 19: 39), kira-kira 200 hasta (Yohanes 21: 8), kira-kira 2000 ekor babi (Markus 5: 13), kirakira 2 mil (Yohanes 11: 18).

KESAKSIAN PARA TEOLOG KRISTEN :

1. Dr.G.C Van Niftrik dan Dr. B.J Bolland :
“Kita tidak usah malu-malu, bahwa terdapat berbagai kekhilafan di dalam Alkitab; kekhilafan-kekhilafan tentang angka-angka perhitungan; tahun dan fakta. Dan tak perlu kita pertanggungjawabkan kekhilafan-kekhilafan itu pada caranya, isi Alkitab telah disampaikan kepada kita, sehingga kita akan dapat berkata: “Dalam naskah aslinya tentu tidak terdapat kesalahan-kesalahan, tetapi kekhilafan itu barulah kemudian terjadi di dalam turunan naskah itu. Isi Alkitab juga dalam bentuknya yang asli, telah datang kepada kita dengan perantaraan manusia” (Dogmatika Masa Kini, BPK Jakarta,1967, hal 298).

2. Dr. Mr D.C Mulder:
“Jadi benarlah Daud itu pengarang Mazmur yang 73 jumlahnya ? Hal itu belum tentu. Sudah beberapa kali kita suci menjumpai gejala bahasa orang Israel suka menggolongkan karangan-karangan di bawah nama orang yang termasyhur ……. Oleh karena itu tentu tidak mustahil pengumpulan-pengumpulan mazmur-mazmur itu (atau orang-orang yang hidup lebih kemudian) memakai nama Daud, karena raja itu termasyhur sebagai pengarang mazmur-mazmur. Dengan kata lain perkataan, pemakaian nama Daud, Musa, Salomo itu merupakan tradisi kuno, yang patut diperhatikan, tetapi tradisi itu tidak mengikat” (Pembimbing ke Dalam Perjanjian Lama, BPK Jakarta, 1963 hal. 205).

3. Dr. Welter Lempp;
“Susunan semesta alam diuraikan dalam Kitab Kejadian I tidak dapat dibenarkan lagi oleh ilmu pengetahuan modern” (Tafsiran Kejadian, hal 58). “Pandangan Kejadian I dan seluruh Alkitab tentang susunan semesta alam adalah berdasarkan ilmu kosmografi bangsa Babel. Pandangan itu sudah ketinggalan jaman” (Tafsiran Kejadian, hal, 65).

4. Dr. R. Soedarmo:
“Dengan pandangan bahwa Kitab Suci hanya catatan saja dari orang, maka diakui juga bahwa di dalam Kitab Suci mungkin sekali ada kesalahan. Oleh karena itu Kitab Suci mungkin sekali ada kesalahan. Oleh karena itu Kitab Suci denganbentuk sekarang masih dapat diperbaiki” (Ikhtisar Dogamtika, BPK Jakarta, 1965 hal. 47). “Di dalam Perjanjian Baru pun ada kitab-kitab yang diragukan antara lain Surat Wahyu dan Yakobus yang disebut surat Jeram” (Ikhtisar Dogmatika, BPK Jakarta, 1965 hal. 49).

SOLUSI AKHIR

Karena Alkitab (Bibel) sudah terbukti kepalsuannya, maka seharusnya kita berpaling dari Alkitab (Bibel). Carilah kitab suci yang sudah teruji keasliannya sepanjang zaman. Ciri-ciri kitab suci tersebut adalah:

1. Keotentikannya dijamin langsung oleh Tuhan.
2. Masih ada bahasa ashnya sesuai dengan sewaktu kitab suci tersebut diturunkan kepada nabi yang menerimanya.
3. Mudah dihafal karena Tuhan memberikan kemudahan bagi umat-Nya untuk menghafalkan wahyunya.
4. Umat yang meyakininya banyak yang hafal kitab suci tersebut diluar kepala.
5. Tidak mengandung pornografi.
6. Tidak ada kontradiksi antar ayat.
7. Relevan sepanjang zaman.

25 DESEMBER (MISTERI NATAL)

1.SEJARAH NATAL.

Kata Christmas (Natal) yang artinya Mass of Christ atau disingkat Christ-Mass, diartikan sebagai hari untuk merayakan kelahiran “Yesus”. Perayaan yang diselenggarakan oleh non-Kristen dan semua orang Kristen ini berasal dari ajaran Gereja Kristen Katolik Roma. Tetapi, dari manakah mereka mendapatkan ajaran itu? Sebab Natal itu bukan ajaran Bible (Alkitab), dan Yesus pun tidak pernah memerintah para muridnya untuk menyelenggarakannya. Perayaan yang masuk dalam ajaran Kristen Katolik Roma pada abad ke empat ini adalah berasal dari upacara adat masyarakat penyembah berhala.

Karena perayaan Natal yang diselenggarakan di seluruh dunia ini berasal dari Katolik Roma, dan tidak memiliki dasar dari kitab suci, maka marilah kita dengarkan penjelasan dari Katolik Roma dalam Catholic Encyclopedia, edisi 1911, dengan judul “Christmas”, anda akan menemukan kalimat yang berbunyi sebagai berikut:

Christmas was not among the earliest festivals of Church … the first evidence of the feast is from Egypt. Pagan customs centering around the January calends gravitated to christmas.”

Dalam Ensiklopedi itu pula, dengan judul “Natal Day,” Bapak Katolik pertama, mengakui bahwa:

“In the Scriptures, no one is recorded to have kept a feast or held a great banquet on his birthday. It is only sinners (like Paraoh and Herod) who make great rejoicings over the day in which they were born into this world.”

Encyclopedia Britannica, yang terbit tahun 1946, menjelaskan sebagai berikut:

“Christmas was not among the earliest festivals of the church… It was not instituted by Christ or the apostles, or by Bible authority. It was picked up of afterward from paganism.”

Encyclopedia Americana terbitan tahun 1944 juga menyatakan sebagai berikut:

“Christmas…It was, according to many authorities, not celebrated in the first centuries of the Christian church, as the Christian usage in general was to celebrate the death of remarkable persons rather than their birth…” (The “Communion,” which is instituted by New Testament Bible authority, is a memorial of the death of Christ.) “…A feast was established in memory of this event (Christ’s birth) in the fourth century. In the fifth century the Western Church ordered it to be celebrated forever on the day of the old Roman feast of the birth of Sol, as no certain knowledge of the day of Christ’s birth existed.”

Sekarang perhatikan! Fakta sejarah telah membeberkan kepada kita bahwa mulai lahirnya gereja Kristen pertama sampai dua ratus atau tiga ratus tahun kemudian – jarak waktu yang lebih lama dari umur negara Amerika Serikat – upacara Natal tidak pernah dilakukan oleh umat Kristen. Baru setelah abad keempat, perayaan ini mulai diselenggarakan oleh orang-orang Barat, Roma dan Gereja. Menjelang abad kelima, Gereja Roma memerintahkan untuk merayakannya sebagai hari raya umat Kristen yang resmi.

2. YESUS TIDAK LAHIR PADA TANGGAL 25 DESEMBER.

Sungguh amat mustahil jika Yesus dilahirkan pada musim dingin! (Di wilayah Yudea, setiap bulan Desember adalah musim salju dan hawanya sangat dingin) Sebab Injil Lukas 2:11 menceritakan suasana di saat kelahiran Yesus sebagai berikut:

“Di daerah itu ada gembala-gembala yang tinggal di padang menjaga kawanan ternak mereka pada waktu malam. Tiba-tiba berdirilah seorang malaikat Tuhan di dekat mereka dan kemuliaan Tuhan bersinar meliputi mereka dan mereka sangat ketakutan.. Lalu kata malaikat itu kepada mereka: “Jangan takut, sebab sesungguhnya aku memberitakan kepadamu kesukaan besar untuk seluruh bangsa: Hari ini telah lahir bagimu Juruselamat, yaitu Kristus, di kota Daud.”

Tidak mungkin para penggembala ternak itu berada di padang Yudea pada bulan Desember. Biasanya mereka melepas ternak ke padang dan lereng-lereng gunung. Paling lambat tanggal 15 Oktober, ternak tersebut sudah dimasukkan ke kandangnya untuk menghindari hujan dan hawa dingin yang menggigil. Bibel sendiri dalam Perjanjian Lama, kita Kidung Agung 2: dan Ezra 10:9, 13 menjelaskan bahwa bila musim dingin tiba, tidak mungkin pada gembala dan ternaknya berada di padang terbuka di malam hari.

Adam Clarke mengatakan:
“It was an ancient custom among Jews of those days to send out their sheep to the field and desert about the Passover (early spring), and bring them home at commencement of the first rain.” (Adam Clarke Commentary, Vol.5, page 370, New York).
“Adalah kebiasaan lama bagi orang-orang Yahudi untuk menggiring domba-domba mereka ke padang menjelang Paskah (yang jatuh awal musim semi), dan membawanya pulang pada permulaan hujan pertama).”

Adam Clarke melanjutkan:
“During the time they were out, the sepherds watch them night and day. As…the first rain began early in the month of Marchesvan, which answers to part of our October and November (begins sometime in october), we find that the sheep were kept out in the open country during the whole summer. And, as these sepherds had not yet brought home their flocks, it is a presumptive argument that october had not yet commenced, and that, consequently, our Lord was not born on the 25th of December, when no flock were out in the fields; nor could He have been born later than September, as the flocks were still in the fields by night. On this very ground, the Nativity in December should be given up. The feeding of the flocks by night in the fields is a chronological fact…See the quotation from the Talmudists in Lightfoot.”

“Selama domba-domba berada di luar, para penggembala mengawasinya siang dan malam. Bila…hujan pertama mulai turun pada bulan Marchesvan, atau antara bulan Oktober dan November, ternak-ternak itu mulai dimasukkan ke kandangnya. Kita pun mengetahui bahwa domba-domba itu dilepas di padang terbuka selama musim panas. Karena para penggembala belum membawa pulang domba-dombanya, berarti bulan Oktober belum tiba. Dengan demikian dapatlah diambil kesimpulan bahwa Yesus tidak lahir pada tanggal 25 Desember, ketika tidak ada domba-domba berkeliaran di padang terbuka di malam hari. Juga tidak mungkin dia lahir setelah bulan September, karena di bulan inilah domba-domba masih berada di padang waktu malam. Dari berbagai bukti inilah, kemungkinan lahir di bulan Desember itu harus disingkirkan. Memberi makan ternak di malam hari, adalah fakta sejarah…sebagaimana yang diungkapkan oleh Talmud (kitab suci Yahudi) dalam bab “Ringan Kaki”.

Di ensiklopedi mana pun atau juga di kitab suci Kristen sendiri akan mengatakan kepada kita bahwa Yesus tidak lahir pada tanggal 25 Desember. Catholic Encyclopedia sendiri secara tegas dan terang-terangan mengakui fakta ini.

Tidak seorang pun yang mengetahui, kapan hari kelahiran Yesus yang sebenarnya. Jika kita meneliti dari bukti-bukti sejarah dan kitab suci Kristen sendiri, saya bisa mengambil kesimpulan bahwa Yesus lahir pada awal musim gugur – yang diperkirakan jatuh pada bulan September – atau sekitar 6 bulan setelah hari Paskah.

Jika Tuhan menghendaki kita untuk mengingat-ingat dan merayakan hari kelahiran Yesus, niscaya dia tidak akan menyembunyikan hari kelahirannya.

3. PROSES NATAL MASUK GEREJA.

New Schaff-Herzog Encyclopedia of Religious Knowledge dalam artikelnya yang berjudul “Christmas” menguraikan dengan jelas sebagai berikut:

“How much the date of the festival depended upon the pagan Brumalia (Dec.25) following the Saturnalia (Dec.17-24), and celebrating the shortest day of the year and the ‘new sun’… can not be accurately determined. The pagan Saturnalia and Brumalia were too deeply entrenched in popular custom to be set aside by Christian influence…The pagan festival with its riot and merrymaking was so popular that Christians were glad of an excuse to continue its celebration with little change in spirit and in manner. Christian preachers of the West and the Near East protested against the unseemly frivolity with which Christ’s birthday was celebrated, while Christians of Mesopotamia accused their Western brethren of idolatry and sun worship for adopting as Christian this pagan festival.”

Perlu diingat! Menjelang abad pertama sampai pada abad keempat Masehi, dunia dikuasai oleh imperium Romawi yang paganis politeisme. Sejak agama Kristen masih kecil sampai berkembang pesat, para pemeluknya dikejar-kejar dan disiksa oleh penguasa Romawi. Setelah Konstantin naik tahta menjadi kaisar, kemudian memeluk agama Kristen pada abad ke-4 M. dan menempatkan agama sejajar dengan agama kafir Roma, banyak rakyat yang berbondong-bondong memeluk agama Kristen.

Tetapi karena mereka sudah terbiasa merayakan hari kelahiran dewa-dewanya pada tanggal 25 Desember, mengakibatkan adat tersebut sulit dihilangkan. Perayaan ini adalah pesta-pora dengan penuh kemeriahan, dan sangat disenangi oleh rakyat. Mereka tidak ingin kehilangan hari kegembiraan seperti itu. Oleh karena itu, meskipun sudah memeluk agama Kristen, mereka tetap melestarikan upacara adat itu. Di dalam artikel yang sama, New Schaff-Herzog Encyclopedia of Religious Knowledge menjelaskan bagaimana kaisar Konstantin tetap merayakan hari “Sunday” sebagai hari kelahiran Dewa Matahari. (Sun = Matahari, Day = Hari – dalam bahasa Indonesia disebut hari Minggu — pen.) Dan bagaimana pengaruh kepercayaan kafir Manichaeisme yang menyamakan Anak Tuhan (Yesus) identik dengan Matahari, yang kemudian pada abad ke-4 Masehi kepercayaan itu masuk dalam agama Kristen. Sehingga perayaan hari kelahiran Sun-god (Dewa Matahari) yang jatuh pada tanggal 25 Desember, diresmikan menjadi hari kelahiran Son of God (Anak Tuhan – Yesus).

Marilah kita kembali membaca Encyclopaedia Britannica yang mengatakan sebagai berikut:

“Certain Latins, as early as 354, may have transferred the birthday from January 6th to December, which was then a Mithraic feas … or birthday of the unconquered SUN … The Syrians and Armenians, who clung to January 6th, accused the Romans of sun worship and idolatry, contending… that the feast of December 25th, had been invented by disciples of Cerinthus…”

4. ASAL USUL NATAL

Kita mewarisi Natal berasal dari Gereja Katolik Roma, dan gereja itu mendapatkannya dari kepercayaan pagan (kafir) Politeisme, lalu dari manakah agama kafir itu mendapatkan ajaran itu? Dimana, kapan, dan bagaimana bentuk asli ajaran itu?

Bila kita telusuri mulai dari ayat-ayat Bible (Alkitab) sampai pada sejarah kepercayaan bangsa Babilonia kuno, niscaya akan ditemukan bahwa ajaran itu berasal dari kepercayaan berhala yang dianut oleh masyarakat Babilonia di bawah raja Nimrod (Namrud – di masa inilah nabi Ibrahim lahir). Jelasnya, akar kepercayaan ini tumbuh setelah terjadi banjir besar di masa nabi Nuh.

Nimrod, cucu Ham, anak nabi Nuh, adalah pendiri sistem kehidupan masyarakat Babilonia. Sejak itulah terdapat dasar-dasar pemerintahan dan negara, dan sistem ekonomi dengan cara bersaing untuk meraih keuntungan. Nimrod inilah mendirikan menara Babel, membangun kota Babilonia, Nineweh dan kota-kota lainnya. Dia pula yang pertama membangun kerajan di dunia. Nama “Nimrod” dalam bahasa Hebrew (Ibrani) berasal dari kata “Marad” yang artinya “dia membangkang atau murtad” (Karena bahasa Ibrani serumpun dengan bahasa Arab, silahkan anda membandingkan kata “Marad” dengan kata Arab “Ridda” atau “murtad”. Pen)

Dari catatan-catatan kuno, kita mengetahui perjalanan Nimrod ini, yang mengawali pemurtadan terhadap Tuhan dan menjadi biang manusia pembangkang di dunia sampai saat ini. Jumlah kejahatannya amat banyak, diantaranya, dia mengawini ibu kandungnya sendiri yang bernama Semiramis. Setelah Nimrod meninggal dunia, ibu yang merangkap sebagai istri tersebut menyebarkan ajaran bahwa Roh Nimrod tetap hidup selamanya, walaupun jasadnya telah mati. Dia membuktikan ajarannya dengan adanya pohon Evergreen yang tumbuh dari sebatang kayu yang mati, yang ditafsirkan oleh Semiramis sebagai bukti kehidupan baru bagi Nimrod yang sudah mati. Untuk mengenang hari kelahirannya, Nimrod selalu hadir di pohon evergreen ini dan meninggalkan bingkisan yang digantungkan di ranting-ranting pohon itu. 25 Desember itulah hari kelahiran Nimrod. Dan inilah asal usul pohon Natal.

Melalui pengaruh dan pemujaannya kepada Nimrod, Semiramis dianggap sebagai “Ratu Langit” oleh rakyat Babilonia. Dengan berbagai julukan, akhirnya Nimrod dipuja sebagai “Anak Suci dari Sorga”. Melalui perjalanan sejarah dan pergantian generasi dari masa ke masa, dari satu bangsa ke bangsa lainnya, penyembahan berhala versi Babilonia ini berubah menjadi Mesiah Palsu yang berupa dewa Baal, anak dewa Matahari. Dalam sistem kepercayaan Babilonia ini, “Ibu dan anak” (Semiramis dan Nimrod yang lahir kembali) menjadi obyek penyembahan. Ajaran penyembahan kepada ibu dan anak ini menyebar luas sampai di luar Babilonia dengan bentuk dan nama yang berbeda-beda, sesuai dengan bahasa negara-negara yang ditempatinya. Di Mesir dewa-dewi itu bernama Isis dan Osiris. Di Asia bernama Cybele dan Deoius. Dalam agama Pagan Roma disebut Fortuna dan Yupiter. Bahkan di Yunani, China, Jepang, Tibet bisa ditemukan adat pemujaan terhadap dewi Madonna, jauh sebelum Yesus lahir!

Sampai pada abad ke-4 dan ke-5 Masehi, ketika dunia pagan (penyembah banyak dewa) Romawi menerima agama baru yang disebut “Kristen,” dengan membawa adat dan kepercayaan pagan mereka yang lama. Akibatnya kepercayaan kepada Dewi Madonna, Ibu dan Anak juga menjadi populer, terutama di waktu hari Natal. Di setiap musim Natal kita selalu mendengar lagu-lagu atau hymne: “Silent Night” atau “Holy Night” yang sangat akrab dengan tema pemujaan terhadap Ibu dan Anak.

Kita yang sejak lahir diwarnai oleh alam budaya Babilonia, telah diajarkan untuk mengagungkan dan memuliakan semua tradisi yang berasal dari jaman jahiliyah kuno itu. Kita tidak pernah bertanya untuk mengetahui dari manakah asal usul adat seperti itu – Apakah ia berasal dari ajaran Bible (Alkitab), ataukah ia berasal dari kepercayaan penyembah berhala yang sesat?

Kita terperangah seakan-akan tidak mau menerima kebenaran ini, karena seluruh dunia terlanjur telah melakukannya. Lebih aneh lagi, sebagian besar meremehkan dan mencemooh kebenaran ini. Namun Tuhan telah berfirman kepada para utusannya yang setia:

“Katakan dengan lantang,
dan jangan menghiraukan penghinaan mereka!
Kumandangkan suaramu seperti terompet!
Dan tunjukkan di depan umatKu tentang kesesatan mereka!”
Memang kenyataan ini sungguh sangat mengejutkan bagi mereka, meskipun ini adalah fakta sejarah dan berdasarkan kebenaran dari Bibel (Alkitab).

Natal adalah acara ritual yang berasal dari masa Babilonia kuno yang belum mengenal agama yang benar. Tradisi ini diwariskan puluhan abad yang lampau sampai kepada kita.

Di Mesir, ia dipercayai bahwa Dewi Isis (Dewi Langit) melahirkan anaknya yang tunggal pada tanggal 25 Desember. Hampir semua orang-orang penyembah berhala (paganis) di dunia waktu itu, merayakan ulang tahun (Natal) anak dewi Isis ini jauh sebelum kelahiran Yesus.

Dengan demikian, sudah jelas bagi kita bahwa 25 Desember itu bukanlah hari kelahiran Yesus Kristus. Para murid Yesus dan orang-orang Kristen abad pertama tidak pernah menyelenggarakan Natal, meskipun hanya sekali. Tidak ada ajaran atau pun perintah perayaan Natal di dalam Bibel. Sekali lagi, perayaan Natal atau Christmas itu adalah ulang tahun anak dewa yang dianut oleh para paganis, dan bukan dari ajaran Kristen. Percaya atau tidak, terserah anda!

Upacara ini berasal dari cara-cara pemujaan yang dikenal dengan “Chaldean Mysteries” (Misteri Kaldea) berasal dari ajaran Semiramis, isteri Nimrod. Kemudian adat ini dilestarikan oleh para penyembah berhala secara turun-temurun hingga sekarang dengan wajah baru yang disebut Kristen.

5. ASAL USUL POHON NATAL

Sekarang dari manakah kita mendapatkan kebiasaan memasang pohon Natal itu? Di antara para penganut agama Pagan kuno, pohon itu disebut “Mistletoe” yang dipakai pada saat perayaan musim panas, karena mereka harus memberikan persembahan suci kepada matahari, yang telah memberikan mukjizat penyembuhan. Kebiasaan berciuman di bawah pohon itu merupakan awal acara di malam hari, yang dilanjutkan dengan pesta makan dan minum sepuas-puasnya, sebagai perayaan yang diselenggarakan untuk memperingati kematian “Matahari Tua” dan kelahiran “Matahari Baru” di musim panas.

Rangkaian bunga suci yang disebut “Holly Berries” juga dipersembahkan kepada dewa Matahari. Sedangkan batang pohon Yule dianggap sebagai wujud dari dewa matahari. Begitu pula menyalakan lilin yang terdapat dalam upayara Kristen hanyalah kelanjutan dari kebiasaan kafir, sebagai tanda penghormatan terhadap dewa matahari yang bergeser menempati angkasa sebelah selatan.

Encyclopedia Americana menjelaskan sebagai berikut:

“The Holly, the Mistletoe, the Yule log …are relics of pre-Christian times.”

“Rangkaian bunga Holly, pohon Mistletoe dan batang pohon Yule…yang dipakai sebagai penghias malam Natal adalah warisan dari zaman sebelum Kristen.”

Sedangkan buku Answer to Question yang ditulis oleh Frederick J. Haskins menyebutkan bahwa:

“The use of Christmas wreath is believed by authorities to be traceable to the pagan customs of decorating buildings and places of worship at the feast which took place at the same time as Christmas. The Christmas tree is from Egypt, and its origin date from a period long anterior to the Christian Era.”

“Hiasan yang dipakai pada upacara Natal adalah warisan dari adat agama penyembah berhala (paganisme), yang menghiasi rumah dan tempat peribadatan mereka yang waktunya bertepatan dengan malam Natal sekarang. Sedangkan pohon Natal berasal dari kebiasaan Mesir Kuno, yang masanya lama sekali sebelum lahirnya agama Kristen.”

6. SIAPA SANTA CLAUS

Santa Claus bukan ajaran yang berasal dari paganisme, tetapi juga bukan ajaran Kristen. Sinterklas ini adalah ciptaan seorang pastur yang bernama “Santo Nicolas” yang hidup pada abad ke empat Masehi. Hal ini dijelaskan oleh Encyclopedia Britannica, volume 19 halaman 648-649, edisi kesebelas, yang berbunyi sebagai berikut:

“St. Nicholas, bishop of Myra, a saint honored by the Greek and Latins on the 6th of December… A Legent of his surreptitious bestowal of dowries on the three daughters of an improverrished citizen… is said to have originated the old custom of giving presents in secret on the Eve of St. Nicholas (Dec.6), subsequently transferred to Christmas day. Hence the association of Christmas with Santa Claus…”

“St. Nicholas, adalah seorang pastur di Myra yang amat diagung-agungkan oleh orang-orang Yunani dan Latin setiap tanggal 6 Desember…Legenda ini berawal dari kebiasaannya yang suka memberikan hadiah secara sembunyi-sembunyi kepada tiga anak wanita miskin… untuk melestarikan kebiasaan lama dengan memberikan hadiah secara tersembunyi itu digabungkan ke dalam malam Natal. Akhirnya tarkaitlah antara hari Natal dan Santa Claus…”

Sungguh merupakan kejanggalan! Orang tua menghukum anaknya yang berkata bohong. Tetapi di saat menjelang Natal, mereka membohongi anak-anak dengan cerita Sinterklas yang memberikan hadiah di saat mereka tidur. Bukankah ini suatu keanehan, ketika anak-anak menginjak dewasa dan mengenal kebenaran, pasti akan beranggapan bahwa Tuhan hanyalah mitos atau dongeng belaka?

Dengan cara ini tidak sedikit orang yang merasa tertipu, dan mereka pun mengatakan:

“Ya, saya akan membongkar pula tentang mitos Yesus Kristus!”
Inikah ajaran Kristen yang mengajarkan mitos dan kebohongan kepada anak-anak? Padahal Tuhan sudah mengatakan:

“Janganlah menjadi saksi palsu. Dan ada cara yang menurut manusia betul, tetapi sebenarnya itu adalah ke jalan kematian dan kesesatan.”
Oleh karena itu, upacara “Si Santa Tua” itu juga merupakan Setan.

Di dalam kitab suci telah dijelaskan sebagai berikut:

“Hal itu tidak usah mengherankan, sebab Iblis pun menyamar sebagai malaikat terang. Jadi itu bukanlah hal yang ganjil, jika pelayan-pelayannya menyamar sebagai pelayan-pelayan kebenaran. Kesudahan mereka akan setimpal dengan perbuatan mereka.” (II Korintus 11:14)

Dari bukti-bukti nyata yang telah kita ungkap tadi dapatlah diambil kesimpulan, bahwa perayaan Natal atau Christmas itu bukanlah ajaran Kristen yang sebenarnya, melainkan kebiasaan para penyembah berhala (Paganis). Ia warisan dari kepercayaan kuno Babilonia ribuan tahun yang lampau.

7. KATA BIBLE TENTANG POHON NATAL

Bagaimana Bibel berbicara tentang Natal, atau mencatat pandangan para murid Yesus atau bapak-bapak geraja awal. Jawabannya sungguh sangat mengejutkan bagi kalangan Kristen sendiri. Sebagaimana yang dikatakan Bibel (Alkitab) pada kitab Yeremia 10:2-4 yang berbunyi sebagai berikut:

“Janganlah biasakan dirimu dengan tingkah langkah bangsa-bangsa, janganlah gentar terhadap tanda-tanda di langit, sekalipun bangsa-bangsa gentar terhadapnya. Sebab yang disegani bangsa-bangsa adalah kesia-siaan.”

“Bukankah berhala itu pohon yang ditebang orang dari hutan, yang dikerjakan dengan pahat oleh tangan tukang kayu?

Orang memperindahnya dengan emas dan perak; orang memperkuatnya dengan paku dan palu, supaya jangan goyang.”

Itulah keterangan yang jelas dari Bibel tentang pohon Natal. Kita dilarang mengikuti kebiasaan bangsa-bangsa penyembah berhala. Sebab hal itu merupakan perbuatan yang sesat menyekutukan Tuhan. Pada ayat kelima dijelaskan bahwa:

“Pohon itu tidak bisa berbicara, dan orang harus mengangkatnya, karena ia tidak bisa berjalan sendiri.”
“Janganlah takut kepadanya, sebab ia tidak dapat berbuat jahat, juga tidak dapat berbuat baik.”

Sebab mereka bukanlah dewa yang harus ditakuti. Bagi mereka yang tidak pernah membaca atau yang melupakan ayat ini, beranggapan bahwa tidak ada larangan untuk membuat pohon Natal. Tetapi jika telah membacanya, apa yang harus dikatakan?

8. HADIAH NATAL

Acara yang paling penting dari seluruh kegiatan Natal adalah “The Christmas Shopping Season – Musim Belanja Natal” yang dilakukan dengan cara membeli dan tukar menukar hadiah. Mungkin banyak orang yang mengecam kami sambil berkata:

“Bukankah Bibel (Alkitab) telah menceritakan kepada kita untuk ditiru? Lupakah kita kisah 3 orang dari timur yang datang ke Betelhem untuk memberikan hadiah ketika Yesus lahir?”

Memang, kami mengetahui cerita itu di dalam Alkitab. Tetapi, silahkan anda melihat keterangan kami yang mengejutkan ini. Marilah menengok sejarah asal usul tukar menukar hadiah itu, kemudian kita bandingkan dengan ayat Alkitab.

Pada Bibliothica Sacra, volume 12, halaman 153-155, kita dapat membaca sebagai berikut:

“The interchange of presents between friends is alike characteristic of Christmas and the Saturnalia, and must have been adopted by Christians from the Pagan, as the admonition of Tertullian plainly shows.”
“Tukar menukar hadiah antar teman di hari Natal serupa dengan adat agama Saturnalia. Kemungkinan besar, kebiasaan ini diadopsi oleh orang-orang Kristen dari agama Pagan, sebagaimana yang dilakukan oleh orang-orang Tertulianus.”

Dari bukti yang jelas ini, ternyata kebiasaan pertukaran hadian sesama teman dan famili pada hari Natal itu sama sekali tidak ada kaitannya dengan kisah dalam Alkitab tersebut. Acara Natal bukanlah merayakan ulang tahun Yesus Kristus, juga bukan untuk menghormatinya.

Sebagai contoh, seorang teman yang sangat anda cintai sedang merayakan ulang tahunnya. Bila ingin membahagiakannya di hari kelahirannya itu, apakah anda membeli hadiah untuk teman yang lain? Membeli lagi dan tukar menukar hadiah dengan teman-teman dan kekasih anda, tetapi tidak memberi hadiah apa pun kepada teman yang anda cintai, yang sedang anda rayakan hari ulang tahunnya? Tidakkah disadari keganjilan seperti itu?

Sebuah kenyataan yang tidak bisa dipungkiri yang selalu dilakukan oleh hampir semua orang di seluruh dunia. Mereka menghormati “sebuah hari” – yang sebenarnya bukan hari kelahiran Yesus Kristus – dengan berbelanja dan membeli hadiah sebanyak-banyaknya untuk ditukarkan kepada teman-teman dan kerabatnya. Dari pengalaman saya selama bertahun-tahun, begitu pula pengalaman para pastur dan pendeta; Apabila bulan Desember tiba, hampir semua orang yang mengaku Kristen lupa memberi hadiah kepada Yesus Kristus yang mereka cintai.

Desember adalah bulan yang paling sulit untuk menghidupkan ajaran Yesus. Sebab semua orang terlalu disibukkan untuk membeli dan menukar hadiah daripada mengingat Yesus dan menghidupkan ajarannya. Peristiwa melupakan Yesus ini terus berlangsung sampai bulan Januari bahkan Pebruari. Sebab mereka harus melunasi biaya pengeluaran yang dibelanjakan pada waktu Natal. Sehingga mereka sulit mengabdi kepada Yesus kembali sebelum bulan Maret.

Sekarang, perhatikan apa kata Bibel tentang tiga orang dari timur yang memberikan hadiah kepada Yesus, yang berbunyi sebagai berikut:

“Sesudah Yesus dilahirkan di Betlehem di tanah Yudea pada zaman raja Herodes, datanglah orang-orang Majus dari Timur ke Yerusalem dan bertanya-tanya: “Di manakah dia, raja orang Yahudi yang baru dilahirkan itu? Kami telah melihat bintang-bintang di timur dan kami datang untuk menyembah dia.” Ketika raja Herodes mendengar tentang hal itu terkejutlah ia beserta seluruh Yerusalem. Maka dikumpulkannya semua imam kepala dan ahli Taurat bangsa Yahudi, lalu dimintanya keterangan dari mereka, di mana Mesias akan dilahirkan. Mereka berkata kepadanya: “Di Betlehem di tanah Yudea, karena demikianlah ada tertulis dalam kitab nabi: Dan engkau Betlehem, tanah Yudea, engkau sekali-kali bukanlah yang terkecil di antara mereka yang memerintah Yudea, karena daripadamulah akan bangkit seorang pemimpin, yang akan menggembalakan umatKu Israel. Lalu dengan diam-diam Herodes memanggil orang-orang Majus itu dan dengan teliti bertanya kepada mereka, bilamana bintang itu nampak. Kemudian ia menyuruh mereka ke Betlehem, katanya: “Pergi dan selidikilah dengan seksama hal-hal mengenai anak itu dan segera sesudah kamu menemukan dia, kabarkanlah kepadaku supaya aku pun datang menyembah dia.” Setelah mendengar kata-kata raja itu, berangkatlah mereka. Dan lihatlah, bintang yang mereka lihat di timur itu mendahului mereka hingga tiba dan berhenti di atas tempat, di mana anak itu berada. Ketika mereka melihat bintang itu, sangat bersukacitalah mereka. Maka masuklah mereka ke dalam rumah itu dan melihat anak itu bersama Maria, ibunya, lalu sujud menyembah dia. Mereka pun membuka tempat harta bendanya dan mempersembahkan persembahan kepadanya, yaitu emas, kemenyan dan mur. Dan karena diperingatkan dalam mimpi, supaya jangan kembali kepada Herodes, maka pulanglah mereka ke negerinya melalui jalan lain.”

9. HADIAH UNTUK YESUS

Perhatikanlah dengan teliti. Ayat bibel tersebut menceritakan bahwa pada mulanya orang-orang Majus tersebut menanyakan tentang Bayi Yesus yang lahir sebagai Raja Yahudi. Lalu, mengapa mereka memberi hadiah kepadanya? Apakah karena hari kelahirannya?

Jawabannya adalah “Tidak.” Sebab mereka memberi hadiah beberapa hari bahkan beberapa minggu setelah hari kelahirannya.

Bisakah peristiwa ini dipakai pedoman bagi kita untuk melakukan kebiasaan memberi atau saling menukar hadiah di antara kita? Jelas tidak bisa. Sebab orang-orang Majus tersebut tidak saling menukar hadiahnya, tetapi mereka memberi hadiah kepada Yesus. Bukan tukar menukar hadiah sesama teman atau kerabatnya.

Mengapa? Silahkan anda membaca buku Adam Clarke Commentary, volume 5, halaman 46 yang berbunyi sebagai berikut:

“Verse 11. (They presented unto him gifts.) The people of the east never approach the presence of kings and great personages, without a present in their hands. The custom is often noticed in the Old Testament, and still prevails in the east, and in some of the newly discored South Sea Islands.”

“Ayat 11. (Mereka memberi hadiah kepadanya.) Adalah kebiasaan orang-orang timur, apabila menghadap raja atau orang-orang terkemuka, mereka selalu membawa hadiah. Kebiasaan seperti ini juga tercantum dalam kitab Perjanjian Lama, dan masih berlaku di timur, juga dapat ditemuka di South Sea Islands (Kepulauan Laut Selatan).”

Dari keterangan Adam Clarke ini, jelaslah bagi kita, bahwa peristiwa tersebut tidak bisa dipakai pedoman atau dikaitkan dengan kebiasaan Kristen baru dengan menukar hadiah kepada temannya untuk menghormati ulang tahun Yesus. Sebaliknya, mereka mengikuti adat orang-orang timur kuno yang memberi hadiah ketika mengharap raja. Mereka mendatangi Yesus, yang lahir sebagai Raja Yahudi. Sebagaimana ratu Sheba (Balqis) membawa hadiah kepada raja Salomo (Sulaiman). Bahkan seperti sekarang ini, para tamu negara pasti membawa hadiah atau cindera mata apabila datang ke White House (Gedung Putih) untuk menemui presiden.

Jadi kebiasaan menukar hadiah ini bukanlah dari ajaran Kristen, melainkan hanya merupakan pelestarian tradisi lama yang dilakukan oleh orang-orang pagan (penyembah berhala). Di saat menjelang Natal atau Christmas yang katanya untuk menghormati Kristus dan menghidupkan ajarannya, justru orang-orang Kristen bertambah set back (jauh) dari ajaran Yesus.

10. NATAL MEMULIAKAN TUHAN?

Ada dua alasan yang dipakai dasar oleh orang-orang yang menyelenggarakan Natal, sebagai cara untuk menghormati Yesus Kristus, meskipun mereka mengetahui bahwa perayaan itu warisan kepercayaan Paganisme:

1. Banyak yang mengajukan alasan: “Walaupun kita tidak mengetahui secara tepat hari kelahiran Yesus, apa salahnya kita memilih hari untuk merayakan ulang tahunnya.”

Kami akan menjawab dengan pasti “Tidak bisa”. Sebab dalam Catholic Encyclopedia (Eksiklopedi Katolik) telah dijelaskan:

“Sinners alone, not saints, celebrate their birthday = Hanya orang kafir, bukan orang-orang suci, yang merayakan hari ulang tahun mereka.”

Perayaan ulang tahun bukan berasal dari agama Kristen, melainkan dari ajaran agama kafir.

2. Ada pula yang beralasan: “Walaupun Natal itu kebiasaan orang-orang kafir (pagan) yang menyembah dewa matahari, tetapi kita tidak menyembah dewa tersebut, melainkan untuk menghormati Yesus Kristus.”

Tetapi sudahkah kita mendengarkan jawaban Tuhan melalui firmannya yang berbunyi sebagai berikut:

“Maka hati-hatilah, supaya jangan engkau kena jerat dan mengikuti mereka, setelah mereka dipunahkan dari hadapanmu, dan supaya jangan engkau menanya-nanya tentang tuhan mereka dengan berkata: “Bagaimana bangsa-bangsa ini beribadah kepada tuhan mereka? Aku pun mau berlaku begitu.” Jangan engkau berbuat seperti itu terhadap Tuhanmu. Sebab segala yang menjadi kekejian bagi Tuhan, apa yang dibenciNya, itulah yang dilakukan mereka bagi tuhan mereka; bahkan anak-anaknya lelaki dan anak-anaknya perempuan dibakar mereka dengan api bagi tuhan mereka.” (Ulangan 12:30-31)

Tuhan berfirman dengan jelas dalam kitab suciNya, bahwa Dia tidak mau menerima dalam bentuk penyembahan yang menyerupai atau meniru cara penyembahan orang-orang kafir kepada tuhannya. Cara penyembahan seperti itu sangat menjijikkan bagi Tuhan. BagiNya, pemujaan yang demikian itu tidak layak untukNya, melainkan hanya pantas untuk memuja berhala. Sebagaimana yang sering kita dengar, Tuhan melarang kita menyembahNya hanya dengan “menurut kata hati kita sendiri.” Yesus telah bersabda:

“Allah itu Roh, dan barang siapa yang menyembah Dia, harus menyembahNya dalam roh dan kebenaran; sebab Bapa menghendaki penyembah-penyembah demikian.” (Yohanes 4:24)

Dan apa yang dimaksud dengan kebenaran itu? Firman Tuhan atau Kitab suci Bibel itulah kebenaran. Sebagainya sabda Yesus yang berbunyi sebagai berikut:

“Kuduskanlah mereka dalam kebenaran; FirmanMu adalah kebenaran.” (Yohanes 17:17)

Di Dalam Bibel sendiri, secara jelas Tuhan berfirman bahwa Dia tidak mau menerima penyembahan kepadaNya, dengan meniru cara penyembahan para penyembah berhala. Begitu pula cara yang dipakai untuk mengagungkan dan memuliakan Yesus Kristus.

Ingatlah sekali lagi, peringatan Yesus yang berbunyi:

“Percuma mereka beribadah kepadaku, sedangkan ajaran yang mereja ajarkan ialah perintah manusia.”

Natal atau Christmas adalah tradisi dan ajaran manusia, sedangkan ajaran Tuhan telah melarangnya. Selanjutnya Yesus bersabda lagi:

“Sungguh kamu telah menolak ajaran Tuhan, tetapi kamu mengikuti ajaran tradisimu sendiri.”

Alangkah tepat firman-firman Tuhan yang dilontarkan kepada berjuta-juta orang yang melakukan Natal itu. Mereka mengabaikan ajaran Tuhan. Tuhan melarang pemujaan yang meniru adat kaum kafir penyembah berhala, tetapi dengan senang hati kita melanggarnya. Tuhan berfirman:

“Janganlah kamu berbuat demikian terhadap Tuhanmu.”

Ternyata hampir semua orang menganggap ringan larangan itu. Atau karena tidak memiliki dasar agama yang kuat, akhirnya mereka mengikuti tradisi kebanyakan orang-orang untuk merayakan Natal.

Jangan salah! Tuhan membiarkan anda untuk berbuat semaunya dan tidak mengikuti petunjukNya. Tuhan membiarkan kita tenggelam dalam keramaian dan mengikuti tradisi orang-orang. Bahkan Dia akan membiarkan kita berlumuran dosa. Tetapi, Tuhan juga telah memerintahkan kita tentang datangnya hari perhitungan atau pembalasan. Jika kamu menanam, niscaya kamu akan memetik hasilnya. Yesus adalah firman Tuhan yang hidup, sedangkan Bibel adalah firman Tuhan yang tertulis. Dan kita akan diadili sesuai dengan ketetapan yang telah digariskan dalam firman tersebut. Kita pun tidak bisa mengelak dan mengabaikannya.

11. TANPA DI SADARI KITA KEMBALI KE MASA BABILONIA

Christmas atau Natal telah menjadi musim panen para pedagang. Ia menjadi sponsor yang terus dilestarikan oleh perusahaan advertising setiap tahun. Anda selalu melihat Santa Claus yang dipajang di setiap toko. Iklan-iklan menyambut dan mengajak kita untuk merayakan “Beautiful Christmas Spirit”. Koran yang selalu menjual iklan, ikut menyemarakkan musim kaum kafir tersebut di tajuk rencananya. Orang yang mudah terbius oleh tradisi ini, akan marah bila ditunjukkan kebenaran dari Tuhan. Padahal “Christmas Spirit = Semangat Natal” yang diselenggarakan setiap tahun itu, bukanlah untuk mengangungkan Kristus, melainkan hanya untuk promosi barang-barang dagangan. Sebagaimana rayuan setan lainnya, ia dikemas sedemikian rupa sehingga tampak seperti “Malaikat Pembawa Terang” yang amat indah. Setiap tahun jutaan dolar dihabiskan begitu saja, sementara ajaran Yesus diterlantarkan. Itulah bagian dari sistem perekonomian Babilonia.

Sebagaimana yang telah diramalkan oleh Bibel (Alkitab), kita merasa berada di negara Kristen, padahal kita di Babilonia, tetapi kita tidak menyadarinya. Ingatlah pesan Alkitab yang berbunyi sebagai berikut:

“Pergilah kamu hai umatKu, pergilah dari padanya, supaya kamu jangan mengambil bagian dalam dosa-dosanya, dan supaya kamu jangan turut ditimpa malapetaka-malapetakanya.” (Wahyu 18:4)

Oleh karena itu, di tahun ini, daripada jutaan uang tersebut dihambur-hamburkan begitu saja, lebih baik dibelanjakan untuk menunjang pekerjaan Tuhan.

http://mcb.swaramuslim.com/index.php?section=15&page=-1

22 jesusjustman

RAHASIA KAUM MISSIONARIS (PARA PENDETA & PASTOR) YANG TAKUT DIKETAHUI OLEH UMATNYA SENDIRI

BERIKUT INI ADALAH SEBAGIAN INFORMASI YANG SELAMA INI DISEMBUNYIKAN OLEH GEREJA AGAR UMAT KRISTEN / KATHOLIK TIDAK MEMPELAJARI ALKITAB MEREKA SENDIRI SECARA MENDALAM, APALAGI SAMPAI DENGAN MEMBANDINGKAN ANTAR SATU KITAB DENGAN KITAB LAIN, SANGAT DILARANG KERAS.

=======================

Hahahaha……. kontradiksi sekali….. anda dapat dan bisa nulis informasi ini dari mana ???? kalo hal ini disembunyikan…pasti anda gak akan bisa memaparkan tulisan ini….lucu.

Justru bukti Dead Sea Scroll membuktikan sebaliknya…. bandingkan dg Quran anda..??? 99,9% bukti tulisan quran pertamakali TIDAK ADA alias Dimusnahkan untuk menghilangkan bukti 2x kejahatan yg dilakukan Muhammad dan para sahabatnya.

====================
Oleh karena itu, di tahun ini, daripada jutaan uang tersebut dihambur-hamburkan begitu saja, lebih baik dibelanjakan untuk menunjang pekerjaan Tuhan.
====================

Kebalik Mas… berapa trilyun uang yg dibawa ke Arab untuk pergi haji setiap tahun…???
hanya untuk keliling kabah sama beli air kemasan (zam zam)…???

Gak usah mencari kesalahan karena kesalahan itu pasti ada…kesempurnaan itu hanya milik Tuhan Allah.
Bantahan saya diatas hanya untuk menyadarkan anda, agama cuma buatan manusia untuk pedoman supaya kehidupan manusia itu tidak menyimpang jauh dari kodratnya. Salam. GBU

juego gratis pagina internet

Es juego casino paginas web juego gratis pagina internet

@ garengpong

>>> Kebalik Mas… berapa trilyun uang yg dibawa ke Arab untuk pergi haji setiap tahun…???
hanya untuk keliling kabah sama beli air kemasan (zam zam)…???

Emang itu pake duit negara ya mas…??? bukannya duit pribadi…???

Sekarang ada yg niru loh mas istilahnya perjalanan rohani yaitu ke israel, jerusalem dan sekitarnya loh…katanya biar dipepet2in sama biar diperhatiin gitu katanya, contoh lagi kaya nama gereja isa al masih, atau ikutan pake2 baju koko dan kupluk (kopiah) dan ada juga yg sembahyangnya pake sujud2 segala padahal di gereja tuh.

Yang hebat lagi mas sekarang lulusan2 kampus teologi harus bisa baca arab yg dilagukan sama kaya di MTQ2 itu loh mas, pake awalan bismilah lagi…
Berarti sekarang kita ndak jauh beda loh mas.

Salam

@garengpong

mengutip pernyataan anda :
“Gak usah mencari kesalahan karena kesalahan itu pasti ada…kesempurnaan itu hanya milik Tuhan Allah.
Bantahan saya diatas hanya untuk menyadarkan anda, agama cuma buatan manusia untuk pedoman supaya kehidupan manusia itu tidak menyimpang jauh dari kodratnya”

saya jadi ketawa-ketiwi sendiri. di artikel “ternyata Tuh@n kita memang berbeda” (kalo ngga salah), saya sudah camkan berkali2 kepada saudara2 kita dari kaum muslim…
bahwa, janganlah mereka cari kesalahan alkitab atau injil dan kemudian gembar-gemborkan kehebatan quran….
tetapi,,,,,, masih ajjjaaa terjadi lagi….

maksud saya tuh, kaji dulu secara benar-benar tentang alquran, baru ke kitab orang lain….

@ danleito.

Emang ngga boleh yaa ke gereja pakai baju koko dan kopiah?
kayanya baju koko dan kopiah, udah ada sebelum islam masuk indonesia deh…. dulu tuh jamannya si jampang segala, bener ngga?
he he

emang ngga boleh kalo sembayang pake sujud segala?
Kayanya yang duluan sembayang dengan cara bersujud adalah nabi musa dulu deh…..

emang gak boleh ziarah ke tanah israel?
kayanya sebelum islam lahir, sebelum muhamad lahir, ziarah ke tanah israel udah ada duluan deh.,,,

@jelasnggak

>>> Emang ngga boleh yaa ke gereja pakai baju koko dan kopiah?
kayanya baju koko dan kopiah, udah ada sebelum islam masuk indonesia deh…. dulu tuh jamannya si jampang segala, bener ngga?
he he

Sama Samudera Pasai ceritanya duluan mana ya mas…??? emang si jampang Hindu ya mas…

>>>mang ngga boleh kalo sembayang pake sujud segala?
Kayanya yang duluan sembayang dengan cara bersujud adalah nabi musa dulu deh…..

Kayanya kalo masnya dimulai pake menyilangkan tanda didada deh terus kedua tangan saling menggenggam, mau ditinggalkan cara kaya gitu ya mas….??? mbok konsisten napa to mas..??? dah gak tren lagi ya..??
Kok lagi2 ajaran Nabi Musa ditinggalkan mas padahal dia Nabi loh…utusan Allah to juga mas..???

>>> emang gak boleh ziarah ke tanah israel?
kayanya sebelum islam lahir, sebelum muhamad lahir, ziarah ke tanah israel udah ada duluan deh.,,,

Saya belum pernah bilang gak boleh loh…monggo aja, mereka2 yg mau naik haji ya terserah mereka juga toh mas, wong uang2nya mereka sendiri kok mas yg repot, malu ah ntar dikira mase kepingin naik haji juga…ya sapa tau to, karena tangan Allah bisa berkarya kepada siapapun…amiiiin

Salam

@jelasnggak

Jadi kesimpulan apa yg bisa dipetik dari persamaan yg mas sebut di #28.

Arahnya mau kemana mas….

26 donleito

Emang itu pake duit negara ya mas…??? bukannya duit pribadi…???

============

Bolot kok dipelihara Mas….hahahaha.
ya kalo yg berangkat cuma sepuluh orang …gak ngaruh ….
tuh 200 ribu orang tiap tahun cuma untuk perbuatan bodoh keliling bangunan kubus yg dibilang rumah Allah…!!!!! Renungkan itu…. Lebih banyak dari uang yg dibawa lari koruptor ke luar negri.

……… Sekarang ada yg niru loh mas istilahnya perjalanan rohani yaitu ke israel, jerusalem dan sekitarnya …loh…katanya biar dipepet2in sama biar diperhatiin gitu katanya, contoh lagi kaya nama gereja isa al masih, atau ikutan pake2 baju koko dan kupluk (kopiah) dan ada juga yg sembahyangnya pake sujud2 segala padahal di gereja tuh………

=============
99% yg berangkat yg kaya dan bukan keharusan… dan tdk ada 1% dari yg berangkat Haji , itu tradisi sebelum islam ada.

Bahasa arab bukan milik islam, baju koko dan kupluk milik
India dan china bukan islam. Sembayang sujud sudah ada sebelum islam….. islam cuma menjiplak dari warisan sebelumnya….. belajar dulu tentang islam disini :

http://www.indonesia.faithfreedom.org/forum/

…..,pake awalan bismilah lagi…

===========
Ucapan Bismilah bukan milik islam…. sudah dipake bangsa israel sebelum islam…. (lupa linknya ..entar aku cari lagi).

GBU.

@gareng

hahaha…

becanda aja lo bro :D

ucapan Bismillah udah ada sebelum Islam?

nah, pertanyaanya… emang Islam adanya sejak kapan mas? :P

casino online roulette

Immer besten casino online online casino liste

@donleito.

mas kan bilang, ada yang niru2 ziarah ke israel….

kulo jawab, sebelum ada islam,, ziarah-menziarah atau “naik-naikan haji” tuh udah ada…
jadi bukan karena “dipepet-pepetin biar diperatiin”.

gitu lo mass..

————

nah, mas sendiri udah ikutin semua ajaran musa belum?
kalo saya mas, melo jesus wae,,,, tanda salib adalah tanda kemenangan mas,, bukan cara sembayang…

———

mungkin kalo ada rejeki, saya akan “naik haji” mas…
tapi bukan ibadah melainkan pesiar..
mau liat batu yang dipuja2 itu lho… yang warnanya hitam dan di lindungi oleh (maaf, yang seperti ehem)..

@mas gareng..

mereka bilang kita umat kristen ngga boleh ambil referensi dari faithfreedom….soalnya site itu “ngga bener” (menurut mereka)

Yang paling bener(anehnya, menurut mereka lagi) adalah referensi atau artikel yang semacam posting no 23 dari si jesusjustman.

@constantine21.

kayanya kalo ngga salah, islam lahir setelah jesus
atau tepatnya 600-an tahun setelah jesus….

kalo ngga salah..

@jelasnggak dan @gareng

kalo Islam lahir tahun 600-an, lalu Kristen lahir tahun berapa donk?

@jelasnggak

mereka bilang kita umat kristen ngga boleh ambil referensi dari faithfreedom….soalnya site itu “ngga bener” (menurut mereka)

ambil aja kalo emang anda berani mempertanggungjawabkan… kalo anda emang pemain di faithfreedom dan bukan cuman leecher, saya yakin anda tahu mengenai situs – situs independent muslim yang menjawab faithfreedom karena intimidasi yang terjadi di faithfreedom terhadap post muslim, dan saya rasa kalau anda memang merasa cukup yakin dengan materi anda, maka anda bisa membawanya kesini…

dan kalau anda belum yakin materi itu sudah disanggah atau belum di situs – situs kontra ffi, maka ada baiknya anda baca dulu situs – situs tersebut sehingga perdebatan yang sama tidak perlu diulang lagi :)

wassalam

32 constantine21

@gareng

hahaha…

becanda aja lo bro :D

ucapan Bismillah udah ada sebelum Islam?

nah, pertanyaanya… emang Islam adanya sejak kapan mas? :P

==================

Aduh Mas…. agama paling muda itu Islam……. mosok gak ngerti…??? :P

entar gua cari linknya…. lupa naro filenya.

38 constantine21

@jelasnggak

mereka bilang kita umat kristen ngga boleh ambil referensi dari faithfreedom….soalnya site itu “ngga bener” (menurut mereka)

=====================
Yang gak bener itu cara berfikir mereka mas…. kalo yg bilang Muhammad kelakuannya baik aja yg bener. :D

Muslim Seluruh dunia ngakuin kok … hanya muslim indonesia aja yg masih buta cuma percaya ocehan ustadnya aja.

38 constantine21
==============

Yang saya tau di FFI … Jawaban muslim self proclaim tanpa bukti dan lebih sering bertentangan dg bukti/fakta sehingga muslim2x membuat situs sanggahan FFI yg akhirnya bukan bener malah jadi obrolan warkop.

Sebaiknya gak usah diperpanjang…sudah nyimpang dari treat….. Sorry semua.

Sorry Mas Dewo ngotori blognya. GBU :D

@all

Halo semuanya..masih semangat aja ternyata..hehe..

Gw baca2 posting2 dr nama lama dan nama baru..yg nama lama masih aja posting2nya mirip2 postingan di faithfreedom, make kata2 yg menghina (seperti si jelasenggak di postingan no. 34 paragraf terakhir) dan ngga ada juntrungannya (mbulet). Lagian itu juga cuman batu biasa kok, karena Islam tidak mengenal istilah “keramat” atau “bertuah” atau sejenisnya.

Saran gw sih..udah deh, tinggalin aja forum kaya beginian.

Ya ngga mas dewo? oia, buat yg nama baru yg mengira topik “Memang Tuhan Kita Berbeda” itu adl pemberitahuan bahwa Tuhan agama Kristen adalah seperti apa..anda salah.

Topik “Memang Tuhan Kita Berbeda” pada intinya mengatakan..

“Agama Islam Tidak Mengajarkan Kasih, Namun Mengajarkan Kebencian Dan Ketakutan”.

Itu isinya. =)

Dan itu secara gamblang sekali dikatakan dalam postingan2 di topik itu.

Nilai sendiri deh si Dewo itu seperti apa (damai banget deh tuh hatinya, hehe). =)

Salam n Out.

ps.: buat Jelasenggak, sebaiknya loe jaga omongan loe. Ada ngga sih muslim DISINI, dari dulu awal2 kita posting di forum ini, yg menggunakan kata2 merendahkan apapun mengenai Kristen? dari dulu sampe sekarang? ada ngga?.

@all

oiya..satu lagi..kalo mau tau kaya gimana kira2 suasana di sekitar Ka’bah..bisa ke situs ini

Itu mereka lagi sholat kayanya.. =)

Buat gambaran aja di Mekah kaya gimana suasananya.. =)

@nitt,

kamu kok marah gitu yaa..

berarti kamu ngakuin pernyataan gw bener dong…

by the way,,, gw kan ngga menghina.. gw ngga bilang kata2 jorok dan menghina kannnn?

kalo loe nya sendiri yang menafsirkannya lain…. yaa jangan salahin gw dong.

Oh iya, tumben, kamu koq ngga minta pendapat temen sekantor sih mengenai posting gw…

@constantine…

Mmmm..
kalo gitu gw ngga mau ambil referensi dari FFI deh…
soalnya saya juga cuman pengunjung di di ffi, dan gw belum tau apakah yg di ffi udah di sanggah atau belum…

nb(numpang bertanya):
kalo yang diposting sama sdr. Penghibur dan sdr. JesusJustman, kira2 udah ada bantahannya belum ya Const?

@Constantine,

kekristenan muncul ketika yesus ada.
namanya juga KRISten.. artinya -+ pengikut KRIStus…

Lahirnya Jesus ditandai kira2 tahun 0 MASEHI.
ada yang bilang sebelum thn 0 masehi ada yg bilang beberapa tahun setelah jesus lahir…

Buat yang ingin mengenal kekristenan…

bisa dimulai dari sini kali yaa:

@garengpong (39) & @jelasnggak (46)

nah, gini reng… kalo lo protes Islam pake kalimat Bismillah padahal tuh kalimat udah dipake sama orang Yahudi kuno, dan Islam baru ada tahun 600an, gw cuman mau ngingetin bahwa Kristen sendiri baru berdiri tahun 30-an masehi pasca Yesus (konon) disalibkan… dan orang Kristen pun masih make kitab Tanakh-nya orang Yahudi yang udah mulai ditulis 5000 tahun sebelumnya dan meletakkannya sebagai perjanjian lama… so… kalau mau protes soal Islam pake Bismillah, harusnya juga boleh donk gw protes kenapa Kristen pake ktab Yahudi? :)

@jelasnggak (45)

post yang mana bro?

klo post-nya @penghibur kan kebanyakan ajaran Islam dari sisi Islamnya, jadi ya bisa gw bilang bahwa paling yang ada kritikan dan dikreditasi bukannya sanggahan…

sementara kalo post-nya @JesusJustMan…

sebagian dari kontradiksi itu udah dijawab, ada bukunya kok kalo gak salah judulnya “101 contradiction in bible finally answered” kemaren sih gw baca terjemahannya di forum sarapanpagi, coba aja baca kalo lo mau cari referensi buat njawab serangan muslim suatu saat nanti…

nih linknya:

http://www.sarapanpagi.org/101-penjelasan-mengenai-tuduhan-kontradiksi-dalam-alkitab-vt722.html

silahkan lo nilai sendiri, tapi buat gw tetep blom semua masalah terjawab, beberapa point tetep dikategorikan sebagai kesalahan penulisan dan memang kontradiktif :)

kalo soal sejarah natal dll…

ya emang gitu sejarahnya… dan setau gw sanggahan atas fakta sejarah itu hampir gak ada, kecuali sanggahan absurd yang dasarnya fanatisme… tapi ada beberapa tokoh Kristen nasional dan internasional yang cukup gw suka adalah mereka menyikapi sejarah itu sebagai sebuah usaha pengembangan agama, dan tidak menolak fakta bahwa memang terjadi pencampuran agama nasrani murni bawaan Yesus dengan adat istiadat pagan yang melahirkan Kristen,,,

well, itulah sejarah Kristen bro, buat orang Yahudi itulah yang bikin mereka gak suka sama Kristen karena kalian menggunakan ajaran dan kitab suci mereka namun kalian tidak mengindahkannya dan lebih banyak mengacu pada sebagian perjanjian baru yang dicampur dengan adat istiadat pagan dan ajaran dogmatis para imam gereja perdana… :)

yah, tapi itu menurut gw sih, sebagai muslim yang emang lebih suka agama gw apa adanya dari dulu sampe sekarang, kalo orang Kristen gak keberatan dengan segala akulturasi itu ya… pilihan anda sih, tapi yang pasti menurut orang muslim dan Yahudi, itu termasuk dalam perbuatan yang tidak menghargai Tuhan :)

@garengpong (soal FFI)

sori nih, kalo oot-nya masih gw bawa – bawa :P

gini aja deh reng… kalo emang itu yang lo liat disana… dan lo emang nguasain dan ngertiin materi yang emang menurut lo perlu dituduhkan pada muslim, gak usah ngomongin forum orang deh… bawa kesini aja lo omongin mana yang mau lo masalahin, kalo gw ngerti sih Insya Allah gw jelasin… kalo emang ada fakta yang sama tapi kita ngeliatnya beda (misalnya topik – topik ala dul**i di ffi yang menggunakan potongan hadits) ya silahkeun dibawa kemari, ntar kita bahas… :)

@jelasenggak #44

apa kata loe deh mas (jd pejabat aja loe, gimana?)

gw dah nanya pendapat temen kantor gw, n dia bilang loe ngga usah digubris omongannya karena mbulet.., gimana tuh..? =)

@ Constantine.

Semoga penjelasan ini gw ngga bikin bosen kaya penjelasan si Penghibur..
——

Ngga ada yg protes islam ngga boleh pake bismilah…
Mas garengpong dan saya bukan protes begitu.

maksud saya, bismilah itu sendiri udah ada sebelum islam lahir, kenapa kok si donleito (26) nuduh kristen sekarang banyak yang pakai bismilah waktu berdoa…

kayanya yang protes malahan si donleito deh, coba baca di 26…

——

@constantine 49

Oke, trims, gw dah lihat linknya,,,,

Kalau kesalahan penulisan dan kontradiksi, agaknya udah terjawab di situ semua deh….
nih saya kutip lagi, :

“””Kebanyakan kontradiksi yang dipermasalahkan sebenarnya bukanlah kesalahan sama sekali, melainkan hanya kesalahan dalam memahami konteks ayat atau yang tidak lebih daripada kesalahan pembuat salinan ulang. Menjelaskan jenis kesalahan yang pertama adalah lebih mudah, sedangkan untuk kesalahan yang kedua perlu lebih banyak perhatian.
Seperti yang kita ketahui, Perjanjian Lama (PL) ditulis pada abad ke 17 s/d 5 sebelum Masehi diatas kulit-kulit dan Papyrus yang mudah rusak, sehingga perlu terus menerus disalin ulang selama lebih dari 3,000 tahun, dan Perjanjian Baru disalin ulang selama 1,400 tahun, oleh masyarakat yang terserak ke pelbagai komunitas di tempat-tempat dan benua yang berbeda-beda, tetapi isinya tidak mengalami perubahan mendasar. “”””

—->Saya mau tekankan lagi nih Const.

Tidak seperti alquran, yang “turun” dari langit langsung,
alkitab bisa dikatakan sebagai suatu sejarah. Orang kristen lebih suka menyebutnya sebagai — kabar gembira (injil)—
Alkitab itu isinya cerita. yang mana didalamnya disisipi/berisi ajaran2 kekristenan.

Kalau kamu menemukan kesalahan penulisan….yaaaaaa..
namanya juga BUATAN MANUSIA. Wajaaar….
(tidak seperti quran yang hebat dan datang lewat malaikat langsung).
Kalau kamu trus menganggap kesalahan penulisan alkitab sebagai sesuatu yang sangat BESARRR dan langsung meragukan Keabsahan kitab tsb dan ajarannya, sementara kamu melupakan sisi baik dari alkitab itu sendiriiiii,….
itu yang saya bilang : salah kaprah….
kamu bilang : karena nila setitik rusak susu sebelangga.

namanya juga buatan manusia, pasti ada “nila setitiknya”
kalo kamu mengesampingkan ajaran baik karena “nila setitik”, berarti kamu orang yang kurang adil (terhadap diri sendiri). sebab menurut saya, gampang sekali menemukan “nila setitik” di dalam alquran.
Satu saja ditemukan “nila setitik” didalam alquran, maka runtuhlah anggapan alquran sebagai kitab Tuh@n yang turun langsung dari langit.
Saya ngga mau nyari “nila setitik” di alquran. Bukan apa2,
saya udah yakin dengan ajaran yang saya peluk sekarang ini, lagian kurang kerjaan banget sih ngoprek2 kesalahan suatu kitab cuman buat membuktiin kitab gue paling bener.

——————————

Mengenai natal….

hhhh..

gue udah tau, sebagian besar orang kristen tau itu const…
Masak sih, hari lahir Yesus bulan desember.
yang bener aja….

intinya sih… kamu boleh merayakan hari natal kapaaan saja..mau desember, juli, juni dll…terserah.

Nah kenapa desember tanggal 25.
Karena bangsa romawi menjajah sebagian wilayah dunia pada waktu itu sehingga kebiasan mereka di”tular”kan ke daerah jajahan…..

Yang sebenarnya terjadi adalah, kaisar konstantine “MENYAMARKAN” hari raya pagan sebagai hari natal…..supaya rakyat yang tadinya percaya 25 des sebgai hari pagan beralih ke hari raya kelahiran Yesus Kristus…
Nah…. tampaknya siasat itu berhasil….
Sekarang, gue pergi ke gereja tanggal 25 desember, untuk merayakan natal, bukan merayakan tuhannya paganisme…

Lagian ngerayain bersama2 seluruh dunia kan lebih bagus dari pada ngerayain sendirian, misalnya tanggal tiap 10 agustus…

FYI: banyak perayaan2 natal yang dilangsungkan tidak pada 25 des, melainkan “sekitar’ 25 desember. kadang bulan january, kadang di bulan february.

————–

Masalah orang kristen tak mengindahkan aturan orang yahudi.

Const, dari namanya kan udah tercermin.
KRISTEN= pengikut KRIStus

Kita ngga perlu lagi ngikutin ribuan aturan di perjanjian lama. Karena perjanjian kita sudah DIPERBAHARUI di dalam perjanjian baru.
Itulah sebabnya Kristus mati di kayu salib.

Aturan yahudi itu beribu-ribu, ngga akan sanggup kalian melaksanakannya….
(kalau kamu mau ikutin aturan yahudi, ya silahkan saja)

Kalau kamu belum ngerti, nanti gw jelasin lagi.

——————————————–

@nitt

iya iya,,,,.

sory deh kalo kamu tersinggung mengenai “batu yang biasa” itu.
sebenarnya tulisan itu bukan ditujukan untuk satu orang tertentu, melainkan untuk orang2 yang selalu bilang di gereja ada barang2, gambar2, patung2 yang ngga semestinya berada …. sementara gembar-gembor kehebatan mesjid yang tidak berisi apa2 sama sekali…
(seperti sdr Penghibur dengan cerita”pelancong aneh”nya)

tentang temen kantor…

temen loe itu IQ nya berapa ya nitt?

soalnya di postingan lain (kalo ngga salah di “ternyata Tuh@n kita memang berbeda”), kamu nyebutin IQ temen kamu itu loh nitt.

Saya jadi banyak mikir dan bertanya2 setelah baca postingan loe itu..
apa temen kamu itu setara dengan ahmad deedat-nya si penghibur, atau malahan lebih pinter….
Kalo lebih pinter dari ahmad deedatnya si penghibur, berarti pendapat temen loe itu patut gw pertimbangkan…

Oh iya nitt.
lupa.
Kalo ngga salah, kamu yang nyaranin kalo kita ngga boleh nulis postingan yang mbulet dan ngga jelas yaaa.

@ garengpong

>>> Bolot kok dipelihara Mas….hahahaha.
ya kalo yg berangkat cuma sepuluh orang …gak ngaruh ….
tuh 200 ribu orang tiap tahun cuma untuk perbuatan bodoh keliling bangunan kubus yg dibilang rumah Allah…!!!!! Renungkan itu…. Lebih banyak dari uang yg dibawa lari koruptor ke luar negri.

Mas kebolotan saya kayaknya berbanding lurus dgn ke-OON-an plus ndableg anda deh…hihihii

Bagaimana bisa dikatakan perbuatan bodoh mas kalo konsekuensinya ketika orang yg sudah berhaji dituntut utk selalu menjaga segala sikap dan perbuatannya, di dalam Islam ketika dia belum berhaji sikap2 yg buruk akan diperbaiki menjadi baik (dikatakan mabrur), positif gak mas..???
Untuk berhaji mas….itupun tidak dipaksanakan utk org yg tdk mampu.
Sekali lagi mas mereka berangkat dgn uang pribadi..!!! Menurut anda republik ini dirugikan gak mas….???

Kalo perjalanan rohani dianggap positif kenapa kami dianggap sebaliknya…??? toh yg diliat ya bekas kandang domba…, kok yg dibandingkan jumlahnya toh ? aneh…..ekstrim dan negatif kali cara berpikir anda….
Kabah itu peninggalan zaman Nabi Ibrahim loh mas, Simbahnya Yesus dan Nabi Muhammad SAW loh mas.

Salam

@donleito 54

mas mas…. boleh ngga saya yang tanya sekarang…

kalo ngga salah, saya pernah baca (lupa ), katanya kabah udah pernah pindah/dipindahin….
bener ngga mas?

Kalo bener, berarti letak kabah yang sekarang bukan lagi peninggalan abraham/ibrahim dong..
trus, yang mindahin siapa yaa?

@jelasenggak

Gw pribadi sebenernya ngga mempermasalahkan (menganggap aneh) samasekali mau di gereja ada patung jesus/bunda maria atau apa aja deh, itu kan cara loe ngebangun gereja, dan gw ngga pernah menganggap kalian nyembah patung kok, orang agama budha aja ngga gw anggap nyembah patung..jadi tolong jangan anggap bahwa semua muslim mempermasalahkan (menganggap aneh) isi yang ada di dalam gereja (biar loe ngga tambah antipati aja sama islam).

Temen gw anak kristen yg pinter (emang gw pernah nyebut IQnya ya? masih inget aja loe), maksud gw ngasih tau itu, buat nunjukin ke elo aja kalo gw tau bahwa ngga semua orang kristen pemikirannya kaya elo, karena itu gw ngga antipati sama agama kristen dan ngga bilang bahwa agama kristen mengajarkan kebencian (seperti pendapat loe ttg agama islam)

@jelasenggak #55

Um, mau tau aja, yg dipindahin tuh Ka’bahnya atau arah kiblatnya ya?

Oh iya, pernah tau Baitul Maqdis (tau deh ejaannya bener/salah, in case loe mau cari di google) ngga?

Sebaiknya loe cari tau ttg islam dr muslim yg pinter.

Salam.

@All

Buat diskusi aja.

Bagi yg meragukan ajaran islam.

Mau tau pendapatnya aja.

Kenapa negara2 yang mayoritas penduduknya islam akhlak penduduknya relatif lebih terjaga dibanding negara2 yg penduduk mayoritasnya tidak memeluk agama islam. (gw harap ngga ada yg ngeles dgn bilang kenapa kok ekonomi,budaya,mental dll. begini begitu..gw bilang akhlak, bukan yg lain.)

Pendapat gw :

1.
Karena dalam islam selain diajarkan ttg balasan bagi mereka yg berbuat kebaikan, dijelaskan juga balasan bagi mereka yg mengerjakan kejahatan. Dan mengenai reward/punishment ini dengan imbang sama2 ditekankan.

Motif manusia dalam melakukan segala sesuatu terdiri dr 2 hal dasar;

1.Menggapai kesenangan.
2.Menghindari kesakitan.

Dan 2 hal dasar ini benar2 dibahas panjang x lebar x tinggi di dalam islam.

2.
Ajaran islam membuat penganutnya selalu terhubung kepada Tuhan secara rutin (menyatu ke kegiatan sehari2) seperti sholat, sholat jumat, sholat jamaah, sholat jamaah di masjid, mengucapkan salam, mengucapkan bismillah, mengucapkan alhamdulillah, puasa sunah, baca Qur’an,memakai jilbab, dll.

Semua kegiatan itu menyatu ke kehidupan sehari2 penganutnya. Dan seperti kita tau, apa2 yg kita lakukan secara terus menerus akan menjadi kebiasaan, dan kumpulan dr kebiasaan akan menjadi karakter. Lakukan hal2 baik (terhubung dengan Tuhan) secara sering/terus menerus, maka kita akan mendapat kebiasaan terhubung dengan Tuhan, dan kumpulan kebiasaan terhubung dgn Tuhan, akan membentuk karakter manusia yang soleh/taat.

Intinya adalah bila kita dikelilingi oleh kebaikan, maka akan lebih mudah bagi kita untuk menjadi baik juga.

Contoh di vatikan city, emang disana akhlak orang2nya sama kaya di Las Vegas? kenapa beda? karena hal2 yg menjadi kebiasaan di Vatikan dan hal2 yg menjadi kebiasaan di Las Vegas berbeda 180 derajat. Hal2 yg mengelilingi orang2 si Vatikan beda dgn hal2 yang mengelilingi orang2 di Las Vegas.

Islam bekerja dalam mengelilingi penganutnya dengan hal2 kebaikan.

Selain dengan memberikan peringatan panjang x lebar x tinggi mengenai reward/punisment (2 motif dasar manusia melakukan segala sesuatunya).

Menurut saya, ada pendapat lain? =)

@nitt

“negara2 yang mayoritas penduduknya islam akhlak penduduknya relatif lebih terjaga dibanding negara2 yg penduduk mayoritasnya tidak memeluk agama islam”

Indonesia kan negara yang mayoritas islam.
Kalau setiap pejabat di indonesia (yang muslim) akhlaknya bagus dan selalu terhubung ke Tuh@n, misalnya: sholat, sholat jumat, sholat jamaah, sholat jamaah di masjid, mengucapkan salam, mengucapkan bismillah, mengucapkan alhamdulillah, puasa sunah, baca Qur’an,memakai jilbab, ——> mungkin indonesia ngga akan se terpuruk seperti sekarang ini ya Nitt?

Pas mau korupsi, bilang bismilah, lalu ngga jadi korupsi.
pas mau markup proyek, sholat jumat , lalu ngga jadi markup.

Gw nangkep tulisan loe tuh seolah2 loe mau bilang negara islam lebih bagus dari negara non islam. Dan ujung2nya loe mau bilang islam lebih bagus.

Tapi kalo ngelihat indonesia, dan sebagian negara islam yang terpuruk lainnya seperti di afrika sana, kayanya pendapat kamu tuh kurang klop gitu nitt..

—>Saya rasa bukan cuman Islam yang ngajarin begitu. Kekristenan juga

@nitt 57.
@donleito

kalau kabah dan kiblat emang berbeda yaaa..

saya kurang paham..

si Donleito di posting 54 bilang
Kabah itu peninggalan zaman Nabi Ibrahim, Simbahnya Yesus dan Nabi Muhammad SAW .

Baitul maqdis adalah peninggalan ibrahim yang menjadi arah kiblat bagi muslim selama 14 tahun,
terus dipindah ke kabah di mekah..
Jadi kabah itu sebenarnya adalah peninggalan Abraham yang berada di palestina bukan di mekah
Nah yang di mekah itu sekarang apa? Apa masih juga disebut peninggalan Ibrahim.

Yang bener yang mana
si donleito sebenarnya asal njeplak yaa?

@jelasnggak

>>> Yang bener yang mana
si donleito sebenarnya asal njeplak yaa?

Baca in mas http://id.wikipedia.org/wiki/Ka'bah
Yang asal njeplak sapa to mas…mbok ya yang sabar ndak pake mbleyer gitu….

@ nittenichiryu

Kalo kita ngerti walau satu ayatpun ato sejarahnya disampein ya ndak papa to?
Tapi mungkin perlu saya tambahkan yaitu perlu kecerdasan emosional dan tata bahasa yg baik dalam menyampaikan pandangan2nya kali ya….

See you

Dear Nitt #58
Jelas aja kalau batasan ahlaknya sangat konyol seperti cuma pada main judi, pakaian seronok dan minum alkohol.
Gimana dengan mukulin istri, penyiksaan dan pemerkosaan pembantu, copet, korupsi, penipu, hipnotis, nerobos antrian, asal gue selamat.. masuk batasan ahlak nggak??
Jelas statment anda .. (sorry) ngawur..

Salam,

@jelasenggak

Um, boleh tau ngga menurut loe JUMLAH pejabat muslim di indonesia ada berapa? emang pejabat muslim adalah MAYORITAS ya di indonesia? hmm..

Afrika? terpuruk? ini alasan gw bilang :

“(gw harap ngga ada yg ngeles dgn bilang kenapa kok ekonomi,budaya,mental dll. begini begitu..gw bilang akhlak, bukan yg lain.)”

di postingan gw tentang topik ini.

@jelasenggak

Maksud gw posting #58 itu bukan bilang bahwa islam lebih baik, tolong loe baca paragraf2 akhir postingan itu..gw cuman mau jelasin pemikiran gw bagaimana sistem islam bekerja, agar kalian yg antipati sama islam bisa sedikit mau berpikir mengenai hal ini. Itu aja.

@sayathink

Makanya gw bilang MAYORITAS. Emang negara mana yg MAYORITAS penduduknya berkelakuan seperti loe bilang itu?

Dan menurut loe kira2 KENAPA negara yg MAYORITAS penduduknya muslim SEBAGIAN BESAR (mayoritas) penduduknya yg muslim itu ngga mabok, judi, seronok dll?

Menurut loe kira2 kenapa?

Dan gini, kalo memang ajaran islam jelek banget seperti yg loe pikir, kenapa sih negara2 yg mayoritas penduduknya islam ngga hancur lebur semacam sodom dan gomorah? di setiap pelosok2 daerah (karena mayoritas penduduknya) istri2 pada digebukin, pembantu2 pada dianiaya, dll.

@donleito

Sori bro, gw ngga ngerti maksud loe apa..sory2..gw lupa..kenapa ya loe bilang gitu ke gw? =)

Tapi memang bener ngga apa2 menyampaikan seperti yg loe bilang itu..

@jelasenggak

Kiblat adalah ARAH sholat.

Ka’bah adalah BANGUNAN yg ada di mekah itu.

Beda.

Yang pindah adalah ARAH sholat (kiblat).

Bukan BANGUNAN penanda arah sholat (Ka’bah).

..

@jelasngga

Maksud gw.. Ka’bah adalah BANGUNAN penanda sholat yg SEKARANG, yg ada di Mekah itu. Dulu arah sholat adl mengahadap ke Baitul Maqdis, yg ada di Jerussalem.

Biar lebih clear.

@donleito

Hehe, bener kalo mau komunikasi yg efektif harus dgn cara yg tepat. Gw cuman mau nyesuain sama gaya komunikasinya si jelasenggak aja (krn gw kebanyakan diskusi sm dia di forum ini), semacam ngelakuin rapport gitu (kalo istilah di dunia komunikasi). Selama ngga kasar ngga apa2 kan kayanya..cuman gayanya ajaa..bukan isinya..biar lebih nyambung gitu.. =)

Thx atas masukannya. =)

@ donleito

Donleito,
kok refernya ke site kaya wikipedia sih?
Itu site kan bisa dirubah2, coba aja loe sunting/edit.. pasti bisa… jadi kalo gue edit isi wikipedia menjadi lain sama yang sekarang ini nanti loe bakalan salah lho…

setahu saya yang peninggalan Abraham itu yang ada di palestina deh. Selama 14 tahun muslim berdoa madep sono, terus tiba2 dipindah ke kabah.
ngga tau juga kenapa dipindah…

jadi yang dipindah arah solatnya, bukan bangunan peninggalan ibrahim yang di palestina…
Coba loe google sedikit sejarah kabah deh..

ehem..
Berarti yang gw bilang loe asal jeplak bener dong…?

btw (by the way) dan FYI (for your info),
gw ngomongnya ngga pake mbleyer loh…
kalo pake mlbleyer, mungkin tulisan posting gue pake huruf besar dan tanda seru…

Makanya, seperti kata si nitt,
kalo ngomong mbok ya DIPI-IR dulu…
he he he..

@nitt 63

Jumlah pejabat muslim di indonesia,,,

ohhhh iyaaa…lupa gw..
pejabat-pejabat di indonesia ngga semua muslim…

tapi kalo MAYORITAS…. nggg masa sih loe ngga mau ngaku kalo mayoritas adalah muslim…
menurut gw, kayaknya iya deh…

——-

negara yang mayoritas islam di afrika yang terpuruk gara2 pejabatnya pada korupsi dan doyan perang…
mungkin itu maksud gw… maklum namanya manusia,,,.. nulisnya juga kurang detail… jadi loe salah tafsir…
(mirip deh sama cerita di alkitab tentang hagar, ismail, abraham yang di persoalkan sama si Dorapan)

@nitt 64..

iya iya gue baca…
tentang vatikan kan…?

tapi kalo loe baca lagi postinga loe sendiri (mungkin berulang2) pasti loe dapet kesan yang lain..

tapi ngga papa…. namanya juga manusia…
mungkin karena kamu ngga nulis secara detail yaa..
karena kalau ditulis secara detail, yang mbaca juga jadi ngantuk dan bosen, udah gitu butuh seratus halaman baru selesai nulisnya….
namanya juga manusia….
(lagi, ini kaya kasusnya si dorapan yang maunya penulis alkitab menulis secara detail, biar ngga kontradiksi setelah ribuan tahun kemudian)

@nitt
@donleito

Kenapa ya arah sholat kok bisa dipindah….

ada yang tau sejarahnya…

Kira2 ada kepentingan politik ngga dibalik pemindahan tsb…

@nitt
cc @sayathink

“negara2 yang mayoritas penduduknya islam akhlak penduduknya relatif lebih terjaga dibanding negara2 yg penduduk mayoritasnya tidak memeluk agama islam”

Kalo gue perjelas, pernyataan loe kira2 begini (bener ngga nih?)

“Negara berpenduduk mayoritas islam lebih berakhlak (mulia?) daripada negara berpenduduk mayoritas non islam”

kalo gw ganti kata”non-islam jadi misalnya hindu, kalimat pernyataan loe jadinya :

“Negara berpenduduk mayoritas islam lebih berakhlak (mulia?) daripada negara berpenduduk mayoritas hindu”

Kalo kata non-islam diganti “kristen” :

“Negara berpenduduk mayoritas islam lebih berakhlak (mulia?) daripada negara berpenduduk mayoritas kristen”

Hasil akhirnya / ujung2nya, orang yang baca akan berkonotasi seperti:

“islam lebih berakhlak (mulia?) daripada non islam”

–> kalo kata gue sih, itu sah sah aja..

Sah-sah aja JIKA definisi akhlak cuman yang kamu sebutin :
sholat lima waktu, baca bismilah, terhubung dll…

Kalo definisi akhlak diperluas lagi, seperti kata sayathink,
misal : gebukin pembantu, perkosa pembatu, ngga jujur dll dll,
maka pernyataan loe diatas tuh kurang tepat gitu lho…

karena kurang tepat, maka ujung2nya,
pernyataan berbangga diri yang diatas: “islam lebih berakhlak dari non islam” juga jadi kurang tepat…

Kesimpulan…
negara yang perpenduduk MAYORITAS NON-ISLAM juga bisa berakhlak lebih baik dan terjaga daripada negara yang berpenduduk Mayoritas islam.

Gitu kali, maksudnya si sayathink

@ jelasnggak
Kira-kira begitulah yang saya maksud..

@ nitt,
Cara berpikir gaya anda yang menurut saya bikin negara nggak maju. Kenapa negara2 tersebut jarang pakaian seronok, dll itu karena pemerintah dan masyarakat negara tsb umumnya hanya melihat simbol dan bukan inti, merasa paling benar dan menjadi Hakim (Tuhan) bagi yang lain. Coba aja di negara tersebut ada orang berpakaian yang tidak menutup, paling udah dihajar (mungkin..). Intinya, pakaian, judi, minuman dan juga rokok itu adalah urusannya sendiri (hukuman bagi diri sendiri). Begitu merokok di tempat yang mengganggu, atau mabuk mukulin orang itu menjadi urusan negara. Jadi ahlak pada intinya sejauh mana merugikan bagi orang lain bukan hanya simbol..
Negara2 tersebut nggak pernah hancur oleh Tuhan ya bukan urusan kita. Negara barat juga nggak hancur malah lebih maju. Dan menurut saya itu karena pemerintahnya melindungi masyarakatnya. Jelas kalau perbuatan mukulin orang lain, pemerkosaan maka negara harus mengambil alih urusan tersebut.
Jadi janganlah menghakimi..gitu Nitt..
Salam,

@jelasenggak dan sayathink

hehe, masa gw baru bilang gitu aja.. loe semua udah kebakaran jenggot =p

Gimana gw bilang agama loe ngajarin kebencian dengan semua tuduhan ke Nabi loe ya.. =)

Mana nih damainya? =)

Iya iya..maaf, gw udah baca posting gw lagi dan memang gw ngga seharusnya mengatakan bahwa akhlak mayoritas penduduk muslim relarif lebih terjaga. Sebenernya itu bukan poin gw. Gw cuman pengen buat kalian mau mikir kenapa kalo islam ajarannya jelek banget, kenapa negara yg mayoritas penduduknya muslim ngga kacau balau, kacau balau karena mayoritas penduduknya pada seneng sama kekerasan dan mukulin istri deh tuh semua..

Kenapa ngga gitu? Kalo dalam 1 ruangan kelas yg terdiri dr 40 org murid, 30 diantaranya berisik, bisakan kelas itu dibilang kelas yg berisik? bisa dong.

Kenapa negara yg mayoritas penduduknya islam ngga jadi negara yg “berisik”?

Itu poin gw.

Terus kenapa sih kok kalian bilang “kristen juga bisa..kristen juga bisa..” siapaaaaaa yg bilang kristen ngga bisaaaaa???? bujug deh..haha

Gw nih lg ngebahas islam, bukan kristen. Sensi amat.

@ nitt,

gw ngga kebakaran jenggot…

yang begituan sering gw lakuin sama temen2 .

Bukan cuma agama, tapi semuanya…

jadi…. biasa lahh

@jelasnggak

iye deh, loe dah biasa deh.. =p

@sayathink

ukuran akhlak bukan cuman seberapa jauh dia ngerugiin negara loh, ukuran akhlak menurut gw adl seberapa jauh :

1. Sikapnya sama Penciptanya
2. Sikapnya sama orang lain
3. Sikapnya sama dirinya sendiri

..

Kalo orang mabok mungkin ngga ngerugiin negara dalam artian sistem tata negaranya.

Tapi kalo orang mabok itu pulang dr bar terus bawa mobil nabrak pejalan kaki? apa itu ngga ngerugiin pejalan kaki itu dan orang2 dekatnya? dan orang mabok itu sendiri?

Emang sih ngga ngerugiin negara.

Kalo cewe pake baju seksi mungkin ngga ngerugiin negara dalam artian sistem tata negaranya.

Tapi kalo cewe pake baju seksi itu diperkosa orang, apa ngga ngerugiin cewe itu dan orang2 deketnya? dan pemerkosa itu sendiri?

Emang sih ngga ngerugiin negara.

..

Belum lagi kalo akhlak2 seperti itu ditiru sama anak2/orang2 lain.

..

Loe boleh aja mabok, pake baju seksi, dll, itu bukan urusan gw (orang lain), SELAMA LOE YAKIN 100% bahwa tindakan loe itu ngga akan ngerugiin pihak manapun, baik diri loe sendiri maupun orang lain.

TAPI kalo loe mabok terus nabrak orang, atau loe pake baju seksi terus diperkosa orang, adalah URUSAN gw untuk meyakinkan bahwa hal itu ngga terjadi lagi kepada orang lain, dan kepada diri loe sendiri.

Oleh karena itu loe jgn mabok, karena bisa nabrak orang, dan loe jgn pake baju seksi, karena bisa ngerugiin loe dan ditiru sama orang lain yg menyebabkan probabilitas terjadinya pemerkosaan semakin besar.

..

Untuk mencegah hal yang besar, cegahlah selagi hal itu kecil.

..

Emang sih negara ngga dirugiin.

..

Nangkep ngga sih loe maksud gw?

..

Memang korupsi, kekerasan dll juga merupakan akhlak yg ngga baik. Tapi loe jgn menilai pemikiran gw sebatas KENAPA ada orang2 yg melakukan itu (padahal gw bilang sistem islam udah begini begitu)..loe agar menilai pemikiran gw dengan memikirkan CARA sistem islam mencegah terjadinya hal2 yg loe sebutin dan hal2 yg gw sebutin dalam jumlah yang besar.

Kalo dalam satu kelas pengajaran guru tidak dapat dipahami oleh 20% murid kelas itu, kira2 siapa yang salah? gurunya atau murid yg 20% itu?

Gw bilang murid yg 20% itu.

Loe bilang gimana?

..

Semoga loe paham maksud gw.

@donleito

Gw inget sekarang, mungkin kenapa loe bilang apa yg loe bilang ke gw karena gw menyarankan agar si jelasenggak menanyakan ke mulsim yg pinter mengenai postingan tentang Ka’bah.

Bro, maksud gw ngomong gitu adalah karena gw dr dulu sering menganjurkan agar si dewo berteman sama muslim yg pinter sehingga dia salahsatunya bisa nanya2 tentang agama islam dengan lebih nyambung (karena si penjawab bisa ngerti gimana cara ngejelasin agar poinnya dapat diterima dengan baik).

Dan karena si jelasenggak ini adl pendukungnya si dewo, dia juga gw anjurin kurang lebih hal yg sama.

Saran gw ke jelasenggak itu bukan refer ke postingan loe sama sekali.

Dan gw juga tau kalo pengetahuan loe (dan dorapan serta penghibur) tentang islam jauh banget diatas gw.

Sory atas kesalahpahaman ini.

Lagipula saran loe buat jelasenggak liat wikipedia juga udah bener kok. Memangnya kalo wikipedia bisa diedit, berarti isinya pasti salah? si jelasenggak aja tuh yg ngeles mulu.

Salam.

@sayathink

Ups, kayanya gw rada ngga nyambung yah nanggepin postingan loe yg terakhir karena ternyata setelah gw baca lagi postingan loe sebenernya kurang lebih definisi akhlak kita sama ya. Hehe.

Ya udah. Pokoknya intinya adalah :

“Sistem Islam MENCEGAH akhlak2 yg ngga baik itu (mabok dll), agar TIDAK MENJADI kerugian nantinya.”

..

Dan negara ngga perlu ambil alih karena memang ngga ada yg harus diambil alih.

..

Salam.

@sayathink

Tapi ada baiknya loe baca paragraf2 terakhir postingan gw #79 ttg akhlak itu.

Karena gw ngga sependapat dgn pemikiran loe bahwa orang yg melakukan akhlak yg ngga baik adl urusan mereka sendiri (hukuman bagi mereka).

Kalo kita ngga mau mereka merugikan orang lain dan diri mereka sendiri (karena bagaimanapun kita harus turut memperhatikan kebaikan bagi mereka juga) ya mereka kita cegah untuk melakukan akhlak2 yg ngga baik itu.

Ngga bisa kita cuman bertindak kalo mereka udah ngerugiin orang lain aja.

Cegah dulu sebelum mereka melakukan. Preventif laah.

Gimana?

Salam.

@sayathink

Untuk menanggapi postingan loe yg bilang negara barat ngga hancur padahal seperti itu tapi tambah maju.

Gw bilang (dr sudut pandang agama gw) adalah karena di agama gw diajarkan bahwa manusia mendapatkan apa yang diusahakannya.

Jadi meskipun loe mabok2an, tapi kalo loe belajar/bekerja dgn tekun, loe akan mendapatkan hasil mabok2an dan hasil belajar dengan tekun.

Yaitu kesadaran loe suka hilang (hasil mabok2an) dan nilai/karir loe bagus (hasil belajar/bekerja dengan tekun).

Jadi bisa aja akhlak loe jelek tapi tetep aja sukses.

Bisa aja.

Salam. =)

@nitt
@donleito

“Memangnya kalo wikipedia bisa diedit, berarti isinya pasti salah? si jelasenggak aja tuh yg ngeles mulu.”

he he he…

Maksud gw itu gini nih.

Kalo sekarang gw edit refer-an nya si donleito di wikipedia dan menuliskan sesuatu yang bener2 100% kebalikan dari yang si donleito bilang, maka si donleito bakalan gondok sendiri….

karena pas orang klik link yang dia tulis di posting di atas, orang bakalan ngetawain si donleito…

Bagi gw sih itu kritikan yang konstraktip.
bukan sarana buat ngeles.

Lagian, namanya juga diskusi, wajarlah kalo orang ngeles…

@jelasenggak

Hehe, kali ini ngeles loe bermutu juga. Pendapat loe ada benernya. =)

Kalo diskusi menurut gw ngga wajar ngeles Jel. Tapi kalo debat emang wajar sih. Sekarang tergantung loe, mau menganggap apa di forum ini, Debat, atau Diskusi. Gw milih yang kedua sih.

@jelasenggak

Tapi gw setuju emang itu kritik konstruktif. Thx.

@Nitt,
Inti maksud saya adalah jangan dangkal mengartikan ahlak. That’s it. Harus berdasarkan riset melarang sesuatu. Coba pemerkosaan itu terjadi berapa % karena pakaian seksi atau berapa % orang yang minum minuman keras yang membuat tidak terkendali? Cobalah anda cari mungkin akan kaget bahwa korban perkosaan mayoritas adalah anak-anak. Kalau kesenangan atau uang dapat menyebabkan orang “lupa daratan”, apakah harus orang tidak boleh bersenang-senang atau punya uang? Uang adalah sumber kemerosotan ahlak? Lebih baik agama menyuruh saja tinggal di hutan.. Iya kan.. Makin sedikit tantangan makin kecil kemungkinan berbuat dosa..
Intinya adalah pengendalian diri bung..!!Gitu loh. Kalau kita dewasa, kita bisa mengendalikan diri. Jangan sedikit2 haram..haram kok sedikit2..? He..he..
Salam,

@sayathink

Hm, rada mikir nih mesti ngejelasinnya gimana. =)

Gini.

Kenyataan bahwa penyebab kekerasan adalah :

“tidak/gagal berfungsinya PENGENDALIAN DIRI dalam manusia”

dengan..

“ALASAN gagalnya pengendalian diri tesebut”

..adalah 2 HAL YANG BERBEDA.

Kita ambil contoh perkosaan (karena postingan loe diatas mengambil contoh hal ini).

Gw 100% SETUJU bahwa perkosaan yang terjadi adalah SALAH si pemerkosa. TIDAK PEDULI si korban memakai baju apa/seperti apa. Yang salah adalah si pemerkosa karena dia TIDAK DAPAT MENGENDALIKAN DIRINYA (dan gw pribadi sangat benci apabila ada orang yg menyalahkan si perempuan dalam kasus perkosaan).

Ok.

Tapi..

APAKAH SALAH selagi kenyataan diatas terjadi (bahwa 100% salah pemerkosa) bila kita MELARANG (lebih halusnya MENGANJURKAN) agar para perempuan TIDAK MEMAKAI pakaian seksi?

KARENA bagaimanapun juga pakaian seksi dapat menimbulkan pikiran berahi, dan bagi sebagian orang yang TIDAK DAPAT MENGENDALIKAN DIRINYA akan menyebabkan orang itu melakukan perbuatan yang tidak baik.

..

POIN SAYA :

Agar Anda memisahkan antara “KESALAHAN SIAPA” dengan “APA YANG MEMBUAT KESALAHAN ITU TERJADI”.

2 hal yang berbeda.

Islam berusaha untuk MEMINIMALISIR perbuatan yang tidak baik.

Ada psiko yang memperkosa TANPA terpancing pakaian si perempuan.

Ada psiko yang memperkosa KARENA terpancing pakaian si perempuan.

Dua-duanya ADA.

CEGAHLAH YANG KITA BISA.

..

Gw harap gw jelas dalam hal ini.

Salam.

ps: Sedikit2 haram (dilarang)??

Sedikit2 dilarang aja banyak yang melakukan perbuatan ngga baik..gimana TIDAK DILARANG sama sekali ya?? =)

Gimana tuh sayathinkthink (sayapikirpikir) ? =)

ikut nimbrung ahh..

Maksud si sayathink..

Semua itu berpulang ke pengendalian DIRI SENDIRI.
DIRI SENDIRI harus yang lebih di utamakan, bukan pengendalian ORANG LAIN.
DIRI SENDIRI adalah pokok pembicaraan disini.

Karena apa? yang mempertanggungjawabkan adalah DIRI SENDIRI, bukan orang lain.

Contoh:
Emang kalo si A perkosa cewe gara2 cewe pakaian minim, yang di hukum dunia dan akhirat adalah si cewe?
nggak kan?

si cewe adalah korban. Yang paling banter hukumannya adalah ucapan ngga enak dari orang lain : ” rasain loe, makanya jangan pake pakaian minim! ngundang berahi, tau akibatnya sekarang loe”
dan rasa malu karena diperkosa.

Lalu yang di hukum siapa?
Yang dipenjara adalah di Pemerkosa.
Yang harus mempertanggung jawabkan perbuatannya di akhirat adalah si pemerkosa,

Si cewe SUDAH dihukum karena memakai pakaian minim. Apa hukumannya?
DIPERKOSA! he he he…
Apakah si cewe ini akan di hukum juga di akherat.
Jawabnya : ngga tau dan belum tentu.
Ngga tau, karena itumah urusan yang diatas.
Belum tentu, karena mungkin saja si cewe pake baju minim karena musim panas sekali…

Sekali lagi gue mau tekankan:
Semua berpulang ke DIRI SENDIRI, bukan ke DIRI ORANG LAIN.
subjeknya adalah DIRI SENDIRI. BUkan DIRI ORANG LAIN.

Yang menentukan siapa? —-> DIRI SENDIRI

Si cewe, harus menentukan sendiri (bukan disuruh apalagi dipaksa orang) untuk TIDAK berpakaian minim agar si cewe TIDAK mendapatkan (meminimalkan) “hukuman” (perkosaan).

si pemerkosa harus menentukan sendiri (bukan dipaksa orang untuk jangan memperkosa)

Saya rasa ajaran yang seperti itumah ngga ada sangkut pautnya dengan agama nitt.

Itumah datang dari masing2 manusia.

————————————————-

Buat sekedar bagi cerita.

Di youtube ada kisah anggota FPI yang menyerang, membongkar, memukuli pemilik warung(yg orang muslim juga) yang membuka warungnya pada saat bulan Ramadhon.
Padahal dia buka warung buat supaya hidup, bukan menghina orang puasa.

Ini adalah contoh dari mengendalikan orang lain, bukan mengendalikan diri sendiri.

Urusan puasa kan urusan DIRI SENDIRI ke Tuh@n. Kenapa FPI mengatasnamakan ISLAM/AGAMA untuk memaksa pemilik warung untuk menghormati orang yang puasa.
Tidak dewasa dalam beriman kepada agamanya sendiri.

Contoh Lain,
Perempuan yang dipukulin di arab gara2 keluar rumah sebentar buat beli sesuatu di warung dan ngga pake jilbab.

Inilah contoh dari PENGENDALIAN ORANG LAIN.
Yang seperti si sayathink bilang :
” kaya dirinya udah lebih suci dari orang lain aja…”

Hasil akhir dari sistem yang semacam ini apa nitt?

—> chaos/kekacauan<—–

Orang bisa Menghakimi orang lain seenak udelnya aja. Ini udah dibuktikan oleh FPI (Front Pembela Islam)

Gue bisa bilang ke cewe berpakaian minim:” Eh tutup dong muka loe, gw ngga seneng nih, gw berahi ngeliatnya”

lucu kan?

CEGAHLAH YANG KITA BISA.
bener! yang cegah diri sendiri, bukan orang lain.
Dan itu ngga ada sangkut pautnya sama agama.

Jadi jangan berbangga dulu.

@Jelasenggak #89

Mohon baca kembali pemikiran saya dalam postingan #88 di atas :

“POIN SAYA :

Agar Anda memisahkan antara “KESALAHAN SIAPA” dengan “APA YANG MEMBUAT KESALAHAN ITU TERJADI”.

2 hal yang berbeda.

Islam berusaha untuk MEMINIMALISIR perbuatan yang tidak baik.

Ada psiko yang memperkosa TANPA terpancing pakaian si perempuan.

Ada psiko yang memperkosa KARENA terpancing pakaian si perempuan.

Dua-duanya ADA.

CEGAHLAH YANG KITA BISA.”

..

Tolong diperhatikan lagi (jika perlu harap meminta pendapat orang lain yang lumayan ok dalam hal -meminjam istilah Howard Gardner- Pemikiran Terdisiplin-nya). Thanks.

@Jelasenggak #89

Gw SANGAT TIDAK SETUJU dengan pemikiran loe bahwa pemerkosaan adalah hukuman bagi si perempuan karena dia pakai baju seksi, sehingga terserah aja dia mau pakai baju seksi atau ngga.

Jel, dalam Islam, adalah wajib hukumnya bila melihat sesuatu yang dapat berakibat buruk (dalam hal ini perempuan) baik bagi diri si pelaku sendiri maupun orang lain untuk berusaha mencegahnya, dan apabila memang tidak memungkinkan untuk mencegahnya, kita agar berdoa (selemah2nya usaha). Please keep reading..

Let me put it this way;

Kalo misalnya (maaf) adik perempuan loe keluar malem2 pakai baju seksi, apakah loe sebagai kakaknya YANG SAYANG sama dia akan membiarkan saja dia keluar seperti itu padahal loe tau bajunya itu dapat membangkitkan pikiran tidak baik laki-laki?

Loe sebagai kakaknya YANG SAYANG sama adiknya pasti akan mengingatkan agar tidak memakai baju seperti itu (karena loe ngga mau terjadi apa2 terhadap adik loe, meskipun baru kemungkinan, tapi tetap saja loe ngga mau ambil risiko).

Islam sayang kepada manusia sebagaimana loe sayang kepada adik loe.

Gw harap gw jelas dalam hal ini.

———————————————

Untuk anggota FPI (muslim) yang melakukan kekerasan seperti kata loe itu, gw (muslim yang lain) juga TIDAK SETUJU kok.

Dalam pencegahan yang gw paparkan diatas agar kita melakukan dengan cara yang benar. Bila ada yg melakukan dengan cara yg tidak benar (kekerasan/FPI), maka dia akan mempertanggungjawabkannya kelak. Jadi jangan pernah berpikir bahwa FPI mewakili hukum Islam (meskpun mereka pakai atribut Islam). Coba tanya sama Quraish Shihab atau Arifin Ilham atau Abu Sangkan (ulama2 yang memang telah mendapat pengakuan karena ILMU agamanya), apakah mereka akan membenarkan tindakan kekerasan tersebut?

Dan tentang pemikiran sayathink dan elo ; “kaya dirinya lebih suci dari orang lain aja..”

Gw akan merespon bukan mengacu kepada orang yang melakukan kekerasan seperti FPI itu.

Gw pikir apabila orang mengingatkan kepada kebaikan bukanlah hal yang buruk.

Gw pribadi samasekali tidak keberatan apabila dinasihati oleh seorang pemabuk agar gw ngga mabuk.

Yang penting isinya, bukan dari siapa.

Dan penyadaran akan hal ini adalah salah satu tanda kedewasaan kita.

Salam.

PS: Gw ngga bangga Jel. Gw hanya menjelaskan. Ngga ngerti kenapa kok kayanya loe defensif banget dalam DISKUSI kita di forum ini.

@jelasenggak

“Urusan puasa kan urusan DIRI SENDIRI ke Tuh@n. Kenapa FPI mengatasnamakan ISLAM/AGAMA untuk memaksa pemilik warung untuk menghormati orang yang puasa.
Tidak dewasa dalam beriman kepada agamanya sendiri.”

–> Iya. Setuju banget.

@jelasenggak

Supaya lebih jelas, gw ngga ngerti lagi deh kalo dengan ini masih belum jelas juga.

“Semua itu berpulang ke pengendalian DIRI SENDIRI.
DIRI SENDIRI harus yang lebih di utamakan, bukan pengendalian ORANG LAIN.
DIRI SENDIRI adalah pokok pembicaraan disini.”

———–

Dan POKOK pembicaraan gw adalah :

“DUA-DUANYA harus diperhatikan”.

Diri Sendiri diperhatikan dengan Sholat (Doa dalam ajaran agama loe).

Orang Lain diperhatikan dengan adanya kewajiban mencegah kemungkaran (ketidakbaikan).

Kenapa TIDAK BAIK? (dalam hal ini pakai baju seksi)

Silahkan baca postingan gw nomer #79 (pls, sebelum loe respon postingan gw ini, harap BACA dulu kembali dan DIPIKIRKAN kembali, jgn asal baca, postingan nomer #79 tersebut, biar ngga mbulet).

Salam.

@nitt,

O iya iya,,

Mungkin maksud gw, “setelah dikasih tau supaya jangan pake pakaian minim tapi masih aja pake pakaian minim…”

Dalam kasus seperti itu
Kita ngga bisa apa-apa lagi dong. nGga boleh maksain kehendak kita. Meskipun kakak sendiri.

setujunya menganjurkan, bukan melarang.

——————–

Mungkin sedikit melenceng dari permasalahan.

Kayaknya ,
Anjuran /ide/ajaran yang seperti itu, (cegahlah selagi bisa) bukan hanya dari islam deh nitt.

Gw yakin hal yang kaya gitu jg ada di dalam ajaran non islam.

——————————-

Untuk FPI,

Oke deh kalau gitu gue akan sebut FPI = FRONT PELANGGAR hak asasi manusia di INDONESIA.

Bukan FRONT PEMBELA ISLAM.

@jelasenggak

Jadi loe lebih mementingkan ANGGAPAN dan PERASAAN adik/sepupu/temen/dll loe tentang diri loe (takut adik/sepupu/temen/dll loe benci sama loe) dibandingkan KESELAMATAN adik loe itu sendiri?

Gw no comment deh kalo memang begitu Jel.

Tapi cuman ngasih tau pemikiran gw aja;

“Islam tidak memikirkan ANGGAPAN pihak lain dalam kegiatannya melakukan KEBENARAN’.

Apa yang baik bagi KESELAMATAN adik loe. Ya udah, itu yang dilakukan. Apapun HARGANYA.

Asal inget aja bahwa dulu orangtua kita tidak peduli meskipun kita menangis untuk minta es krim saat kita sakit flu. Kita tetep ngga akan dikasih/diizinkan untuk dapet es krim tersebut.

..

Terserah loe mau panggil FPI apa.

Tapi buat informasi aja, FPI dulu saat bencana di Aceh, mereka turun ke lapangan mengevakuasi korban bencana alam tersebut, dan mereka sangat berani mengevakuasi di tempat2 yang sulit. Dan ini tidak terliput di Televisi, entah kenapa. Gw tau info ini dr temen gw yang penerbang pesawat kepolisian (polisi udara).

Jadi meskipun FPI jelek, mereka ada baiknya juga.

Tapi ngga tau deh banyakan mana jeleknya atau baiknya (mudharotnya atau manfaatnya). Karena gw ngga tau kegiatan sehari2 mereka.

Harap jangan menganggap gw sentimen agama dalam mengatakan hal ini.

Gw hanya berusaha untuk menilai PERBUATANnya, bukan PELAKUnya.

Gw ada bukunya Bunda Theresa, Mahatma Ghandi, Swami Vivekananda, Dalai Lama, dan John Maxwel, Norman Vincent Peale dan pendeta Budha (lupa namanya karena bukan tokoh dunia).

Apa loe pikir karena keyakinan mereka tidak sama dengan gw maka gw tidak berpikir apa yang mereka lakukan adalah perbuatan MULIA?

Gw sangat menghormati orang2 tersebut karena apa yang MEREKA KERJAKAN. Meskipun gw bilang keyakinan religius mereka SALAH.

Ghandi (menurut KEYAKINAN agama SAYA) :

Memimpin bangsanya menuju kemerdakaan (perbuatan benar)

Mempercayai tentang Reinkarnasi (perbuatan salah)

2 hal yang berbeda.

Yang satu TIDAK DAPAT menghilangkan yang lain.

..

Saya harap saya jelas dalam hal ini.

Salam.

@jelasnggak

Melarang-kan ngga harus dengan kekasaran (pls jgn mulai kasih contoh orang2 yang kasar sama perempuan dgn mengatasnamakan hukum islam, negara Islam bukan cuman Afghanistan era Taliban loh, sampe sekarang juga Afghanistan masih pake hukum Islam loh, begitu juga Iran, Mesir, Arabsaudi, Brunei Darussalam, Uni Emirat Arab, dll).

Dalam contoh ini, seorang kakak dapat melarang adiknya dengan memberitahunya secara terus menerus, sampe dia ngerti.

Tapi semua itu memang harus dilihat dari manfaat/kerugiannya.

Kalo kakak larang adik sedemikian rupa sehingga berisiko adik minggat dari rumah, sedangkan adik cuman mau pergi ke Mall nonton sama temen2nya yang udah dikenal baik, maka menurut gw itu salah.

Tapi kalo situasinya adik mau pergi ke tempat yang rawan kejahatan dengan baju seksi seperti itu, maka APAPUN yang terjadi, kakaknya HARUS MENCEGAH adiknya pergi dengan memakai baju seksi pada saat itu juga.

Tapi one way or another, KAKAK HARUS TETAP MELARANG ADIK MEMAKAI BAJU SEKSI, terlepas adik mau kemana. Karena (seperti gw udah pernah jelasin sebelumnya) KAKAK TIDAK MAU MENGAMBIL RISIKO sesuatu yg jelek tejadi pada adiknya (sepanjang perjalanan ke/dr dan di Mall itu sendiri kan masih ada kemungkinan hal yg tidak baik terjadi).

..

Gw harap gw jelas dalam hal ini.

Salam.

@nitt

kalau kakak ngga tau adik mau kemana gimana nitt.

masak harus dilarang juga..

Emang loe sebagai kakak tau apakah adik mau ke tempat yang bener atau ke tempat yang ngga bener.

Emang loe bisa baca pikiran adik loe, kalau dia pake pakaian minim itu buat gaya dan ke tempat yang ngga bener?

sama.

Emang seorang muslim pria tau hati seorang cewe yang sedang pake pakaian minim bahwa dia (si cewe) sengaja berpakaian begitu buat menarik lawan jenis. (berahi lawan jenis)?
Bukannya karena alasan lain.

–>Tapi one way or another, KAKAK HARUS TETAP MENGANJURKAN ADIK MEMAKAI BAJU SEKSI, terlepas adik mau kemana.

Bukan melarang secara membabi buta.

Yang udah-udah kan…

Kakak melarang adik secara membabi buta tanpa tau alasan jelas kenapa adik pake pakaian minim.

Seperti contoh diatas.

FPI tanpa tau alasan yang jelas, secara membabi buta membongkar warung makan , padahal warung makan buka bukan untuk menghina orang puasa tapi untuk sekedar menyambung hidup.

Orang keluar rumah pake celana minim bisa aja karena celana panjang dan jlbab lagi dicuci semua ….

udeh nit, masa loe ngga mau lihat kenyataan sih.

Yang terjadi kan kebanyakan begitu.

MELARANG DENGAN KEKERASAN dan tanpa mengindahkan hak asasi manusia.
he he he….

btw: emang larangan untuk memakai baju minim di dalam islam ada parameternya yaa nitt..

misal: islam melarang wanita memakai baju minim kalau islam tau apa yang ada di benak si wanita adalah untuk pergi ke tempat ngga bener.

ahh anehh..

salam

@Nitt,
Jadi begini, karena saya punya uang banyak maka saya belikan narkoba dan mabuk2an. Terus kenapa punya uang banyak nggak diharamkan? Kan bisa mencegah kejahatan juga.
Dalam bible, Yesus dalam perumpamaan (semi perumpamaan) meringkas hukum Taurat yang menjelaskan seseorang akan selalu berbuat kesalahan dalam bertindak. Sanggup nggak seseorang berbuat mulus tanpa dosa? Kalau sanggup ya harus patuhi: 100%.
Salam,

@jelasenggak (sekalian Sayathink kalo mau ikut menanggapi juga boleh..)

“Emang loe sebagai kakak tau apakah adik mau ke tempat yang bener atau ke tempat yang ngga bener.”

————————————————

–> Adduh..mbulet lagi nih. =)

Baca nih postingan gw :

“Tapi one way or another, KAKAK HARUS TETAP MELARANG ADIK MEMAKAI BAJU SEKSI, terlepas adik mau kemana. Karena (seperti gw udah pernah jelasin sebelumnya) KAKAK TIDAK MAU MENGAMBIL RISIKO sesuatu yg jelek tejadi pada adiknya (sepanjang perjalanan ke/dr dan di Mall itu sendiri kan masih ada kemungkinan hal yg tidak baik terjadi).”

Perhatikan kalimat :

“KAKAK TIDAK MAU MENGAMBIL RISIKO sesuatu yg jelek tejadi pada adiknya (sepanjang perjalanan ke/dr dan di Mall itu sendiri kan masih ada kemungkinan hal yg tidak baik terjadi).”

Gw pikir ini udah bener2 jelas.

—————————————-

“Emang seorang muslim pria tau hati seorang cewe yang sedang pake pakaian minim bahwa dia (si cewe) sengaja berpakaian begitu buat menarik lawan jenis. (berahi lawan jenis)?
Bukannya karena alasan lain.”

—————————————–

–> Ngga nyambung. Pikir sendiri deh kenapa gw bilang ngga nyambung. =)

Wuah, udah deh gw kasih tau aja kenapa gw bilang ngga nyambung (pikir sendiri deh kenapa gw kasih tau aja..)

Gw bilang ngga nyambung karena KITA SEDANG MEMBAHAS BAGAIMANA AGAR SI PEREMPUAN TIDAK DIPERKOSA. JAdi TIDAKLAH PENTING APA PIKIRAN/NIAT SI PEREMPUAN.

Lho? Kenapa ngga penting Nitt?

KARENA YANG MEMPERKOSA ADALAH ORANG LAIN. Dan kita sedang membahas agar ORANG LAIN ITU tidak memperkosa si adik.

Kira2 PENTING ngga PIKIRAN/NIAT si adik?

Hmf., sory gw banyak pake kapital. Biar lebih jelas. =)

———————————

“btw: emang larangan untuk memakai baju minim di dalam islam ada parameternya yaa nitt..

misal: islam melarang wanita memakai baju minim kalau islam tau apa yang ada di benak si wanita adalah untuk pergi ke tempat ngga bener.

ahh anehh..”

————————-

–> Ada, jelas banget parameternya. Liat aja perempuan yang lagi sholat.

Tanggapan atas paragraf kedua :

Gw ngga pernah bilang itu. Um, bisa minta tolong orang lain ga buat baca postingan #96 gw itu? secara lengkap? bisa ga..? please. Postingan #96.

Setelah orang itu baca dgn lengkap, bisa minta tolong, suruh orang itu baca postingan loe yg gw copy paste diatas itu, yg pake tanda kutip? bisa ngga? ..

Dan tanya pendapat dia apakah loe nyambng atau ngga.

Buat kebaikan gw juga. Thanks.

Tanggapan atas paragraf ketiga :

Emang. haha..aneh banget..huhuhu.. =)

———————–

“FPI tanpa tau alasan yang jelas, secara membabi buta membongkar warung makan , padahal warung makan buka bukan untuk menghina orang puasa tapi untuk sekedar menyambung hidup.

Orang keluar rumah pake celana minim bisa aja karena celana panjang dan jlbab lagi dicuci semua ….”

—————————-

–> Baca nih postingan gw lagi :

“Dalam pencegahan yang gw paparkan diatas agar kita melakukan dengan cara yang benar. Bila ada yg melakukan dengan cara yg tidak benar (kekerasan/FPI), maka dia akan mempertanggungjawabkannya kelak. Jadi jangan pernah berpikir bahwa FPI mewakili hukum Islam (meskpun mereka pakai atribut Islam). Coba tanya sama Quraish Shihab atau Arifin Ilham atau Abu Sangkan (ulama2 yang memang telah mendapat pengakuan karena ILMU agamanya), apakah mereka akan membenarkan tindakan kekerasan tersebut?”

DAN INI :

“Melarang-kan ngga harus dengan kekasaran (pls jgn mulai kasih contoh orang2 yang kasar sama perempuan dgn mengatasnamakan hukum islam, negara Islam bukan cuman Afghanistan era Taliban loh, sampe sekarang juga Afghanistan masih pake hukum Islam loh, begitu juga Iran, Mesir, Arabsaudi, Brunei Darussalam, Uni Emirat Arab, dll).”

In case loe ga nangkep maksud gw bilang negara islam bukan cuman afghanistan era taliban; maksud gw, Negara Iran, Mesir, Arabsaudi, Brunei Darussalam, Uni Emirat Arab, ngga memukuli kaki perempuan dgn sepotong kayu kecil (melakukan kekerasan) seperti loe (dan gw) sering liat di TV-TV pada negara afghanistan era taliban, padahal negara2 tersebut memberlakukan hukum Islam.

Ngerti kan?? Ngerti dong ah. =)

..

Gw pikir ini udah bener2 jelas.

Salam.

@Sayathink

Ya’.. Berikutnya.. Sayathink.. =) :

“Jadi begini, karena saya punya uang banyak maka saya belikan narkoba dan mabuk2an. Terus kenapa punya uang banyak nggak diharamkan? Kan bisa mencegah kejahatan juga.”

—————————-

Sebenernya ini udah mau gw respon sih sebelumnya, saat loe posting hal ini pertamakali, tapi waktu itu gw pikir ngga usahlah, yang penting SEMOGA poin gw loe bisa nangkep/ngerti, dan untuk loe bisa ngerti poin gw, gw pikir (waktu itu) bisa dilakukan tanpa merespon postingan loe ini, jadi gw tidak merespon postingan loe.

Kita disini kan DISKUSI, bukan DEBAT.

Tapiiii, gw pikir lagi drpd loe pake alasan ini terus di kesempatan2 lain (bukan hanya di forum ini), kan buang2 waktu loe juga, jadi gw responin deh.

Respon gw :

Uang dapat membawa kebaikan DAN kejahatan.

Baju seksi dapat MEMBAWA KEBAIKAN apa ya?

Lho? kan baju seksi bisa bawa kebaikan. Gimana ya kira2.. hmm…..

Dapet Nitt..!

Baju seksi bisa bawa kebaikan dengan cara : BAJU SEKSI BISA BUAT SI PEREMPUAN DAPET DUIT BUAT MAKAN KELUARGANYA. Bisa dgn jadi artis sinetron, model majalah, WTS, dll.

Argumen gw :

Islam memperhatikan kemaslahatan ORANG BANYAK. Memakai baju seksi lebih banyak mendatangkan KETIDAKBAIKAN bagi ORANG BANYAK (alasannya akan gw jelasin kemudian), dan dibandingkan kenyataan bahwa BAJU SEKSI dapat membawa KEBAIKAN BAGI SI SUBYEK DAN KELUARGANYA, Islam lebih mengutamakan orang banyak, yaitu (nih alasannya) mencegah pemerkosaan, hamil diluar nikah, pikiran jelek perempuan yg memakai baju seksi (krn apa yg kita lakukan cenderung membuat kita lebih mudah melakukan sesuatu yg seperti/berkaitan/linear/sinonim/komplementer/”nyambung” dgn sesuatu tersebut), pelecehan di tempat umum, trauma si perempuan bila mendapat kekerasan seksual, trauma si keluarga perempuan, hilangnya masa depan pemerkosa karena di penjara atau dibunuh atau kena AIDS di penjara krn (maaf) disodomi, dll

Please keep reading (nih alasan yang lebih penting) ..

Islam mencegah BUDAYA yang dapat mengakibatkan hal2 yang gw sebutkan diatas.

..

Dan harap diingat, Islam TIDAK HANYA melarang memakai baju seksi, TAPI JUGA mengharuskan agar memakai baju yang TERTUTUP (yang akan membuat yang memakai baju tersebut cenderung lebih mudah melakukan sesuatu yang seperti/berkaitan/linear/komplementer/”nyambung” dengan hal2 yang sewajarnya/sepasnya/senyamannya dilakukan oleh perempuan yang memakai jilbab), perempuan berjilbab akan lebih mudah “nyambung” dengan muslimah lain yang taat, dengan pengajian, dengan mesjid, dengan ceramah2 agama, dll. Dan karena lebih mudah ini, maka dia akan LEBIH MUDAH MENJADI BAIK, yang pada akhirnya LEBIH MUDAH MEMBAWA KEBAIKAN dengan nasihatnya/perbuatannya kepada orang lain, yang pada akhirnya membuat orang lain itu juga LEBIH MUDAH MENJADI BAIK, yang pada akhirnya LEBIH MUDAH MEMBAWA KEBAIKAN dengan nasihatnya/perbuatannya, dst.

Islam berusaha membentuk lingkaran2 ini.

Yang pada akhirnya kumpulan lingkaran2 itu akan membentuk BUDAYA KEBAIKAN.

Please to be noted, gw bilang disini CENDERUNG dan LEBIH MUDAH, BUKAN PASTI. –> Jangan sampe kalimat ini gw copy paste buat menanggapi pemikiran loe ya.. =) .

Tapi CENDERUNG dan LEBIH MUDAH cukup baik untuk KETIDAKBAIKAN kan? dan cukup jelek untuk KETIDAKBAIKAN kan? –> Jangan sampe kalimat ini gw copy paste buat menanggapi pemikiran loe ya.. =) .

Gw harap gw jelas.

Salam.

PS : Please jangan menganngap gw sombong (lagi) ya Jel..Gw cuman mau menjelaskan pemikiran gw. Loe sebenernya mau anggap apa gw sih ngga penting, yang penting adalah keadaan emosi loe ketika membaca/menanggapi postingan2 gw. Dan karena anggapan sombong loe ke gw bisa mempengaruhi emosi loe yang pada akhirnya mempengaruhi pemikiran loe yang tertuang dalam postingan loe (bisa buat mbulet), maka gw berharap loe ngga menganggap gw sombong (atau yang lain yang jelek2 deh). Gitu aja sih. =)

@Sayathink

Ya’.. Berikutnya.. Sayathink.. =) :

“Jadi begini, karena saya punya uang banyak maka saya belikan narkoba dan mabuk2an. Terus kenapa punya uang banyak nggak diharamkan? Kan bisa mencegah kejahatan juga.”

—————————-

Sebenernya ini udah mau gw respon sih sebelumnya, saat loe posting hal ini pertamakali, tapi waktu itu gw pikir ngga usahlah, yang penting SEMOGA poin gw loe bisa nangkep/ngerti, dan untuk loe bisa ngerti poin gw, gw pikir (waktu itu) bisa dilakukan tanpa merespon postingan loe ini, jadi gw tidak merespon postingan loe.

Kita disini kan DISKUSI, bukan DEBAT.

Tapiiii, gw pikir lagi drpd loe pake alasan ini terus di kesempatan2 lain (bukan hanya di forum ini), kan buang2 waktu loe juga, jadi gw responin deh.

Respon gw :

Uang dapat membawa kebaikan DAN kejahatan.

Baju seksi dapat MEMBAWA KEBAIKAN apa ya?

Lho? kan baju seksi bisa bawa kebaikan. Gimana ya kira2.. hmm…..

Dapet Nitt..!

Baju seksi bisa bawa kebaikan dengan cara : BAJU SEKSI BISA BUAT SI PEREMPUAN DAPET DUIT BUAT MAKAN KELUARGANYA. Bisa dgn jadi artis sinetron, model majalah, WTS, dll.

Argumen gw :

Islam memperhatikan kemaslahatan ORANG BANYAK. Memakai baju seksi lebih banyak mendatangkan KETIDAKBAIKAN bagi ORANG BANYAK (alasannya akan gw jelasin kemudian), dan dibandingkan kenyataan bahwa BAJU SEKSI dapat membawa KEBAIKAN BAGI SI SUBYEK DAN KELUARGANYA, Islam lebih mengutamakan orang banyak, yaitu (nih alasannya) mencegah pemerkosaan, hamil diluar nikah, pikiran jelek perempuan yg memakai baju seksi (krn apa yg kita lakukan cenderung membuat kita lebih mudah melakukan sesuatu yg seperti/berkaitan/linear/sinonim/komplementer/”nyambung” dgn sesuatu tersebut), pelecehan di tempat umum, trauma si perempuan bila mendapat kekerasan seksual, trauma si keluarga perempuan, hilangnya masa depan pemerkosa karena di penjara atau dibunuh atau kena AIDS di penjara krn (maaf) disodomi, dll

Please keep reading (nih alasan yang lebih penting) ..

Islam mencegah BUDAYA yang dapat mengakibatkan hal2 yang gw sebutkan diatas.

..

Dan harap diingat, Islam TIDAK HANYA melarang memakai baju seksi, TAPI JUGA mengharuskan agar memakai baju yang TERTUTUP (yang akan membuat yang memakai baju tersebut cenderung lebih mudah melakukan sesuatu yang seperti/berkaitan/linear/komplementer/”nyambung” dengan hal2 yang sewajarnya/sepasnya/senyamannya dilakukan oleh perempuan yang memakai jilbab), perempuan berjilbab akan lebih mudah “nyambung” dengan muslimah lain yang taat, dengan pengajian, dengan mesjid, dengan ceramah2 agama, dll. Dan karena lebih mudah ini, maka dia akan LEBIH MUDAH MENJADI BAIK, yang pada akhirnya LEBIH MUDAH MEMBAWA KEBAIKAN dengan nasihatnya/perbuatannya kepada orang lain, yang pada akhirnya membuat orang lain itu juga LEBIH MUDAH MENJADI BAIK, yang pada akhirnya LEBIH MUDAH MEMBAWA KEBAIKAN dengan nasihatnya/perbuatannya, dst.

Islam berusaha membentuk lingkaran2 ini.

Yang pada akhirnya kumpulan lingkaran2 itu akan membentuk BUDAYA KEBAIKAN.

Please to be noted, gw bilang disini CENDERUNG dan LEBIH MUDAH, BUKAN PASTI. –> Jangan sampe kalimat ini gw copy paste buat menanggapi pemikiran loe ya.. =) .

Tapi CENDERUNG dan LEBIH MUDAH cukup tidak baik untuk KETIDAKBAIKAN kan? dan cukup jelek untuk KETIDAKBAIKAN kan? –> Jangan sampe kalimat ini gw copy paste buat menanggapi pemikiran loe ya.. =) .

Gw harap gw jelas.

Salam.

@sayathink

Yuah, keposting juga..padahal udah gw stop tuh..sory ya Sayathink.. pada postingan #100 pada paragraph akhir gw bilang komentar untuk jelasenggak..Jadi paragraph itu gw hapus..dan jadinya adalah postingan #101, gw pikir gw sempet stop postingan itu..tapi ternyata udah keposting….telat..heheheehe…

Gw lupa gw lg respon postingan loe.. =)

Sory2. =)

@nitt,
Sebenarnya point saya adalah supaya cara pandang kita tidak terbelenggu, karena itu juga akan membelenggu kemajuan. Saya tidak pro baju seksi atau apapun, makanya pada posting terdahulu saya sarankan kita lihat dulu hasil riset yang valid apa benar baju dan hal2 yang anda kemukakan berkorelasi. Jangan prejudice lah, harus based on data. Karena kalau bagi saya baju orang yang sesuai pada tempatnya membuat saya senang melihatnya. Anda lebih senang melihat orang dengan rambut rapi atau acak2an? Berapa % yang rusak dan berapa % yang senang apakah sudah ada risetnya? Kalau dengan masalah punya uang berapa yang jadi jahat dan yang baik ada risetnya?
Sekarang analogi yang lebih mudah dan mirip. Pakai perhiasan juga mengundang kejahatan, terus manfaatnya apa sih? Apa haram juga? Kalau iya, kan tidak seketat “penghakiman” mereka yang “sok suci” terhadap baju seksi.
Kalau tentang kemaslahatan saya juga sering dengar, dan semua orang di dunia membuat peraturan berdasarkan itu, walau tidak kuantitatif.
Masih banyak yang lebih berbahaya dan berdampak tetapi tidak diharamkan…
Kembali inti saya adalah mengajak anda untuk melihat lebih dewasa permasalahan2 yang ada.
Salam,

@nitt.

Nitt bilang :

1. Kalau liat adik keluar pake pakaian minim, kalau cuman ke mall it’s ok laaahhh , dari pada adik ngga seneng lalu minggat.

2. Kalau ke tempat ngga bener, LARANG aja

3. Kalau liat adik keluar kemana aja (baik itu ke mall atau ke tempat ngga bener), LARANG aja, karena ada kemungkinan terjadi hal yang tak diinginkan dalam perjalanan.

yg no 1 bilang : BOLEH, ASAL…
yg no 3 bilang POKOKNYA NGGA BOLEH…

ah bingung gw…(mungkin gw bacanya harus berkali2 yaa, biar nyambung dan meminjam istilahnya howard stern: “berdisiplin”)

Yang no3 akan lebih aneh lagi disini:

Kalau adik mau berenang di tempat umum, harus dilarang juga

karena selama adik berenang, ada kemungkinan hal yang tidak baik akan terjadi.

Kan KAKAK TIDAK MAU MENGAMBIL RISIKO sepanjang dia berenang….

kayanya GR Jaya ancol sebentar lagi bangkrut nih. karena islam melarang wanita berpakaian minim……

he he he..

oh iya mudah2an loe ngga bilang….. oh itu lain lagi dong jel… masa di kolam renang ngga ada yang jagain…..kan beda sama di jalanan….yada yada yada…

he he… pola pikir loe bikin ngga maju bangsa dehh,..(seperti kata si sayathink ituloh)

dan kalo gw bilang sih … agak sedikit munapik…

===============================================================================

–> Ngga nyambung. Pikir sendiri deh kenapa gw bilang ngga nyambung. =)

Wuah, udah deh gw kasih tau aja kenapa gw bilang ngga nyambung (pikir sendiri deh kenapa gw kasih tau aja..)

Gw bilang ngga nyambung karena KITA SEDANG MEMBAHAS BAGAIMANA AGAR SI PEREMPUAN TIDAK DIPERKOSA. JAdi TIDAKLAH PENTING APA PIKIRAN/NIAT SI PEREMPUAN

————————–

ooooooo…itu toh maksud loe…

gue kira kita sedang membahas : BOLEH ATAU TIDAK kita MELARANG WANITA yang BERPAKAIAN MINIM tanpa tau alasan sang wanita berpakaian spt itu.

Hmmmm, kayanya contoh2 gw di posting di atas mengarah ke bahasan itu deh…

tapi coba gw minta tolong orang lain buat mastiin..

=============================================================================

Jadi jangan pernah berpikir bahwa FPI mewakili hukum Islam (meskpun mereka pakai atribut Islam).

-Jadi yang jelek2 sebenernya bukan dari islam yaa nitt..?
-itu cuman oknumnya yang salah dalam mengartikan hukum islam kan…?

Hmmm..?
gwnya yang salah ngasih contoh atau loe ngga bisa ngeliat kenyataan…..

tapi ok lah….

=====================================================================
” In case loe ga nangkep maksud gw bilang negara islam bukan cuman afghanistan era taliban; maksud gw, Negara Iran, Mesir, Arabsaudi, Brunei Darussalam, Uni Emirat Arab, ngga memukuli kaki perempuan dgn sepotong kayu kecil (melakukan kekerasan) seperti loe (dan gw) sering liat di TV-TV pada negara afghanistan era taliban, padahal negara2 tersebut memberlakukan hukum Islam.”

oo gitu….

eh gw mau ngga disiplin lagi boleh ngga?

Mau tanya dong:

Apa sih hukuman buat wanita yang berpakaian minim di negara2 selain afganistan era taliban tsb?

————————–

@Jelasenggak 104

“ah bingung gw…(mungkin gw bacanya harus berkali2 yaa, biar nyambung dan meminjam istilahnya howard stern: “berdisiplin”)”

—————————————————————–

–> hehe..

FYI, yang bener adalah “Pikiran Terdisiplin” (salah satu dr 5 Pikiran di bukunya Howard Gardner; “5 Mind For The Future). Bukan “Berdisiplin”. =)

Dan Howard Gardner, Bukan Howard Stern. Howard Gardner adalah Profesor Harvard yang mencetuskan Konsep Multiple Intellegence. Howard Stern adalah Penghibur/Artis/Selebriti (dalam arti Indonesia ya..hehe) di Amerika sono. =)

————————————-

“Jadi jangan pernah berpikir bahwa FPI mewakili hukum Islam (meskpun mereka pakai atribut Islam).

-Jadi yang jelek2 sebenernya bukan dari islam yaa nitt..?
-itu cuman oknumnya yang salah dalam mengartikan hukum islam kan…?

Hmmm..?
gwnya yang salah ngasih contoh atau loe ngga bisa ngeliat kenyataan…..

tapi ok lah…. ”

———————————-

Iya, tuh tau.. =)

Bukan salah ngasih contoh, tapi contoh yang loe kasih tuh ngga valid karena membicarakan Subyek (yang melakukan) pada saat kita sedang membicarakan Obyek (ajaran islam). =)

———————————————————————-

“ooooooo…itu toh maksud loe…

gue kira kita sedang membahas : BOLEH ATAU TIDAK kita MELARANG WANITA yang BERPAKAIAN MINIM tanpa tau alasan sang wanita berpakaian spt itu.

Hmmmm, kayanya contoh2 gw di posting di atas mengarah ke bahasan itu deh…

tapi coba gw minta tolong orang lain buat mastiin..”

————————————————————-

Pantesan. =)

Hehe, karena postingan loe mengarah kesitu makanya gw jelasin panjang lebar lagi pada respon atas postingan loe itu di postingan gw. =)

Bisa dibaca lagi postingan gw untuk respon postingan loe itu? =)

Akhirnya..(ffiuh..) =)

———————————————————————

“Apa sih hukuman buat wanita yang berpakaian minim di negara2 selain afganistan era taliban tsb?”

————————————————–

Mana gw tau, selama gw sekolah dgn latar belakang agama islam 6 taun ngga pernah diajarin hukuman bagi perempuan pake baju minim. =)

Loe tau ga? kasih tau dong..=)

Cabs ke kantor dulu ye.. =)

Salam. =)

@nitt 105

O iya, baru gue ngerti sekarang…..

Islam itu ajaran yang melarang orang melakukan hal yang ngga baik.
contoh:
1. Melarang wanita berpakaian minim
2. Melarang pembakaran gereja
3. Melarang pembunuhan masal
4. Melarang Pemboman gedung dll.

Nah, kalau ada orang islam yang melakukan hal tersebut, berarti:
1. Oknumnya yang salah mengartikan larangan tsb. bukan agamanya.
2. tindakan orang tsb. tidak ada sangkut pautnya dengan ajaran agama islam alias individual.(karena ajaran islam selalu berusaha membentuk lingkaran2 kebaikan)
Setiap tindak-tanduk muslim yang bener selalu terhubung ke Tuh@n.
Dan kalau kita melihat kenyataan yang ada sekarang ini, abaikan saja.

dan sebagai nya….

——

Jadi kalo ada yang bilang :

“Pohon yang baik dilihat dari buahnya”

Sama sekali ngga bener.

gelap ahh

@Jelasenggak #105

“Islam itu ajaran yang melarang orang melakukan hal yang ngga baik.
contoh:
1. Melarang wanita berpakaian minim
2. Melarang pembakaran gereja
3. Melarang pembunuhan masal
4. Melarang Pemboman gedung dll.”

Nah, kalau ada orang islam yang melakukan hal tersebut, berarti:
1. Oknumnya yang salah mengartikan larangan tsb. bukan agamanya.
2. tindakan orang tsb. tidak ada sangkut pautnya dengan ajaran agama islam alias individual.(karena ajaran islam selalu berusaha membentuk lingkaran2 kebaikan)
Setiap tindak-tanduk muslim yang bener selalu terhubung ke Tuh@n.”

——————————

—->

Bener banget. =)

————————————————————-

“Jadi kalo ada yang bilang :

“Pohon yang baik dilihat dari buahnya”

Sama sekali ngga bener.

gelap ahh”

——————

–>

Sekali lagi. Analogi yg salah.

Hm, sejak kapan ya Jel Buah bisa BERPIKIR dan MENENTUKAN TINDAKANNYA SENDIRI ?

Hmff.. (menghela napas) =)

——————–

Salam. =)

PS. Eh, mau nanya..sebaiknya kalo beli injil yg bagus tuh bahasa inggris atau indonesia..inggris aja kali ya..soalnya kalo bahasa suka asing istilah2nya bagi gw. Saat Teduh misalnya..kan ngga familiar ya..gimana menurut loe..?

@nitt

PS. Eh, mau nanya..sebaiknya kalo beli injil yg bagus tuh bahasa inggris atau indonesia..inggris aja kali ya..soalnya kalo bahasa suka asing istilah2nya bagi gw. Saat Teduh misalnya..kan ngga familiar ya..gimana menurut loe..?

————————-
loe pinter bahasa inggris kan? silahkan beli yang bahasa inggris
kalo lebih srek bahasa indo, beli edisi bahasa indo lahh.

22 nya sama isinya…. upsss … maksud gw terjemahannya…

tapi jangan heran, disitu ngga ada tulisan aslinya loe,…

saat teduh cuman bacaan rohani yang isinya berdasarkan injil.

Istilah2 asing ? yang mana yaaa,,,
kurang fokus kali bacanya?
——————————————————

Sekali lagi. Analogi yg salah.

Hm, sejak kapan ya Jel Buah bisa BERPIKIR dan MENENTUKAN TINDAKANNYA SENDIRI ?

Hmff.. (menghela napas) =)

————————-

yaaa salah lagi dehh.

dalam hal alegori/perumpamaan(bukan analogi) diatas,

Pohon, bisa memberi nutrisi yang jelek ke buah.
sehingga buah berfikir dan menentukan tindakannya sendiri itu, berdasarkan bimbingan dari pohon….

salam

@Jelasenggak

Ok, gw beli yg Inggris aja.

Hehe..

Alegori : Perumpamaan (Bagaikan menggarami lautan)

Analogi : Pembandingan (Buah jatuh tidak jauh dari Pohonnya).

Kayanya jelas sih ya perbedaannya.. =)

Pohon : Ajaran Islam

Buah : Muslim

Pohon disebandingkan (disejajarkan/disamadengankan/diibaratkan) Ajaran Islam.

Buah disebandingkan (disejajarkan/disamadengankan/diibaratkan) Muslim.

Gimana? =)

“Pohon, bisa memberi nutrisi yang jelek ke buah.
sehingga buah berfikir dan menentukan tindakannya sendiri itu, berdasarkan bimbingan dari pohon….”

–>

Loe ngomong ini bener2 niat atau cuman ngeles aja sih?

Buah berpikir??

C’mon Jel..

Nutrisi = Ajaran Islam

Buah = Muslim

Menurut gw :

Buah Muslim

Kecuali loe bilang Buah bisa mikir..Ups, loe udah bilang ini ya..Buah bisa mikir dan nentuin tindakannya sendiri.

Hm, jangan2 tuh buah sekolah juga ya.. =)

Hehe.. =p

(gw yakin deh -semoga- loe cuman ngeles aje neehh..)

Haha.. =)

@jelasenggak

Maksudnya :

“Buah “tanda panah saling bertolakbelakang/tidak samadengan” Muslim.

Hehe..kayanya ngga bisa nulis itu ternyata..mungkin sintax khusus apaa gitu yee..hehe ngga ngerti deh.. =p

@nitt.

alegori beda dengan analogi.

alegory menggunakan symbol2.

kalo symbol diterjemahkan seperti itu ya.. kurang tepat…

—-

Pohon = ajaran islam…
buah == orang islam…

gw ngga ngeles…
ini kenyataan…

he he he…

@Jelasenggak

Enggak ngeles ya? Jadi bener2 beranggapan kalo Buah bisa berpikir ya? =)

Haha.. =)

Jel jel.. =)

@nit..

alegori bukan analogi.

——————————————

@all

are you ready?

salam..

@nitt.

“pohon yang baik dilihat dari buahnya”

—-

Allah is an enemy to unbelievers. – Sura 2:98

On unbelievers is the curse of Allah. – Sura 2:161

Slay them wherever ye find them and drive them out of the places whence they drove you out, for persecution is worse than slaughter. – surah 2:191

Fight against them until idolatry is no more and Allah’s religion reigns supreme. (different translation: ) Fight them until there is no persecution and the religion is God’s entirely. – Sura 2:193 and 8:39

Fighting is obligatory for you, much as you dislike it. – 2:216
(different translation: ) Prescribed for you is fighting, though it is hateful to you.

….. martyrs…. Enter heaven – Surah 3:140-43

If you should die or be killed in the cause of Allah, His mercy and forgiveness would surely be better than all they riches they amass. If you should die or be killed, before Him you shall all be gathered. – 3:157-8

You must not think that those who were slain in the cause of Allah are dead. They are alive, and well-provided for by their Lord. – Surah 3:169-71

Let those fight in the cause of God who sell the life of this world for the hereafter. To him who fights in the cause of God, whether he is slain or victorious, soon we shall give him a great reward. – Surah 4:74

Those who believe fight in the cause of God, and those who reject faith fight in the cause of evil. – 4:76

But if they turn renegades, seize them and slay them wherever you find them. – 4:89

Therefore, we stirred among them enmity and hatred, which shall endure till the Day of Resurrection, when Allah will declare to them all that they have done. – 5:14

O believers, take not Jews and Christians as friends; they are friends of each other. Those of you who make them his friends is one of them. God does not guide an unjust people. – 5:54

Make war on them until idolatry is no more and Allah’s religion reigns supreme – 8:39

O Prophet! Exhort the believers to fight. If there are 20 steadfast men among you, they shall vanquish 200; and if there are a hundred, they shall rout a thousand unbelievers, for they are devoid of understanding. – 8:65

It is not for any Prophet to have captives until he has made slaughter in the land. – 8:67

Allah will humble the unbelievers. Allah and His apostle are free from obligations to idol-worshipers. Proclaim a woeful punishment to the unbelievers. – 9:2-3

When the sacred months are over, slay the idolaters wherever you find them. Arrest them, besiege them, and lie in ambush everywhere for them. – 9:5

Believers! Know that idolators are unclean. – 9:28

Fight those who believe neither in God nor the Last Day, nor what has been forbidden by God and his messenger, nor acknowledge the religion of Truth, even if they are People of the Book, until they pay the tribute and have been humbled. – 9:29 (another source: ) The unbelievers are impure and their abode is hell. (another source: ) Humiliate the non-Muslims to such an extent that they surrender and pay tribute.

Whether unarmed or well-equipped, march on and fight for the cause of Allah, with your wealth and your persons. – 9:41

O Prophet! Make war on the unbelievers and the hypocrites. Be harsh with them. Their ultimate abode is hell, a hapless journey’s end. – 9:73

Allah has purchased of their faithful lives and worldly goods, and in return has promised them the Garden. They will fight for His cause, kill and be killed. – 9:111

Fight unbelievers who are near to you. 9:123 (different translation:
Believers! Make war on the infidels who dwell around you. Let them find harshness in you. (another source: ) Ye who believe! Murder those of the disbelievers….

As for those who are slain in the cause of Allah, He will not allow their works to perish. He will vouchsafe them guidance and ennoble their state; He will admit them to the Paradise He has made known to them. – 10:4-15

Allah has cursed the unbelievers and proposed for them a blazing hell. – 33:60

Unbelievers are enemies of Allah and they will roast in hell. – 41:14

When you meet the unbelievers, smite their necks, then when you have made wide slaughter among them, tie fast the bonds, then set them free, either by grace or ransom, until the war lays down its burdens. – 47:4
(different translation: ) When you meet the unbelievers in the battlefield, strike off their heads, and when you have laid them low, bind your captives firmly.

Those who are slain in the way of Allah – he will never let their deeds be lost. Soon will he guide them and improve their condition, and admit them to the Garden, which he has announced for them. – 47:5

Muslims are harsh against the unbelievers, merciful to one another. – 48:25

Muhammad is Allah’s apostle. Those who follow him are ruthless to the unbelievers but merciful to one another. Through them, Allah seeks to enrage the unbelievers. – 48:29

Prophet! Make war on the unbelievers and the hypocrites and deal sternly with them. Hell shall be their home, evil their fate. – 66:9

The unbelievers among the People of the Book and the pagans shall burn forever in the fire of hell. They are the vilest of all creatures. – 98:51

Fight them so that Allah may punish them at your hands, and put them to shame. (verse cited in Newsweek 2/11/02)

——-

salam

@nitt.

“pohon yang baik dilihat dari buahnya”

—-

Allah is an enemy to unbelievers. – Sura 2:98

On unbelievers is the curse of Allah. – Sura 2:161

Slay them wherever ye find them and drive them out of the places whence they drove you out, for persecution is worse than slaughter. – surah 2:191

Fight against them until idolatry is no more and Allah’s religion reigns supreme. (different translation: ) Fight them until there is no persecution and the religion is God’s entirely. – Sura 2:193 and 8:39

Fighting is obligatory for you, much as you dislike it. – 2:216
(different translation: ) Prescribed for you is fighting, though it is hateful to you.

….. martyrs…. Enter heaven – Surah 3:140-43

If you should die or be killed in the cause of Allah, His mercy and forgiveness would surely be better than all they riches they amass. If you should die or be killed, before Him you shall all be gathered. – 3:157-8

You must not think that those who were slain in the cause of Allah are dead. They are alive, and well-provided for by their Lord. – Surah 3:169-71

Let those fight in the cause of God who sell the life of this world for the hereafter. To him who fights in the cause of God, whether he is slain or victorious, soon we shall give him a great reward. – Surah 4:74

Those who believe fight in the cause of God, and those who reject faith fight in the cause of evil. – 4:76

But if they turn renegades, seize them and slay them wherever you find them. – 4:89

Therefore, we stirred among them enmity and hatred, which shall endure till the Day of Resurrection, when Allah will declare to them all that they have done. – 5:14

O believers, take not Jews and Christians as friends; they are friends of each other. Those of you who make them his friends is one of them. God does not guide an unjust people. – 5:54

Make war on them until idolatry is no more and Allah’s religion reigns supreme – 8:39

O Prophet! Exhort the believers to fight. If there are 20 steadfast men among you, they shall vanquish 200; and if there are a hundred, they shall rout a thousand unbelievers, for they are devoid of understanding. – 8:65

It is not for any Prophet to have captives until he has made slaughter in the land. – 8:67

Allah will humble the unbelievers. Allah and His apostle are free from obligations to idol-worshipers. Proclaim a woeful punishment to the unbelievers. – 9:2-3

When the sacred months are over, slay the idolaters wherever you find them. Arrest them, besiege them, and lie in ambush everywhere for them. – 9:5

Believers! Know that idolators are unclean. – 9:28

Fight those who believe neither in God nor the Last Day, nor what has been forbidden by God and his messenger, nor acknowledge the religion of Truth, even if they are People of the Book, until they pay the tribute and have been humbled. – 9:29 (another source: ) The unbelievers are impure and their abode is hell. (another source: ) Humiliate the non-Muslims to such an extent that they surrender and pay tribute.

Whether unarmed or well-equipped, march on and fight for the cause of Allah, with your wealth and your persons. – 9:41

O Prophet! Make war on the unbelievers and the hypocrites. Be harsh with them. Their ultimate abode is hell, a hapless journey’s end. – 9:73

Allah has purchased of their faithful lives and worldly goods, and in return has promised them the Garden. They will fight for His cause, kill and be killed. – 9:111

Fight unbelievers who are near to you. 9:123 (different translation:
Believers! Make war on the infidels who dwell around you. Let them find harshness in you. (another source: ) Ye who believe! Murder those of the disbelievers….

As for those who are slain in the cause of Allah, He will not allow their works to perish. He will vouchsafe them guidance and ennoble their state; He will admit them to the Paradise He has made known to them. – 10:4-15

Allah has cursed the unbelievers and proposed for them a blazing hell. – 33:60

Unbelievers are enemies of Allah and they will roast in hell. – 41:14

When you meet the unbelievers, smite their necks, then when you have made wide slaughter among them, tie fast the bonds, then set them free, either by grace or ransom, until the war lays down its burdens. – 47:4
(different translation: ) When you meet the unbelievers in the battlefield, strike off their heads, and when you have laid them low, bind your captives firmly.

Those who are slain in the way of Allah – he will never let their deeds be lost. Soon will he guide them and improve their condition, and admit them to the Garden, which he has announced for them. – 47:5

Muslims are harsh against the unbelievers, merciful to one another. – 48:25

Muhammad is Allah’s apostle. Those who follow him are ruthless to the unbelievers but merciful to one another. Through them, Allah seeks to enrage the unbelievers. – 48:29

Prophet! Make war on the unbelievers and the hypocrites and deal sternly with them. Hell shall be their home, evil their fate. – 66:9

The unbelievers among the People of the Book and the pagans shall burn forever in the fire of hell. They are the vilest of all creatures. – 98:51

Fight them so that Allah may punish them at your hands, and put them to shame. (verse cited in Newsweek 2/11/02)

——-

salam

@Jelasenggak #113

Analagi bukan alegori. =)

Gini deh..

Kira2 lebih bener/”pas” mana sih mengatakan :

“..jadi ANALOGInya Ajaran Islam itu Pohon, dan Muslim itu Buah.”

dibanding mengatakan..

“..jadi ALEGORInya Ajaran Islam itu Pohon, dan Muslim itu Buah.”

Haha..Sebenernya sih gw dah ga mau bahas lagi loh ini.. =)

——————–

Cabs ke kantor dulu ye..yg lain gw respon pas makan siang kali deh.. (banyak amat, sampe penuh tuh frame samping..hehe)

@nittenichiryu#80

w inget sekarang, mungkin kenapa loe bilang apa yg loe bilang ke gw karena gw menyarankan agar si jelasenggak menanyakan ke mulsim yg pinter mengenai postingan tentang Ka’bah.Bro, maksud gw ngomong gitu adalah karena gw dr dulu sering menganjurkan agar si dewo berteman sama muslim yg pinter sehingga dia salahsatunya bisa nanya2 tentang agama islam dengan lebih nyambung (karena si penjawab bisa ngerti gimana cara ngejelasin agar poinnya dapat diterima dengan baik).

Dan karena si jelasenggak ini adl pendukungnya si dewo, dia juga gw anjurin kurang lebih hal yg sama.

Saran gw ke jelasenggak itu bukan refer ke postingan loe sama sekali.

Dan gw juga tau kalo pengetahuan loe (dan dorapan serta penghibur) tentang islam jauh banget diatas gw.

Sory atas kesalahpahaman ini.

Lagipula saran loe buat jelasenggak liat wikipedia juga udah bener kok. Memangnya kalo wikipedia bisa diedit, berarti isinya pasti salah? si jelasenggak aja tuh yg ngeles mulu.

gw ngerasa dr tulisan elo,loe org yg udh pintar di agama loe
n gue mau bertny neh!!!!

1.loe tau g ad ap didlm KABAH yg loe agung2 kan
2.pernah g loe berpikir klo AQ ITU BENER2 ASLI,
3.klo jwban loe asli ap loe dr lahir udh tau bhs arab!@!!!jd bisa aj kan sebelum loe n org2 muslim yg laen bs bhs arab AQ udh dipalsukan
kykny itu aj deh pertny aq

salam

Gbu

@all (karena rada ribet naik-turun screen)

1. Surah Nabawiyah adalah Biografi Nabi Muhammad yang bisa dibeli di Gramedia.

Gramedia mana? di Gramedia Pondok Indah Mall, Jakarta ngga ada soalnya.

2. Nabi Muhammad diracun.

Setau saya cerita ini bermula dari seorang perempuan bernama Khaibar yang menyuguhkan makanan / minuman beracun kepada Nabi, kemudian Nabi urung memakannya dan menanyakan hal ini kepada Khaibar, dan Khaibar pun mengakui perbuatannya.

Nabi meninggal 2 Tahun setelah peristiwa ini.

3. Siti Aisyah dinikahi Nabi pada umur 9 tahun.

Siti Aisyah adalah Anak dari salah satu Sahabat Dekat Nabi (Khulafaur Rashyidin), Abu Bakr Ash Shiddiq.

Nabi melakukan semacam Perikatan pada saat Siti Aisyah berusia 9 tahun.

Perikatan untuk Kelak menjadi pasangan Suami – Istri (bukan Pertunangan dalam Pengertian sekarang) semacam ini adalah Lumrah dilakukan oleh Masyarakat Arab pada Zaman itu.

4. Isi dalam Ka’bah

Yang saya tau sih isi dalam Ka’bah adalah ruang Kosong dengan 4 Pilar penyangga.

Namun untuk lebih jelasnya, dapat menanyakan kepada SBY, presiden kita (Indonesia), dia sudah pernah sholat di dalam Ka’bah.

5. Yakin tidak Al Qur’an itu tidak dirubah.

Tolong baca penjelasan di situs ini http://www.whyislam.org/877/Divine_Revelation/Preservation.asp

..

Salam. =)

@nitt 118

Oh gitu..

ya udah kalau loe percaya nya gitu…

Bener aisyah di nikahi umur 9 tahun, bukan 6 tahun?

Nit menulis:
“..semacam ini adalah Lumrah dilakukan oleh Masyarakat Arab pada Zaman itu”

Jelasnggak bertanya:
==> kalau jaman sekarang lumrah nggak?

Kalau ya, Kenapa kalian ngga pada ngikutin.
Kalau no , berarti kelakuan muhamad dan ajarannya ngga sesuai dengan keadaan zaman sekarang alias,,,,?

salam

@nitt 188
pertny;

1.loe tau g ad ap didlm KABAH yg loe agung2 kan

jawaban;

4. Isi dalam Ka’bah

Yang saya tau sih isi dalam Ka’bah adalah ruang Kosong dengan 4 Pilar penyangga.

Namun untuk lebih jelasnya, dapat menanyakan kepada SBY, presiden kita (Indonesia), dia sudah pernah sholat di dalam Ka’bah.
============================================
n skrg pertny dr gue lg
1. klo sby pernah SHOLAT didlm ka’bah KIBLAT DIA KEARAH MN DONKKKKKKKKK?????
2.Pernah g terpikir ap gunany loe kll ka’bah??
3.ngp seh ka’bah ditu”p2in kyk nutupin berhala aj

THANKS 4 UR ANSWER

GBU

Terlalu banyak komen >< Maaf tidak dibaca semuanya (perlu metode a la Digg.com biar komentar yang jelek-jelek tidak ditampilkan)

Eniwei, cuma mau memberikan sebuah pranala Wikipedia Indonesia tentang mu(k)jizat Yesus yang dicatat di Alkitab. Bagian dari renungan Alkitab setahun saya.

http://id.wikipedia.org/wiki/Mujizat_Yesus_Kristus#Mujizat_yang_dicatat

Thuan memberkati.

@all

1. Suatu adat dimana seorang Insan ditetapkan untuk dengan Sukarela menjadi pasangan orang lain kelak.

Sebenarnya saya tidak melihat masalahnya disini.

2. Sholat dalam Ka’bah boleh menghadap mana saja.

3. Kenapa memutari ka’bah 7 kali sambil mengumandangkan Doa dan Dzikir membutuhkan penjelasan yang sedikit panjang.

Melakukan Thawaf.

Thawaf memberikan pesan maknawi bumi berputar pada porosnya.

Kita melakukan thawaf bagai diajak mengikuti Perputaran Waktu dan Peredaran Peristiwa, namun tetap berdekatan dengan Allah.

Ketika sedang thawaf, doa dan dzikir dikumandangkan oleh ribuan orang sehingga doa, dzikir dan semua permohonan terhimpun, timbullah energi yang besar.

Tempat yang tidak pernah sepi pada siang dan malam.

At least ini adalah pendapat dari blognya orang yang pernah saya baca, yang sudah saya edit sedikit agar tidak kepanjangan. =)

4. Kenapa ditutupi?

Agar tidak kotor serta menjaga dari hujan dan terik matahari yang dapat merusak bahan bangunan Ka’bah.

..

Seneng nih, gini dong, tanya tentang Ajaran Islamnya.. =)

Salam. =)

@ Dear Benny Lin (pdt?),

Terima kasih atas usulan dan informasinya.
Tuhan memberkati.

Salam.

buat @ nittenichiryu

tulisan nitt di pint 118 :

Nabi Muhammad diracun.

Setau saya cerita ini bermula dari seorang perempuan bernama Khaibar yang menyuguhkan makanan / minuman beracun kepada Nabi, kemudian Nabi urung memakannya dan menanyakan hal ini kepada Khaibar, dan Khaibar pun mengakui perbuatannya.

bandingkan dengan surah nabawiyah ( syaih shafiyyurrrahman Al Mubarafurry ) hal 618

” beliau (muhammad bersabda ) : ” Wahai Aisyah ,aku masih merasa sakit karena makanan yang kucicipi di Khaibar . Inilah saatnya bagiku untuk merasakan bagaimana terputusnya nadi karena racun itu ”

SAUDARAKU NIT BAGAIMANA ANDA MENJELASKAN INI ?

INI SAYA DAPAT DARI SUMBER ISLAM YANG SANGAT TERPERCAYA LOH .

SEPERTINYA SAUDARA NIT HARUS LEBIH SERING MEMBACA DEH .

APAKAH SEORANG NABI TIDAK TAHU BAHWA YANG DIHIDANGKAN ADALAH RACUN ?

SAUDARA NIT BANTU SAYA MENJAWAB INI

BUAT @ NIT, @PENGHIBUR@ ALL MUSLIM

LIHAT surat nabawiyah hal 619

tertulis aisyah berkata ” Rasulullah meniggal dunia di rumahku , pada giliranku, berada dalam rengkuhan dadaku ,bahwa Allah menyatukan antara ludahku dan ludah beliau saat wafat ”

yang saya tanyakan ? saat detik detik terakhir akan meninggal karena racun ,nabi kok masih sempat sempatnya melakukan maaf Kissing seperti itu ???

tolong saya dijelaskan ???? apakah ini sunah yang harus diikuti ?

salam damai

maaf mas dewo

dua point diatas menyimpang dari topik

karena saya lihat dipoint 118 @ nit bawa topik ini

@all

Terimakasih sudah memberikan informasi ini. Saya akan mencari di Gramedia2 yang lain buku itu.

Berikut tanggapan saya :

1. Saya baca dari beberapa kitab sejarah Nabi memang seperti itu. Nabi tidak memakan / meminum suguhan Khaibar.

Dan Nabi meninggal 2 tahun setelah peristiwa ini.

Tentang sirah itu, mungkin supaya lebih ada gambaran baca link ini :

http://catatanhati.blogsome.com/2005/03/28/siroh-nabawiyah/

Jadi saya sangat penasaran untuk sirah yang ada di tangan kamu itu? kalo boleh tau beli di gramedia mana? penerbitnya apa? (agar saya lebih mudah mencarinya) =)

2. Saat menjelang meninggalnya Nabi, beliau mengatakan kepada Aisyah (yang saat itu menopang kepala Nabi, karena Nabi sudah dalam kondisi yang sudah sangat dekat ajal), bahwa Beliau ingin membersihkan gigi (Nabi senang membersihkan gigi, bahkan diriwayatkan, Nabi mengatakan bila tidak memberatkan Muslim, maka niscaya Beliau akan mewajibkan untuk Membersihkan Gigi dahulu sebelum Sholat). Mungkin beliau ingin membersihkan diri dahulu sebisanya sebelum meninggal.

Zaman itu, masyarakat Arab biasa membesihkan gigi dengan Syiwak (sejenis ranting pohon) yang dilembutkan ujungnya dengan digigit2 atau ditumbuk terlebih dahulu.

Siti Aisyah menggigit2 / melembutkan ranting Syiwak tersebut terlebih dahulu dengan giginya, baru kemudian memberikannya ke Nabi.

Saya harap ini dapat menjelaskan tentang pertanyaan kamu.

Karena itu saya sangat penasaran dengan n=buku yang kamu baca itu. Karena saya tangkap isinya seakan misleading.

Salam. =)

PS: santai aja sama Dewo, dia ngga Damai2 amat kok hatinya (sama seperti saya), jadi ngga usah terlalu sungkan. =)

for nitt

1. mohon buku apa , halaman berapa , terbitan apa ?
yang anda baca ? SPESIFIK PLEASE

karena di hadist maupun sirah nabawiyah terbitan pustaka al kautsar karangan ( syaih shafiyyurrrahman Al Mubarafurry ) hal

618

menyatakan ,Nabi memakan racun itu

KARENA sirah nabawiyah terbitan pustaka al kautsar karangan ( syaih shafiyyurrrahman Al Mubarafurry ) INI MERUPAKAN JUARA LOMBA SURAH NABAWIYAH.

2. UNTUK masalah ludah bercampur ini. saya minta juga dibuku apa siapa yang meriwayatkan ?

karena kalu saya baca di sirah yang saya beli ,menyatakan :

” meninggal dalam rengkuhan dadaku saat meninggal dan ALLah menyatukan ludahku dan luda beliau ”

sedangkan kata bahwa aisyah menggigit siwak itu tidak ada .

tapi secara KONTEKSTUAL SAYA bisa menerima penjelasan anda

di point 2 ini .

thanks

OK MARI KITA BERDISKUSI SELANJUTNYA DI TOPIK ” BELAJAR DARI SURAH NABAWIYAH ” DI BAGIAN BLOG MAS DEWO YANG LAIN

MOHON PENJELASAN POINT NOMOR SATU

ok wasallam

nb link yang anda berikan diatas bukan argumen kontra yang valid dari nomor point nomor satu

Nggak usah jauh-jauh buat buktiin kalau kitab Injil itu benar, apalagi pakai temuan arkeolog segala.
Cukup dengan melihat film-film buatan Hollywood, semua kejorokan, buah dada dan adegan sexual yang ada dalam Bibel sudah dibuktikan. Mau yang telanjang bulat ada ….. Percaya dahh …..

@nitt.

Ini si izzathar6…

orang muslim yaa..

kok bisa yaa menghina injil seperti itu..

Padahal kamu bela2in bahwa di forum ini ngga ada muslim yang menghina kristen…

wah wah…

Penutup matanya dibuka dong nitt.

Salam.

Skenario Dunia ini…

—Awal-nya—
1. Manusia harus punya Abundant Life, Karena?
Kejadian 1:27-28
27 So God created man in his own image,
in the image of God created he him;
male and female created he them.
28 And God blessed them, and God said unto them:
Be fruitful, and multiply, and replenish the earth,
and SUBDUE it:
and have dominion over the fish of the sea,
and over the fowl of the air,
and over every living thing that moveth upon the earth.

—Tengah-nya—
2. Dan manusia harus dipihak Tuhan, Karena?
Yohanes 3:16
16 For God so LOVED the world,
that he gave his only begotten Son,
that whosoever believeth in him should not perish,
but have everlasting life.
Yohanes 14:6
6 Jesus saith unto him, I am the way, the truth, and the life:
no man cometh unto the Father (GOD), but by me.

—Akhir-nya—
3. Untuk…? Melawan AntiChrist yang tanda-tandanya semakin nyata
Dan AntiKris mengerahkan Doa, Daya, Dana untuk mewujudkan cita-cita mereka (semua yang di kitab WAHYU sudah banyak digenapi )
Iman saja tidak cukup, orang kristen harus mengerahkan Doa, Daya, Dana, untuk melawan AntiKris…Dan…
Wahyu 22:12-13
12 And, behold, I come quickly; and my REWARD is with me, to
give every man according as his work shall be.
13 I am Alpha and Omega, the
beginning and the end, the first and the last.

hai semua

saya pakigun, mau tanya2 nich tentang Yesus, maklum saya awam tentang agama khususnya islam dan kristen. saya sendiri “basic”nya adalah monoteis, artinya Tuhan itu cukup satu aja. yah saya analogikan saja dengan negara, universitas, fakultas dan ketua jurusan. Nah dalam negara kan hanya ada satu kepala pemerintahan, juga dalam universitas hanya ada satu rektor, dalam fakultas cukup satu dekan dan cukup satu kajur dalam satu jurusan.

jadi bila Tuhan itu lebih dari satu itu cukup merepotkan. Saya mengenal Yesus tentu dari pendeta yang sering khotbah. maka saya mohon penjelasan kepada khalayak ramai dalam blog ini, melalui beberapa pertanyaan:
1. Apa betul Yesus itu Tuhan? Kalau Ya, apakah Yesus secara tegas mengklaim dirinya adalah Tuhan (dari mulut Yesus sendiri? atau pendapat Paulus?)
2. Kalau Yesus sebagai Tuhan, kenapa Nabi Adam, Ibrahim dan Musa kok tidak pernah menyembah Yesus? Bila memang Pada Nabi tersebut di atas tidak pernah menyembah Yesus, maka berarti Yesus adalah Tuhan Baru. Ini bermakna Yesus bukan Tuhan Lama
3. Kenapa umat Nasrani di Indonesia menyebut Tuhan Bapak Yang ada di Surga dengan sebutan ALLAH, bukankah nama ALLAH adalah nama Tuhannya orang islam? dan bukankah Injil di negara non-indonesia hanya menggunakan istilah GOD? kenapa pula orang bule itu tidak memakai nama ALLAH kok malah nama GOD saja?
4. Kenapa umat kristen yakin bahwa Yesis mati disalib? bukankah dalam Injil Yesus membantah telah mati disalib?

oke maaf ya saya hanya belajar kok…
trims. pakigun@yahoo.co.id

@Pakigun #132.

Pertanyaan kamu:

1. Apa betul Yesus itu Tuhan? Kalau Ya, apakah Yesus secara tegas mengklaim dirinya adalah Tuhan (dari mulut Yesus sendiri? atau pendapat Paulus?)

Saran saya ke kamu. Untuk mengetahui jawabanya, kamu harus baca kisah hidup Yesus di injil (terutama Matius, markus, Lukas, Yohanes) dari situ barulah kamu bisa menentukan apakah Yesus adalah Tuh@n.

Pertanyaan seperti ini sering sekali diajukan oleh teman-teman yang non-Kristen.

Sekarang.

Kalau ada orang yang datang ke kamu dan berkata : “SAYA ADALAH TUH@N”

Akankah kamu percaya? Tentu tidak kan?

Kalau kamu tidak akan percaya kepada orang tersebut, kenapa kamu harus percaya kepada yesus kalau yesus berkata demikian?

Kemudian.
Yesus pernah berkata dalam injil Yohanes 10:30 ==> “Aku dan Bapa adalah satu”.

Akankah kamu percaya terhadap perkataanNya ini?

Terus Kalau kamu tidak yakin, apa yang akan kamu lakukan?
Tentu kamu berusaha mencari bukti-bukti bahwa Yesus adalah Tuh@n.
Bagaimana caranya? mempelajari Yesus !
Dari mana? dari sumbernya!

Jangankan mengaku Tuh@n. Mengaku Nabi pun orang banyak pun tidak akan begitu saja percaya.

———–

Umat Kristen melihat Yesus sebagai Tuh@n dari kelakuanNYA.

Sebagai salah satu contoh :

Maka dibawa oranglah kepada-Nya seorang lumpuh yang terbaring di tempat tidurnya. Ketika Yesus melihat iman mereka, berkatalah Ia kepada orang lumpuh itu: “Percayalah, hai anak-Ku, dosamu sudah diampuni.”
Maka berkatalah beberapa orang ahli Taurat dalam hatinya: “Ia menghujat Allah.”
Tetapi Yesus mengetahui pikiran mereka, lalu berkata: “Mengapa kamu memikirkan hal-hal yang jahat di dalam hatimu?
Manakah lebih mudah, mengatakan: Dosamu sudah diampuni, atau mengatakan: Bangunlah dan berjalanlah?
Tetapi supaya kamu tahu, bahwa di dunia ini Anak Manusia berkuasa mengampuni dosa” -lalu berkatalah Ia kepada orang lumpuh itu – “Bangunlah, angkatlah tempat tidurmu dan pulanglah ke rumahmu!”
Dan orang itupun bangun lalu pulang.
Maka orang banyak yang melihat hal itu takut lalu memuliakan Allah yang telah memberikan kuasa sedemikian itu kepada manusia.

Kalau kamu bersalah ke saya, maka cuma saya yang berhak mengampuni.
Kalau kamu berdosa kepada TUh@n, maka cuma DIA yang berhak mengampuni.

Atribut Lain yang dimiliki Yesus:

Dalam Perjanjian Baru semua atribut Tuhan ditemukan dalam diri Yesus Kristus:

Maha Tahu
Sekarang kami tahu, bahwa Engkau mengetahui segala sesuatu. (Yohanes 16:30)

Maha Hadir
Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir jaman. (Matius 28:20)

Maha Kuasa
Kepada-Ku telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi. (Matius 28:18)

Kekekalan
Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah. (Yohanes 1:1)

Tidak Berubah
Yesus Kristus tetap sama, baik kemarin maupun hari ini dan sampai selama-lamanya. (Ibrani 13:8)

—-

salam.

BIJBLE menjawab

ANAK TUHAN

-> Yesus Kristus
“Matius” : Pasal 3 ayat 17, Pasal 4 ayat 3, Pasal 14 ayat 33, Pasal 26 ayat 63, dan Pasal 16 ayat 17.
“Johannes” : Pasal 3 ayat 16, Pasal 1 ayat 34 dan ayat 40, Pasal 17 ayat 1, Pasal 19 ayat 7, Pasal 16 ayat 27 dan ayat 30, Pasal 15 ayat 23, dan beberapa ayat lainnya di Johannes.
“Rum” : Pasal 1 ayat 9, Pasal 5 ayat 10, Pasal 8 ayat 3, Pasal 29 ayat 23.
“Galatiah” : Pasal 1 ayat 16, Pasal 4 ayat 4 dan 6.
“Lukas” : Pasal 1 ayat 32 dan 35, Pasal 3 ayat 22, Pasal 4 ayat 3 dan 9, Pasal 4 ayat 34 dan 41.
“Ibrani” : Pasal 1 ayat 25 dan 8, Pasal 3 ayat 6, Pasal 4 ayat 14, Pasal 5 ayat 5 dan 8.
“Matius” : Pasal 2 ayat 15, Pasal 3 ayat 17, Pasal 4 ayat 3 dan ayat 6, Pasal 14 ayat 33, Pasal 26 ayat 63, Pasal 16 ayat 17
“Korintus” I : Pasal 1 ayat 9.
Dan masih ada beberapa ayat lain dikitab Injil yang menyebut Yesus anak Allah. Anak Allah yang ke ?

-> Daud
“Mazmur” : Pasal 29 ayat 27.
Anak Allah yang sulung

-> Yacub ( Israil)
“Keluaran” : Pasal 4 ayat 22 dan 23.
Anak Allah yang sulung

-> Afrain
“Irmia” : Pasal 31 ayat 9.
Anak Allah yang sulung

“ Matius” Pasal 5 ayat 9 dan ayat 45, Pasal 7 ayat 21
Dalam bahasa Ibrani kata “Bapa” itu dipakai buat Tuhan, sedangkan
“anak” dipakai buat mereka yang dihormati, seperti Nabi, para Rasul.

KEISTIMEWAAN

- Melihat Tuhan:
“Yahya” : Pasal 14 ayat 9, Pasal 1 ayat 13
“Kitab Raja-Raja yang kedua” Pasal 13 ayat 21
“Kitab Raja-Raja yang pertama” Pasal 17 ayat 22

- menghidupkan orang mati
“Kitab Raja-Raja yang kedua” Pasal 6 ayat 17 dan ayat 30

- menyembuhkan orang buta hingga melihat
“Kitab Raja-Raja yang kedua” Pasal 3 ayat 10 dan ayat 11

- menyembuhkan penyakit lepra (kusta)
“Ibrani” Pasal 7 ayat 1, 2, 3

“Malkisedik ….. yang tiada berbapak dan tidak beribu, dan tiada berselisih dan tiada berawal dan berkesudahan hidupnya ……. Maka kekallah ia selama-lamanya”.

“Johannes” Pasal 5 ayat 3

- keistimewaan hadir atas kehendak Tuhan yang mengutus
“Kejadian” Pasal 18 ayat 1
“Kejadian” Pasal 32 ayat 30

- melihat Tuhan
“Kisah perbuatan Rasul-Rasul” Pasal 6 ayat 5, Pasal 5 ayat 32
“Matius” Pasal 5 ayat 9
“Kitab Raja-Raja yang kedua” Pasal 5 ayat 10

ANAK MANUSIA

Yesus Kristus
“Matius” : Pasal 1 ayat 16 dan 21, Pasal 5 ayat 45, Pasal 16 dan 27, Pasal 26 dan 2, Pasal 7 ayat 21
“Yahya” : Pasal 3 ayat 13
“Lukas” : Pasal 4 ayat 1 dan 2, Pasal 2 ayat 21

KETIDAK BERDAYAAN

- atas siksaan dan rasa takut
“Matius” : Pasal 27 ayat 44 dan 46

- atas Iblis
“Lukas” : Pasal 4 ayat 5, Pasal 4 ayat 1 dan 2
“Matius” : Pasal 4 ayat 5

- atas dosa
“Matius” : Pasal 6 ayat 12

- atas duka cita
“Matius” : Pasal 26 ayat 38

- atas kehendak (hukum)
“Johannes” : Pasal 5 ayat 3

- atas kesempurnaan
“Johannes” : Pasal 14 ayat 28

- atas lapar, kemarahan dan penciptaan
“Matius” : Pasal 21 ayat 18 dan 19
“Lukas” : Pasal 4 ayat 1 dan 2

- atas pengetahuan bahwa penebusan dosa adalah melalui pen salib an
“Matius” : Pasal 27 ayat 44 dan 46

- atas pengetahuan tentang hal gaib / hari akhir (kiamat)
“Markus” Pasal 13 ayat 31, 32

- atas Rokhulkudus
“Lukas” : Pasal 4 ayat 1 dan 2

AZAS TUHAN

Trinitas (Tri Tunggal) :
“Yahya” : Pasal 14 ayat 10, Pasal 10, 30
“Matius” : Pasal 1 ayat 18, 20
“Johannes” : Pasal 14 ayat 11, Pasal 10 ayat 38
“Yahya” Pasal 17 ayat 23

15 Tunggal
“Matius” Pasal 27 ayat 44

Trinitas yang tak selalu satu
“Kisah perbuatan Rasul” Pasal 6 ayat 5, Pasal 5 ayat 32 “Surat Kiriman yang kedua” dari pada Rasul Petrus Pasal 3 ayat 2, “Lukas” Pasal 1 ayat 41

persatuan dengan Rukhulkudus (rokh suci) lainnya
“Johannes” Pasal 14 ayat 28

Ada satu yang lebih dari yang lain, bukan merupakan kesatuan
Seperti : sebuah Rokok, terdiri dari 3 susunan :
Batang rokok
Api pada rokok
Merahnya api pada rokok
Apakah Batang Rokok = Rokok ?
Apakah Api pada Rokok = Rokok ?
Apakah Merah Api pada Rokok = Rokok ?

UTUSAN TUHAN DAN KEESAAN TUHAN

“Yahya” : Pasal 17 ayat 3. uT&kT
Pasal 17 ayat 8. uT
Pasal 5 ayat 30. uT
“Ulangan” : Pasal 4 ayat 35. kT ( Perjanjian Lama )
Pasal 6 ayat 4/14. kT
Pasal 4 ayat 39. kT
“Markus” : Pasal 12 ayat 29. kT ( Perjanjian Baru )
“Wahyu” : Pasal 21 ayat 6. kT, Pasal 22 ayat 13. kT
“Johannes” : Pasal 17 ayat 23. uT, Pasal 17 ayat 21. uT, Pasal 5 ayat 3. uT, Pasal 12 ayat 45. uT
“Samuel” yang kedua : Pasal 7 ayat 23. kT
“Matius” : Pasal 15 ayat 24. uT

Kitab : “Bijbellezingen voor het huizgezin”
: bab : “De onderdanen van het koningrijk”
: halaman : 834, ayat 12.

UNTUK BANI ISRAEL (KAUMNYA)

“Matius” : Pasal 1 ayat 21, Pasal 15 ayat 24
“Perbuatan Rasul-Rasul” : Pasal 5 ayat 31
Kitab : “Bijbellezingen voor het huizgezin” : bab “De onderdanen van het koningrijk”, halaman 834, ayat 12.

PENEBUS DOSA

“Matius” Pasal 27 ayat 44, 46

kepanikan dan ketidak tahuan sebelumnya bahwa akan penebusan dosa melalui pen salib an

DOSA WARIS

“Nabi Jehezkil” Pasal 18 ayat 20
“Matius” Pasal 16 ayat 27
“Surat Kiriman Rasul-Rasul Paulus, kepada orang rum” Pasal 2 ayat 5 dan 6
“Surat Kiriman yang kedua kepada orang Kristen” Pasal 5 ayat 10
siapa yang berbuat dia sendiri yang akan menanggung
“Matius” Pasal 19 ayat 14

kesucian kanak-kanak

Sumber Kitab :
Matius
Johannes
Rum
Galatiah
Ibrani
Lukas
Markus
Korintus I
Mazmur
Keluaran
Irmia
Raja-Raja yang pertama
Raja-Raja yang kedua
Kejadian
Kisah perbuatan Rasul-Rasul
Yahya
Surat Kiriman yang kedua dari pada Rasul Petrus
Ulangan
Wahyu
Samuel yang kedua
Nabi Jehezkil
Surat Kiriman Rasul-Rasul Paulus, kepada orang rum
Surat Kiriman yang kedua kepada orang Kristen

Bijbellezingen voor het huizgezin (berbahasa Belanda)

Ada dosa kecil, dosa sedang, dosa besar
yang bisa menunda manusia masuk surga
Namun hanya ada satu dosa yang bisa mencegah manusia masuk surga
Yaitu menyekutukan Tuhan

Maka takutlah bila meninggal dunia
Dalam menyekutukan Tuhan

Bijble “Matius” Pasal 7 ayat 21

to Q wordspress

di ajaran kristiani tuh

Tuhan bisa menampakkan diri , TUhan maha kuasa sehingga mampu menampakan diri

dalam wujud seperti malaikat , raja ( melkisedek ) atau dalam wujud manusia yang rendah hati ( Yesus )

LHA WONG DIA MAHAKUASA .

yang nampak tadi itu bukan wajib al wujudNya, kareana wajib al WujuNya memang tidak tampak

nah sekarang MUslim menyebut TUhan maha kuasa dan maha maha maha yang 99 itu

tapi kaga bisa MENAMPAKKAN DIRI berarti KAGA MAHA KUASA DUNK

hehehehe udah ga bisa , menampakkan diri malah mengambil wujud
batu ( hitam lagi ) kekekekekeke

kasian aku ma oprang islam nih logikanya jeblok

di ajaran kristiani tuh
Tuhan bisa menampakkan diri , TUhan maha kuasa sehingga mampu menampakan dalam wujud seperti malaikat , raja ( melkisedek ) atau dalam wujud manusia yang rendah hati ( Yesus ).

aku banyak tanya …. mencari tuhan yang Agung…. yesus (tuhan) BAB bau gak ya? lahirnya yesus apa melalui dekat tempat BAB? waktu yesus (tuhan) lahir cium miss V perempuan dulu gak ya? …

to kasih777

saya hanya ingin mengingatkan, bahwa pengangkatan Yesus sebagai Tuhan oleh pengikutnya terjadi lama setelah kematian Yesus.

Ingat ketika Yesus kembali hadir di ruangan setelah peristiwa penyaliban, kenapa murid-muridnya kaget terkejut dan takut, kalau mereka tahu Yesus itu Tuhan.

Saya merasa anda begitu mengenal Yesus dari pada murid-murid Yesus yang ada dan hadir disekitar Yesus.

Memiliki sifat-sifat ketuhanan tidak berarti sama dengan Tuhan!

Menyerupai wujud seperti malaikat, apakah dia ingin mengajarkan Malaikat agar para malaikat menjadi malaikat yang baik dan benar ( kalau cara berfikir anda seperti itu ), Injil apa dan ayat keberapa ?

Malkisidek, ayat Injil mana yang menerangkan bahwa ia penjelmaan Tuhan ?

Sungguh Tuhan Maha Kuasa dan tiada membutuhkan apapun dari hambanya
Bila Dia menginginkan sesuatu, sungguh mudah bagiNya
Lagi Dia Maha Suci

kalau anda fair dan benar pembaca Injil, tolong tunjukkan kesalahan yang pernah Yesus Perbuat ? dan itu ada

Dan tentang ayat-ayat ? Qoran ? yang anda sebutkan, saya rasa anda hanya mengutip dari misionaris-misionaris yang membenci Islam . Bacalah penuh lalu sebutkan surat dan ayatnya

to Kasih777 lagi

anda berkata : ” memberi teladan ‘bagaimana MAnusia itu harus hidup’ ,mengajarkan kerendahan hati ,dan kasih ”

Apakah anda menikah ?
Apakah …………………………… sudah ah cukup, jadi ikut emosi buta

Jika makna jihad seperti yang mereka tuduh, maka bisa anda bayangkan jika semua umat islam ( yang dikenal sebagai umat yang paling patuh kepada agamanya) yang saat ini berjumlah satu milyar menjalankan perintah jihad tersebut, apakah yang akan terjadi ?
Tentu Islam tidak begitu.

Al Quran adalah tuntunan manusia untuk menjadi manusia dengan segala kondisi yang ada disekitarnya

Aku sadari bahwa agama ISLAM merupakan agama yang sempurna dan sesuai kodrat manusia. Why? Karena HANYA agama ISLAM yang secara tegas membenarkan bahwa “Tiada (Tuhan) yang wajib disembah melainkan Allah SWT.” Ini merupakan salah satu bukti telak akan kebenaran ISLAM. Coba direnungkan! Dari manapun temen-temen memandang tak akan ada cacat dalam agamaku ini! Seumpama temen2 ditanya agama mana yang paling benar, ya pastilah jawabannya agamanya masing-masing. Tapi apakah temen-temen nggak merasakan perbedaannya? Pasti dalam hati terdalam temen2 semua, akan terbesit “Ooo ya ya, hanya ISLAM ya yang ajarannya maha lengkap, yang mengatur dari bangun sampai tidur!”. Coba dicek! Jangan sekedar main nimbrung akan kelemahan ISLAM.(Matur nuwun)

to erusmart and qwordpress

baca aja surah nabawiyah , disitu udah banyak sekali kok hal hal konyol dan ga masuk akal di islam :

menyumpahin,melaknat , kawin dengan istri anak tiri, pembunuhan , perang , harta rampasan dan celakanya dilakukan oleh seorang Nabi

heran aku setelah kelahiran sang raja damai Yesus kok ada yang ngaku nabi tapi kelakuannya maaf , mundur jauh

udah dibaca aja tuh surah nabaiyah buanyaaaaak kok yang lucu dan ga humanis

mengapa ya Nabi Muhammad tidak memiliki mukjijat2 seperti para nabi terdahulunya?tetapi para Sunan seperti Sunan Gunung Jati yang menyebarkan agama islam memiliki mukjijat2.seperti waktu mengunjungi China, Beliau membuat putri Ongtien hamil sesungguhnya padahal raja berpura2 untuk menguji kesaktian beliau.Walaupun Nabi Isa memiliki mukjijat2 tetapi setahu saya pribadi tidak ada santet atau guna2, teluh dll yang dukunnya adalah orang kristen.dan ada kesamaan ajaran antara Budha dan Kristen yaitu sama2 ajaran Kasih.dan sama2 meninggalkan keduniawian untuk mengabdi pada TuhanNya.tidak ada keserakahan hidup atau memiliki banyak istri.Yesus tidak memiliki istri dan sang Budha meninggalkan kerajaan berikut kemewahan didalamnya juga meninggalkan istri maupun anaknya untuk mengabdi pada Sang Hyang Widi(Tuhan).yang jadi pertanyaan saya karena saya juga seorang wanita apakah ada wanita didunia ini mau dijadikan istri kedua bahkan ketiga dan sebagainya?karena di ajaran Islam diperbolehkan memiliki istri lebih dari satu?karena Nabi Muhammad memiliki istri lebih dari satu.menurut saya sih….harusnya kalau mau menolong para janda dan fakir miskin…berilah mereka kehormatan dengan tidak menghina status mereka dan dibantu keuangannya tanpa perlu menikahinya.saya bangga dengan Ibu Tien Soeharto yang melarang poligami.walaupun Bapak saya seorang muslim saya tetap berargumentasi soal boleh memiliki lebih dari satu istri asal menafkahi lahir dan batin.mana mungkin demikian kenyataannya?saya mengikut ajaran ibu saya yang seorang Khatolik.dan saya juga menyukai ajaran2 Budha.saya harap banyak orang2 di dunia ini yang terbuka pikirannya dan melihat kekurangan2 dan kelebihan2 agama kita masing2,supaya kita hidup selaras ….saya dilahirkan dengan kedua orang tua yang berbeda agama tetapi mereka saling toleransi dan mereka sama2 mengambil yang terbaik dari ajaran agama masing2.saya bangga dengan Bapak saya walau diperbolehkan di agama islam untuk berpoligami tetapi Bapak saya sangat menentang.Karena agama yang benar ajarannya adalah dilarang menyakiti hati sesama.Saya sangat menyukai mempelajari tentang agama,apalagi ajarannya adalah kasih.

Nabi musa diberi mukjizat oleh tuhannya dapat menjadikan tongkat menjadi ular, sehingga ular tukang zihir firau’an, jadi Musa menhadapi masyarakat tukang zihir dijamannya. Nabi Musa juga diberi mukjizat membelah air laut untuk menghadapi Fir’aun yang sombong yang mengatakan dirinya Tuhan, jadi kesombongan Fir’aun dibalas dengan kesombongan oleh Musa atas izin Allah tapi tidak kaum Jahudi mengangkat dia Tuhan. Jesus menghadapi bangsa israil yang sombong dan pintar diberi mukjizat cukup banyak antara lain kelahiran, menghidupkan orang mati dan pengobatan sopak tapi tidak diberi mukjizat membelah laut kan?, kok langsung diangkat dia jadi Tuhan, apakah umat Kristen tidak keliru itu apa ngak sama antara Fir’aun yang terang-terang mengaku dia tuhan disembah rakyatnya dengan Tuhan Jesus anda?, ok lah tapi semua mukjizat yang diberikan kepada nabi sebelum Muhammad adalah bersifat fisik dan hanya berlaku waktu itu tidak dapat kita ulang. Mukjizat Muhammad adalah alqur’an yang semakin lama semakin dirasakan oleh ahli sain seperti Murcile Bucalle dll. Dan bagi anda yang ingin merasakan mukjizat Muhammad bacalah Alqur’an dengan takwa, tidak dengan prangka buruk pasti ada rasa yang berbeda dalam dada anda. Coba anda renungkan surat 103 (al Ashr) Demi masa. Sesungguhnya manusia dalam kerugian. Berapa umur anda sekarang 10, 20, 30 ,40, 50 atau 60 tahun apa yang telah peroleh seumur anda itu? Uang banyak bisa hilang, terbakar dll. Kejayaan besok mungkin hina ditangkap KPK. Apa yang sudah kita seumur kita sekarang?

Aminnn…… Agama tidak membedakan orang di Dunia ini, Tapi antara orang baik dan orang jahat…. Sadar… Sadar…. dan Sadar.LOVE IS RESPECT. TAK ADA YANG LEBIH MISTERIUS DAN TAK DI PAHAMI DARIPADA KASIH KITA SEMUA AMAT BUTUH KASIH YANG PASTI DAN MENDALAM PERBEDAAN ANTARA CARA MERASAKANNYA DAN SEBURUK APA KITA MENJALANINYA ADALAH HAL YANG BURUK. ” SEJARAH MEMBUAT ORANG BAIK JUGA MENGHADAPI PILIHAN BURUK. MEREKA SERASA MAYAT HIDUP KARENA DI PAKSA MEMBUNUH JIWANYA LEBIH DULU. JANGAN PERNAH KEHILANGAN ARTI BESAR DARI HIDUP DAN KASIH. WALAU SEMUA YANG BISA DILAKUKAN OLEH ORANG JAHAT. G B US NOW AND FOREVERMORE… Thx ada penambahan untuk materi spiritual yang saya jalani…. Love U all as Always……

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Stat

Blog Stats

  • 331,909 hits
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: