Agamaku Kesaksianku

Allah yang Menjadi Manusia

Posted on: Maret 16, 2006

Misteri Karya Penyelamatan manusia adalah misteri yang sangat luar biasa melebihi batas kemampuan pikiran manusia. Makanya tidak heran ketika banyak orang yang menolak ide Karya Penyelamatan ini, terutama tentang Allah yang menjelma menjadi seorang manusia, yaitu Yesus Kristus. Bagaimana cara memahami misteri Allah yang menjadi manusia ini dengan cara yang paling mudah dan masuk akal?

Berikut ini adalah tulisan yang diadaptasi dari tulisan Dr. Anis A. Sorrosh dalam bukunya “Kebenaran Diungkapkan. Pandangan Seorang Arab Kristen Tentang Islam. Bacaan Umat Kristen.”

Penjelmaan Allah adalah ibarat Anda, seorang manusia, yang sedang mengamati semut-semut yang sedang berjalan menuju suatu tempat tetapi jalannya berputar-putar sehingga tidak pernah sampai tujuannya.

Anda memperhatikan bahwa semut-semut ini hanya berputar-putar saja dan Anda yakin bahwa semut-semut ini tidak akan pernah sampai ke tujuannya. Anda menilai bahwa ini adalah suatu pemborosan waktu dan tenaga. Dan Anda ingin menolong semut-semut ini agar dapat sampai ke tempat tujuannya.

Bagaimana caranya? Mungkin Anda akan berkata pada semut-semut itu: “Saya akan menolongmu. Kamu harus berjalan ke arah sana.” Tetapi apa yang terjadi? Semut-semut itu tidak mengerti bahasa Anda. Dan semut-semut itu pun tetap membuang-buang waktu dan tenaganya.

Mungkin Anda akan mencoba mendorong semut-semut itu. Tapi hati-hati! Bisa saja semut itu akan tergencet oleh jemari Anda yang sangat besar dibandingkan dengan tubuh semut yang sangat kecil itu.

Sekiranya Anda memiliki kuasa kreatif dan Anda dapat menjelma menjadi seekor semut, dapatkah Anda menolongnya? Toh, ukuran badan Anda sudah sebesar semut. Anda dapat berbicara bahasa semut.

Tetapi itu saja tidak cukup!

Sekali Anda menjadi semut, maka Anda hanya dapat berfikir dan bergerak layaknya seekor semut. Tidak lebih! Artinya Anda tidak akan dapat membantu semut-semut itu. Bahkan Anda sendiri bisa jadi terjebak ke dalam acara putar-putar semut-semut tersebut.

Untuk dapat menolong semut-semut itu, Anda harus tetap memiliki kecerdasan manusia tetapi dengan rupa semut. Dengan demikian Anda masih ingat tujuan semula Anda sehingga harus menjelma menjadi semut, yaitu untuk menolong semut-semut itu. Dan Anda pun dapat menolong semut-semut itu dengan cara semut.

Karena itulah, Yesus Kristus, Allah segala zaman telah datang menjelma. DIA datang dalam rupa manusia, tetapi DIA tidak pernah berhenti menjadi Allah. Seperti layaknya manusia, Yesus juga makan dan tidur. Tetapi sifat Illahinya tidak pernah meninggalkan diri-NYA.

About these ads

39 Tanggapan to "Allah yang Menjadi Manusia"

Tulisan ini menimbulkan ide buatku untuk menjelaskan ke Ayah (my lovely husband ;)). Selama ini kami berdebat soal ini tapi aku selalu gagal, karena dia selalu berkata ” Allah itu kan maha segala-galanya, Dia bisa saja bersadba ‘Hai manusia, jadilah kamu baik’ atau ‘Jadilah kamu jahat’ maka semua akan terjadi sesuai perkataanNya. Toh semua ini adalah ciptaanNya, Dia bisa berbuat apa saja untuk mengubah apa saja. Untuk apa lagi Dia repot-repot menjelma jadi manusia? Seandainya kucoba menjelaskan dengan perumpaan semut ini pasti dia akan kembali ke masalah bahwa Allah adalah segalanya dan bisa menjadikan segalanya. Piye, dong? Pada akhirnya aku mentok dan hanya berkata “Itu kan rahasia Ilahi, pikiran kita gak bisa sampai kenapa Allah perlu menjadi manusia untuk karya keselamatanNya”. So, can you help me? GBU.

Berdoalah, semoga Tuhan membuka mata hatinya. Ingat Paulus? Bukankah dulu dia adalah Saulus yang menganiaya umat Kristen? Hanya karena tangan Yesus Kristus lah dia berubah 180 derajat.

Jadi, serahkan semuanya pada Tuhan.

I will help you my dearest, sejujurnya masalah keyakinan adalah hal yang sulit dipertemukan antara satu keyakinan dengan keyakinan yang lain apabila yang dijadikan tolak ukurnya adalah siapa yang benar dan siapa yang salah, akan tetapi jika tolak ukurnya adalah bagaimana keyakinan bisa membawa kebaikan terhadap kita dan orang disekeliling kita dalam ukuran kehidupan di dunia maka mungkin bisa sama – sama kita temukan persamaanya.

Apakah benar apabila “semut-semut” tersebut dibiarkan saja berjalan dan berputar – putar mereka tidak pernah akan bisa sampai pada tujuanya ?, tetapi satu hal yang kita lupa pada perumpamaan diatas adalah bahwa simanusia yang mengamati semut tersebut tidak pernah tahu apa sebenarnya tujuan dan keperluan sisemut berbondong – bondong dan berbaris – baris menuju sarang mereka dan apakah mereka berkehendak ditolong atau tidak, tidak demikian halnya ALLAH terhadap manusia dan juga semut – semut tersebut, ALLAH sangat tahu dan mengerti isi hati tiap – tiap makhluknya.

Sadarkah kita kenapa kita hidup ? apakah ALLAH sangat kurang kerjaan dan iseng membuat kita hidup dan beranak pinak kemudian saling membunuh dan saling menzalimi, kemudian ALLAH sendiri menjadi bingung dan memutuskan untuk ikut menjadi manusia agar manusia bisa terselamatkan ?

Sesederhana itukah ALLAH yang kita sembah dan agungkan ? apakah ALLAH sudah kehilangan kekuatanya sehingga dianggap perlu untuk berperang dengan setan (iblis, syaitan, lucifer dkk) yang notabone adalah juga makhluk ciptaanya ?

cobalah direnungkan dan jangan dijawab dengan ego dan isi kepala :)

Jawabanya adalah :

Bahwasanya ALLAH menciptakan manusia di dunia ini adalah untuk menjadi pemimpin (khalifah) dan mengelola dunia ini, baik pemimpin buat sesama manusia yang lain maupun pemimpin mahluk ALLAH lainya seperti binatang, tumbuhan dan juga para jin (iblis, syaitan, lucifer dkk adalah dari golngan ini) yang sudah diciptakan terlebih dulu di dunia ini (Hal inilah yang membuat sebagian golongan dari jin tersebut iri dan berjanji untuk menyesatkan umat manusia).

Dan juga bahwasanya ALLAH menciptakan manusia untuk menyembah dan meng agungkan namaNYA. Dan dijanjikaNYA dua tempat kembalinya manusia setelah datangnya hari kiamat (surga & neraka). dan dizinkanNYA manusia kebebasan untuk memilih jalan mereka masing – masing menuju kedua tempat tersebut.

ALLAH sangat tahu isi hati dan kemampuan manusia, yang pasti akan tersesat dan terjerumus di duinia ini apabila tanpa petunjuk, sehingga dengan sifat “Pengasih” dan “Penyayang” NYA ALLAH kemudian mengutus para Nabi dan Rasulnya (Musa, Isa, Muhammad, dll.) yang juga dari golongan manusia untuk membimbing dan memberikan petunjuk melalui perantara malaikat – malaikatNYA.

Kemudian masih perlukah ALLAH menjelma menjadi manuisa ?

Tulisan ini tidak dimaksudkan untuk membuka perang debat terbuka, mohon maaf sebesar – besarnya kepada rekan – rekan yang tidak berkenan dengan tulisan ini.
:)

Hi..hi..hi… Sebenarnya apa yg telah ditulis Fey telah menjelaskan mengapa Allah perlu menjelma menjadi manusia. Tapi sebagai perenungan, silakan kembali membaca perumpamaan semut. Tidak perlu tepat, tetapi esensinya seperti itu.

Tetapi yg terpenting adalah bahwa pembenaran atas manusia telah dinubuatkan sejak kejatuhan Adam. Pembenaran atas manusia itu adalah lewat Yesus Kristus. Silakan baca Kitab Kejadian (Genesis) atau yg sepadan di kitab suci lain. Itu menunjukkan bahwa Allah itu Mahatahu. Sejak awal telah dirancang suatu Karya Penyelamatan yang digenapi oleh Yesus Kristus. Dan itu telah juga dinubuatkan oleh para nabi termasuk Musa.

Justru karena Allah tahu bahwa manusia itu sungguh bebal dan selalu terjerumus dalam dosa. Tetapi karena Kasih Allah itu adalah Kasih Sejati, maka ada Karya Penyelamatan bagi umat manusia.

Oh iya, ini ada cerita tentan Allah dari website yang luar biasa: Kisah Mengenai Allah. Jangan lewatkan untuk membacanya.

Salam.

Kan di alenia pertama dah kubilang :P

Yo wislah, memang kepercayaan itu urusan pribadi kita. Yang penting adalah gimana kita menjalankan semua perintah Allah dengan ikhlas melalui agama apapun, toh Allah always give us the best so we must give the best also yaitu dengan cinta kasih, berbuat baik, tidak egois, mencintai sesama, membantu sesama, etc. Pokoke berbuat baik seperti Allah berbuat baik ke kita lah. Ok, my lovely husband and my dear brother? ;) God Bless Us.

Allow… allow…
Lam kenal….

Buat saya kayaknya untuk menjelaskan Yesus Kristus, Son of God en Son of Man itu kayaknya agak-agak susah untuk menjelaskan dengan analogi dan perumpamaan.
Soalnya pemikiran/manusia terbatas sih. Pasti abiz dijelasin A langsung ada pertanyaan B.
Kalo buat saya, mendingan langsung jelasin aja pake ayat-ayat Alkitab.

Saya sih pernah nge-posting tentang ini di blog saya :

http://indiegal.wordpress.com/2006/05/12/tidak-ada-manusia-yang-benar-bagian-2/

Ehem… karena anak muda yang lagi belajar menulis dengan bahasa yang baik dan benar :)
Maap maap kalo postingannya terlihat tak profesional… hehe

BTW, cuma pengen share nih ttg kekristenan…
( Katolik ato Protestan sama aja kan ? Yg penting kita sama2 Christ follower )

Kekristenan is not religion. Gak pernah Yesus datang ke dunia ini begitu juga murid-murid-Nya mengajarkan Kristen sebagai agama. Kekristenan adalah gaya hidup. Trus kenapa kita dibilang beragama Kristen ?
Yah, cuma buat pendataan negara aja… hehe

Jadi kalo ada agama yang bilang bahwa agama-nya adalah agama yang paling benar en hanya agama-nya yang diakui dan diterima di sisi Tuhan-nya… It’s okey.
Yang penting Tuhan kita yang benar, bukan agama.

Religion doesn’t save, but Christ save.

GBU

=============================================================
Yohanes 14 : 6 ~ “Kata Yesus kepadanya : “Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.

Kisah Para Rasul 4 : 12 ~ Dan keselamatan tidak ada di dalam siapa pun juga selain di dalam Dia, sebab di bawah kolong langit ini tidak ada nama lain yang diberikan kepada manusia yang olehnya kita dapat diselamatkan.

hmmmm… indiegal coba deh pelajari sejarah yesus tapi dari bahan non gereja, pernah ga sih yesus mengajarkan agar umatnya menyembah dan meminta untuk menganggapnya sebagai tuhan, bukankah yesus juga berdoa kepada ALLAH…

but anyway memang semua tergantung faith masing – masing

Ferry

Allow, sorry ya jawabnya baru sekarang…
Gak tau sih kalo ada yang kasi komen ke saya ^_^

Tentang sarannya untuk membaca sejarah Yesus dari bahan non-gereja tuh maksudnya apa ya ?
Teks Yahudi kah, Gnostikkah, ato Al’Quran ?

Kan nyaranin untuk baca ‘sejarah’ Yesus kan ?
Kalo Al’Quran sendiri, saya udah baca.

Ferry said : pernah ga sih yesus mengajarkan agar umatnya menyembah dan meminta untuk menganggapnya sebagai tuhan, bukankah yesus juga berdoa kepada ALLAH…

Yesus memang berdoa kepada Allah Bapa yaitu Allah Israel. Allah-nya Abraham, Ishak, dan Yakub.
Itulah sisi kemanusiaan dari Yesus. Berdoa tidak berarti hanya meminta kan… Yesus berdoa bukan berarti hanya karena ‘butuh’ Tuhan. Tetapi karena Ia (yaitu Yesus) dengan Allah Bapa (dan juga Roh Kudus) adalah satu. (Yohanes 10 : 30)

Yesus minta disembah ?
Dia gak pernah dan GAK PERLU berbicara seperti itu. Karakter Tuhan selain KUDUS adalah KASIH.
Kasih itu rendah hati.
Apakah kebesaran Tuhan harus selalu ditunjukkan dengan kegagahan dan keperkasaan ?

saya suka forum ini, orang²nya berpendidikan tinggi, ngga ada kata² kasar yang keluar dari tulisan kalian, sehingga tidak menimbulkan perasaan tersinggung buat agama lain. sebenernya saya mau ikut komen. tapi… saya hanya manusia biasa yg ngga luput dari kekhilafan dan dosa. takut nyinggung perasaan orang² yang ada disini Peace ah
wasalammualaikum wr wb

@Dear K1d,

Hihihi… kayaknya Anda akan berubah pikiran jika membaca para komentator di artikel saya yg lain. Di sana Anda akan menemukan banyak sekali kata-kata kasar.

Salam.

weQ…. ngga ah, takut nanti darah dalam diri saya mendidih kalo mendengar kata² kasar yang dilontarkan untuk agama saya. Jadi saya ingin damai dengan siapa saja, bukan berarti saya takut atau tidak bisa melawan, tapi saya selalu ingat satu hal : orang yang paling bijaksana adalah orang yang mengetahui bahwa dia tidak tahu !!

TUHAN memberkati kita semua

@Dear K1d,

Sayangnya justru banyak komentator yg berkata kasar untuk agama kami. Dan mereka dari agama Anda. Itu yg patut disayangkan…

Semoga Tuhan memberkati kita semua. Amin.

Sudah … sudah … nggak perlu membahas komentar-komentar kasar, dari siapa dan bagaimana.
Itu bukan yang terpenting, takutnya kita akan terjerumus ke debat kusir yang tidak perlu.

“Janganlah ada perkataan kotor keluar dari mulutmu, tetapi pakailah perkataan yang baik untuk membangun, di mana perlu, supaya mereka yang mendengarnya, beroleh kasih karunia.” Ef. 4:29

hmp…. !! setau saya kami hanya ingin mendapat penjelasan tentang ke-TUHANan Yesus bukan menghina, karna yesus juga adalah seorang Nabi buat kami orang muslim, yah salah satu nabi yg sangat mulia dimata kaum muslim (semoga kesejahteraan dilimpahkan kepada beliau). dan sebaliknya kenapa kalian menganggap Nabi besar umat islam Muhammad SAW sebagai seorang penjahat perang. cobalah kalian kenali dulu beliau sebelum memberikan CAP buruk kepadanya.

Mari kita kutip sedikit Pernyataan Kaum Orientalis non-Muslim.
Hampir semua musuh Muhammad Shallallahu Alaihi wa Sallam yang mengemukakan teori yang salah bahwa Beliau menyebarkan ajarannya dengan menggunakan pedang adalah orang Barat. Mari kita dengar apa yang dikatakan oleh bangsa non-Muslim Timur tentang hal tersebut:

a. “Semakin saya pelajari semalam saya temukan bahwa kekuatan Islam bukan berasal dari pedang.” Mahatma Gandhi, Bapak India Modern dalam “Young India” (India Muda).

b. “Mereka (pengkritik Muhammad Shallallahu Alaihi wa Sallam) melihat api bukannya cahaya, mendapat kebodohan bukan kebaikan. Mereka mengubah setiap kebaikan dengan kejahatan yang besar. Hal ini menggambarkan kebejatan moral mereka….kritikan tersebut adalah buta. Mereka tidak bisa melihat bahwa satu-satunya pedang Muhammad adalah pedang kemurahan hati, petunjuk, persahabatan, kemauan untuk memafkan pedang yang menaklukan musuh-musuhnya dan membersihkan hati mereka. Pedangnya lebih tajam daripada pedang baja.” {Pandit Gyanandra Dev Sharma Shastri, pada suatu rapat di Gorakhpur (India), 1928}.

c. “Beliau memilih untuk hijrah daripada harus berperang melawan rakyatnya sendiri; tetapi ketika penindasan mereka sudah di luar batas toleransi barulah beliau mengangkat pedang untuk membela diri. Mereka yang percaya bahwa suatu agama bisa disebarkan dengan kekerasan adalah orang yang bodoh yang tidak tahu jalannya suatu agama ataupun jalannya dunia. Mereka bangga dengan kepercayaannya karena mereka berada di suatu jalan, jalan yang jauh dari kebenaran” (Seorang jurnalis Sikh dalam Nawan Hindustan, New Delhi, 17 November 1947).

Maaf kalo saya agak melenceng dari topik, saya hanya ingin memperkenalkan sedikit tentang beliau ini. Terima kasih karna sudah memberikan saya kesempatan. GOD BLESS YOU my brother.

Wasalam

Assalamualaikum wbt dan salam sejahtera.

Kepada Umat Islam seluruhnya jangan mudah terpengaruh dengan pemikiran Kristian tentang Tuhan. Kerana apa yang Jelas menurut Bible TUHAN Allah adalah Tuhan Yang Esa dan tidak ada sekutu bagiNya.

Anda boleh merujuk Bible Anda tak perlu berkias nak jadi semut atau pemerhati semut tapi lihatlah BIBLE milik anda Penganut agama masehi semuanya. tak kira versi apa pun

(A) Rujuk Kitab Perjanjian Lama dan Kitab Perjanjian Baru (Ke Esaan Allah swt menurut Bible)

1. Injil Ulangan : Fasal 4:35
2. Injil Ulangan : Fasal 6:4
3. Injil Ulangan : Fasal 4:39
4. Injil 2 Samuel : Fasal 7:22
5. Injil John : Fasal 17:3
6. Injil Markus : Fasal 12:29

(Semuanya keterangan di atas adalah keterangan tentang ke-Esaan Allah swt)

(B) Rujuk Kitab Perjanjian Lama dan Kitab Perjanjian Baru (Yesus tidak mengaku sebagai TUHAN melainkan sebagai UTUSAN)

1. Injil John : Fasal 17:23
2. Injil Mark : Fasal 12:29
3. Injil Ulangan : Fasal 4:35
4. Injil Ulangan : Fasal 6:4
5. Injil John : Fasal 17:8

(Semuanya keterangan di atas adalah keterangan tentang Yesus a.s hanya sebagai utusan)

(C) Erti “Anak” dan “Bapa” berdasarkan Bible (Rujuk semua jenis Bible supaya lebih puas)

1. Kata “Bapa” untuk TUHAN

2. Kata “Anak” untuk mereka yang dihormati seperti Para Nabi dan Rasul-Rasul Allah.

3. Rujuk Injil Matius : Fasal 5:9

PERHATIAN:
- Mereka yang MEMBAWA DAMAI akan DISEBUT ANAK-ANAK ALLAH

- Kesimpulannya, bukan Yesus sahaja yang membawa DAMAI melainkan JUTAAN orang, semua menjadi ANAk-ANAK Allah.

- Bukti lebih lanjut
1. Injil Matius : Fasal 1:16
2. Injil Keluaran : Fasal 4:22 (Israel ANAK Allah yang SULUNG)
3. Injil Yeremia : Fasal 31:9 (Efraim ANAK Allah yang SULUNG)
4. Injil Mazmur : Fasal 89:27-28 (Daud ANAK Allah yang SULUNG)

(Sekali lagi “ANAK” adalah bermaksud “Yang Dikasihi”)

(D) Tuhan Dilahirkan Oleh Manusia dan Tidak Mampu berbuat Apa-Apa Dari Dirinya Sendiri

1. Rujuk Injil Luke : Fasal 2:11 (Wajarkah TUHAN dilahirkan oleh MANUSIA?!!

2. Rujuk Injil John : Fasal 5:30
PERHATIAN:
- Tuhan bukan berbuat atas kemahuannya
- Segala yang dibuatnya adalah atas kehendak Allah swt
-Jelas Yesus BUKAN TUHAN!

Kesimpuan yang diperolehi dari Injil John Fasal 5:30 adalah seperti berikut:

(a) Yesus datang ke dunia bukan atas kemahuannya sendiri tetapi adalah ketetapan dari Allah swt.

(b) Yesus menghidupkan orang mati,menyembuhkan penyakit Lepra (Kusta), menyembuhkan orang buta bukan atas kemahuannya sendiri melainkan dengan IZIN Allah swt.
(Rujuk Injil Bagaimana Elisa juga mempunyai mukjizat yang sama dengan YESUS malahan lebih hebat lagi!

- Rujuk Injil Kitab 2 Raja-Raja : Fasal 13:21
(Elisa menghidupkan orang mati sedangkan dia sudah mati)
- Rujuk Injil Kitab 1 Raja-Raja : Fasal 17:22

-Rujuk Injil Kitab 2 Raja-Raja : Fasal 6:17
(Elisa menyembuhkan orang buta)

-Rujuk Injil 2 Raja-Raja : Fasal 5:1-17
(Elisa menyembuhkan penyakit kusta Naaman di sungai Yordan).

(E) Yesus Tidak BERSATU dengan TUHAN

-Rujuk Injil Matius : Fasal 27:46

(F) Roh Kudus BUKAN Milik Yesus seorang

- Rujuk Injil Kisah Para Rasul : Fasal 6:5
(ROH KUDUS adalah ROH SUCI)

PERHATIKAN: Para NABI adalah KUDUS

- Rujuk Injil Surat Petrus Yang Kedua Fasal 3:2
Jelasnya : Roh Kudus BUKAN tuhan melainkan adalah ROH SUCI, Bersih dengan Izin Perintah dari Allah swt kepada hamba yang dikehendaki-NYA.

- Rujuk Injil Kisah Para Rasul : Fasal 5:32
- Rujuk Injil Lukas : Fasal 1:41

(G) TUHAN BAKAL DIBUNUH ADALAH TIDAK LOGIK

-Rujuk Injil Matius : Fasal 27:1
*Perhatian, Jika YESUS adalah TUHAN mustahil Sang Pencipta boleh DIBUNUH oleh yang DICIPTANYA???!

-Rujuk Injil Matius : Fasal 26:38
*Dengan menggunakan akal yang WARAS patutkah TUHAN BERDUKACITA???!

(H) YESUS LEMAH JIKA DIA TUHAN!

- Rujuk Injil Matius : Fasal 27:31-31
*Perhatian YESUS DILUDAH dan DIPEROLOK-OLOKKAN selaku TUHAN???

- Rujuk Injil Matius : Fasal 21:18-19
*Perhatian :
(a) Jika YESUS adalah TUHAN sepatutnya Yesus bukan menghina atau mengutuk pohon itu supaya janganlah berbuah lagi, malahan Yesus SEPATUTNYA menciptakan buah untuk POHON itu.

(b) Patutkah TUHAN mengutuk makhluk yang TIDAK BERSALAH.

“Maha Suci Allah” dari perkara atau sifat-sifatyang menyerupai hamba-hambaNya.

Fikirkanlah wahai saudara sekalian.

Semoga Allah swt membuka hati anda kerana yang berhak disembah hanya Allah swt Yang Esa dan tiada Persekutuan dalam Pemerintahannya.

KinG_7petala@yahoo.com

Salam sejahtera buat saudara sekalian,

Mohon saudara Dewo jika berkesempatan mengulas segala yang saya ketengahkan. Mungkin anda juga mempunyai komentar yang anda fahami dan saya suka untuk mendengar.

Mungkin dapat menambah maklumat saya yang sedia ada disamping kita dapat berkenalan kerana kita sama-sama di cipta oleh Allah swt Yang Maha Esa (Maha Suci Allah)

Saya juga berharap supaya Dewo tidak berkecil hati dengan segala yang saya ketengahkan, saya berharap ini adalah satu motivasi Ilmu (Medan Ilmu Ketuhanan)

Kita sama-sama berkongsi bukan menjadi musuh sekalipun kita berlainan agama, kerana tak kira siapa pun manusia itu Tuhan Hanya Satu yaitu Allah swt.

Wassalam

Bagaimana mas dewo..?sudah jelas belum..?Mas dewo..yang baik… di dalam pelajaran agama kristen ada gak sih istilah HADITS,SUNNAH,KEMUDIAN SABDA NABI/ROSSUL…….?

Di form ini sering bahkan hampir disetiap topik ada ayat ayat dari alkitab di tampilkan…namun setelah saya baca kalimat dan kata kata ayat tersebut mengandung unsur ungkapan,ucapan,perkataan(sabda dalam islam) atau perbuatan yang di saksikan saat kejadian pristiwa( sunnah dlm islam)
Kalau saya baca satu persatu dan saya melihat dari kwantintas dan penempatan ayat tersebut layakny sebuah sabda atau hadits.jadi bukan FIRMAN ALLAH.
FIRMAN/WAHYU MEMILIKI PEMAHAN YANG BERBEDA JAUH DIBANDING SABDA ATAU PERKATAAN NABI..SEdANGKAN PERKATAAN NABI ITU DI ULANGI LAGI OLEH SAKSI MATA UNTUK DI SEBARLUASKAN KE PADA UMATNYA YANG BIASA DISEBUT HADITS NABI.
Firman itu biasanya di sampaikan kepada rosul dengan perantara malaikatNya, atau dengan kehendak Allah sendiri secara langsung.
Sunnah rosul adalah segala perbuatan,perkataan.anjuran kepada umat manusia untuk mengikuti jejak dan perilaku seperti rusl atau nabi selama hidup dalam menyiarkan agama Allah.
Hadits adalah segala perkataan rosul atau nabi pada saat kejadian dalam sebuah ruang atau waktu yang disaksikan oleh sahabat nabi atau seluruh umat disaat sebuah peristiwa terjadi untuk di sebar luaskan kepada yang belum menyaksikan atau mengetahui sebuah peristiwa itu.

Jadi disinilah akar perselisihan pemahaman ayat ayat yang di tampilakan menjadi ayat ayat dalam alkitab.Contoh pemahaman nama ayat atau surah dalam injil.
MARKUS
MATHIUS
PAHAULUS
GALATIA
GEREMIA
JOHANES
dll
Siapakah mereka itu atau beliau beliau itu..?jelaskan dengan jelas dan mudah dimengerti.Rasul kah?nabi kah? atau sahabat nabi?atau salah satu murid bahkan hanya seorang umat yang pamrih kepada sejarah lalu menuliskan.
Oke bila kita anggap sebagai murid atau umat yang terdekat yesus saya setuju tapi,tulisan tersebut tidak pantas bila di jadikan satu dalam alkitab.Dimana yang di namakan kitabulLah itu adalah mengandung FIRMAN FIRMAN ALLAH KWALITAS DAN KWANTITASNYA BERBEDA.
Sedangkan riwayat atau kejadian yang luar biasa dan disaksikan oleh para murid ataupun umat manusia disaat itu harus disusun dalam kumpulan yang berbeda tempatnya tidak pantas di campur adukan ke dalam alkitab.Ada wadahnya tersendiri agar manusia bisa dan mudah memahami sejarah ayat ayat atau Firman Allah itu.
Jadi saat saya membaca alkitab baik di form ini atau di kitanb yg ada di balai kitab isinya labih mengandung anjuran dan perkataan rasul yang diriwayatkan…jadi ayat ayat asli(FIRMAN ALLAH) hampir tidak nampak.Karena isinya penyatuan antara sifat ketuhana yesus dengan Allah sendiri dijadikan satu.Yang pada akhirnya timbul syahwasangka mana yang dikatakan ALLAH mana yang dikatakan Yesus…kalau semuanya diublek ublek.Rusak deh alkitab kalau begitu, pantas saja hingga saat ini perselisihan argumen terjadi bahkan sudah banyak yang tidak lagi mengimani Yesus sebagai TUHAN karena memang yesus bukan Tuhan.
Jadi nanti kalau manusia mati bagaimana apakah yesus mau mebelamu?menyelamatkanmu bukankah selama ini Yesus kamu anggap juru penyelamat kalau kamu sendiri sdh berani merusak alkitab…
Diatas sudah jelas banyak ayat ayat yg ditampilkan dan jawabanya tidak perlu pakai ALQURAN yang agung tapi dengan kitab itu sendiri sudah jelas dak tidak bisa dielak lagi.
Kalau sejarah nabi bisa kita baca di brosur atau buku buku agama.Kalau sunnah nabi atau sabda rosul bisa kita baca di buku buku kumpulan hadist.Jadi harapan saya alkitabpun demikian pisahkan antara FIRMAN ALLAH dengan catatan catatan kecil itu atau tempatkan di bawah halaman kitab.
Seperti ayat maryam. FIRMAN TELAH DATANG DARI ALLAH BAHWA AKAN KUKARUNIAKAN SEORANG ANAK YANG AKELAK AKAN MENJADI JURU SELAMAT BAGI UMAT MANUSIA.
Itu contoh saja dan penjelasanya di tampilkan di bawah halaman atau di aleniakan.Saat firman itu turun yg kita sebut ayat atau surah.
Jadi dengan demikian orang yang membaca alkitab kagak kebingungan mencari literatur lain.itu saja mas dewo yang saya bisa sampaikan..biar alkitab bisa di pahami dan di bedakan mana yang firman Allah dan mana yang perkataan atau perbuatan yesus dan saksi saksi utamanya…
semoga bisa di mengerti dan dijalankan ingat sabda rosul kita yesus BARANG SIAPA YANG MELAKSANAKAN PEKERJA PEKERJAANKU AKAN KUBERI KESELAMATAN DAN SURGALAH BAGINYA.Jadi saya lebih muliakan mengutamakan dan menempatkan bahwa ayat ayat itu adalah UCAPAN YESUS bukan FIRMAN TUHAN,jelas bedanya dan jangan katakan bahwa firma Tuhan itu di masukan kedalam mulut yesus maka apa yang dikatakan yesus itu adalah perkataan Tuhan.Itu versi mas dewo kalau versi kitab buka begitu itu hanya perintah Allah yang harus disampaikan kesegenap ciptaaNya melalui Yesus.Harus ada dasar dan alasan dong .biar yang awam awam itu mudah menerima dakwahmu.

Dr.Anis sorros asal inggris..iitu kah? saya sudah lihat vedeo debatnya menghadapi pertanyaan seik ahmad deedat tak dapat berbicara banyak.
Annis soros justru salut kepada ahmed deedat..mampu menjawab semua pertanyaan keras dan kritik keras dari pihak kresten..tanpa konsep atau teks ..luar kepala..mau tanya apa Anis sorros.selalu .bisa terjawab dan jawabanya justru di kembalikan dengan alkitab itu sendiri..maka Anis sorros hanya bisa terdiam sambil senyum sekali kali bertepuk tangan sebagai ucapan salut kepada dr.ahmed deedat.saya harap umat kristiani terutama mas Dewo banyak banyak nonton video debat international atau di situs http://www.youtube.com disana anda bisa sepuasnya melihat apa yang ingin mas dewo inginkan.tinggal ketik DEBAT ISALAM VS KRISTEN. ATAU INJIL VS QURAN.. ENTER DAH BERES ANDA BISA SAKSIKAN KELIHAIAN MASING MASING PEMBICARA

Penjelasan dengan bahasa yg apik….
Tapi sungguh naif… (ma’af)

Apakah Tuhan tidak mengerti bahasa manusia ????
Coba anda bayangkan, jikalau semut-2 itu adalah ciptaan anda, dimana anda yg menentukan batas kemampuan, pikiran, dan semua hal tentang semut. Akankah saudara tetap bersikukuh menjelma menjadi semut adalah lebih baik ??? Atau cukup mengambil atau menciptakan seekor semut, anda isi pikiran dan kemampuannya sesuai keinginan anda dan anda suruh untuk menolong semut-2 yang lain????

Alangkah sombongnya manusia, jikalau berfikir bahwa Tuhan perlu untuk menjelma menjadi manusia hanya untuk menolong manusia. Emang seberapa pentingkah manusia bagi Tuhan…. ????

Salam damai
Edi

Tapi ada lagi mungkin yang lebih sombong yaitu dosa manusia harus ditebus oleh Tuhan

Salam

Translation of Sahih Bukhari
Translator: M. Muhsin Khan

http://www.usc.edu/dept/MSA/fundamentals/hadithsunnah/bukhari/061.sbt.html

Volume 6, Book 61, Number 558:

Narrated Aisha:

Allah’s Apostle heard a man reciting the Qur’an at night, and said, “May Allah bestow His Mercy on him, as he has reminded me of such-and-such Verses of such-and-such Suras, which I was caused to forget.”

=======================================

Volume 6, Book 61, Number 562:

Narrated ‘Aisha:

The Prophet heard a reciter reciting, the Qur’an in the mosque at night. The Prophet said, “May Allah bestow His Mercy on him, as he has reminded me of such-and-such Verses of such and-such Suras, which I missed!”

=======================================

quiz!

apakah ayat2 yg saat ini beredar sudah lengkap & benar adanya?
atau masih ada yg tertinggal, atau salah, karena sang nabi sendiripun lupa?

sebagaimana nabi-nabi palsu dahulu tampil ditengah2 umat Allah,demikian pula di antara kamu akan ada guru2 palsu.
Mereka akan memasukan pengajaran2 sesat yang membinasakan,bahkan mereka akan menyangkal penguasa yang telah menebus mereka dan dengan jalan demikian segera mendatangkan kebinasaan atas diri mereka.banyak orang yang akan mengikuti cara hidup merekayang dikuasai hawa nafsu,da karena mereka,jalan kebenaran akan dihujat.(2 pet 1:1-2)
Tuhan lebih mengetahui akal budi setiap manusia dan Dia sanggup melakukan apa saja yang Dia kehendaki.TIDAK AKAN BISA DISELAMI OLEH MANUSIA apalagi di pikir secara logika yaitu dengan pikiran manusia itu sendiri.memang banyak orang yang melangkah keluar dari iman(kristen)karena itu memang harus terjadi karena telah di nubuatkan oleh Roh Kudus kepada para rasul.inilah pepatahnya:banyak yang dipanggil tapi sedikit yang dipilih.

hiks…hiks…aku dipilih tidak ya????

@Dear Dhisty (#24),

Terima kasih atas pencerahannya.

~~~

@Dear Hinadina (#25),

Anda telah menerima panggilan itu. Siapkah Anda mengikuti panggilan itu?

Salam.

Aaaaaaaahhhhhhhhhhhhh ………………

Begitu-2 juga akhirnya …..
Seperti bertanya pada rumbut yang bergoyang ….!!!

Salam damai
Edi

Saya adalah seorang pengusaha yang bergerak pada bidang properti dengan beberapa perusaan kecil lain sebagai penunjang usaha saya yg utama. Saya tinggal bersama seorang istri dan satu orang anak laki2 disebuah rumah yang sangat besar. Untuk merawat rumah dan seisinya, saya merekrut 10 orang pegawai rumah tangga (PRT) yang terdiri dari 3 orang pembantu umum, 2 orang koki, 2 tukang kebun,dan 3 sopir.

Dalam rumah saya, saya memperlakukan pembantu, koki, tukang kebun, dan sopir sebagai pegawai yang mempunyai kedudukan yang sama. Tetapi saya membuat peraturan yg sangat ketat dan setiap pegawai yg melakukan kesalahan akan saya catat (tanpa sepengetahuan mereka) demikian pula dengan kebaikan/prestasi. Dan apabila catatan kesalahan sudah mencapai angka tertentu, saya akan memberikan sangsi berupa pemecatan. Demikian juga untuk catatan kebaikan akan berujung pada bonus dan hadiah.

Waktu berlalu beberapa tahun dan pada akhir tahun ini saya membuka semua catatan pegawai saya. Dan saya melihat bahwa semua pegawai mempunyai catatan kesalahan lebih besar dari catatan kebaikan/prestasi. Dan celakanya catatan kesalahan mereka semua sudah melebihi angka batas yg saya tetapkan (walaupun sudah saya kurangi dengan catatan prestasi mereka) yang berarti pemecatan pada semua pegawai saya.

Tetapi … pada dasarnya saya sangat menyukai dan mengasihi mereka semua dan tidak sampai hati untuk memecat satupun dari mereka. Apakah yang harus saya lakukan terhadap mereka sekarang ???

1. Saya turun menjadi PRT untuk mengajari dan menuntun mereka dalam bekerja.
2. Saya menyuruh anak saya menjadi PRT untuk mengajari dan menuntun mereka dalam bekerja.
3. Saya merekrut seoarang PRT trus saya bimbing dia untuk mengajari dan menuntun mereka dalam bekerja.

TOLONG ANDA PILIHKAN SATU TINDAKAN YG TEPAT, YG HARUS SAYA LAKUKAN DARI PILIHAN DIATAS …!!!

Salam Damai,
Edi

klo menurut saya semua itu terserah anda,bukankah anda yg jd majikannya?apabila anda memilih salah satunya dan anda melakukan keputusan itu apa mereka bs menolak?

klo anda membandingkan dengan keselamatan dlm iman kristiani,kami juga tidak bs memilih karena keselamatan itu adalah hak mutlak Tuhan dan keselamatan itu (yg kami percayai) yang Tuhan tawarkan. manusia hanya bisa menerima atau menolak tawaran itu.

cmiiw

Setuju sama hina dina,
To Edi, tapi yang no 3 kayaknya kurang mantep, soalnya informasi suka bias, apalagi kalau rantainya banyak.
Salam

Dear hinadina,

Terima kasih atas jawabannya.
Memang benar dari sisi pegawai tidak akan bisa menolak apapun keputusannya. Tetapi, saya disini menanyakan jawaban yg tepat menurut anda, dan saya tidak/belum membanding dengan keselamatan iman anda. Karena jika begitu, jawabannya bisa jauh lebih berbelit, seperti jawaban pertanyaan saya di https://agamaku.wordpress.com/2007/05/11/manusia-berdosa-dan-membutuhkan-penolong/#comment-6744.

Dear sayathink,

Terima kasih atas jawabannya.
Memang benar informasi suka bias, tetapi bukan pula itu inti dari cerita diatas saya.

OK, saya ulangi lagi,
Saya disini hanya menanyakan tindakan yang tepat dan logis tentunya dari persoalan diatas.

Terima kasih dan salam damai,
Edi

Dear Edi,
Ketiga jawaban masuk akal dan tepat tergantung alasan masing-masing dan kualitas karakter si tuan. Akan dipilih:
Jawaban 1 dan 2 , Kalau kualitas karakter si tuan sangat baik dan rajin
Jawaban 3, Kalau karakter si tuan agak baik (tetapi juga agak malas)

Salam,

Dear sayathink,

Terima kasih atas jawabannya dan tambahan pendapat tentang karakter si tuan …

Saya rasa tidak perlu diperpanjang lagi masalah diatas dan terserah pada anda untuk memilih jawabannya. Saya hanya mencoba untuk membuka belenggu pikiran anda dengan menyodorkan kisah/ilustrasi yang teramat sangat sederhana.

Tetapi, sekali lagi pilihan terserah pada anda ….

Terima kasih dan salam damai,
Edi

@edi

wah kok nyerah sih,mxd pertanyaannya aja blm jelas.

ya sudah saya ikut permainan anda deh,saya pilih yang no. satu, gmana?

Damai dihati damai dibumi

Mas Dewo, bener … bener…, begitulah Yesus
Yesus kedunia menjadi serupa dengan manusia ya … serupa dengan manusia secara fisik bahkan melalui kelahiran, penderitaan dan kematian, tapi proses keberadaan_Nya, sikap, tindak tanduk, perbuatan_Nya adalah Allah, kebangkitan itulah buktinya.
Manusia memang terlalu percaya pada kesombongannya, lupa bahwa kesombonganya hanyalah setitik air dilautan kelemahannya yang dapat menenggelamkan dirinya.
Manusia mengira hanya dengan logika, pikiran dan emosi dapat mencapai kebahagiaan yang abadi. Manusia lupa bahwa hanya dengan pertolongan Allah, manusia baru dapat mencapai kebahagiaan abadi. Dalam misi itulah Allah datang menyerupai manusia dalam wujud Yesus.
Ketika anak kita merengek, menangis meminta penjelasan gimana prosesnya koq didalam perut ibu ada adeknya.
Apakah kita akan memaksakan pola pikir orang dewasa kepada anak kita dalam menjawabnya ?.
Tentunya kita akan berbicara, menjelaskan dengan pola pikir anak anak agar dapat diterima sebatas pengertian anak anak dan itu menjadi misteri bagi anak anak. Setelah dewasa oh … begitu bahkan melakukan.
Bila kita melihat Allah, kita seperti anak anak itu, kerja Allah adalah misteri.
Kerja Allah dapat kita mengerti dengan perjalanan iman kita.

Ya … Allah
Ajarkan kepada manusia untuk melihat dengan pendengaran
Dan mendengarkan dengan hati.
Kabulkanlah permohonan ini …

Dear Edi,

Terima kasih juga.
Tetapi tujuan saya dari “karakter” adalah ingin mengatakan cinta manusia saja sulit dibatasi oleh seseorang, apalagi Cinta Tuhan. Tak terbendung.

Salam,

Dear hinadina,

Terima kasih atas tanggapannya, dan saya tegaskan bahwa itu bukan sebuah permainan.
Dan saya bukannya mau menyerah, tetapi memang masalah tersebut tidak perlu diperpanjang. Tetapi jangan kuatir, saya masih ada cerita lain yang lebih singkat.

Dear sayathink,
Terima kasih atas tanggapannya, dan sekali lagi saya tidak/belum membanding dengan iman anda. Dan saya tunggu komentar/tanggapan anda di cerita saya yang berikutnya.

Dan buat anda berdua, semoga saja anda bisa melakukan tindakan sesuai dengan pilihan anda jika suatu saat anda mengalaminya.

Terima kasih dan salam damai,
Edi

Kok sepi yaaa …. cerita lagi ahhhh ….

Saya kepala rumah tangga yang tinggal dengan istri dan seorang anak laki-2. Kami mempunyai tiga PRT yang terdiri dari 1 orang pembantu umum, 1 orang koki dan 1 tukang kebun.

Sekarang ini, ketiga PRT saya mempunyai hutang uang kepada saya dengan jumlah yang sangat besar. Saking besarnya hutang tersebut, mereka harus mencicil dengan potong gaji untuk 20~30 tahun mendatang.

Tetapi … pada dasarnya saya sangat mengasihi mereka dan tidak sampai hati melihat mereka terjerat hutang tersebut. Apakah yang harus saya lakukan untuk meringankan beban hutang mereka pada saya ???

1. Karena Saya mengasihi mereka dengan teramat sangat, maka mereka saya bebaskan dari beban hutang mereka.
2. Saya memberi keringanan kepada mereka sesuai dengan prestasi kerja masing-2.
3. Selain kerja Kantor, saya juga bekerja sebagai PRT dan gaji saya sbg PRT digunakan untuk membantu mereka melunasi hutang kepada saya.
4. Saya suruh anak saya menjadi PRT dan gajinya digunakan untuk membantu mereka melunasi hutang kepada saya.

TINDAKAN MANAKAH YANG PALING TEPAT MENURUT ANDA ???

Salam damai,
Edi

Dear Edi,
Senang dengar cerita anda.
Lagi-lagi soal karakter si Tuan, Edi.
Kalau si Tuan punya karakter, hutang adalah hutang harus di bayar (tdk ada kompromi, seperti negara ke alm pak Harto: hukum harus ditegakkan) , tapi bersamaan dengan itu punya kasih yang luar biasa, menurut saya no 3/4 dipilih.
Sorry kalau jawaban saya mirip juga ya sama sebelumnya..

Salam,

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Stat

Blog Stats

  • 331,522 hits
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: