Agamaku Kesaksianku

Lady of Naju (1): Latar Belakang

Posted on: April 2, 2006

Banyak sekali peristiwa-peristiwa istimewa yang terjadi di muka bumi ini. Sebagian dapat diklaim sebagai suatu mujizat Ilahi dan sebagian lain (yang lebih besar porsinya) tidak dapat diklaim sebagai mujizat Ilahi. Terhadap peristiwa-peristiwa istimewa ini memang sulit dilakukan pengujian baik secara medis, teknis, mau pun teologis. Banyak kelemahan-kelemahan yang ada yang membatasi kita terhadap pengujian dan pembuktian ini.

Tetapi betapa pun sulitnya pengujian dan pembuktian ini, kita harus bersandar sepenuhnya pada Kitab Suci dimana cara medis dan teknis sudah tidak dapat digunakan atau dipercaya. Kekuatan Kitab Suci sangat luar biasa dan secara mutlak tidak terbantahkan terutama karena tulisan dalam Kitab Suci diilhami oleh Allah sendiri secara langsung.

Peristiwa di Naju

Lady of NajuMengamati peristiwa-peristiwa yang istimewa yang terjadi pada Yulia Kim dari Naju yang oleh banyak orang disebut sebagai mujizat, kita harus berhati-hati dalam menyikapinya. Gereja pun secara resmi belum memberikan pernyataan resmi berkaitan dengan peristiwa-peristiwa istimewa ini walau pun pertama kali peristiwa ajaib ini telah terjadi sejak tahun 1985. Seperti kita tahu, Gereja sangat berhati-hati dan perlahan dalam menangani masalah-masalah seperti ini demi menjamin kebijaksanaan dan kepastian kebenaran. Dan sering kali Gereja menuntut pembuktian secara medis dan teologis.

Pembuktian secara medis pun telah dilakukan berkenaan dengan peristiwa di Naju ini. Tetapi sekali lagi, dari semua hasil penelitian yang dilakukan ini, selalu saja kesimpulannya tidak serta merta dapat ditarik bahwa air mata, darah dan daging itu benar-benar berasal dari Bunda Maria dan Yesus Kristus. Karena kita tahu tidak ada spesimen air mata, air mata darah, darah dan daging Yesus Kristus dan Bunda Maria yang kita simpan yang benar-benar dari manusia Yesus Kristus dan manusia Maria.

Pembuktian secara medis hanya menyatakan bahwa darah dan daging yang terdapat pada peristiwa itu adalah benar-benar darah dan daging milik manusia, yaitu seorang laki-laki dengan golongan darah AB. Sedangkan jenis darah yang lain adalah benar-benar darah seorang wanita dengan golongan darah BO. Tetapi tidak serta merta kita dapat mengklaim itu sebagai milik Yesus Kristus dan Bunda Maria.

Ajakan untuk Meneliti Peristiwa di Naju

Bagi saya yang awam ini, secara pribadi, peristiwa di Naju menimbulkan suatu kesan yang negatif. Mungkinkah saya termasuk orang yang skeptis terhadap hal-hal seperti itu, yang oleh orang banyak disebut mujizat? Justru karena saya punya landasan Kitab Suci sehingga saya tidak serta merta menerima peristiwa-peristiwa di Naju.

Saya merasakan kesan negatif karena seolah peristiwa di Naju itu tidak bermanfaat secara langsung bagi perkembangan rohani saya secara pribadi. Lagi pula banyak sekali keberatan-keberatan yang akan saya ajukan. Tetapi yang paling mendasar adalah bahwa peristiwa di Naju bagi saya memiliki beberapa kesalahan fatal, yaitu:

  1. Peristiwa di Naju tidak Alkitabiah, bahkan beberapa hal bertentangan. Selebihnya seperti suatu pameran hal-hal gaib atau mistik. Yulia Kim sendiri tidak mengajarkan atau memberitakan Injil, tetapi justru hal-hal baru yang tidak terdapat dalam Injil. Misalnya tentang penderitaan aborsi, stigmata, pesan-pesan dari Bunda Maria, penderitaan yang dialami Yulia Kim, dan lain-lain.
  2. Peristiwa di Naju seolah merendahkan Ekaristi. Dalam Kitab Suci, Perjamuan Terakhir dipimpin langsung oleh Yesus Kristus. Saat itu Yesus Kristus mengajarkan suatu upacara untuk mengenangkan Kisah Sengsara dalam Karya Penyelamatan-Nya, yaitu dengan upacara perjamuan terakhir. Pada upacara itu Yesus memberkati roti yang disimbolkan sebagai tubuh-Nya dan anggur yang disimbolkan sebagai darah-Nya. Setelah bangkit dari wafat-Nya, Yesus Kristus sempat memimpin perjamuan bersama muridnya. Pada beberapa kali Misa Ekaristi yang langsung dipimpin Yesus Kristus itu, tidak ada perubahan roti dan anggur menjadi tubuh dan darah Kristus secara nyata. Kalau misalnya memang roti dan anggur itu berubah secara nyata menjadi tubuh dan darah Kristus, seharusnya Kitab Suci akan menuliskannya. Tetapi apa yang terjadi dengan peristiwa di Naju? Mengapa Hosti itu benar-benar menjadi darah dan daging? Milik siapakah? Inilah dasar pemikiran yang membuat saya selalu bertanya-tanya.

Dalam tulisan ini, saya akan menjabarkan penelitian awal saya dan mengajak para pembaca untuk melakukan penelitian tentang peristiwa di Naju ini lebih lanjut. Sayang sekali bahwa saya tidak dapat secara langsung mengamati peristiwa ini dengan mata-kepala saya sendiri. Tetapi saya cukup berbahagia karena saya memiliki Kitab Suci sebagai pegangan dan dasar dalam penelitian ini.

Dan yang terpenting dalam ajakan penelitian ini adalah supaya kita tidak sempat terjerumus dalam bahaya sebelum suatu pernyataan resmi dari Gereja diumumkan. Lebih baik kita bersikap hati-hati dan bijak dalam menentukan keputusan.

Selanjutnya sebagai langkah awal akan diteliti tulisan-tulisan yang berkenaan dengan peristiwa “Lady of Naju” ini dari berbagai sumber. Berikut ini adalah sumber referensi sementara yang berhasil saya kumpulkan dan pelajari. Tidak menutup kemungkinan daftar ini akan terus bertambah sejalan dengan berlangsungnya penelitian ini.

  1. Ratu Surga. Tanda-tanda Ajaib Bunda Terberkati di Naju, Korea. Penerbit: Marian Central Indonesia, 2005.
  2. Our Lady of Naju. Miracles Eucharistcs. “Virgin Mother Lovely”. http://www.geocities.com/jusanfn/index8.htm.
  3. Santa Perawan Maria dari Naju. http://yesaya.indocell.net/id589.htm.
  4. Our Lady of Naju! Pray for us. http://www.najumary.org/
  5. Mary's Touch. http://www.marys-touch.com/

Struktur Penulisan

Dalam penulisan ini tulisan dibagi dalam beberapa bagian seperti berikut ini:

  1. Pengantar. Berisi ajakan penyelidikan peristiwa-peristiwa di Naju dan juga berisi dasar pemikiran mengapa penyelidikan ini perlu dilakukan.
  2. Gambaran Singkat Peristiwa di Naju. Berisi sekilas riwayat Yulia Kim dan peristiwa-peristiwa ajaib yang berkenaan dengannya.
  3. Keberatan-keberatan Terhadap Peristiwa di Naju. Terdiri dari 2 bagian, yaitu keberatan-keberatan berdasarkan studi Kitab Suci dan berdasarkan iman seorang manusia dan logika manusiawi.
  4. Menyikapi Peristiwa di Naju. Berisi petunjuk untuk bersikap dalam menghadapi peristiwa-peristiwa ajaib.
  5. Kesimpulan. Berisi kesimpulan sementara atas hasil studi yang dilakukan. Kesimpulan ini masih sementara dan terus akan dikembangkan sesuai dengan perkembangan informasi dan jaman yang berkenaan dengan peristiwa di Naju.

Selanjutnya tulisan ini diharapkan dapat bermanfaat dan dapat memberi pencerahan terhadap hati yang bimbang dalam menghadapi banyak peristiwa ajaib dan tekanan-tekanan jaman dewasa ini. Dan yang terpenting adalah ajakan untuk bersikap bijak dalam menyikapi hal-hal yang ajaib dan tidak serta merta mempercayainya.

2 Tanggapan to "Lady of Naju (1): Latar Belakang"

peristiwa penampakan adalah sangat mungkin terjadi tetapi yang perlu di tekankan bagi semua nasrani bahwa kita hidup di jaman modernisasi tentu kita harus lenih berhati2 dalam menyingkapinya.sebagai orang katholik saya percaya akan kedatangan Tuhan Yesus Kristus dan itu pasti akan terjadi.tetapi penampakan Bunda maria harus di pelajari lebih mendetail karena menurut saya dalam injil kenaikan Bunda Maria tidak di jelaskan dengan sempurna jika ada yang mempunyai info mengenai ini lebih banyak tolong kabri saya, tetapi satu keyakinan kita umat katholik bahwa Allah Punya Rencana memilih Perawan Maria dalam Melahirka yesus yaitu sejak yesus kebumi bunda sebagai perantara manusia dengan ilahi sekarangpun pasti BUnda tetap menjadi perantara kita semua dengan tuhan yesus kristus. semoga AMIN.

online poker law

It seems to me online poker law

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Stat

Blog Stats

  • 395,785 hits
%d blogger menyukai ini: