Agamaku Kesaksianku

Salib Lambang Keselamatan

Posted on: November 29, 2007

Dua ribu tahun yang lalu, Yesus tergantung di kayu salib. Tangan dan kakinya terpaku di kayu salib. Salib hina menopang tubuh-Nya yang lemah setelah siksaan dan deraan sepanjang akhir hidup-Nya.

Apakah salib itu menjadi saksi betapa hinanya akhir kehidupan Yesus? Betapa tragisnya akhir suatu kehidupan seorang Anak Manusia yang disebut “Guru” dan “Tuhan” oleh para murid-Nya. Apakah salib itu menjadi sebuah simbol kesia-siaan?

Ribuan generasi menghujat Yesus dan menolak-Nya. Tak terbilang yang mencemooh dan menghina karya agung keselamatan Yesus. Hampir semua menolak kenyataan pahit akhir kehidupan Yesus dan meninggalkan dan berusaha melupakan tragedi sejarah sepanjang usia bumi ini.


Telah Terbentang Lengan Kasih Allah

Tetapi di balik kehinaan itu, di balik kesengsaraan dan tragedi itu, terbentanglah jalan keselamatan. Yesus, Sang Anak Allah, telah membentangkan tangan-Nya, terentang antara langit dan bumi, seolah merentang menyambut seluruh umat manusia untuk kembali ke dalam dekapan kasih Allah.

Seruan-Nya yang memaafkan segenap kesalahan dan dosa manusia menjadi panggilan untuk setiap hati yang mendengarkan-Nya. Datanglah ke dalam rengkuhan pelukan kasih Allah yang telah terentang antara langit dan bumi. Yang menjadi saksi dan bukti bagi kasih Allah yang begitu besar bagi umat manusia.

Salib menjadi saksi bahwa manusia telah dipanggil Allah. Salib itu telah menjadi simbol pengingat bagi manusia akan kasih Allah yang begitu besar dan tidak terjangkau akal-budi manusia. Allah telah merentangkan lengan kasih-Nya untuk menyambut umat manusia yang terpanggil dan datang kembali ke kerajaan Allah.

Bagi manusia skeptis, salib adalah simbol siksaan dan hinaan bagi Yesus. Tetapi bagi manusia terpanggil, salib adalah simbol nyata kasih Allah.

Hukum Allah Dituliskan Dalam Hati Manusia


Salib telah digenapi. Kabar Baik telah dinyatakan. Umat manusia telah mendengar kabar bahagia itu.

Hukum Allah telah dituliskan dalam hati manusia. Simbol salib telah terpatri di setiap hidup manusia. Semua orang telah menerimanya. Tidak memandang bangsa dan bahasa. Semuanya telah menerima kasih Allah yang disuarakan dengan bahasa kasih. Saliblah bahasa kasih Allah itu.

Kayu salib tegak menyatakan hubungan manusia dengan Allah:

“Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu.”
(Matius 22:37, Markus 12:30)

Kayu salib mendatar menyatakah hubungan manusia dengan sesamanya:

“Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.”
(Matius 22:39b, Markus 12:31a)

Anda Telah Dipanggil


Kita semua telah dipanggil. Dengarkan seruan kasih abadi Allah. Lihatlah rentangan tangan penuh kasih itu. kembalilah kepada Allah.

Jangan abaikan seruan kasih abadi Allah. Hidup kita sangat berarti. Allah telah menjembatani bumi dengan langit melalui karya keselamatan abadi yang telah digenapi oleh Yesus Kristus, Putera-Nya yang setia. Betapa besarnya kasih Allah.

About these ads

251 Tanggapan to "Salib Lambang Keselamatan"

Ini dalam rangka pencerahan.

Kenapa sih Tuhan harus menjadikan diri-Nya menjadi manusia dulu, terus disalib oleh manusia, terus menebus dosa manusia. Tidakkah ini complicated? Tidak adakah jalan lain bagi Tuhan untuk menebus dosa manusia dengan cara mengampuni dosa-dosa manusia yang mengikuti jalan Tuhan? Bukankah Tuhan Maha Pengampun, dan Maha Kuasa untuk mengampuni dosa manusia. Bagaimanakah keadaan manusia sebelum Yesus datang? Siapakah yang menebus dosa mereka?

Berbicara mengenai dosa, bagaimanakah dengan Iblis serta mahluk-mahluk setan lainnya. Bukankah mereka juga mahluk ciptaan Tuhan yang penuh dengan dosa? Siapakah yang menebus dosa mereka? Adakah Tuhan harus menjadi Iblis atau setan dulu, terus entah diapain oleh Iblis…lalu mati, terus terjadilah penebusan dosa Iblis dan para setan. Begitukah?

Mohon pencerahannya……

Dua ribu tahun yang lalu, Yesus tergantung di kayu salib. Tangan dan kakinya terpaku di kayu salib. Salib hina menopang tubuh-Nya yang lemah setelah siksaan dan deraan sepanjang akhir hidup-Nya.

Pada tahun 1999, pengkhotbah di gereja juga menyebutkan bahwa Yesus sudah datang dua ribu tahun yang lalu. Kemudian pada tahun 2005, hal serupa diulangi lagi. Ini salah satu kekeliruan yang saya jumpai, sebagaimana saya tulis di Juruselamat Dua Ribu Tahun Lalu. Lebih dari atau sekitar dua ribu tahun lalu jauh lebih tepat.

Kalau Tuhan gak jadi manusia terlebih dahulu, dan gak disalib, dan gak disiksa utk menebus dosa manusia, maka gak akan ada makna “penebusan” dan “pengorbanan”.

Saya sangat bersyukur Yesus berkurban menebus dosa2 manusia….

Dan karena Anak Manusia telah berkurban di atas kayu salib utk menebus dosa manusia, maka kita gak perlu lagi wajib “mengurbankan” kambing ato lembu utk acara kurban.
Krn dosa manusia yg sudah complicated ini tdk akan bersih hanya krn mengurbankan lembu/sapi/kambing/whatever (dgn harga lembu/kambing yg bervariasi di setiap acara kurban).
Mungkinkah dosa manusia dibayar dengan harga darah lembu/kambing?

Hanya dengan Darah Yesus…

Bersyukurlah “yang terpilih”….
Karena “Bukan kamu yang memilih Aku, tetapi Aku lah yang memilih Kamu”

Btw, buat Mas Dewo,, tulisannya bagus sekali…ditunggu lagi ya…

God bless you all…

Terus, untuk apa ada penebusan dan pengorbanan? Tolong jelasin dong……

“Terus, untuk apa ada penebusan dan pengorbanan? Tolong jelasin dong……”

jawaban: baca lagi tulisan mas dewo yyyyaaaaaaaaa…..

@ Dear Irone1966,

Silakan baca tulisan yang ditulis Sdr Zham di:
“Manusia Berdosa dan Membutuhkan Penolong”

Semoga dapat menjawab pertanyaan Anda.

Salam.

Tiap kali membayangkan penyaliban, yang ada di pikiran saya adalah sebuah pengorbanan yang begitu besar. Dalam kasus ini, Tuhan yang begitu Besar rela berkorban untuk kita yang begitu Kecil.
Penyaliban merupakan bentuk eksekusi yang paling memalukan. Hukuman ini biasanya digunakan untuk budak, orang asing, pemberontak dan penjahat. Satu-satunya kemungkinan warga negara Roma dihukum salib adalah jika dia adalah tentara yang desersi dari kesatuannya.
Secara teknis, proses penyaliban sepertinya intinya bukan pada pembunuhan, namun pembunuhan dengan cara yang sangat kejam.

Di balik itu semua, Yesus dengan suka rela berkorban dan menjadi “Anak Domba Allah” yang menghapus dosa dunia :grin:

saya setuju jika salib dilambangkan sebagai pengingat….

bahkan Tuhan pun meregang nyawa disana…

Dear @marisstella @agamaku,

Saya sudah baca, intinya dosa adalah bentuk keterpisahan manusia dengan Tuhan.

OK…., so far I have no problem with that.

Mulai muncul persoalan ketika kita berpikir bahwa sekiranya Adam tidak melanggar perintah Tuhan dengan memakan buah dari pohon terlarang tersebut, apakah Adam dan Hawa akan tetap turun ke Bumi? Atau mereka akan tetap tinggal di surga sampai saat ini? Of course dengan kita juga semuanya, karena kita adalah anak cucu Adam dan Hawa. Any explanation? Thanks.

@ celo = 3

“bahkan Tuhan pun meregang nyawa disana…”
Menurut saya, kata meregang nyawa hanya cocok untuk ‘bukan Tuhan’..

Demikian juga kita tidak bisa menggunakan kalimat ‘ Tuhan lagi pup sebentar karena sakit perut’ karena pup dan sakit perut pasti bukan untuk Tuhan..

Dear @irone1966, @marisstella, @agamaku

Kalau ayat ini, bener gak sih? pemahamannya gimana?
Imamat 5:17 Jikalau seseorang berbuat dosa dengan melakukan salah satu hal yang dilarang TUHAN tanpa mengetahuinya, maka ia bersalah dan harus menanggung kesalahannya sendiri.

RAHASIA KAUM MISSIONARIS (PARA PENDETA & PASTOR) YANG TAKUT DIKETAHUI OLEH UMATNYA SENDIRI

BERIKUT INI ADALAH SEBAGIAN INFORMASI YANG SELAMA INI DISEMBUNYIKAN OLEH GEREJA AGAR UMAT KRISTEN / KATHOLIK TIDAK MEMPELAJARI ALKITAB MEREKA SENDIRI SECARA MENDALAM, APALAGI SAMPAI DENGAN MEMBANDINGKAN ANTAR SATU KITAB DENGAN KITAB LAIN, SANGAT DILARANG KERAS.

————————————————————————————–

INDEKS AL-KITAB

Kitab agama ini adalah milik umat Kristiani, dikenal dengan sebutan Alkitab atau Bibel (Inggris : Bible, Jerman : Bijbel), terdiri dari dua bagian kitab, yaitu Kitab Perjanjian Lama (PL) dan Kitab Perjanjian Baru (PB). Di dalam Perjaniian Lama Tuhan pernah berfirman bahwa orang-oran Israel itu sangat durhaka dan hobi merubah-rubah kitab suci (baca: Kitab Mikha 3:1 – 12 dan Ulangan 31:27). Akibatnya, kitab suci ini menjadi bercampur-baur antara kebenaran ilahi dan kesalahan-kesalahan manusiawi yang ditulis oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Maka Alkitab tidak boleh dibaca dengan doktrin yang harus diterima apa adanya bahwa Alkitab itu pasti baik dan benar, karena Tuhan telah mengaruniakan akal budi kepada setiap manusia. Akal budi inilah yang mendatangkan karunia (Amsal 13:15). Tanpa akal budi mengakibatkan kebodohan dan kebinasaan (Amsal 10:21). Gunakanlah akal untuk menguji dan menyaring Alkitab antara ayat-ayat firman Tuhan dan ayat-ayat buatan manusia. Sesuai dengan perintah berikut : “Ujilah segala sesuatu dan peganglah yang baik” (I Tesalonika 5: 2 1).

AYAT-AYAT ILLAHI :

Tuhan itu Esa (monotheisme), bukan Trinitas
1. Tauhid Nabi Musa (Ulangan 4:35, Ulangan 6:4, Ulangan 32:39).
2. Tauhid Nabi Daud (II Samuel 7:22, Mazmur 86:8).
3. Tauhid Nabi Sulaiman (I Raja-raja 8:23).
4. Tauhid Nabi Yesaya (Yesaya 43: 10-11, Yesaya 44:6,Yesaya 45:5-6, Yesaya 46:9).
5. Tauhid Yesus (Markus 12:29, Yohanes 5:30, Yohanes 17:3).

Yesus bukan Tuhan dan tidak sama dengan Tuhan
1. Yesus lebih kecil daripada Tuhan (Yohanes 10:29).
2. Tuhan lebih besar dari pada Yesus (Yohanes 14:28).
3. Yesus duduk di sebelah kanan Tuhan (Markus 16:19, Roma 8:4).
4. Yesus berdiri di sebelah kanan Tuhan (Kisah Para Rasul 7:56).
5. Allah tahu kapan datangnya kiamat, sedang Yesus tidak tahu (Matius 24:36).
6. Yesus bersyukur kepada Tuhan (Matius ll:25, Lukas 10:21).
7. Yesus berteriak memanggil Tuhan (Matius 27:46, Markus 15:34).
8. Yesus menyerahkan nyawanya kepada Tuhan (Lukas 23:44-46, Yohanes 19:30).
9. Yesus disetir oleh Tuhan (Yohanes 5:30).

Yesus adalah utusan Tuhan (Rasul Allah)
Dalil : Markus 9:37, Yohanes 5:24, 30,7:29,33,8:16,18,26,9:4,10:36,II:42,13:20,16:5, 17:3,8,23,25.

Tidak ada dosa waris dan Penebusan dosa
Para nabi Allah tidak ada yang mengajarkan Dosa Waris dan Penebusan Dosa. Risalah Allah yang dibawa oleh semua nabi-Nya itu pada hakekatnya sama saja, yaitu Tauhid dan amal shalih. Semua nabi menekankan adanya tanggung jawab individu atas segala perbuatan setiap manusia (Yehezkiel 18:20, Ulangan 24:16, Matius 16:27, Yeremia 31:29-30, II Tawarikh 25:4).

Nubuat akan datangnya seorang nabi akhir setelah Yesus
Dalam Alkitab masih dapat ditemukan nubuat-nubuat para nabi yang memberikan sinyalemen akan datangnya seorang nabi terakhir yang menutup keberadaan para nabi sebelumnya. Keberadaan nabi terakhir yang pamungkas ini sangat penting artinya untuk kesempurnaan ajaran Tuhan kepada manusia di muka bumi.

Namun, nubuat itu disampaikan dalam bentuk sandi-sandi bahasa yang dapat dipahami dengan penafsiran yang membutuhkan pemikiran akal yang tinggi.

Ayat-ayat yang dimaksud adalah :
1. Ulangan 18:18-20, tentang nabi diluar bani Israel dengan ciri-ciri: nabi seperti musa, tidak mati terbunuh dan semua perkatannya terjadi.
2. Habakuk 3:3 jo. Ulangan 33;1-3, tentang nabi yang berhasil menegakkan syariat agama di tanah Arab.
3. Yesaya 29:12, nabi yang tidak bisa membaca.
4. Yesaya 41:1-4, nabi yang bisa perang, punya keturunan dan sudah lama ditunggu-tunggu oleh bangsa yang tertindas sebagai pembebas dan penyelamat dari penindasan kaum yang zalim.
5. Yesaya 42:1-4, nabi yang menegakkan hukum kepada bangsa-bangsa lain dan tidak pernah berteriak dengan suara nyaring.
6. Yeremia 28:9, tentang nabi yang membawa damai.
7. Kejadian 49: 1, 10 dan Matius 21: 42-43, nabi tersebut keturunan nabi Ismail.
8. Yohanes 1: 19-25, datangnya setelah zaman Yahya dan Yesus.
9. Yohanes 16:7-1 5, nabi yang mendapat julukan “Penolong yang lain” dengan ciri-ciri: manusia biasa, memiliki gelar ‘penghibur’ dan ‘al-amin/orang benar jujur terpercaya’, tidak berkata-kata dari dirinya sendiri dan memuliakan nabi Isa dengan alaihisalam.
10. Dan lain-lain.

AYAT-AYAT BUATAN MANUSIA :

Ayat-ayat Porno (cabul)
1 Yehezkiel 23: 1-21, ayat-ayat jorok tentang seksual.
Diceritakan di dalamnya penyimpangan seksual yang sangat berbahaya bagi perkembangan psikologis bila dibaca oleh anak-anak di bawah umur. Ada kalimat-kalimat yang sangat cabul dengan menyebut buah dada, buah zakar, menjamah-jamah, memegang-megang, birahi, dan lainlain.

2. Yehezkiel 16: 22-38, ayat porno yang bugil-bugil.
“….Waktu engkau telanjang bugil sambil menendang nendang dengan kakimu …. (ay.22). “…dan menjual kecantikanmu menjadi kekejian dengan meregangkan kedua pahamu bagi setiap orang yang lewat, sehingga persundalanmu bertambah-tambah” (ay.25.”Engkau bersundal dengan orang Mesir, tetanggamu, si aurat besar itu…..”(ay.26). “engkau bersundal juga dengan orang Asyur, oleh karena engkau belum merasa puas ya, engkau bersundal dengan mereka, tetapi masih belum puas” (ay.28). “Betapa besar hawa nafsumu itu, demikianlah firman Tuhan ALLAH” (ay. 30). “….engkau yang memberi hadiah 1 umpan kepada semua yang mecintai engkau sebagai bujukan, supaya mereka dari sekitarmu datang kepadamu untuk bersundal” (ay. 33). Aku akan menyingkap auratmu di hadapan mereka, sehingga mereka melihatseluruh kemaluanmu: (ay.37).

3. Ulangan 23: 1-2, Tuhan menyebut “Buah Pelir”.

4. Hosa 3: 1, nabi Hosea disuruh Tuhan untuk mencintai perempuan yang suka bersundal (pelacur) dan berzinah. Jika benar bahwa Tuhan pernah menyuruh nabi-Nya untuk mencintai pelacur, semua laki-laki akan rebutan menjadi nabi. Dan, semua wanita akan rebutan untuk menjadi pelacur, supaya dicintai oleh nabi Allah.

5. Kidung agung 4:1-7, puisi rayuan yang memuji kecantikan dengan menyebut buah dada dan susu.

6. Kejadian 38:8-9, kisah asal-usul onani (masturbasi) oleh leluhur Yesus.

7. Kidung Agung 7:6-13. Puisi Kenikmatan Cinta yang memuji kecantikan dan cinta yang memakai kata-kata seksual, yakni keindahan buah dada dan keinginan untuk memegang-megang buah dada. “Sosok tubuhmu seumpama pohon korma dan buah dada gugusannya. Aku ingin memanjat pohon korma itu dan memegang gugusan gugusannya.Kiranya buah dadamu seperti gugusan anggur.

Pelecehan Alkitab (Bibel) kepada Tuhan
1. Tuhan menyesal dan pilu hati? (Kejadian 6:5-6, Keluaran 32:14).
2. Tuhan mengah-mengah, megap-megap, dan mengerang seperti perempuan yang melahirkan? (Yesaya 42:13).
3. Roh Tuhan melayang-layang (terapung-apung) di atas permukaan air? (Kejadian 1:1-2).
4. Tuhan jorok, menyuruh makan tahi? (Yehezkiel 4:12-1 5).
5. Tuhan kelihatan alas kaki-Nya? (Keluaran 24:10).
6. Tuhan merasa jenuh/jemu/bosan? (Yeremia 15:6).
7. Tuhan petak umpet dengan Adam? ( Kejadian 3:8-10).
8. Tuhan besanan dengan manusia? (Kejadian 6:2).
9. Tuhan kalah dalam duel melawan Yakub? (Kejadian 32:28).
10. Tuhan bersiul memanggil manusia? (Zakharia 10: 8).
11. Tuhan bersuit? (Yesaya 7: 18, Yesaya 5: 26).
12. Tuhan menengking? (Yeremia 25: 30)
13. Tuhan lelah kepayahan dan kecapaian? (Keluaran 31: 17).
14. Tuhan menyuruh mencintai pelacur? (Hosea 3:1).
15. Tuhan kelihatan punggungnya-Nya? (Keluaran 3 3: 23).

Pelecahan Alkitab (Bibel) kepada Para Nabi Allah
1 . Nabi Nuh mabuk-mabukan sampai teler dan telanjang bugil (Kejadian 9: 18-27).

2. Nabi Luth menghamili kedua putri kandungnya sendiri dalam dua malam secara bergiliran (Kejadian 19:30-38). Heboh … !!! Skandal seks ayah dan anak kandung oleh nabi??

3. Nabi Daud melakukan skandal seks dengan Batsyeba, istri anak buahnya sendiri. Setelah Batsyeba mengandung suaminya dibunuh oleh Daud, kemudian Batsyeba dinikahi Daud diboyong ke istana (II Samuel l l: 2-27).

4. Ketika sudah tua, Nabi Daud tidur dengan perawan yang masih muda (I Raja-raja 1: 1-3).

5. Nabi Yakub bekerja sama dengan ibu kandungnya untuk membohongi dan menipu ayah kandungnya, supaya Israel diberkati (Kejadian 27: 1-46).

6. Yehuda (putra Nabi Yakub) menghamili menantunya sendiri (Kejadian 38: 13-19). Skandal seksa ayah dan menantu dalam kitab suci!?

7. Absalom (putra Nabi Daud) memperkosa gundik ayahnya sendiri (11 Samuel 16: 21-23). Perselingkuhan anak dengan ibu (gundik ayah) dalam Kitab Suci?!

8. Amnon (putra Daud) memperkosa saudara perempuannya (II Samuel 13: 7-14). Incest antara anak nabi dengan saudaranya sendiri ?!?

9. Ruben (putra tertua Nabi Yakub) melakukan hubungan seks dengan Bilha, gundik ayahnya (Kejadian 35:22). Gundik ayah diperkosa anaknya sendiri ?!?

10. Nabi Sulaiman (Salomo) tidak taat kepada Tuhan karena lebih mencintai 700 istri dan menyimpan 300 gundik (I Raja-raja 11:3) Mustahil ada nabi yang rakus wanita..

11. Nabi Harun membuat dan menyembah patung emas (Keluaran 32:2-4).

12. Nabi Isa (Yesus) orang bodoh, idiot, dan emosional. Pada waktu bukan musim buah ara, Yesus mengutuk pohon ara yang tidak berbuah (Markus ll: 12-14; bandingkan: Yohanes 2:4 dan Yohanes 7:8-10).

Catatan : Nama-nama pezinah tersebut ada dalam silsilah yesus (Matius 1:1-17 dan Lukas 3:23-38).

Ayat-ayat yang tidak masuk akal (irasional)
1. Anak lebih tua 2 tahun daripada ayahnya pada waktu II Tawarikh 21:5,20, Yoram berusia 32 tahun jadi raja dan memerintah Yerusalem selama 8 tahun lalu meninggal (pada usia 40 tahun). II Tawarikh 22: 1-2, Setelah Yoram meninggal, dia digantikan Ahazia, anaknya pada usia 42 tahun. Jadi, Ahazia lebih tua 2 tahun daripada ayahnya.

2. Usia 11 tahun sudah tidak punya anak
Ahas berumur 20 tahun ketika naik dan memerintah kerajaan selama 16 tahun (II Raja-raja 16:2). Sepeninggal Ahas, tahta kerajaan diganti oleh Hizkia, anaknya (II Rajaraja 16: 20). Hizkia berusia 25 tahun waktu naik tahta menjadi raja (II Raja-raja 18: 2).
Jadi, dalam usia 11 tahun Ahaz sudah punya anak ??!!

3. Tuhan salah hitung
Kejadian 46: 8-1 5, disebutkan daftar nama-nama bani Israel yang datang ke Mesir berjumlah 34 nama. Padahal pada ayat 1 5 disebutkan “Jadi seluruhnya, laki-laki dan perempuan, berjumlah 33 jiwa”. Pakai Tuhan tidak pandai berhitung ??

Ayat-ayat yang mustahil dipraktekkan

1. Hukum Sabat
Hari Sabat (Sabtu) adalah hari Tuhan yang harus dikuduskan. Pada hari itu setiap orang dilarang bekerja, dilarang memasang api di rumah (lampu, kompor, dan lain-lain) karena Sabat adalah hari perhentian penuh. Orang yang bekerja pada hari Sabtu harus dihukum mati (Keluaran 20:8-11,31:15,35:2-3).
Ayat ini mustahil dipraktekan di jaman modem. Siapa yang sanggup mengamalkan ? Siapa yang mau dibunuh apabila melanggar hukum Sabat ?

2. Bunuh orang kafir dan musyrik!! (Ulangan 13: 6-9)
Ayat ini memeiintahkan kewajiban membunuh orang yang mengajak menyembah tuhan selain Allah. Ayat ini tidak bisa diterapkan. Buktinya umat Yahudi dan Kristen tidak pernah membunuh umat Hindu, Budha, Kong Hu Chu, dan lain-lain.

3. Dilarang memakai pakaian yang dibuat dari pada dua jenis bahan (Imamat 19: 19).
Bila ayat ini diamalkan, maka manusia akan kembali kepada jaman primitif, ketinggalan jaman, ketinggalan gaya dan tidak modernis.

4. Cungkil mata yang menyesatkan orang untuk berbuat dosa (Matius 5:29).
Secara Letterlijk maupun Figuurlijk, ayat ini mustahil dipakai. Bila diterapkan, maka banyak orang Kristen menjadi buta.

5. Potong kaki dan tangan orang yang menyesatkan ke arah dosa (Matiusl8:8-9)
Secara Letterlijk maupun Figuurlijk, ayat ini mustahi dipakai. Bila diterapkan, maka banyak orang kristen menjadi pincang dan buntung.

6. Dilarang melawan penjahat (Matius 5: 39-44)
Ayat ini mustahil dipraktekkan di masyarakat manapun. Bila ajaran ini diterapkan, maka menghancurkan tatanan sosial dan keamanan masyarakat. Apa jadinya di masyarakat apabila suatu kejahatan tidak dilawan ? Tidak melawan kejahatan berarti mendukung kejahatan. Bila kejahatan tidak dilawan, berarti mendukung kejahatan.
Bila kejahatan tidak dilawan, maka kriminalitas akan meningkat dan subur berkembang.

7. Kasihilah musuhmu (Lukas 6: 27-29). Ajaran ini sangat menguntungkan penjajah.

8. Dilarang membawa perbekalan, dilarang membawa dua helai baju dan dilarang membawa kasur dalam pedalanan (Matius 10:9-10). Kenyataannya, umat Kristen sendiri tak ada yang bisa mengamalkan ayat ini.

Ayat-ayat takhayul (mistis)
Simson (Inggris: Samson) adalah utusan Tuhan yang sakti mandraguna selama rambutnya tidak dicukur. (Hakim-hakim 16:1-22).

Diceritakan dalam kitab Hakim-hakim 16:1-22 bahwa Samson adalah utusan Tuhan yang sakti mandraguna. Dia bisa mencabut kedua daun pintu gerbang kota beserta kedua tiang dan semua palangnya, Ialu semuanya diletakkan di atas kedua bahunya dan dipindahkan ke puncak gunung (ay. 3). Tapi sayangnya dia jatuh cinta kepada seorang pelacur (wanita sundal) yang bernama Delila. Mala Delila disewa oleh raja Filistin dengan bayaran 1100 uang perak untuk mencari rahasia Samson (ay. 5).

Di atas pangkuan pelacur Delila, akhimya Samson tergoda rayuan dan bujukan sehingga membuka rahasia kesaktiannya. Bahwa selama rambut kepalanya tidak dicukur, maka seluruh kekuatannya akan musnah dan dia menjadi orang lemah (ay. 17). Maka setelah nabi Samson tertidur di atas pangkuan pelacur Delila, rambutnya dicukur. Lalu musnahlah seluruh kesaktiaan dan kekuatan Samson. (ay.19). Kemudian kedua mata Samson dicungkil sehingga jadilah Samson buta mata akibat rahasia kesaktiannya dicukur (ay. 21).

Cerita ini adalah cerita takhayul (mistik) yang biasanya berkembang di masyarakat primitif.

Ayat-ayat Diskrimatif
Perbuatan riba (rente) dilarang dilakukan kepada Israel, tapi boleh dilakukan kepada non Israel (Ulangan 23: 19-20).
Ayat ini jelas buatan orang Yahudi, sebab tidak mungkin Tuhan berlaku diskiiminatif dengan melarang mengambil bunga uang kepada bangsa Yahudi, sementara mengambil bunga kepada orang selain Yahudi diperbolehkan. Dan sangat bertentangan dengan kitab Keluaran 22: 25: “Jika engkau meminjamkan uang kepada salah seorang umat-Ku, orang miskin diantaramu, maka janganlah engkau berlaku sebagai penagih hutang terhadap dia: janganlah kamu bebankan bunga kepadanya”.

Ayat-ayat Ramalan Bibel yang meleset tak terpenuhi

1. Ramalan Paulus tentang kedatangan Yesus (I Tesalonika 4: 16-17).
Dalam ayat ini Paulus meramalkan bahwa setelah kebangkitan Yesus dari kubur, dia dan seluruh pengikutnya yang masih hidup itu akan diangkat bersama-sama dengan Yesus dalam awan menyongsong Tuhan di angkasa. Ramalan ini tidak terpenuhi bukan Yesus yang menjemput Paulus, tapi pedang kaisar Nero yang memenggal leher Paulus di Roma tahun 64 M.
Ramalan Paulus ini tidak akan terjadi, meski dia diberi waktu 2000 tahun lagi untuk menunggu kegenapan nubuatnya.

2. Ramalan kedatangan Yesus (Matius 10:23, 16:28, Markus 9:1 dan Lukas 9:27).
Yesus menubuatkan bahwa dia dan kerajaan Allah akan datang sebelum para muridnya selesai mengunjungi kotakota Israel. Ramalan ini meleset jauh, sebab sampai saat ini Yesus belum juga turun datang kembali ke dunia. Padahal para murid Yesus sudah mati semua 2000 tahun yang Ialu.

3. Hak keturunan Abraham (Kejadian 21: 12).
Dalam ayat ini Tuhan menubuatkan bahwa yang disebut keturunan Abraham adalah berasal dari Ishak. Nubuat ini meleset jauh besar, Sebab dalam I Tawarikh 1:28-30 Ismail juga disebut sebagai anak keturunan Abraham.

4. Ramalan Tuhan Meleset (Yeremia 34:4-5)
Dalam ayat Tuhan berfirman bahwa Zedekia, raja Yehuda tidak akan mati oleh pedang, melainkan akan mati dengan damai. Nubuat ini meleset jauh, dalam kitab Yeremia 52: 10-11 diceritakan bahwa pada dalam akhir hayatnya Zedekia tewas ditangan raja Babel. Sebelum meninggal, mata Zedekia dibutakan, lalu dibelenggu dengan rantai tembaga. Kemudian ditaruh dalam rumah hukuman sampai meninggal.

5. Nubuat Tuhan tidak terjadi (Yeremia 36: 30).
Dalam kitab Yeremia 36:30 Tuhan berfirman bahwa keturunan Yoyakim tidak ada yang naik tahta kerajaan Daud. Nubuat ini tenyata meleset. Diceritakan dalam kitab II Rajaraja 24: 6 bahwa sepeninggal Yoyakim, yang naik tahta menggantikannya adalah Yoyakin, anaknya.

AYAT-AYAT KONTRADIKSI :

Kontradiksi Perjanjian Lama
1. Siapakah anak Daud yang kedua ?
a. Kileab (II Samuel 3: 2-3).
b. Daniel (I Tawarikh 3: 1)

2. Di Yerusalem, Daud mengambil beberapa gundik atau tidak ?
a. Ya! Daud mengambil beberapa gundik dan istrei (11 Samuel 5: 13-16).
b. Tidak! Daud hanya mengambil beberapa isteri saja (I Tawarikh 14: 3-7).

3. Berapa anak-anak Daud dari gundik di Yerusalem ?
a. 11 orang (Samuel 5: 13-16).
b. 13 orang (I Tawarikh 14 3-7).

4. Di Kota mana Daud mengambil tembaga ?
a. Betah dan Berotai (II Samuel 8: 8).
b. Tibhat dan dari Kun (I Tawarikh 18: 8)

5. Siapa anak Tou yang diutus untuk mengucapkan selamatkepada Daud ?
a. Yoram (II Samuel 8: 10).
b. Hadoram (1 Tawarikh 18: 9- 1 0)

6. Dari orang bangsa saja Daud mengambil perak dan emas untuk Tuhan ?
a. Aram (II Samuel 8: 11-12).
b. Edom (I Tawarikh 18: 14-16).

7. Siapakah panitera (sekretaris) Daud ?
a. Seraya (II Samuel 8: 15-17).
b. Sausa (I Tawarikh 18: 14-16).

8. Berapakah tentara berkuda tawanan Daud ?
a. 1.700 orang (II Samuel 8: 4).
b. 7.000 orang (I Tawarikh 18: 4).

9. Berapa ekor kuda kereta yang dibunuh Daud ?
a. 700 ekor (II Samuel 10: 18).
b. 7.000 ekor (I Tawarikh 19:18).

10. Yang dibunuh Daud, pasukan berkuda atau pasukan jalan kaki ?
a. 40.000 pasukan berkuda (II Samuel 10:8).
b. 40.000 pasukan berjalan kaki (I Tawarikh 19: 18).

11. Siapakah panglima musuh yang tewas di tangan Daud?
a. Sobakh (II Samuel 10: 18).
b. Sofakh (I Tawarikh 19: 18).

12. Daud memerangi Israel atas hasutan Tuhan atau atas bujukan iblis ?
a. Tuhan murka Ialu menghasut Daud (II Samuel 24: 1).
b. Setan bangkit Ialu membujuk Daud (I Tawarikh 21:1)

13. Siapakah kepala Triwira pengiring Yahudi ?
a. Isyabaal, orang Hakhmoni (II Samuel 23: 8).
b. Yasobam bin Hakhmoni (I Tawarikh 11:11).

14. Kepala Triwira Daud membunuh berapa orang ?
a. 800 orang (II Samuel 23:8).
b. 300 orang (I Tawarikh 11:11).

15. Berapakah angkatan perang Daud dari orang Israel ?
a. 800 orang (II Samuel 24: 9).
b. 1.100.000 orang (I Tawarikh 21:5).

16. Berapakah angkatan perang Daud dari orang Yehuda ?
a. 500.000 orang (11 Samuel 24:9).
b. 470.000 orang (I Tawarikh 21:5).

17. Berapakah kandang kuda milik Salomo (Sulaiman ?
a. 40.000 kandang (I Raja-raja 4:26).
b. 4.000 kandang (II Tawarikh 2:2).

18. Berapa mandor pengawas kerajaan Salomo (Sulaiman)?
a. 3.300 mandor (1 Raja-raja 5:16).
b. 3.600 mandor (II Tawarikh 2:2).

19. Berapa bat air di Bait Suci buatan Salomo ?
a. 2.000 bat air (I Raja-raja 7:26).
b. 3.000 bat air (II Tawarikh 4:5).

20. Berapakah jumlah keturunan Yakub seluruhnya ?
a. 66 jiwa (Kejadian 46:26).
b. jiwa (Keluaran 1:5).

21. Yang diharamkan, kelinci ataukah kelinci hutan ?
a. Kelinci (Imamat ll: 6).
b. Kelinci hutan (Ulangan 14: 6).

22. Yang haramkan, babi ataukah babi hutan ?
a. Babi hutan (Ulangan 14: 8, Imamat ll: 7).
b. Babi (Yesaya 66: 17).

23. Berapa lama Yoyakhim menjadi raja di Yerusalem ?
a. 3 bulan (11 Raja-raja 24: 8).
b. 3 bulan 10 hari (11 Tawarikh 36: 9).

24. Berapa lama Yesua dan Yoab yang pulang kembali ke Yerusalem dan Yehuda dari pembuangan Nebukadnezar ?
a. 2.812 orang (Ezra 2:6).
b. 2.818 orang (Nehemia 7:11).

25. Berapa anak-anak Benyamin ?
a. 10 orang (Kejadian 46:21).
b. 5 orang (Bilangan 26:38-39).
c. 3 orang (I Tawarikh 7:6).
d. 5 orang (1 Tawarikh 8:1-5).
Komentar Silsilah anak Benyamin itu, semuanya tidak sama baik nama maupun jumlahnya.

26. Berapa cucu Benyamin (anak-anak Bela) ?
a. 5 orang (I Tawarikh 7:7).
b. 9 orang (I Tawarikh 8:3-5).
c. 2 orang (Bilangan 26:40).
Buka dan bacalah ayat yang dimaksud. Terlihat jelas bahwa semua nama dan jumlah cucu Benyamin tidak ada yang sama.

27. Tuhan salah dalam batasan usia ?
a. Tuhan membatasi umur manusia hanya 120 tahun saja “Berfirman Tuhan: “Roh-Ku tidak akan selama-lamanya tinggal di dalam manusia, karena manusia itu adalah daging, tetapi umurnya akan seratus dua puluh tahun saja” (Kejadian 6:3). “Maka berkatalah TUHAN,’Aku tidak memperkenankan manusia hidup selama-lamanya; mereka mahluk fana, yang harus mati. Mulai sekarang umur mereka tidak akan melebihi 120 tahun” (Kejadian 6:3, Alkitab Bahasa Indonesia Sehari-hari).
b. Batasan usia dari Tuhan itu salah besar, karena banyak orang yang usianya melebihi 120 tahun. Adam hidup selama 930 tahun (Kej. 5:3-5), Set hidup selama 912 tahun (Kej. 5:6-8), Enos hidup selama 905 tahun (Kej.9-11), Keenam hidup selama 9 1 0 tahun (Kej. 5:12-14), Mahalaleel hidup selama 895 tahun (Kej. 5:15-17), Yared hidup selama 962 tahun (Kej. 5:18-20), Henokh hidup selama 365 tahun (Kej. 5:21-23), Metusalah hidup selama 969 tahun (Kej. 5:25-27), Lamekh hidup selama 777 tahun (Kej. 5:28-32), Nuh hidup selama 950 tahun (Kej. 9:29), Sem hidup selama 600 tahun (Kej. 11: 10-11), Arpakhsad hidup selama 438 tahun (Kej. 11:12-13), Selah hidup selama 433 tahun (Kej. ll: 14-15), Eber hidup selama 464 tahun (Kej. ll:16-17). Peleg hidup selama 239 tahun (Kej. ll:18-19), Rehu hidup selama 239 tahun (Kej.11: 22-21), Serug hidup selama 230 tahun (Kej. 11: 24-25), Sara hidup selama 127 tahun (Kej. 23: 1-2), Ismael hidup selama 137 tahun (Kej. 25:17), Nahor hidup selama 148 tahun (Kej. ll: 24-25), Yakub hidup selama 147 tahun (Kej. 47: 28), Lewi hidup selama 137 tahun (Kej. 6:15), Kehat hidup selama 133 tahun (Kej. 6:19), Harun hidup selama 123 tahun (BH 33:39), Ayub hidup selama 140 tahun (Ayub. 42: 16-17).

28. Tuhan menyesal atau tidak ?
a. Tuhan tidak punya sifat menyesal (I Samuel 15:29, Bilangan 23:19).
b. Tuhan menyesal dan pilu hati karena telah menciptakan manusia yang akhimya cenderung berbuatjahat di muka bumi (Kejadian 6:5-6). Tuhan menyesal karena telah Saul sabagai raja di Israel (I Samuel IS: 10-11, 35). Tuhan menyesal setelah mengacungkan tangan ke Yerusalem (II Samuel 24:16).Tuhan menyesal karena telah merancang malapetaka (Yeremia, 26:3, Yeremia 42:10, Keluaran 32: 14).

29. Tuhan bisa dilihat atau tidak ?
a. Tuhan tidak bisa dilihat dan didengar (Yohanes 5: 37,I Timotius 1:17, I Timotius 6:16, Keluaran 33: 20, I Yohanes 4:12).
b. Tuhan bisa dihhat dengan mata kepala (Keluaran 33:11), Kejadian 18:1, Yohanes 5:37), Keluaran 33:20; I Timotius 6:16, I Timotius 1: 17,I Yohanes 4:12, Kejadian 26:24).
c. Tuhan kelihatan kaki-Nya (Keluaran 24:9-10).
d. Tuhan kelihatan sedang duduk (Yesaya 6:1).
e. Tuhan bias dilihat dari jauh(Yeremia 31:3).

Sebenarnya masih ada ratusan lagi daftar kontradiksi dalam Perjanjian Lama. Tapi karena keterbatasan ruang muat, maka dalam indeks ini dicukupkan sampai disini daftar ayat kontradiksi dalam Perjanjian Lama. Untuk selengkapnya baca buku “Fakta Dan Data Kepalsuan Alkitab (Bibel)” yang akan segera terbit.

Kontradiksi Perjanjian Baru :

Silsilah Yesus dalam Alkitab bisa dilihat di dua kitab Injil yaitu Injil Matius 1:1-17 dan Injil Lukas 3: 23-38. sementara injil Markus dan Injil Yohanes diam seribu bahasa tak tahu menahu tentang silsilah Yesus.

1. Siapakah leluhur Yesus dari Adam sampai dengan Abraham?
a. Lukas menuliskan 21 nama dalam silsilah dari Adam sampai dengan Abraham.
b. Matius tidak menuliskan satu nama pun dalam silsilah dari Adam sampai dengan Abraham. Apakah Tuhan tidak memberikan inspirasi Yesus kepada Matius ? Apakah Tuhan pilih kasih terhadap Lukas ? Padahal Lukas termasuk dalam daftar murid Yesus di Injil Matius 10:2-4.

2. Berapa nama silsilah dari Abraham sampai dengan Daud ?
a. Lukas mencatat 15 nama dari Daud sampai dengan Yesus.
b. Matius hanya mencatat 14 nama dari Daud sampai dengan Yesus.

3. Dalam silsilah dari Abraham sampai dengan Daud, siapakah anak Hezron?
a. Anak Hezron adalah Arni (Lukas 3: 33).
b. Anak Hezron adalah Ram (Matius 1: 3).

4. Berapa nama silsilah Daud sampai dengan Yesus ?
a. Lukas mencatat 43 nama dari Daud sampai dengan Yesus.
b. Matius hanya mencatat 28 nama dari Daud sampai dengan Yesus.

5. Siapakah kakek Yesus ?
a. Yakub (Matius 1:6).
b. Eli (Lukas 3:31).

6. Siapakah anak daud yang menurunkan Yesus ?
a. Salomo (Matius 1: 6).
b. Natan (Lukas 3:31).

7. Yesus memasuki Yerusalem naik apa ?
a. Seekor keledai (Markus ll:7; Lukas 19:35).
b. Seekor keledai betina dan seekor keledai (Matius 21:7).

8. Ketika Yesus bertemu Yalrus, apakah anak perempuan Yairus sudah mati?
a. Ya! Sudah mati! (Matius 9:18).
b. Belum mati! Masih sakit dan hampir! (Markus 5: 23).

9. Bolehkah membawa tongkat dan kasut dalam pedalanan ?
a. Ya, boleh ! (Markus 6: 7-9).
b. Tidak, tidak boleh!! (Matius 10: 9- 1 0, Lukas 9: 1-3).

10. Kesaksian Yesus tentang dirinya, benar atau salah ?
a. Tidak benar (Yohanes 5: 31).
b. Benar (Yohanes 8:14).

11. Berapa jumlah orang buta yang bertemu Yesus di Yerikho?
a. Dua orang buta (Matius 20:29-30).
b. Hanya satu orang buta saja (Markus 10:46).

12. Dimana Yesus menemui orang kerasukan setan ?
a. Di Gedara (Matius 8:28).
b. Di Gerasa (Markus 5:1-2).

13. Berapa jumlah orang kerasukan setan yang ditemui Yesus ?
a. Ada 2 orang (Matius 8:28).
b. Hanya 1 orang saja (Markus 5: 1-2).

14. Apa yang diucapkan Yudas di hadapan Yesus ?
a. Salam Rabi (Matius 26: 49).
b. Rabi (Markus 14: 45),
c. Yudas tidak mengucapkan apa-apa/diam (Lukas 22:47).

15. Ketika Yesus berjalan di atas air, bagaimana respon para muridnya ?
a. Mereka menyembah Yesus (Matius 14:33).
b. Mereka tercengang dan bingung (Markus 6:51-52).

16. Jam berapa Yesus disalibkan ?
a. Jam sembilan (Markus 15:25).
b. Jam 12 Yesus belum disalibkan (Yohanes 19:14).

17. Yesus membawa damai dan keselematan atau onar ?
a. Yesus menyelamatkan dunia (Matius 5:9, Yohanes 3:17, Yohanes 10:34-36).
b. Yesus membawa onar, pedang dan kekacauan keluarga (Matius 10: 34-36).

18. Apa hukumnya bersunat ?
a. Sunat itu wajib (Kejadian 17:10-14, 17:14, Kejadian 21:4). Yesus tidak membatalkan sunat, (Matius 5: 17-20, Lirkas 2:21). Yesusjuga disunat (lukas 2: 21). Dan orang yang tidak disunat, tidak dapat diselamatkan (Kisah Para Rasul IS: 1-2).
b. Kata Paulus, sunat tidak wajib, tidak berguna dan tidak penting (Galatia 5:6, I Korintus 7:18-19).
19. Bolehkah makan babi ?
a. Babi haram dimakan (Ulangan 14:8, Imamat 11:7, Yesaya 66:17).
b. Kata Paulus, semua daging binatang halal dimakan, tidak ada yang haram (I Korintus 6: 12, I Korintus 10:25, Kolose 2:16, I Timotius 4-5, Roma 14:17).

20. Selain Yesus, adakah yang naik ke sorga ?
a. Tidak ada! Hanya Yesus saja yang pemah naik ke sorga (Yohanes 3: 13).
b. Henokh dan Elia telah naik ke sorga (Kejadian 5: 24, II Raja-raja 2. 1 1).

AYAT-AYAT TUHAN YANG RAGU-RAGU :

Tuhan ragu-ragu dalam ispirasi wahyu-Nya, sehingga memakai kata dugaan “kira-kira”.

Kira-kira jam 3 malam (Matius 14:25, Markus 6:48), kira-kira jam 3 (Matius 27:46), Kira-kira jam 3 petang (Kisah Para Rasul 10: 3) . Kira-kira jam 4 (Yohanes 1:39), Kira-kira jam 5 petang (Matius 20:6), Kira-kira jam 5 (Matius 20:9), Kirakira jam 9 (Kisah Para Rasul 23:23),

Kira-kira jam 9 pagi (Matius 20:3), Kira-kira jam 12 (Lukas 23:44, Yohanes 19:14), (irakira pukul 12 (Matius 20:5, Yohanes 4: 6, Kisah Para Rasul 10:9), Kira-kira 2 jam (Kisah Para Rasul 19:34), Kira-kira 3 jam (Kisah Para Rasul 5:7).

Kira-kira 12 orang (Kisah Para Rasul 19:7), Kira kira 20 orang (I Samuel 14:14), 1 Samuel 25:13, I Raja-raja 22:6, Kisah Para Rasul 5:36), kira-kira 600 orang (1 Samuel 14: 2,1 Samuel 23:13).

Kira-kira 1000 orang (Yudas 9:49), kira-kira dua atau tiga ribu orang (Yosua 7:3), kira-kira 3000 orang (Yosua 7: 4, Yudas 16:27), kira-kira 3000 jiwa (Kisah Para Rasul 2: 41), kira-kira 4000 orang (1 Samuel 4:2, Markus 8:9), kira-kira 5000 orang (Yosua 8:12), kira-kira 5000 laki-laki (Matius 14:21, Lukas 9:14, Yohanes 6:10, Kisah Para Rasul 4: 4).

Kira-kira 10.000 orang (Yudas 3:29), kira-kira lima belas ribu orang (Yudas 8:10), kira-kira 40.000 orang (Yosua 4:13).

Kira-kira 8 hari (Lukas 9: 28), kira-kira 10 hari (1 Samuel 25: 38), Kira-kira 3 bulan (Kejadian 38: 24. Lukas 1: 56), kirakira 12 tahun (Lukas 8: 42), kira-kira 30 tahun (Lukas 3: 23), kira-kira 100 tahun (Roma 4: 19), kira-kira 450 tahun (Kisah Para Rasul 13: 20).

Kira-kira 50 kati (Yohanes 19: 39), kira-kira 200 hasta (Yohanes 21: 8), kira-kira 2000 ekor babi (Markus 5: 13), kirakira 2 mil (Yohanes 11: 18).

KESAKSIAN PARA TEOLOG KRISTEN :

1. Dr.G.C Van Niftrik dan Dr. B.J Bolland :
“Kita tidak usah malu-malu, bahwa terdapat berbagai kekhilafan di dalam Alkitab; kekhilafan-kekhilafan tentang angka-angka perhitungan; tahun dan fakta. Dan tak perlu kita pertanggungjawabkan kekhilafan-kekhilafan itu pada caranya, isi Alkitab telah disampaikan kepada kita, sehingga kita akan dapat berkata: “Dalam naskah aslinya tentu tidak terdapat kesalahan-kesalahan, tetapi kekhilafan itu barulah kemudian terjadi di dalam turunan naskah itu. Isi Alkitab juga dalam bentuknya yang asli, telah datang kepada kita dengan perantaraan manusia” (Dogmatika Masa Kini, BPK Jakarta,1967, hal 298).

2. Dr. Mr D.C Mulder:
“Jadi benarlah Daud itu pengarang Mazmur yang 73 jumlahnya ? Hal itu belum tentu. Sudah beberapa kali kita suci menjumpai gejala bahasa orang Israel suka menggolongkan karangan-karangan di bawah nama orang yang termasyhur ……. Oleh karena itu tentu tidak mustahil pengumpulan-pengumpulan mazmur-mazmur itu (atau orang-orang yang hidup lebih kemudian) memakai nama Daud, karena raja itu termasyhur sebagai pengarang mazmur-mazmur. Dengan kata lain perkataan, pemakaian nama Daud, Musa, Salomo itu merupakan tradisi kuno, yang patut diperhatikan, tetapi tradisi itu tidak mengikat” (Pembimbing ke Dalam Perjanjian Lama, BPK Jakarta, 1963 hal. 205).

3. Dr. Welter Lempp;
“Susunan semesta alam diuraikan dalam Kitab Kejadian I tidak dapat dibenarkan lagi oleh ilmu pengetahuan modern” (Tafsiran Kejadian, hal 58). “Pandangan Kejadian I dan seluruh Alkitab tentang susunan semesta alam adalah berdasarkan ilmu kosmografi bangsa Babel. Pandangan itu sudah ketinggalan jaman” (Tafsiran Kejadian, hal, 65).

4. Dr. R. Soedarmo:
“Dengan pandangan bahwa Kitab Suci hanya catatan saja dari orang, maka diakui juga bahwa di dalam Kitab Suci mungkin sekali ada kesalahan. Oleh karena itu Kitab Suci mungkin sekali ada kesalahan. Oleh karena itu Kitab Suci denganbentuk sekarang masih dapat diperbaiki” (Ikhtisar Dogamtika, BPK Jakarta, 1965 hal. 47). “Di dalam Perjanjian Baru pun ada kitab-kitab yang diragukan antara lain Surat Wahyu dan Yakobus yang disebut surat Jeram” (Ikhtisar Dogmatika, BPK Jakarta, 1965 hal. 49).

SOLUSI AKHIR

Karena Alkitab (Bibel) sudah terbukti kepalsuannya, maka seharusnya kita berpaling dari Alkitab (Bibel). Carilah kitab suci yang sudah teruji keasliannya sepanjang zaman. Ciri-ciri kitab suci tersebut adalah:

1. Keotentikannya dijamin langsung oleh Tuhan.
2. Masih ada bahasa ashnya sesuai dengan sewaktu kitab suci tersebut diturunkan kepada nabi yang menerimanya.
3. Mudah dihafal karena Tuhan memberikan kemudahan bagi umat-Nya untuk menghafalkan wahyunya.
4. Umat yang meyakininya banyak yang hafal kitab suci tersebut diluar kepala.
5. Tidak mengandung pornografi.
6. Tidak ada kontradiksi antar ayat.
7. Relevan sepanjang zaman.

25 DESEMBER (MISTERI NATAL)

1.SEJARAH NATAL.

Kata Christmas (Natal) yang artinya Mass of Christ atau disingkat Christ-Mass, diartikan sebagai hari untuk merayakan kelahiran “Yesus”. Perayaan yang diselenggarakan oleh non-Kristen dan semua orang Kristen ini berasal dari ajaran Gereja Kristen Katolik Roma. Tetapi, dari manakah mereka mendapatkan ajaran itu? Sebab Natal itu bukan ajaran Bible (Alkitab), dan Yesus pun tidak pernah memerintah para muridnya untuk menyelenggarakannya. Perayaan yang masuk dalam ajaran Kristen Katolik Roma pada abad ke empat ini adalah berasal dari upacara adat masyarakat penyembah berhala.

Karena perayaan Natal yang diselenggarakan di seluruh dunia ini berasal dari Katolik Roma, dan tidak memiliki dasar dari kitab suci, maka marilah kita dengarkan penjelasan dari Katolik Roma dalam Catholic Encyclopedia, edisi 1911, dengan judul “Christmas”, anda akan menemukan kalimat yang berbunyi sebagai berikut:

Christmas was not among the earliest festivals of Church … the first evidence of the feast is from Egypt. Pagan customs centering around the January calends gravitated to christmas.”

Dalam Ensiklopedi itu pula, dengan judul “Natal Day,” Bapak Katolik pertama, mengakui bahwa:

“In the Scriptures, no one is recorded to have kept a feast or held a great banquet on his birthday. It is only sinners (like Paraoh and Herod) who make great rejoicings over the day in which they were born into this world.”

Encyclopedia Britannica, yang terbit tahun 1946, menjelaskan sebagai berikut:

“Christmas was not among the earliest festivals of the church… It was not instituted by Christ or the apostles, or by Bible authority. It was picked up of afterward from paganism.”

Encyclopedia Americana terbitan tahun 1944 juga menyatakan sebagai berikut:

“Christmas…It was, according to many authorities, not celebrated in the first centuries of the Christian church, as the Christian usage in general was to celebrate the death of remarkable persons rather than their birth…” (The “Communion,” which is instituted by New Testament Bible authority, is a memorial of the death of Christ.) “…A feast was established in memory of this event (Christ’s birth) in the fourth century. In the fifth century the Western Church ordered it to be celebrated forever on the day of the old Roman feast of the birth of Sol, as no certain knowledge of the day of Christ’s birth existed.”

Sekarang perhatikan! Fakta sejarah telah membeberkan kepada kita bahwa mulai lahirnya gereja Kristen pertama sampai dua ratus atau tiga ratus tahun kemudian – jarak waktu yang lebih lama dari umur negara Amerika Serikat – upacara Natal tidak pernah dilakukan oleh umat Kristen. Baru setelah abad keempat, perayaan ini mulai diselenggarakan oleh orang-orang Barat, Roma dan Gereja. Menjelang abad kelima, Gereja Roma memerintahkan untuk merayakannya sebagai hari raya umat Kristen yang resmi.

2. YESUS TIDAK LAHIR PADA TANGGAL 25 DESEMBER.

Sungguh amat mustahil jika Yesus dilahirkan pada musim dingin! (Di wilayah Yudea, setiap bulan Desember adalah musim salju dan hawanya sangat dingin) Sebab Injil Lukas 2:11 menceritakan suasana di saat kelahiran Yesus sebagai berikut:

“Di daerah itu ada gembala-gembala yang tinggal di padang menjaga kawanan ternak mereka pada waktu malam. Tiba-tiba berdirilah seorang malaikat Tuhan di dekat mereka dan kemuliaan Tuhan bersinar meliputi mereka dan mereka sangat ketakutan.. Lalu kata malaikat itu kepada mereka: “Jangan takut, sebab sesungguhnya aku memberitakan kepadamu kesukaan besar untuk seluruh bangsa: Hari ini telah lahir bagimu Juruselamat, yaitu Kristus, di kota Daud.”

Tidak mungkin para penggembala ternak itu berada di padang Yudea pada bulan Desember. Biasanya mereka melepas ternak ke padang dan lereng-lereng gunung. Paling lambat tanggal 15 Oktober, ternak tersebut sudah dimasukkan ke kandangnya untuk menghindari hujan dan hawa dingin yang menggigil. Bibel sendiri dalam Perjanjian Lama, kita Kidung Agung 2: dan Ezra 10:9, 13 menjelaskan bahwa bila musim dingin tiba, tidak mungkin pada gembala dan ternaknya berada di padang terbuka di malam hari.

Adam Clarke mengatakan:
“It was an ancient custom among Jews of those days to send out their sheep to the field and desert about the Passover (early spring), and bring them home at commencement of the first rain.” (Adam Clarke Commentary, Vol.5, page 370, New York).
“Adalah kebiasaan lama bagi orang-orang Yahudi untuk menggiring domba-domba mereka ke padang menjelang Paskah (yang jatuh awal musim semi), dan membawanya pulang pada permulaan hujan pertama).”

Adam Clarke melanjutkan:
“During the time they were out, the sepherds watch them night and day. As…the first rain began early in the month of Marchesvan, which answers to part of our October and November (begins sometime in october), we find that the sheep were kept out in the open country during the whole summer. And, as these sepherds had not yet brought home their flocks, it is a presumptive argument that october had not yet commenced, and that, consequently, our Lord was not born on the 25th of December, when no flock were out in the fields; nor could He have been born later than September, as the flocks were still in the fields by night. On this very ground, the Nativity in December should be given up. The feeding of the flocks by night in the fields is a chronological fact…See the quotation from the Talmudists in Lightfoot.”

“Selama domba-domba berada di luar, para penggembala mengawasinya siang dan malam. Bila…hujan pertama mulai turun pada bulan Marchesvan, atau antara bulan Oktober dan November, ternak-ternak itu mulai dimasukkan ke kandangnya. Kita pun mengetahui bahwa domba-domba itu dilepas di padang terbuka selama musim panas. Karena para penggembala belum membawa pulang domba-dombanya, berarti bulan Oktober belum tiba. Dengan demikian dapatlah diambil kesimpulan bahwa Yesus tidak lahir pada tanggal 25 Desember, ketika tidak ada domba-domba berkeliaran di padang terbuka di malam hari. Juga tidak mungkin dia lahir setelah bulan September, karena di bulan inilah domba-domba masih berada di padang waktu malam. Dari berbagai bukti inilah, kemungkinan lahir di bulan Desember itu harus disingkirkan. Memberi makan ternak di malam hari, adalah fakta sejarah…sebagaimana yang diungkapkan oleh Talmud (kitab suci Yahudi) dalam bab “Ringan Kaki”.

Di ensiklopedi mana pun atau juga di kitab suci Kristen sendiri akan mengatakan kepada kita bahwa Yesus tidak lahir pada tanggal 25 Desember. Catholic Encyclopedia sendiri secara tegas dan terang-terangan mengakui fakta ini.

Tidak seorang pun yang mengetahui, kapan hari kelahiran Yesus yang sebenarnya. Jika kita meneliti dari bukti-bukti sejarah dan kitab suci Kristen sendiri, saya bisa mengambil kesimpulan bahwa Yesus lahir pada awal musim gugur – yang diperkirakan jatuh pada bulan September – atau sekitar 6 bulan setelah hari Paskah.

Jika Tuhan menghendaki kita untuk mengingat-ingat dan merayakan hari kelahiran Yesus, niscaya dia tidak akan menyembunyikan hari kelahirannya.

3. PROSES NATAL MASUK GEREJA.

New Schaff-Herzog Encyclopedia of Religious Knowledge dalam artikelnya yang berjudul “Christmas” menguraikan dengan jelas sebagai berikut:

“How much the date of the festival depended upon the pagan Brumalia (Dec.25) following the Saturnalia (Dec.17-24), and celebrating the shortest day of the year and the ‘new sun’… can not be accurately determined. The pagan Saturnalia and Brumalia were too deeply entrenched in popular custom to be set aside by Christian influence…The pagan festival with its riot and merrymaking was so popular that Christians were glad of an excuse to continue its celebration with little change in spirit and in manner. Christian preachers of the West and the Near East protested against the unseemly frivolity with which Christ’s birthday was celebrated, while Christians of Mesopotamia accused their Western brethren of idolatry and sun worship for adopting as Christian this pagan festival.”

Perlu diingat! Menjelang abad pertama sampai pada abad keempat Masehi, dunia dikuasai oleh imperium Romawi yang paganis politeisme. Sejak agama Kristen masih kecil sampai berkembang pesat, para pemeluknya dikejar-kejar dan disiksa oleh penguasa Romawi. Setelah Konstantin naik tahta menjadi kaisar, kemudian memeluk agama Kristen pada abad ke-4 M. dan menempatkan agama sejajar dengan agama kafir Roma, banyak rakyat yang berbondong-bondong memeluk agama Kristen.

Tetapi karena mereka sudah terbiasa merayakan hari kelahiran dewa-dewanya pada tanggal 25 Desember, mengakibatkan adat tersebut sulit dihilangkan. Perayaan ini adalah pesta-pora dengan penuh kemeriahan, dan sangat disenangi oleh rakyat. Mereka tidak ingin kehilangan hari kegembiraan seperti itu. Oleh karena itu, meskipun sudah memeluk agama Kristen, mereka tetap melestarikan upacara adat itu. Di dalam artikel yang sama, New Schaff-Herzog Encyclopedia of Religious Knowledge menjelaskan bagaimana kaisar Konstantin tetap merayakan hari “Sunday” sebagai hari kelahiran Dewa Matahari. (Sun = Matahari, Day = Hari – dalam bahasa Indonesia disebut hari Minggu — pen.) Dan bagaimana pengaruh kepercayaan kafir Manichaeisme yang menyamakan Anak Tuhan (Yesus) identik dengan Matahari, yang kemudian pada abad ke-4 Masehi kepercayaan itu masuk dalam agama Kristen. Sehingga perayaan hari kelahiran Sun-god (Dewa Matahari) yang jatuh pada tanggal 25 Desember, diresmikan menjadi hari kelahiran Son of God (Anak Tuhan – Yesus).

Marilah kita kembali membaca Encyclopaedia Britannica yang mengatakan sebagai berikut:

“Certain Latins, as early as 354, may have transferred the birthday from January 6th to December, which was then a Mithraic feas … or birthday of the unconquered SUN … The Syrians and Armenians, who clung to January 6th, accused the Romans of sun worship and idolatry, contending… that the feast of December 25th, had been invented by disciples of Cerinthus…”

4. ASAL USUL NATAL

Kita mewarisi Natal berasal dari Gereja Katolik Roma, dan gereja itu mendapatkannya dari kepercayaan pagan (kafir) Politeisme, lalu dari manakah agama kafir itu mendapatkan ajaran itu? Dimana, kapan, dan bagaimana bentuk asli ajaran itu?

Bila kita telusuri mulai dari ayat-ayat Bible (Alkitab) sampai pada sejarah kepercayaan bangsa Babilonia kuno, niscaya akan ditemukan bahwa ajaran itu berasal dari kepercayaan berhala yang dianut oleh masyarakat Babilonia di bawah raja Nimrod (Namrud – di masa inilah nabi Ibrahim lahir). Jelasnya, akar kepercayaan ini tumbuh setelah terjadi banjir besar di masa nabi Nuh.

Nimrod, cucu Ham, anak nabi Nuh, adalah pendiri sistem kehidupan masyarakat Babilonia. Sejak itulah terdapat dasar-dasar pemerintahan dan negara, dan sistem ekonomi dengan cara bersaing untuk meraih keuntungan. Nimrod inilah mendirikan menara Babel, membangun kota Babilonia, Nineweh dan kota-kota lainnya. Dia pula yang pertama membangun kerajan di dunia. Nama “Nimrod” dalam bahasa Hebrew (Ibrani) berasal dari kata “Marad” yang artinya “dia membangkang atau murtad” (Karena bahasa Ibrani serumpun dengan bahasa Arab, silahkan anda membandingkan kata “Marad” dengan kata Arab “Ridda” atau “murtad”. Pen)

Dari catatan-catatan kuno, kita mengetahui perjalanan Nimrod ini, yang mengawali pemurtadan terhadap Tuhan dan menjadi biang manusia pembangkang di dunia sampai saat ini. Jumlah kejahatannya amat banyak, diantaranya, dia mengawini ibu kandungnya sendiri yang bernama Semiramis. Setelah Nimrod meninggal dunia, ibu yang merangkap sebagai istri tersebut menyebarkan ajaran bahwa Roh Nimrod tetap hidup selamanya, walaupun jasadnya telah mati. Dia membuktikan ajarannya dengan adanya pohon Evergreen yang tumbuh dari sebatang kayu yang mati, yang ditafsirkan oleh Semiramis sebagai bukti kehidupan baru bagi Nimrod yang sudah mati. Untuk mengenang hari kelahirannya, Nimrod selalu hadir di pohon evergreen ini dan meninggalkan bingkisan yang digantungkan di ranting-ranting pohon itu. 25 Desember itulah hari kelahiran Nimrod. Dan inilah asal usul pohon Natal.

Melalui pengaruh dan pemujaannya kepada Nimrod, Semiramis dianggap sebagai “Ratu Langit” oleh rakyat Babilonia. Dengan berbagai julukan, akhirnya Nimrod dipuja sebagai “Anak Suci dari Sorga”. Melalui perjalanan sejarah dan pergantian generasi dari masa ke masa, dari satu bangsa ke bangsa lainnya, penyembahan berhala versi Babilonia ini berubah menjadi Mesiah Palsu yang berupa dewa Baal, anak dewa Matahari. Dalam sistem kepercayaan Babilonia ini, “Ibu dan anak” (Semiramis dan Nimrod yang lahir kembali) menjadi obyek penyembahan. Ajaran penyembahan kepada ibu dan anak ini menyebar luas sampai di luar Babilonia dengan bentuk dan nama yang berbeda-beda, sesuai dengan bahasa negara-negara yang ditempatinya. Di Mesir dewa-dewi itu bernama Isis dan Osiris. Di Asia bernama Cybele dan Deoius. Dalam agama Pagan Roma disebut Fortuna dan Yupiter. Bahkan di Yunani, China, Jepang, Tibet bisa ditemukan adat pemujaan terhadap dewi Madonna, jauh sebelum Yesus lahir!

Sampai pada abad ke-4 dan ke-5 Masehi, ketika dunia pagan (penyembah banyak dewa) Romawi menerima agama baru yang disebut “Kristen,” dengan membawa adat dan kepercayaan pagan mereka yang lama. Akibatnya kepercayaan kepada Dewi Madonna, Ibu dan Anak juga menjadi populer, terutama di waktu hari Natal. Di setiap musim Natal kita selalu mendengar lagu-lagu atau hymne: “Silent Night” atau “Holy Night” yang sangat akrab dengan tema pemujaan terhadap Ibu dan Anak.

Kita yang sejak lahir diwarnai oleh alam budaya Babilonia, telah diajarkan untuk mengagungkan dan memuliakan semua tradisi yang berasal dari jaman jahiliyah kuno itu. Kita tidak pernah bertanya untuk mengetahui dari manakah asal usul adat seperti itu – Apakah ia berasal dari ajaran Bible (Alkitab), ataukah ia berasal dari kepercayaan penyembah berhala yang sesat?

Kita terperangah seakan-akan tidak mau menerima kebenaran ini, karena seluruh dunia terlanjur telah melakukannya. Lebih aneh lagi, sebagian besar meremehkan dan mencemooh kebenaran ini. Namun Tuhan telah berfirman kepada para utusannya yang setia:

“Katakan dengan lantang,
dan jangan menghiraukan penghinaan mereka!
Kumandangkan suaramu seperti terompet!
Dan tunjukkan di depan umatKu tentang kesesatan mereka!”
Memang kenyataan ini sungguh sangat mengejutkan bagi mereka, meskipun ini adalah fakta sejarah dan berdasarkan kebenaran dari Bibel (Alkitab).

Natal adalah acara ritual yang berasal dari masa Babilonia kuno yang belum mengenal agama yang benar. Tradisi ini diwariskan puluhan abad yang lampau sampai kepada kita.

Di Mesir, ia dipercayai bahwa Dewi Isis (Dewi Langit) melahirkan anaknya yang tunggal pada tanggal 25 Desember. Hampir semua orang-orang penyembah berhala (paganis) di dunia waktu itu, merayakan ulang tahun (Natal) anak dewi Isis ini jauh sebelum kelahiran Yesus.

Dengan demikian, sudah jelas bagi kita bahwa 25 Desember itu bukanlah hari kelahiran Yesus Kristus. Para murid Yesus dan orang-orang Kristen abad pertama tidak pernah menyelenggarakan Natal, meskipun hanya sekali. Tidak ada ajaran atau pun perintah perayaan Natal di dalam Bibel. Sekali lagi, perayaan Natal atau Christmas itu adalah ulang tahun anak dewa yang dianut oleh para paganis, dan bukan dari ajaran Kristen. Percaya atau tidak, terserah anda!

Upacara ini berasal dari cara-cara pemujaan yang dikenal dengan “Chaldean Mysteries” (Misteri Kaldea) berasal dari ajaran Semiramis, isteri Nimrod. Kemudian adat ini dilestarikan oleh para penyembah berhala secara turun-temurun hingga sekarang dengan wajah baru yang disebut Kristen.

5. ASAL USUL POHON NATAL

Sekarang dari manakah kita mendapatkan kebiasaan memasang pohon Natal itu? Di antara para penganut agama Pagan kuno, pohon itu disebut “Mistletoe” yang dipakai pada saat perayaan musim panas, karena mereka harus memberikan persembahan suci kepada matahari, yang telah memberikan mukjizat penyembuhan. Kebiasaan berciuman di bawah pohon itu merupakan awal acara di malam hari, yang dilanjutkan dengan pesta makan dan minum sepuas-puasnya, sebagai perayaan yang diselenggarakan untuk memperingati kematian “Matahari Tua” dan kelahiran “Matahari Baru” di musim panas.

Rangkaian bunga suci yang disebut “Holly Berries” juga dipersembahkan kepada dewa Matahari. Sedangkan batang pohon Yule dianggap sebagai wujud dari dewa matahari. Begitu pula menyalakan lilin yang terdapat dalam upayara Kristen hanyalah kelanjutan dari kebiasaan kafir, sebagai tanda penghormatan terhadap dewa matahari yang bergeser menempati angkasa sebelah selatan.

Encyclopedia Americana menjelaskan sebagai berikut:

“The Holly, the Mistletoe, the Yule log …are relics of pre-Christian times.”

“Rangkaian bunga Holly, pohon Mistletoe dan batang pohon Yule…yang dipakai sebagai penghias malam Natal adalah warisan dari zaman sebelum Kristen.”

Sedangkan buku Answer to Question yang ditulis oleh Frederick J. Haskins menyebutkan bahwa:

“The use of Christmas wreath is believed by authorities to be traceable to the pagan customs of decorating buildings and places of worship at the feast which took place at the same time as Christmas. The Christmas tree is from Egypt, and its origin date from a period long anterior to the Christian Era.”

“Hiasan yang dipakai pada upacara Natal adalah warisan dari adat agama penyembah berhala (paganisme), yang menghiasi rumah dan tempat peribadatan mereka yang waktunya bertepatan dengan malam Natal sekarang. Sedangkan pohon Natal berasal dari kebiasaan Mesir Kuno, yang masanya lama sekali sebelum lahirnya agama Kristen.”

6. SIAPA SANTA CLAUS

Santa Claus bukan ajaran yang berasal dari paganisme, tetapi juga bukan ajaran Kristen. Sinterklas ini adalah ciptaan seorang pastur yang bernama “Santo Nicolas” yang hidup pada abad ke empat Masehi. Hal ini dijelaskan oleh Encyclopedia Britannica, volume 19 halaman 648-649, edisi kesebelas, yang berbunyi sebagai berikut:

“St. Nicholas, bishop of Myra, a saint honored by the Greek and Latins on the 6th of December… A Legent of his surreptitious bestowal of dowries on the three daughters of an improverrished citizen… is said to have originated the old custom of giving presents in secret on the Eve of St. Nicholas (Dec.6), subsequently transferred to Christmas day. Hence the association of Christmas with Santa Claus…”

“St. Nicholas, adalah seorang pastur di Myra yang amat diagung-agungkan oleh orang-orang Yunani dan Latin setiap tanggal 6 Desember…Legenda ini berawal dari kebiasaannya yang suka memberikan hadiah secara sembunyi-sembunyi kepada tiga anak wanita miskin… untuk melestarikan kebiasaan lama dengan memberikan hadiah secara tersembunyi itu digabungkan ke dalam malam Natal. Akhirnya tarkaitlah antara hari Natal dan Santa Claus…”

Sungguh merupakan kejanggalan! Orang tua menghukum anaknya yang berkata bohong. Tetapi di saat menjelang Natal, mereka membohongi anak-anak dengan cerita Sinterklas yang memberikan hadiah di saat mereka tidur. Bukankah ini suatu keanehan, ketika anak-anak menginjak dewasa dan mengenal kebenaran, pasti akan beranggapan bahwa Tuhan hanyalah mitos atau dongeng belaka?

Dengan cara ini tidak sedikit orang yang merasa tertipu, dan mereka pun mengatakan:

“Ya, saya akan membongkar pula tentang mitos Yesus Kristus!”
Inikah ajaran Kristen yang mengajarkan mitos dan kebohongan kepada anak-anak? Padahal Tuhan sudah mengatakan:

“Janganlah menjadi saksi palsu. Dan ada cara yang menurut manusia betul, tetapi sebenarnya itu adalah ke jalan kematian dan kesesatan.”
Oleh karena itu, upacara “Si Santa Tua” itu juga merupakan Setan.

Di dalam kitab suci telah dijelaskan sebagai berikut:

“Hal itu tidak usah mengherankan, sebab Iblis pun menyamar sebagai malaikat terang. Jadi itu bukanlah hal yang ganjil, jika pelayan-pelayannya menyamar sebagai pelayan-pelayan kebenaran. Kesudahan mereka akan setimpal dengan perbuatan mereka.” (II Korintus 11:14)

Dari bukti-bukti nyata yang telah kita ungkap tadi dapatlah diambil kesimpulan, bahwa perayaan Natal atau Christmas itu bukanlah ajaran Kristen yang sebenarnya, melainkan kebiasaan para penyembah berhala (Paganis). Ia warisan dari kepercayaan kuno Babilonia ribuan tahun yang lampau.

7. KATA BIBLE TENTANG POHON NATAL

Bagaimana Bibel berbicara tentang Natal, atau mencatat pandangan para murid Yesus atau bapak-bapak geraja awal. Jawabannya sungguh sangat mengejutkan bagi kalangan Kristen sendiri. Sebagaimana yang dikatakan Bibel (Alkitab) pada kitab Yeremia 10:2-4 yang berbunyi sebagai berikut:

“Janganlah biasakan dirimu dengan tingkah langkah bangsa-bangsa, janganlah gentar terhadap tanda-tanda di langit, sekalipun bangsa-bangsa gentar terhadapnya. Sebab yang disegani bangsa-bangsa adalah kesia-siaan.”

“Bukankah berhala itu pohon yang ditebang orang dari hutan, yang dikerjakan dengan pahat oleh tangan tukang kayu?

Orang memperindahnya dengan emas dan perak; orang memperkuatnya dengan paku dan palu, supaya jangan goyang.”

Itulah keterangan yang jelas dari Bibel tentang pohon Natal. Kita dilarang mengikuti kebiasaan bangsa-bangsa penyembah berhala. Sebab hal itu merupakan perbuatan yang sesat menyekutukan Tuhan. Pada ayat kelima dijelaskan bahwa:

“Pohon itu tidak bisa berbicara, dan orang harus mengangkatnya, karena ia tidak bisa berjalan sendiri.”
“Janganlah takut kepadanya, sebab ia tidak dapat berbuat jahat, juga tidak dapat berbuat baik.”

Sebab mereka bukanlah dewa yang harus ditakuti. Bagi mereka yang tidak pernah membaca atau yang melupakan ayat ini, beranggapan bahwa tidak ada larangan untuk membuat pohon Natal. Tetapi jika telah membacanya, apa yang harus dikatakan?

8. HADIAH NATAL

Acara yang paling penting dari seluruh kegiatan Natal adalah “The Christmas Shopping Season – Musim Belanja Natal” yang dilakukan dengan cara membeli dan tukar menukar hadiah. Mungkin banyak orang yang mengecam kami sambil berkata:

“Bukankah Bibel (Alkitab) telah menceritakan kepada kita untuk ditiru? Lupakah kita kisah 3 orang dari timur yang datang ke Betelhem untuk memberikan hadiah ketika Yesus lahir?”

Memang, kami mengetahui cerita itu di dalam Alkitab. Tetapi, silahkan anda melihat keterangan kami yang mengejutkan ini. Marilah menengok sejarah asal usul tukar menukar hadiah itu, kemudian kita bandingkan dengan ayat Alkitab.

Pada Bibliothica Sacra, volume 12, halaman 153-155, kita dapat membaca sebagai berikut:

“The interchange of presents between friends is alike characteristic of Christmas and the Saturnalia, and must have been adopted by Christians from the Pagan, as the admonition of Tertullian plainly shows.”
“Tukar menukar hadiah antar teman di hari Natal serupa dengan adat agama Saturnalia. Kemungkinan besar, kebiasaan ini diadopsi oleh orang-orang Kristen dari agama Pagan, sebagaimana yang dilakukan oleh orang-orang Tertulianus.”

Dari bukti yang jelas ini, ternyata kebiasaan pertukaran hadian sesama teman dan famili pada hari Natal itu sama sekali tidak ada kaitannya dengan kisah dalam Alkitab tersebut. Acara Natal bukanlah merayakan ulang tahun Yesus Kristus, juga bukan untuk menghormatinya.

Sebagai contoh, seorang teman yang sangat anda cintai sedang merayakan ulang tahunnya. Bila ingin membahagiakannya di hari kelahirannya itu, apakah anda membeli hadiah untuk teman yang lain? Membeli lagi dan tukar menukar hadiah dengan teman-teman dan kekasih anda, tetapi tidak memberi hadiah apa pun kepada teman yang anda cintai, yang sedang anda rayakan hari ulang tahunnya? Tidakkah disadari keganjilan seperti itu?

Sebuah kenyataan yang tidak bisa dipungkiri yang selalu dilakukan oleh hampir semua orang di seluruh dunia. Mereka menghormati “sebuah hari” – yang sebenarnya bukan hari kelahiran Yesus Kristus – dengan berbelanja dan membeli hadiah sebanyak-banyaknya untuk ditukarkan kepada teman-teman dan kerabatnya. Dari pengalaman saya selama bertahun-tahun, begitu pula pengalaman para pastur dan pendeta; Apabila bulan Desember tiba, hampir semua orang yang mengaku Kristen lupa memberi hadiah kepada Yesus Kristus yang mereka cintai.

Desember adalah bulan yang paling sulit untuk menghidupkan ajaran Yesus. Sebab semua orang terlalu disibukkan untuk membeli dan menukar hadiah daripada mengingat Yesus dan menghidupkan ajarannya. Peristiwa melupakan Yesus ini terus berlangsung sampai bulan Januari bahkan Pebruari. Sebab mereka harus melunasi biaya pengeluaran yang dibelanjakan pada waktu Natal. Sehingga mereka sulit mengabdi kepada Yesus kembali sebelum bulan Maret.

Sekarang, perhatikan apa kata Bibel tentang tiga orang dari timur yang memberikan hadiah kepada Yesus, yang berbunyi sebagai berikut:

“Sesudah Yesus dilahirkan di Betlehem di tanah Yudea pada zaman raja Herodes, datanglah orang-orang Majus dari Timur ke Yerusalem dan bertanya-tanya: “Di manakah dia, raja orang Yahudi yang baru dilahirkan itu? Kami telah melihat bintang-bintang di timur dan kami datang untuk menyembah dia.” Ketika raja Herodes mendengar tentang hal itu terkejutlah ia beserta seluruh Yerusalem. Maka dikumpulkannya semua imam kepala dan ahli Taurat bangsa Yahudi, lalu dimintanya keterangan dari mereka, di mana Mesias akan dilahirkan. Mereka berkata kepadanya: “Di Betlehem di tanah Yudea, karena demikianlah ada tertulis dalam kitab nabi: Dan engkau Betlehem, tanah Yudea, engkau sekali-kali bukanlah yang terkecil di antara mereka yang memerintah Yudea, karena daripadamulah akan bangkit seorang pemimpin, yang akan menggembalakan umatKu Israel. Lalu dengan diam-diam Herodes memanggil orang-orang Majus itu dan dengan teliti bertanya kepada mereka, bilamana bintang itu nampak. Kemudian ia menyuruh mereka ke Betlehem, katanya: “Pergi dan selidikilah dengan seksama hal-hal mengenai anak itu dan segera sesudah kamu menemukan dia, kabarkanlah kepadaku supaya aku pun datang menyembah dia.” Setelah mendengar kata-kata raja itu, berangkatlah mereka. Dan lihatlah, bintang yang mereka lihat di timur itu mendahului mereka hingga tiba dan berhenti di atas tempat, di mana anak itu berada. Ketika mereka melihat bintang itu, sangat bersukacitalah mereka. Maka masuklah mereka ke dalam rumah itu dan melihat anak itu bersama Maria, ibunya, lalu sujud menyembah dia. Mereka pun membuka tempat harta bendanya dan mempersembahkan persembahan kepadanya, yaitu emas, kemenyan dan mur. Dan karena diperingatkan dalam mimpi, supaya jangan kembali kepada Herodes, maka pulanglah mereka ke negerinya melalui jalan lain.”

9. HADIAH UNTUK YESUS

Perhatikanlah dengan teliti. Ayat bibel tersebut menceritakan bahwa pada mulanya orang-orang Majus tersebut menanyakan tentang Bayi Yesus yang lahir sebagai Raja Yahudi. Lalu, mengapa mereka memberi hadiah kepadanya? Apakah karena hari kelahirannya?

Jawabannya adalah “Tidak.” Sebab mereka memberi hadiah beberapa hari bahkan beberapa minggu setelah hari kelahirannya.

Bisakah peristiwa ini dipakai pedoman bagi kita untuk melakukan kebiasaan memberi atau saling menukar hadiah di antara kita? Jelas tidak bisa. Sebab orang-orang Majus tersebut tidak saling menukar hadiahnya, tetapi mereka memberi hadiah kepada Yesus. Bukan tukar menukar hadiah sesama teman atau kerabatnya.

Mengapa? Silahkan anda membaca buku Adam Clarke Commentary, volume 5, halaman 46 yang berbunyi sebagai berikut:

“Verse 11. (They presented unto him gifts.) The people of the east never approach the presence of kings and great personages, without a present in their hands. The custom is often noticed in the Old Testament, and still prevails in the east, and in some of the newly discored South Sea Islands.”

“Ayat 11. (Mereka memberi hadiah kepadanya.) Adalah kebiasaan orang-orang timur, apabila menghadap raja atau orang-orang terkemuka, mereka selalu membawa hadiah. Kebiasaan seperti ini juga tercantum dalam kitab Perjanjian Lama, dan masih berlaku di timur, juga dapat ditemuka di South Sea Islands (Kepulauan Laut Selatan).”

Dari keterangan Adam Clarke ini, jelaslah bagi kita, bahwa peristiwa tersebut tidak bisa dipakai pedoman atau dikaitkan dengan kebiasaan Kristen baru dengan menukar hadiah kepada temannya untuk menghormati ulang tahun Yesus. Sebaliknya, mereka mengikuti adat orang-orang timur kuno yang memberi hadiah ketika mengharap raja. Mereka mendatangi Yesus, yang lahir sebagai Raja Yahudi. Sebagaimana ratu Sheba (Balqis) membawa hadiah kepada raja Salomo (Sulaiman). Bahkan seperti sekarang ini, para tamu negara pasti membawa hadiah atau cindera mata apabila datang ke White House (Gedung Putih) untuk menemui presiden.

Jadi kebiasaan menukar hadiah ini bukanlah dari ajaran Kristen, melainkan hanya merupakan pelestarian tradisi lama yang dilakukan oleh orang-orang pagan (penyembah berhala). Di saat menjelang Natal atau Christmas yang katanya untuk menghormati Kristus dan menghidupkan ajarannya, justru orang-orang Kristen bertambah set back (jauh) dari ajaran Yesus.

10. NATAL MEMULIAKAN TUHAN?

Ada dua alasan yang dipakai dasar oleh orang-orang yang menyelenggarakan Natal, sebagai cara untuk menghormati Yesus Kristus, meskipun mereka mengetahui bahwa perayaan itu warisan kepercayaan Paganisme:

1. Banyak yang mengajukan alasan: “Walaupun kita tidak mengetahui secara tepat hari kelahiran Yesus, apa salahnya kita memilih hari untuk merayakan ulang tahunnya.”

Kami akan menjawab dengan pasti “Tidak bisa”. Sebab dalam Catholic Encyclopedia (Eksiklopedi Katolik) telah dijelaskan:

“Sinners alone, not saints, celebrate their birthday = Hanya orang kafir, bukan orang-orang suci, yang merayakan hari ulang tahun mereka.”

Perayaan ulang tahun bukan berasal dari agama Kristen, melainkan dari ajaran agama kafir.

2. Ada pula yang beralasan: “Walaupun Natal itu kebiasaan orang-orang kafir (pagan) yang menyembah dewa matahari, tetapi kita tidak menyembah dewa tersebut, melainkan untuk menghormati Yesus Kristus.”

Tetapi sudahkah kita mendengarkan jawaban Tuhan melalui firmannya yang berbunyi sebagai berikut:

“Maka hati-hatilah, supaya jangan engkau kena jerat dan mengikuti mereka, setelah mereka dipunahkan dari hadapanmu, dan supaya jangan engkau menanya-nanya tentang tuhan mereka dengan berkata: “Bagaimana bangsa-bangsa ini beribadah kepada tuhan mereka? Aku pun mau berlaku begitu.” Jangan engkau berbuat seperti itu terhadap Tuhanmu. Sebab segala yang menjadi kekejian bagi Tuhan, apa yang dibenciNya, itulah yang dilakukan mereka bagi tuhan mereka; bahkan anak-anaknya lelaki dan anak-anaknya perempuan dibakar mereka dengan api bagi tuhan mereka.” (Ulangan 12:30-31)

Tuhan berfirman dengan jelas dalam kitab suciNya, bahwa Dia tidak mau menerima dalam bentuk penyembahan yang menyerupai atau meniru cara penyembahan orang-orang kafir kepada tuhannya. Cara penyembahan seperti itu sangat menjijikkan bagi Tuhan. BagiNya, pemujaan yang demikian itu tidak layak untukNya, melainkan hanya pantas untuk memuja berhala. Sebagaimana yang sering kita dengar, Tuhan melarang kita menyembahNya hanya dengan “menurut kata hati kita sendiri.” Yesus telah bersabda:

“Allah itu Roh, dan barang siapa yang menyembah Dia, harus menyembahNya dalam roh dan kebenaran; sebab Bapa menghendaki penyembah-penyembah demikian.” (Yohanes 4:24)

Dan apa yang dimaksud dengan kebenaran itu? Firman Tuhan atau Kitab suci Bibel itulah kebenaran. Sebagainya sabda Yesus yang berbunyi sebagai berikut:

“Kuduskanlah mereka dalam kebenaran; FirmanMu adalah kebenaran.” (Yohanes 17:17)

Di Dalam Bibel sendiri, secara jelas Tuhan berfirman bahwa Dia tidak mau menerima penyembahan kepadaNya, dengan meniru cara penyembahan para penyembah berhala. Begitu pula cara yang dipakai untuk mengagungkan dan memuliakan Yesus Kristus.

Ingatlah sekali lagi, peringatan Yesus yang berbunyi:

“Percuma mereka beribadah kepadaku, sedangkan ajaran yang mereja ajarkan ialah perintah manusia.”

Natal atau Christmas adalah tradisi dan ajaran manusia, sedangkan ajaran Tuhan telah melarangnya. Selanjutnya Yesus bersabda lagi:

“Sungguh kamu telah menolak ajaran Tuhan, tetapi kamu mengikuti ajaran tradisimu sendiri.”

Alangkah tepat firman-firman Tuhan yang dilontarkan kepada berjuta-juta orang yang melakukan Natal itu. Mereka mengabaikan ajaran Tuhan. Tuhan melarang pemujaan yang meniru adat kaum kafir penyembah berhala, tetapi dengan senang hati kita melanggarnya. Tuhan berfirman:

“Janganlah kamu berbuat demikian terhadap Tuhanmu.”

Ternyata hampir semua orang menganggap ringan larangan itu. Atau karena tidak memiliki dasar agama yang kuat, akhirnya mereka mengikuti tradisi kebanyakan orang-orang untuk merayakan Natal.

Jangan salah! Tuhan membiarkan anda untuk berbuat semaunya dan tidak mengikuti petunjukNya. Tuhan membiarkan kita tenggelam dalam keramaian dan mengikuti tradisi orang-orang. Bahkan Dia akan membiarkan kita berlumuran dosa. Tetapi, Tuhan juga telah memerintahkan kita tentang datangnya hari perhitungan atau pembalasan. Jika kamu menanam, niscaya kamu akan memetik hasilnya. Yesus adalah firman Tuhan yang hidup, sedangkan Bibel adalah firman Tuhan yang tertulis. Dan kita akan diadili sesuai dengan ketetapan yang telah digariskan dalam firman tersebut. Kita pun tidak bisa mengelak dan mengabaikannya.

11. TANPA DI SADARI KITA KEMBALI KE MASA BABILONIA

Christmas atau Natal telah menjadi musim panen para pedagang. Ia menjadi sponsor yang terus dilestarikan oleh perusahaan advertising setiap tahun. Anda selalu melihat Santa Claus yang dipajang di setiap toko. Iklan-iklan menyambut dan mengajak kita untuk merayakan “Beautiful Christmas Spirit”. Koran yang selalu menjual iklan, ikut menyemarakkan musim kaum kafir tersebut di tajuk rencananya. Orang yang mudah terbius oleh tradisi ini, akan marah bila ditunjukkan kebenaran dari Tuhan. Padahal “Christmas Spirit = Semangat Natal” yang diselenggarakan setiap tahun itu, bukanlah untuk mengangungkan Kristus, melainkan hanya untuk promosi barang-barang dagangan. Sebagaimana rayuan setan lainnya, ia dikemas sedemikian rupa sehingga tampak seperti “Malaikat Pembawa Terang” yang amat indah. Setiap tahun jutaan dolar dihabiskan begitu saja, sementara ajaran Yesus diterlantarkan. Itulah bagian dari sistem perekonomian Babilonia.

Sebagaimana yang telah diramalkan oleh Bibel (Alkitab), kita merasa berada di negara Kristen, padahal kita di Babilonia, tetapi kita tidak menyadarinya. Ingatlah pesan Alkitab yang berbunyi sebagai berikut:

“Pergilah kamu hai umatKu, pergilah dari padanya, supaya kamu jangan mengambil bagian dalam dosa-dosanya, dan supaya kamu jangan turut ditimpa malapetaka-malapetakanya.” (Wahyu 18:4)

Oleh karena itu, di tahun ini, daripada jutaan uang tersebut dihambur-hamburkan begitu saja, lebih baik dibelanjakan untuk menunjang pekerjaan Tuhan.

http://mcb.swaramuslim.com/index.php?section=15&page=-1

1 Kor 1:18 Sebab pemberitaan tentang salib memang adalah kebodohan bagi mereka yang akan binasa, tetapi bagi kita yang diselamatkan pemberitaan itu adalah kekuatan Allah

2 Kor 4:4 yaitu orang-orang yang tidak percaya, yang pikirannya telah dibutakan oleh ilah zaman ini, sehingga mereka tidak melihat cahaya Injil tentang kemuliaan Kristus, yang adalah gambaran Allah.

Yohanes 8:31-32 Jikalau kamu tetap dalam firman-Ku, kamu benar-benar adalah murid-Ku dan kamu akan mengetahui kebenaran, dan kebenaran itu akan memerdekakan kamu.

Renungkanlah: apakah anda orang yang tergolong masih diperbudak oleh ilah dunia ini atau sudah dimerdekakan oleh Isa Al Masih…??

@pkab.

Salam.

Saya setuju dengan apa yang bapak katakan itu.

salam.

ps. badan saya samapai merinding semua waktu baca ayat itu.

@ pkab

kor 1-2 itu perjanjian lama apa baru ya pak..??? yang mengeluarkan pernyataan itu Isa Almasih (Yesus) atau cuma kesimpulan orang lain (muridnya mungkin). Karena kalo Yesus sendiri yg bilang kayanya ndak mungkin, karena dia tidak berkenan di salib kok.
Karena menurut pendapat si jelasnggak kalo itu ayat perjanjian lama katanya gak kepake… ; )

salam

@irlander.

Kamu menanyakan:

kor 1-2 itu perjanjian lama apa baru ya pak..???

===> Korintus 1-2 adalah bagian dari Perjanjian Baru.

——-

Kamu menanyakan:

yang mengeluarkan pernyataan itu Isa Almasih (Yesus) atau cuma kesimpulan orang lain (muridnya mungkin).

===> Korintus 1-2 adalah surat yang ditulis Rasul Paulus Kepada jemaat di Korintus.

semoga jelas.

salam.

Berarti dalam Islam kaya AQ (Perjanjian lama) dan Hadits (Perjanjian Baru) gitu yak…!!!

Kesimpulan-kesimpulan pribadi Paulus itu dah bener2 final ya mas…??? lebih diikuti ketimbang ajaran Yesus ya mas…???

Yang saya gak faham kenapa asumsi2 Paulus yg hidup sesudah kematian Yesus justru menjadi pegangan utama dlm ajaran Katolik, dan ajaran Yesus sendiri dibabat habis sama si Paulus.

Apa Jel gak curiga kalo sejak jaman dulu hingga sekarang Yahudi itu sering kali keliatan mendukung (dalam rumusan Alkitab) tapi malah memlesetkan ajaran murni Yesus……

>>> Kor 1:18 Sebab pemberitaan tentang salib memang adalah kebodohan bagi mereka yang akan binasa, tetapi bagi kita yang diselamatkan pemberitaan itu adalah kekuatan Allah.
——————————
Ya iyalah yg namanya org di SALIB DI ZAMAN ROMAWI dulu berarti hukuman mati karena dianggap bodoh dan penyebar ajaran yg bertentangan dengan AJARAN DEWA2 mereka (Romawi). Dan memang ORANG YANG LOLOS DARI SALIB berarti diselamatkan oleh ALLAH.

Menurut umat Islam Isal AM (Yesus) emang diselamatkan loh…..asumsi yg logis dari Maha Kuasa-Nya Allah atas penyelamatan semudah Allah membalik telapak tangan tul ndak mas.

Kira2 asumsi Umat Islam atas diselamatkannya Isa AM (Yesus) dari biadabnya PENYALIBAN ORANG ROMAWI itu AGUNG dan DAHSYAT gak mas…??? Emangnya umat Islam dlm kasus tsb mengkerdilkan arti Agungnya Isa AM (Yesus) apa? Emangnya menghina Yesus…? Emangnya mengejek Yesus…???
Keajaiban kelahiran dan mukjizatnya yg diakui AQ apa itu juga merupakan suatu pernyataan yg memerahkan kuping2 rekan nasrani disini…???

Lucu dan tragis kalo ada yg berpendapat seperti itu to…!!!

Emangnya pernyataan Paulus bukannya Yesus itu diatas ditujukan buat siapa sih….???

Jelaskan pake bahasa sederhana dan simpel ya mas….ndak usah pake bahasa politikus…..ndak buat puziiiing…..

Salam

@ Jelasnggak

Merinding gak mas dengan pertanyaan saya diatas…???

Salam

@ jelasnggak

Kalo kamu percaya dengan nubuat2 Isa AM (Yesus), tolong beri saya satu ayat pernyataan Yesus yg menerangkan bahwa setelah ratusan tahun kematiannya ada SEORANG NABI yg bernama Paulus yg AKAN DIBERI KUASA utk meneruskan dan menerjemahkan apa yg sudah diajarkannya (Yesus).
Kalo nabi palsu sih saya 100% percaya. :).

Maaf yah rekan2 nasrani disini, kita2 rekan muslim justru berniat baik utk mengembalikan ajaran2 dasar dari ISA AM (Yesus) itu sendiri. Kalau ada rekan Muslim disini yg tdk percaya dengan Kekuasaan ALLAH atas Kuasa Ajaib dari Rasul2 dan Nabi sebelumnya hingga Yesus maka dia bukanlah seorang Muslim yg baik.

Dan juga barangsiapa diantara Umat Muslim menghina Seorang anak Manusia yg diberi Kuasa sebagai seorang utusan (Rasul) yaitu ISA AM (Yesus) maka keIslamannya layak dipertanyakan.

Tolong dicatat baik2, bagi Umat Islam Yesus dianggap bukan ALLAH itu bukan bermaksud menghina, karena Yesus sendiripun belum pernah menyatakan diriNya sebagai ALLAH..!!! itu saja yg dijadikan pegangan.
Monggo Bongkar habis ayat2 dlm Al-Qur’an dibagian mana ada kata2 yg mengejek, menghina dsb tersebut….

Jangan merinding loh mas….pakek jaketnyah to….nanti ndak mangsup angin…..

Salam

@iralander #21

Kamu menuliskan :

Kalo kamu percaya dengan nubuat2 Isa AM (Yesus), tolong beri saya satu ayat pernyataan Yesus yg menerangkan bahwa setelah ratusan tahun kematiannya ada SEORANG NABI yg bernama Paulus yg AKAN DIBERI KUASA utk meneruskan dan menerjemahkan apa yg sudah diajarkannya (Yesus).
Kalo nabi palsu sih saya 100% percaya. :).

===> Maap Mas or mBak.

Paulus itu bukan Nabi. Tapi Rasul.

Pemahaman kita beda antara nabi dan rasul.

Kalau kamu rasul = nabi.
Kalau kami rasul bukan nabi.

Jadi harap jelas.

————-

Kamu menuliskan :

Maaf yah rekan2 nasrani disini, kita2 rekan muslim justru berniat baik utk mengembalikan ajaran2 dasar dari ISA AM (Yesus) itu sendiri. Kalau ada rekan Muslim disini yg tdk percaya dengan Kekuasaan ALLAH atas Kuasa Ajaib dari Rasul2 dan Nabi sebelumnya hingga Yesus maka dia bukanlah seorang Muslim yg baik.

===> Okeiiii

—————–

Kamu menuliskan :

Dan juga barangsiapa diantara Umat Muslim menghina Seorang anak Manusia yg diberi Kuasa sebagai seorang utusan (Rasul) yaitu ISA AM (Yesus) maka keIslamannya layak dipertanyakan

===> ngomong-ngomong …

pernah Lihat khotbah Ahmad Deedat di youtube?

Dia menghina Yesus lho.

berarti keislamannya layak dipertanyakan ya?

salam.

@iralander #19

Kamu menuliskan :

Berarti dalam Islam kaya AQ (Perjanjian lama) dan Hadits (Perjanjian Baru) gitu yak…!!!

===> beda banget mas..

————-

Kamu menuliskan :

Ya iyalah yg namanya org di SALIB DI ZAMAN ROMAWI dulu berarti hukuman mati karena dianggap bodoh dan penyebar ajaran yg bertentangan dengan AJARAN DEWA2 mereka (Romawi). Dan memang ORANG YANG LOLOS DARI SALIB berarti diselamatkan oleh ALLAH.

===> bukan itu arti Korintus 1:18

—————–

Kamu menuliskan :

Menurut umat Islam Isal AM (Yesus) emang diselamatkan loh…..asumsi yg logis dari Maha Kuasa-Nya Allah atas penyelamatan semudah Allah membalik telapak tangan tul ndak mas.

====> Justru itu yang salah.

—————-

Kamu menuliskan :

Kira2 asumsi Umat Islam atas diselamatkannya Isa AM (Yesus) dari biadabnya PENYALIBAN ORANG ROMAWI itu AGUNG dan DAHSYAT gak mas…???

===> asumsi yang salah

——————

Kamu menuliskan :

Emangnya umat Islam dlm kasus tsb mengkerdilkan arti Agungnya Isa AM (Yesus) apa? Emangnya menghina Yesus…? Emangnya mengejek Yesus…???

===> saya (kristen) ngga berpendapat begitu mas.
Saya justru berpendapat, karena hormatnya umat muslim, maka mereka ngga mau kalau yesus (panutan mereka) ketahuan disalib.
Makanya mereka menulis sejarah yang lain dari sejarah umat kristen.

Tapi justru itulah letak kesalahannya.

————

Kamu menuliskan :

Keajaiban kelahiran dan mukjizatnya yg diakui AQ apa itu juga merupakan suatu pernyataan yg memerahkan kuping2 rekan nasrani disini…???

===> ngga tuh.

——————

Kamu menuliskan :

Emangnya pernyataan Paulus bukannya Yesus itu diatas ditujukan buat siapa sih….???

Buat semua murid Yesus.
termasuk saya.

——————–

Kamu menuliskan :

Jelaskan pake bahasa sederhana dan simpel ya mas….ndak usah pake bahasa politikus…..ndak buat puziiiing…..

===> sudah kan?
——————

salam

@jelasnggak

Sekali lagi mas, mana ada indikasi pada Alkitab yg merestui Si Paulus…??? please dong aaaahhh….

Aku gak minta bahasa politikus tapi malah dikasih bahasa Preman Pasar to mas….!!!

Dewo bangeeeeeetssss…….

@irlander #24.

Sekali lagi juga.

Rasul tidak sama dengan NABI.

Saya rasa, tidak perlu ada indikasi untuk seorang rasul.

Tetapi, cerita di alkitab (nanti saya carikan ya), ditulis mengenai Paulus.

———-

Bahasa politikus ngga mau.
Bahasa preman juga ngga mau.

Mau nya bahasa apa?

Lagipula, penjelasan saya di atas seperti penjelasan preman ya?

Menurut saya itu penjelasan Singkat , sesuai dengan permintaan kamu.

Ada pertanyan lain?

salam.

ps. saya bukan Dewo.

@ Jelasnggak

>>> Rasul tidak sama dengan NABI.

Ooo berarti sama mas dgn yg di AQ

>>> Saya rasa, tidak perlu ada indikasi untuk seorang rasul.

Wuaduh mas justru indikator itulah yg maha penting krn ayat-ayat yg dibuat Pauluslah yg dijadikan pegangan dan SANGAT DITAATI anda dan rekan nasrani sekarang. Jangan main2 dengan indikasi ayat2 Tuhan loh mas, apalagi saya yakin anda percaya dengan nubuat2 Yesus……nah nubuat Yesus yang mana yg meng-indikasikan bahwa akan diangkat seorang Rasul sesudahnya yg bernama PAULUS…???

Cepetan mas jawabnya, dah gak sabar nih…..

>>>Bahasa politikus ngga mau.
Bahasa preman juga ngga mau.

Jawabnya terlalu singkat dan gak mengena dihatiku sih mas, apa ya kita kudu pake bahasa tumbuh2an aja….?

Yang tabah ya mas…..

@iralander.

Silahkan Baca : Kisah para rasul 9.

Salam.

@ Jel

>>> Silahkan Baca : Kisah para rasul 9.
———————————————————-

Cuma cerita Petrus doang mas yg mengklaim dan berasumsi-asumsi bahwa dirinya ditemploki/dimasuki roh kudus sama kaya Pendeta2 jadi tabib/penyembuh dadakan jaman sekarang. Paulusnya ngilang yg muncul malah Saulus

Terus ada yg namanya Kornelius, perwira pasukan Italia, jangan-jangan yg lebih baru nanti ada orang-orang Sicilianya :)

Yesus di kisah para Rasulnya dimana to? Mana nubuat yg mengindikasikan serah terima Dia kepada seorang Rasul lainnya, katanya Yesus yg terakhir..? saya percaya juga kok mas kalo nubuat Yesus itu ada yg bener……tapiiiii mana nubuat buat Paulus dan Petrus…????

Inget loh di perjanjian baru banyak ajaran asumsi-asumsi Paulus……

Cape ya mas jel………?

@irlander.

Cuma cerita Petrus?

Gimana ini?

Jelas-jelas Kisah Para rasul 9 bercerita tentang Saulus alias Paulus.

Kenapa lari ke Petrus mas?

Coba baca ulang Kisah Para rasul 9.

Kalau perlu Kisah para rasul dari 1

salam

@jelasnggak

Cuma cerita Petrus?

Gimana ini?

Jelas-jelas Kisah Para rasul 9 bercerita tentang Saulus alias Paulus.
————————————————————————–
Oooo Saulus itu Paulus to……satu huruf dirubah bisa berabe tuh mas, misal akal bulus terus jadi akal mulus. Ada penjelasan ttg perubahan satu huruf ini gak mas..???

>>> Kenapa lari ke Petrus mas?

di 9:39 sama di 9:41 ada Petrusnya kok..

Mana nubuatnya…??? manaaaa…..

@ Jelasnggak

Indikator fundamental harus dikupas habis karena indikator yang rusak akan merusak yang lain, lalu pelan-pelan akan semakin melebar dan melebar hingga bertambah akut……….before acute do something for back to basic……..

Caooo

@ irlander.

Dari posting kamu no 30 saya bisa melihat, kamu sama sekali tidak pernah baca alkitab.

salam.

@Jelasnggak#32
Iya belum baca kok komentarnya kayak sudah sering baca ya? Pasti cuma dengar2 dari yang lain ingin mempertentangkan Paulus dengan Yesus. Padahal yang mana yang bertentangan? Saya sarankan kepada Irlander cobalah baca surat surat lain dari murid Yesus, semuanya. Apa ada yang bertentangan? Aneh..aneh..Juga dengan Injil.. Konsisten kok. Tuhan Yesus telah memberi contoh, Paulus, Stefanus dan rasul2 lain mencontohnya. Apa yang dicontoh? one word: “Kasih”.

Salam,

@Jelasnggak dan Sayathink

Sapa bilang saya gak baca, tinggal masuk ke SABDaweb dah terang-benderang dan juga gak sulit memahaminya kok.

Tolong kita sepakat dulu ya mas2, bahwa Kisah Para Rasul 9 itu ada sesudah Yesus Wafat (PB)…….terus…..

Permasalahan Saulus yg entah kenapa jadi Paulus (blm dijawab mas Jel) entah mimpi atau apa di 9:4 mendengar suara2 yg “diakuinya” bahwa itu Yesus…….itu sih gak beda dengan yg sdh pernah saya bilang yaitu cerita pendeta2 jaman sekarang mengadakan penyembuhan2 dgn membawa pesan sponsor bahwa KATANYA dia ketemu Yesus dan dia dibimbing oleh Roh Kudus…..

Belum lagi cerita2 yg hampir mirip2 kaya gitu seperti kasus Lia Eden atau Ahmad Musadeq yang ngaku diberi wahyulah diberi mandatlah dan tetek bengek lainnya……

YANG SAYA TANYA MAS………..Indikasi, sabda, nubuat atau ramalan dari Mulut Yesus SEMASA DIA HIDUP (di PL)……
BAHWA akan ada Rasul sesudah dia “TIDAK ADA” yg mengasumsikan (buat PB), menyimpul2kan,menambah2kan dsb……..faham gak mas think point saya (sorry pake bhs keren dikit……), faham ya mas…???

Monggo silahkan……

@irlander.

Tentang permasalahan Saulus menjadi Paulus.

==> Ya nanti saya tanya sama orang yang bersangkutan.

Saya lagi cari tau no telp. nya nih.

salam

Hmmmm akhirnya dikeluarkan juga jurus maboknya……………

@irlander.

No telp. ngga ketemu. Jadi saya jawab aja deh.

Begini.

Jawaban kenapa Saulus menjadi Paulus adalah TIDAK TAHU.

Terus terang saja ya. SAYA TIDAK TAHU JAWABANNYA

Kenapa Tidak tau, karena di injil ya cuman segitu ceritanya.

Kalau kamu mau tau lebih lanjut, silahkan lakukan riset sendiri.
Tanya ke ahli alkitab, pastor, search library.

Gitu mas.

Udah saya jawab kan? Puas ngga?

ngomong-ngomong, waktu muhamad nerima wahyu, yang ngeliat siapa mas?

salam

ps. sory oot.

@Irlander
Tentang PL dan PB saja masih ada kebingungan dari pengertian anda.
Mohon banyak membaca lagi.

Salam,

@ Sayathink

>>> Tentang PL dan PB saja masih ada kebingungan dari pengertian anda.
—————————
Di bagian yang mana toh mas……tolong jelaskan ah kok cuma komen doang

>>> Mohon banyak membaca lagi.

Mata saya ampe berair loh sayang……

Hallo….hallooo…..kok dak ada yg bisa ngejawab sih

@Irlander #40

Bukannya ngga bisa jawab Ir, males aja.
Pertanyaan kamu begitu sih.
Pertanyaan yang sudah sering.

Tapi okelah. Saya akan coba jawab.

Kenapa tidak ada indikasi tentang Paulus.

Karena di alkitab sudah tertulis, tidak akan ada Nabi yang lain setelah Yesus.
Yesus adalah Yang terakhir.

Paulus adalah Rasul. Rasul berbeda dengan Nabi.
Rasul adalah sebutan untuk murid-murid langsung dari Yesus.
Tugas Rasul adalah untuk memberitakan injil, membuka rumah ibadat dll (kamu bisa cari di google kalau kamu tertarik).

salam.

@ Jelasnggak

>>> Karena di alkitab sudah tertulis, tidak akan ada Nabi yang lain setelah Yesus.
Yesus adalah Yang terakhir.

mmm…..berarti kamu MENGAKUI bahwa Yesus SEORANG NABI…….BUKAN TUHAN, begitu kan…..???

KARENA………..

(NABI adalah : MANUSIA yang memperoleh wahyu dari TUHAN tentang agama dan misinya) okeyy………

DIA sama dengan MANUSIA Solomon, Moses, Abraham yg punya gelar Kenabian……dan MEREKA adalah MANUSIA2 yg diberi kelebihan daripada yg lain………

Ya Yesus adalah MANUSIA yang diberi kelebihan ELOHIM untuk bersaksi bahwa ELOHIM itu ada…..

Jel……

Sekali lagi……..pernyataan2 yg KALO BENAR “S”aulus adalah UTUSAN (Rasul) yg menerjemahkan pernyataan2 fundamental yg diikuti umat Katolik sekarang ini jangan elu anggap hal yg sepele……bila ini tdk bisa disepelekan

MAKA………

Paling tidak……ada NUBUAT Yesus yg tersirat bahwa akan datang seorang “S”aulus….??? karena ini berkaitan dengan ajaran Yesus yg tdk dijalankan oleh umatnya yg membuat ISME BARU dengan Lambang SALIB (Kristen) karena seorang “S”aulus.

Yang menghilangkan hukum sunat……

Yang menghilangkan larangan makanan yg halal (baik) dan haram (tdk baik)……

Yang menghilangkan larangan bahwa minum tuak itu juga haram…. dsb.

Coba baca lagi baik-baik Jesusjustman #13 pada NAMA dan ANGKA sajalah antara ayat satu dengan lainnya….

INGAT…….PADA ANGKA DAN NAMA…!!!!!!

Karena kalo hanya pada ARTI KATA kamu pasti keluarin sayap lagi……terbang lagi…….mabok lagiiiiiiiiiii

Pin poin nya pasti kamu ngerti………….

Salam

@ Jelasnggak

Kalo kamu mengakui bahwa PERBEDAAN kontroversi FUNDAMENTAL seperti pada ANGKA dan NAMA antara yg ayat satu dan lainnya Pada Alkitab adalah benar dan saya yakin benar………..

Maka…….

Sesungguhnya kita adalah benar-benar satu saudara dari seorang SIMBAH yaitu NABI IBRAHIM walaupun berbeda SIMBOK (Istri2 NABI IBRAHIM)…….

ayo ngaku…..jangan malu, apalagi malu-maluin……

Jel…….

Jangan menghina Simbahmu yg punya istri banyak loh …….itu namanya kurang ajar……nanti kualat, hehehe……..

@ir.

Kamu ngomong apa sih..

Ngga jelas banget..

salam

@Jelasnggak

Yah tetap pada pertanyaanku semula lah, kalo yg lain sih cuma komen……sorry ya

Pertanyaan saya jelas kok jel…!!! yaitu menggugat, apa bener “S”aulus itu sudah tersirat dan tersurat bahwa dia seorang rasul YANG DINUBUATKAN oleh YESUS…???

Apa bener sebuah kitab dikatakan suci bila sudah tercampur tangan2 manusia oleh orang2 seperti “S”aulus dkk itu…???

Indikasi itu bisa kita lihat

A. Pada perbedaan ANGKA di Bibel (salah satu contoh Jesusjustman #13) :

Berapa nama silsilah Daud sampai dengan Yesus ?
a. Lukas mencatat 43 nama dari Daud sampai dengan Yesus.
b. Matius hanya mencatat 28 nama dari Daud sampai dengan Yesus.

B. Pada perbedaan NAMA di BIBEL (salah satu contoh Jesusjustman #13)

5. Siapakah kakek Yesus ?
a. Yakub (Matius 1:6).
b. Eli (Lukas 3:31).

Itu satu dari sekian contoh, mau lebih komplit bacalah BAIK2 DAN TELITI SEMUA “KONTROVERSI” contoh2 yang sudah dituliskan Jesusjustman #13

Faham gak bahasa sederhana kayak gini….? masih gak faham…??? cape loh mas…..!!!

Salam

@Jelasnggak

Pinpoin dari semua itu adalah INKONSISTENSI……..!!!

@irlander.

terus …

Ada lagi ngga yang lain….?

salam

@Jelasnggak

Nah pengaruh INKONSISTENSI Alkitab dalam realitasnya pada pengikutnya akan berakibat pada perilaku yang plin-plan dalam menyikapi segala bentuk perintah dan larangan yang terjadi dari dulu hingga sekarang.

Nah apa sih salahnya bersikap kritis dengan dogma2 iman yg dicekoki dalam pikiran anda kalo itu untuk kebaikan diri kamu sendiri…..

Jangan ASAL menuduh rekan2 muslim cuma ngikuti kata kyai, tapi tanyakan juga dong pada dirimu pribadi apa bukannya kamu sendiri yang cuma ngikutin kata Pendeta dan Pasturnya………tul gak mas….??? betuuuuullllll……….

Salam

@ Jelasnggak

Udah belum mbacanya…!!!

Bisa konsentrasi gak…..???

kalo belum…….ya makan dulu, sarapan dulu……

Kalo pikirannya seger jadi gak ngantuk to…???

Kalo udah…….terus dijawab yg bener, argumennya yang cantik, jangan belepotan….kalo belepotan yah di lap dulu…..

gak ngrepoti to say……???

@Jelasnggak

dah belum……???

Hayoo kontroversi yg sangat kontras di ayat2 pada Alkitab jesusjustman #13 ADA atau NGGAK pada Al-Kitab………titik………..

Kalo SALAH……..yg betul gimana…??? kalo BENER…….berarti sama pendapatnya dengan saya…….hehehe…….

Puas…….

@irlander.

Pertanyaan saya jelas kok jel…!!! yaitu menggugat, apa bener “S”aulus itu sudah tersirat dan tersurat bahwa dia seorang rasul YANG DINUBUATKAN oleh YESUS…???

==> Jawaban saya juga sudah jelas.
Seorang rasul tidak perlu di nubuatkan. Rasul adalah murid-murid yesus. Kalau kamu menyebarkan injil dan membuka gereja di pedalaman kalimantan sana, Mengajarkan Injil kepada orang2 yang belum mengenal Yesus kamu juga bisa disebut sebagai RASUL Kristus.
Apa perlunya nubuat tentang rasul paulus.

Apa bener sebuah kitab dikatakan suci bila sudah tercampur tangan2 manusia oleh orang2 seperti “S”aulus dkk itu…???

==> Itu anggapan kamu IR. Ya silahkan saja. Tapi kalau kamu menetapkan syarat kamu itu ke semua, itu baru namanya NGGA BENER.

Syarat suatu kitab disebut suci, bukan HANYAAAA sudah tercampur tangan manusia atau tidak, tetapi juga kepada ajaran yang ada dalam kitab itu dlsb.

Ajaran Yesus yang tertulis di Allkitab, adalah ajaran yang mengandung KEBENARAN. Dan ini yang mengilhami Paulus untuk menuliskannya dalam bentuk surat-surat di injil.
Jadi Paulus bukan cuma mengarang tanpa dasar, tapi di dasari oleh Ajaran Yesus.

Saya menganggap ajaran Paulus lebih sebagai petunjuk dari ajaran Yesus (yang adalah ajaran dari Tuh@n),
(kamu ngga bakalan ngerti dengan apa yang saya katakan ini, kecuali kalau kamu mulai membeli injil dan membacanya) yang semuanya mengajarkan umat kristen tentang hubungan antara manusia dan Tuh@n.
Orang Kristen menitikberatkan hubungan yang akrab dengan Tuh@n.

Lagipula, Mana ada kitab suci di dunia ini yang tidak tercampur tangan2 manusia seperti yang kamu maksudkan itu.

salam.

@Irlander # 50

Gini aja deh ya.

Sebutkan 1 (SATU) dulu kontroversi ayat di alkitab tsb.

Tulis di sini dan saya akan coba jawab menurut pemahaman saya akan ayat tsb.

Bagaimana?

salam

@jel

udah tuh di komen #45, malah tak sebutin dua, kok masih gak jelas2 sih dgn pertanyaan saya

@iralander.

yang mana yang kamu ingin tanyakan terlebih dahulu?

salam

sekali lagi, ini KITAB SUCI …

* Hubungan Seks Antara Ayah dan Dua Orang Anak Perempuannya: Malam-malam kedua anak perempuan Nabi Lot menggoda ayah mereka yang mabuk dan mendapatkan anak darinya.(Injil – Kejadian 19: 30-36)

* Anak laki-laki Berhubungan Dengan Ibunya: Ruben anak laki-laki tertua dari Yakub, pada saat ayahnya tidak ada, berhubungan seksual dengan istri ayahnya dan Israel (nama lain Yakub) mendengarnya. Adegan ini dilaporkan kepadanya, tetapi dia tidak memarahi atau memukul anaknya atas kelakuan tersebut. Tuhan juga tidak memberikan sebuah kata celaan pun kepadanya.(Injil-Kejadian 35: 22).

* Yehuda Melakukan Perzinahan Dengan Menantu Perempuannya: Dia dengan segera menjadi hamil dan memberikan anak haram yang kembar yang kemudian menjadi nenek moyang Yesus Kristus. Ini berarti Tuhan memberi penghargaan kepada Yehuda dan keturunannya.(Injil -Kejadian 38: 15-30).

* Amnon, Salah Seorang Putra Nabi Daud Memperkosa Saudara Perempuannya: “Seorang anak laki-laki yang mulia dari seorang ayah yang mulia” berdasarkan Injil yang “Suci”, Amnon dengan sebuah tipu daya yang hebat memperkosa saudara perempuannya Tamar dan Tuhan tidak menghukum atau menegurnya.(Injil – 2 Samuel 13: 5-14)

* Putra Daud Yang Lain Memperkosa Ibunya (10 kali berurutan). Absalom membentangkan sebuah kemah di atas Sotoh dan membaringkan 10 istri (gundik) ayahnya dan memperkosa mereka semuanya satu per satu, ‘di depan mata seluruh Bani Israel.’ (Injil – 2 Samuel 16: 21-23).

* Yerusalem (Orang Yahudi) Pelacur Yang Tidak Pernah Puas Tidak bangsa Asyur, Babylonia atau Mesir pernah dapat memuaskan pelacur Yahudi tersebut. Pelacur-pelacur lain dibayar oleh klien mereka atas pelayanan yang diberikan tetapi pelacur ini membayar klien mereka agar dilayani. “Dia membentangkan kakinya untuk setiap orang yang lewat!” (Injil – Yehezkiel 16: 23-24).

* Dua Orang Perempuan Bersaudara Berkompetisi Satu Sama Lain Dalam Prostitusi. “Bagi kegemarannya terhadap kekasih-kekasihnya yang auratnya seperti aurat keledai dan emisinya seperti emisi kuda.” (Injil – Yehezkiel 23: 1-35)
* “Dia memegang dan menciumnya …
“Marilah kita memuaskan birahi hingga pagi hari, dan bersama-sama menikmati asmara. Karena suamiku tidak di rumah, …”
(Injil – Amsal 7: 7-22)

* Berkata wanita tersebut: “Rajaku sedang berbaring di dipannya …”
‘Kekasihku mempunyai penciuman dari Myrrh sewaktu dia berbaring pada buah dadaku.”
( Injil – Kidung Agung 1: 12-13).
* Di atas ranjangku pada malam hari kucari jantung hatiku.
“… ketika saya menemuinya … Kupegang dan tak kulepaskan dia, sampai kubawa dia kerumah ibuku, ke kamar di mana aku lahir.”
(Injil – Kidung Agung 3: 1-4)

* “Lihatlah, cantik engkau, manisku
bibirmu bagaikan seutas pita kirmizi …
buah dadamu seperti anak rusa …
Lingkar pahamu seperti permata …
… Saya berkata, ‘Saya akan memanjat pohon palem …
Oh, buah dadamu seperti sekelompok anggur’. “
” (Injil – Kidung Agung 4: 1-7)

* “Dan Simson pergi ke Gaza, dilihatnya di sana seorang perempuan sundal (seorang Wanita Tuna Susila), dan dia menghampirinya (melakukan hubungan seksual dengan-nya). “(Injil -Hakim-hakim 16: 1).

George Bernard Shaw, pemikir dan dramawan besar Inggris, sewaktu membaca Kitab Suci Injil dengan teliti mengatakan bahwa kitab tersebut adalah “Kitab yang paling berbahaya di bumi. Jaga kitab tersebut dalam keadaan terkunci: larang anak-anak Anda membacanya.”

Dan majalah The Plain Truth, sebuah terbitan “World Church of Tomorrow,” dalam salah satu artikelnya mengatakan, “Banyak badan sensor akan memberi Injil rating X.”

@ irlander (42)

Sebagai tambahan bahwa Yesus adalah cuma seorang nabi dan bukan Tuhan dapat dilihat pada ayat yang ada di PB. :

Markus 6:1-4 menceritakan Yesus telah kembali ke Nazaret untuk memulai tugasnya. Orang orang tercengang mendengar kata kata bijak yang keluar dari mulutnya. Untuk itu mereka mengatakan : DARI MANA DIPEROLEHNYA SEMUANYA ITU? BUKANKAHB IA TUKANG KAYU, ANAK MARIA?.
_____________________

Keingintahuan ini sangat wajar. Yesus berasal dari kalangan mereka sendiri. Oleh karena itu mereka benar benar telah mengenalnya.

Dalam ayat selanjUtnya Yesus mengatakan atas ketidak pahaman mereka atas perannya sebagai rasul : SEORANG NABI DIHORMATI DI MANA MANA, KECUALI DITEMPAT ASALNYA SENDIRI, DIANTARA KAUM KELUARGANYA DAN DI RUMAHNYA.
______________________

Dalam Lukas 13:33 yesus mengatakan : … SEBAB TIDAKLAH SEORANG NABI DIBUNUH KALAU TIDAK DI YERUSALEM.

dalam Lukas 24:19 : APAYANG TERJADI DENGAN YESUS ORANG NAZARET. DIA ADALAH NABI, YANG BERKUASA DALAM PEKERJAAN DAN PERKATAAN DI HADAPAN ALLAH DAN DI DEPAN SELURUH BANGSA KAMI.

Dalam kisah perminyakan suci Yesus oleh seorang wanita pendosa. Setelah perminyakan itu selesai orang Parisi berkata : JIKA IA INI NABI, TENTU IA TAHU, SIAPAKAH DAN ORANG APAKAH PEREMPUAN YANG MENJAMAHNYA INI; TENTU IA TAHU BAHWA PEREMPUAN ITU ADALAH SEORANG PENDOSA.

Kata kata itu keluar karena orang Parisi telah mengenal Yesus adalah seorang nabi.
______________

Atau dalam Kisah Yunus, Yesus mengatakan : SEBAB SEPERTI YUNUS TINGGAL DALAM PERUT IKAN TIGA HARI TIGA MALAM, DEMIKIAN JUGA ANAK MANUSIA AKAN TINGGAL DI DALAM RAHIM, BUMI TIGA HARI TIGA MALAM.

Kata kata Yesus tersebut menyatakan bahwa seperti juga Dia seorang anak manusia, mengalamai hal yang sama seperti Yunus yang seorang anak manusia.
_____________________

Tidak terdapat pernyataan baik dari Yesus atau orang orang terdekatnya (kaumnya) bahwa ia bukanlah seorang nabi atau dia adalah Tuhan atau anak Tuhan. Masih banyak terdapat lagi ayat yang terdapat dalam PB yang memberikan pernyataan seperti itu.

Wassalam

@Padora (45)

Saya akan coba menerka jawaban teman-teman Kristiani (yang diwakili sdr. @Jel..) kemungkinannya sebagai berikut :

1. Lho…, jangan menukil ayat sepotong-sepotong dong, harus dikaitkan antara ayat satu dan yang lainnya..blablabla…. yang ujung-ujungnya menjustifikasi lagi bahwa Yesus adalah tuhan.
lagi-lagi kebenaran nyata yang sudah tertulis jelas, dikaburkan lagi.

2. Atau kalau sudah mentok, mereka bilang, pada dasarnya kepercayaan terhadap Yesus tuhan itu adalah iman, jadi percuma yang anda sebutkan itu, iman ..ya..iman.
atau kalau nggak, dirujukkan lagi pada tulisan di blog “..”, yang intinya lagi teori pembentukan trinitas. pokoknya intinya ke sana deh ..meskipun orang awam tidak tahu apa-apa, tapi yang namanya doktrin ..harus percaya bongko’an.

Saya nggak kebayang kalau Kristen disyiarkan di penduduk hutan terpencil yang tidak begitu banyak pendidikan,
begitu rumitnya menerangkan teori ketuhanan Kristen ke mereka?

Padahal Tuhan Maha Adil menciptakan manusia sama dengan
bekal akal fikirannya dan nuraninya menangkap kebenaran sejati.

Kalau saya yang jadi mereka saya akan bertanya :
1. Kok Tuhan nggak adil sih, belum-belum saya sudah dikasi DP dosa asal..?
2. Tuhan tiga jadi satu, satu jadi tiga .. saya ndak ngerti tuh Mas..?

Coba kita renungkan konsep Islam dalam bait lantunan Jawa ini …

Gusti Allah iku siji.. (Allah SWT itu Esa)
Ora ono kang madani .. (Tidak ada satupun yang serupa)
Tanpo ibu tanpo romo.. (Tanpa ibu tanpa bapak)
Tanpo Putro tanpo konco .. (Tanpa putra tanpa sekutu)

Indah kan ..
Keyakinan itu universal untuk semua umat manusia.

salam,

@Muslim.

Kalo bertanya satu-satu dong…

Silahkan pilih SATU dari daftar yang kalian berikan itu.

Silahkan…

salam

@ Jelasnggak #54

>>> yang mana yang kamu ingin tanyakan terlebih dahulu?
——————————————————————————–
Yah dah jelas to kalo point A dulu………terus point B, yg lain menunggu giliran, mau kan digilir eh menggilir…??? hehehe

@ Jelasnggak #51

>>> Seorang rasul tidak perlu di nubuatkan. Rasul adalah murid-murid yesus.
————————————————————————–
Gini mas……

Kalo utk penyampai palsu yg dinubuatkan Yesus Dibesar-besarkan kenapa pada kasus “SEORANG” YANG MEMBATALKAN HUKUM TAURAT DAN HUKUM SELAMA YESUS HIDUP YG JUSTRU DIJADIKAN PEGANGAN kok nggak perlu..???

>>> Kalau kamu menyebarkan injil dan membuka gereja di pedalaman kalimantan sana, Mengajarkan Injil kepada orang2 yang belum mengenal Yesus kamu juga bisa disebut sebagai RASUL Kristus.
—————————————————————————
Sejak kapan “Pejabat2 Vatikan” menetapkan bahwa Penginjil2 sekarang = Rasul……..?????? seumur hidup saya, baru denger ketetapan ini cuma dari kamu loh jel…..

>>> Apa perlunya nubuat tentang rasul paulus.
—————————————————————————
perlu………!!! karena Paulus memberangus hukum Taurat dan ajaran Yesus selama hidup. Dan di Al-Kitab “MASIH TERCANTUM” ayat.

“Janganlah kamu menyangka, bahwa Aku (Yesus) datang untuk meniadakan hukum Taurat atau KITAB PARA NABI. AKU DATANG BUKAN UTK MENIADAKANNYA, melainkan untuk menggenapinya. (Matius 5:17)

Karena Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya selama belum lenyap langit dan bumi ini, SATU KATA ATAU SATU TITIKPUN tidak akan DITIADAKAN dari hukum Taurat, sebelum semuanya terjadi. (Matius 5:1 8)

Karena itu siapa yang MENIADAKAN SALAH SATU PERINTAH HUKUM TAURAT SEKALIPUN YANG PALING KECIL, dan mengajarkannya demikian kepada orang lain, ia akan menduduki tempat yang paling rendah di dalam Kerajaan Sorga; tetapi siapa yang melakukan dan mengajarkan segala perintah-perintah hukum Taurat, ia akan menduduki tempat yang tinggi di dalam Kerajaan Sorga. (Matius 5:19), (Matius 5:20)

Jel…

Coba baca Al-Kitab TERBARU dengan baik-baik , siapa orang yg MENIADAKAN DAN MEMBATALKAN SEMUA HUKUM2 TERSEBUT…??????

>>> Ajaran Yesus yang tertulis di Allkitab, adalah ajaran yang mengandung KEBENARAN. Dan ini yang mengilhami Paulus untuk menuliskannya dalam bentuk surat-surat di injil.
————————————————————————-
Kalau penginjil seperti “S”aulus bisa menyisipi bagian2 dari Al-Kitab menjadi aturan yg sah, sampai kapan episode2 terbaru Al-Kitab akan tamat karena begitu banyaknya “Rasul2″ jaman sekarang betebaran di seluruh dunia.

>>> Jadi Paulus bukan cuma mengarang tanpa dasar, tapi di dasari oleh Ajaran Yesus.
—————————————————————————
Semua pendeta dan Pastor sekarangpun mengaku bahwa mereka bicara, mimpi, dirasuki karena didasari oleh ajaran Yesus…!!!! Kalau tdk ada dasarnya coba protes ke Vatikan saya ingin mendengarnya sendiri dari kamu…..

@ Padora @izza

Penekanan pada Si Jel ttg ke-Nabian Isa yg sudah dia ucapkan saya garisbawahi agar dia selalu ingat dan konsisten dgn omongannya sendiri nanti..hehehe

Dia sendiri sebenernya tahu dgn pertanyaan saya tanpa saya menjabarkan ayat yg saling kontrovesi tersebut tapi karena kebanyakan sayap jadi malah gak bisa mendarat…..terbang-terbaaaaaaang muluk………kok nggak capek2 yah…….!!!

Salam

@irlander.

ha ha ha..

Pastinya kamu seneng dong…

btw.

Point A itu yang mana? coba tuliskan ulang pertanyaan kamu di sini.

Satu saja yah.. Jangan pakai embel-embel yang lain…

Ok..

Silahkan.

salam.

Nimbrung lagi ah, dah lama gak ikutan nih :)

@jelasnggak

Kita persempit pertanyaan irlander di #45:

A. Pada perbedaan ANGKA di Bibel (salah satu contoh Jesusjustman #13) :

Berapa nama silsilah Daud sampai dengan Yesus ?
a. Lukas mencatat 43 nama dari Daud sampai dengan Yesus.
b. Matius hanya mencatat 28 nama dari Daud sampai dengan Yesus.

Silahkan dijawab

@Fysnin/Irlander.

Boleh saya tahu kenapa kalian mempermasalahkan perbedaan catatan lukas dan matius mengenai silsilah Daud itu?

Salam.

@ jelasnggak 60

>>>ha ha ha..

Pastinya kamu seneng dong…
—————————————————————————
Justru saya sedih jel……..kalo kamu dideket akuuuu…..aku akan memeluk dan menangis terus ngomong sama kamu………..”Saudaraku jel yg tersayang aku turut berduka cita atas matinya nurani dan akal pikiran sehatmu…… hik…hiiik….kenapa kau terlalu menuruti hawa nafsumu sayang”

>>>Point A itu yang mana? coba tuliskan ulang pertanyaan kamu di sini.
—————————————————————————-
Lihat fsyin d#61 itu loh say, baru masuk aja dah mudeng……….
Sekali lagi…….ssshhhhh….singkatnya gini : “Ada satu pernyataan sama tetapi ada dua jawaban yg jauh berbeda….”

@ jelasnggak 62

>>>> Boleh saya tahu kenapa kalian mempermasalahkan perbedaan catatan lukas dan matius mengenai silsilah Daud itu?
————————————————————————–
Boleh dong sayang……..!!!!

KARENA………..

Kamu menamakannya Kitab Suci (Alkitab), bukan komik atau cerbung……..

Juga…..

Jalan ceritanya harus diikuti oleh kamu……tapi sayangnya kamu cuma percaya hanya pada halaman terakhir aja…

Padahal…

Halaman terakhir udah berganti pengarang yg hanya menyusun dan berasumsi-asumsi serta menari-nari dgn alam pikirannya sendiri dgn pengarang sebelumnya…….

Untungnya jel…..

Bukan buku cerita komik Superman yg kamu jadikan kitab suci

Coba bayangkan kalau…..

kamu tiru-tiru terbang ala dia dari gedung ke gedung pasti kamu udah penyok2…….

duhh………berat gak sih jalan cerita aku jel…..

@irlander

Nanti saya bikin buku religi yang konsisten, mau nggak kamu percaya itu jadi kitab suci??

Salam,

@Islander.

Yang saya tangkap dari tulisan kamu:

“Ada pertentangan catatan(dalam hal ini penyebutan nama-nama di silsilah Daud) dalam Alkitab.”

“Dengan adanya pertentangan itu, alkitab tidak dapat dikatakan sebagai kitab suci”

Begitu ya?

Sebelum menjawab, saya akan bertanya ke kamu.

==>Apakah persyaratan/kriteria suatu kitab disebut Kitab suci HANYA BERDASARKAN ada/tidaknya pertentangan cerita di dalamnya? Jawab loh ya… awas kalo ngga..(he he he)

**Jawaban kamu kelamaan jadi saya jawab sendiri saja…**

Saya akan menggunakan contoh sebagai bahan perbandingan, kalau jawaban kamu untuk pertanyaan saya itu adalah *YES*

Saya ada kitab. Yang isinya tidak bertentangan satu sama lain (karena mungkin isinya cuman 10 ayat dan tidak berhubungan satu sama lain, dan bukti sejarah pendukungnya sudah tidak ada).

Ajaran dalam kitab tsb sbb:

-Bunuhlah setiap orang yang melawan kamu.
-Bunuhlah semua yang tidak se aliran dengan kamu.
-Bunuhlah diri kamu sendiri.
-Maka kamu akan masuk surga dan bertemu 72 Bidadari.

Berdasarkan syarat kamu diatas, maka Kitab itu masuk kategori sebagai KITAB SUCI.

kira-kira…….. ehem…… ada yang aneh ngga..?

——–

Saya pribadi lebih menitikberatkan pada ajaran yang ada di kitab tersebut,
bukan pada, apakah ada pertentangan atau tidak.

Apakah matius salah dalam menulis nama-nama itu? belum tentu.
Apakah Lukas salah juga dalam menulis nama-nama itu? belum tentu.
Kenapa lukas menulis nama-nama yang lebih sedikit dari Matius(atau sebaliknya)?
Ya mungkin Lukas menyingkat penulisan silsilah karena menurut dia Silsilah tsb. tidaklah penting. Yang penting adalah ajaran dan ucapan Yesus.

Butuh waktu, dana, usaha, dll, untuk mencari tahu kenapa hal itu terjadi. Perlu dilakukan penelitian2 yang mendalam mendatangi sumber sejarah dll.

Kalau kamu memandang perbedaan penulisan sebagai hal yang penting, yaa silahkan saja. Silahkan lakukan penelitian untuk membuktikan apakah matius yang benar atau lukas yang benar.

Tapi kalau kamu mengatakan Alkitab adalah kitab yang ngga bener hanya karena ada perbedaan itu, maka itu adalah hal yang salah. Kenapa? karena kamu menuduh tanpa bukti yang akurat.

Saya tidak mempermasalahkan adanya perbedaan itu, karena saya lebih mementingkan esensi dari ajaran alkitab(injil) yaitu ajaran Yesus Kristus, dan Saya melihat banyak sekali kebenaran dari ucapan Yesus tertulis di sana, yang sesuai dengan hari nurani saya.

Begini deh. Kalau yang di tulis di alkitab adalah cuman perintah Yesus saja (tidak ada ceritera dan embel-embel lainnya) maka tidak akan ada perbedaan dalam alkitab.

Jadi jelaskan jawaban saya:

Kalau kamu hanya mementingkan perbedaan dan bukan ajaran, ya silahkan menyebut alkitab sebagai BUKAN KITAB SUCI, tapi dengan syarat kamu harus membuktikan mana yang benar (perkataan Markus atau perkataan Lukas) dan meneliti kenapa terjadi perbedaan di antara keduanya.

Kalau saya,…Saya percaya perbedaan catatan antara lukas dan matius bukanlah hal yang esensi. Ajaran Yesuslah yang penting.

salam.

@sayathink.

Tepat sekali!…

salam.

@Sayathink
Saya kira kamu tidak sepatutnya berkomentar demikian, dan itu artinya kamu tidak menangkap inti pembicaraan.

@Jelasnggak
Saya menghargai perkataan kamu dalam menjalankan keyakinan menangkap esensi yang diajarkan Yesus Kristus. Saya juga mengerti keyakinan umat Kristen akan cinta kasih yang diajarkan oleh Kristus.

Teman-teman Muslim disini hanya memberi argumen, bahwa bilamana di dalam kitab suci (yang merupakan firman Tuhan) ada pertentangan kata, atau kalimat atau perintah, berarti secara loagikanya Tuhan telah plin-plan. Maka dari itu mana letak konsistensi Tuhan?

Kalau anda mempunyai seorang teman yang dapat dipercaya, lantas suatu saat plin-plan berkata kepada anda, kalau satu kali mungkin kekhilafan, namun bagaimana jika sampai lebih dari tiga kali, pasti anda tidak percaya dia lagi kan? ya itu wajar naluri manusiawi. Saya juga akan berkata, yang baik-baik dari teman-teman saya itu saya jadikan pelajaran, namun saya tidak percaya dia lagi.

Kitapun umat Muslim mengambil hal yang baik-baik dari Yesus, seperti kelembutannya, cinta kasih, karena Nabi-pun mengajarkannya.
Hanya garis tipis yang membedakan diantara kita adalah bahwa Yesus bukanlah tuhan melainkan hanya seorang Nabi Mulia yang diperkuat Roh kudus ciptaan Allah SWT.

@izzaa

===> Iya. Seperti penah saya katakan sebelumnya, di dalam alkitab, ada bagian yang merupakan cerita, ada bagian yang merupakan perintah Tuh@n. Kalian harusnya tahu itu.
Lukas menetapkan 18, Matius 48, itu adalah cerita (alias bumbu pelengkap)
Yesus berkata : “KASIHILAH SESAMAMU MANUSIA” ===> itu perintah.

Nah, kenapa lukas berkata 18, tapi matius 48, pasti ada alasannya dong.

Nah alasan ini saya tidak tertarik untuk membahasnya atau mempermasalahkannya karena menurut saya hal itu bukan hal penting/esensial. Beda dengan kalian.

salam.

ps. Apakah saya sudah menjawab pertanyaan kalian? Yes or No?

@izzaa

Kalau anda mempunyai seorang teman yang dapat dipercaya, lantas suatu saat plin-plan berkata kepada anda, kalau satu kali mungkin kekhilafan, namun bagaimana jika sampai lebih dari tiga kali, pasti anda tidak percaya dia lagi kan? ya itu wajar naluri manusiawi. Saya juga akan berkata, yang baik-baik dari teman-teman saya itu saya jadikan pelajaran, namun saya tidak percaya dia lagi.

===> dalam hal pertanyaan kalian itu, teman kamu yang berkata itu ada 2, bukan cuman 1.

Perkataan lukas dibandingkan dengan Matius, bukan Lukas dengan lukas

salam

@jelasnggak #68

Nah, kenapa lukas berkata 18, tapi matius 48, pasti ada alasannya dong.

Nah alasan ini saya tidak tertarik untuk membahasnya atau mempermasalahkannya karena menurut saya hal itu bukan hal penting/esensial. Beda dengan kalian.

Jadi kalau ada hal-hal dalam Alkitab yang menurut saya tidak penting/esensial atau tidak sesuai dengan keinginan saya, saya boleh mengabaikannya?

Wah, enak banget ya kita bisa milih-milih bagian-bagian yang kita suka aja.

@ Sayathink #64

Daripada capek-capek mikir buat Al-Kitab, mending kamu ikutan komunitas Lia Eden aja deh…..sama aja kok.!!!

@ jelasnggak

Semakin jauh argumenmu semakin membingungkan dan nggakjelas ya…..cocok juga sih sama nicknya….hehehe…

@ izzathar dan fsyn

Paling tidak kita dah tahu gambaran cara berpikir mereka2. Kalo seorang koruptor itu pake pembuktian terbalik, kalo mereka pake logika terbalik.

Kenapa…???

Karena aturan seorang “Penginjil” bisa mengalahkan semua aturan NABI bahkan dianggap Tuhan………padahal TUHAN dan YANG DIUTUS itulah pemegang tampuk pimpinan tertinggi dan pembuat aturan diatas segala-galanya……

Nah

Kalo UUD 45 kalah sama aturan Pak Lurah walau aturannya baik…..gimana jadinya negara ini yak…….

salam

check this out my Muslim brother(s)

i hope and pray for u will find the TRUTH, the WAY and the LIFE.

peace be with u.

@Irlander 71
Benar juga, lama-lama saya jadi pusing sendiri membaca komentar sdr. @Jel ..

Pertama,
@Jel : “Nah, kenapa lukas berkata 18, tapi matius 48, pasti ada alasannya dong.

Nah alasan ini saya tidak tertarik untuk membahasnya atau mempermasalahkannya karena menurut saya hal itu bukan hal penting/esensial. Beda dengan kalian.”

———–
tidak tertarik atau tidak tahu, tidak mau tahu atau baru tahu dari kita? atau tidak mengerti?
tidak tertarik —> kok bisa kitab sucinya dicuekin?

jujur juga nggak apa-apa kok.

Kedua,
@Jel : “===> dalam hal pertanyaan kalian itu, teman kamu yang berkata itu ada 2, bukan cuman 1.

Perkataan lukas dibandingkan dengan Matius, bukan Lukas dengan lukas”

——————–
saya mengibaratkan “teman” itu adalah kitab suci kalian, adalah Tuhan yang berfirman dalam kitab suci, seluruh perkataan Tuhan dalam kitab suci, utuh tak terpisah-pisahkan.

kok jadinya cara berfikirnya menyempit menjadi “teman Lukas dan Lukas”, teman 1 jadi teman 2 :(
Dari sini saja sudah nggak nyambung.
Mohon diperluas sedikit cara pandangnya ya mas/mbak :)

@pkab #72

Tidak jadi masalah saudaraku kalau ada Muslim radical menjadi Kristen. Dia berhak menentukan pilihannya sendiri.
Karena di Islam tidak mengajarkan radikalisme.

Saudara juga perlu melihat ini,
suatu fenomena yang mungkin bagi anda tidak masuk akal.

uk.youtube.com/watch?v=XMfIzVncNDA

Salam,

@All
Alangkah indahnya seorang Muslim Amerika yang digambarkan dalam video ini, dimanapun berada sembahyangnya kepada Tuhan tidak pernah terlupakan.
Begitulah Islam sebenarnya jika anda ingin mengetahui.

uk.youtube.com/watch?v=d7YoBwRyWEM&feature=related

Salam,

To @ll Kristen

Pernahkah kalian berfikir,
Semua nabi-nabi Allah disebutkan dalam kitab suci, menyembah Allah dengan bersujud,
Dan hanya umat Islam-lah yang meneruskan ibadah itu,
Islam menunjukkan kembali makna jalan yang lurus, jalan yang ditempuh para Nabi-nabi Allah.

Lalu berlututlah orang itu dan sujud menyembah TUHAN, kejadian 24:26
Lalu sujudlah Abraham, dan Allah berfirman kepadanya: kejadian 17:3

Kemudian berlututlah aku dan sujud menyembah TUHAN, serta memuji TUHAN, Allah tuanku Abraham, yang telah menuntun aku di jalan yang benar untuk mengambil anak perempuan saudara tuanku ini bagi anaknya. Kejadian 24:48

Ketika hamba Abraham itu mendengar perkataan mereka, sujudlah ia sampai ke tanah menyembah TUHAN. Kejadian 24:52

Berfirmanlah Ia kepada Musa: “Naiklah menghadap TUHAN, engkau dan Harun, Nadab dan Abihu dan tujuh puluh orang dari para tua-tua Israel dan sujudlah kamu menyembah dari jauh. Keluaran 24:1

Segeralah Musa berlutut ke tanah, lalu sujud menyembah keluaran 34:8
Sebab janganlah engkau sujud menyembah kepada allah lain, karena TUHAN, yang nama-Nya Cemburuan, adalah Allah yang cemburu. Keluaran 34:14

“Janganlah kamu membuat berhala bagimu, dan patung atau tugu berhala janganlah kamu dirikan bagimu; juga batu berukir janganlah kamu tempatkan di negerimu untuk sujud menyembah kepadanya, sebab Akulah TUHAN, Allahmu. Imamat 26:1

Oleh sebab itu, di sini aku membawa hasil pertama dari bumi yang telah Kauberikan kepadaku, ya TUHAN. Kemudian engkau harus meletakkannya di hadapan TUHAN, Allahmu; engkau harus sujud di hadapan TUHAN, Allahmu, Ulangan 26:10

Lalu Daud bangun dari lantai, ia mandi dan berurap dan bertukar pakaian; ia masuk ke dalam rumah TUHAN dan sujud menyembah. Sesudah itu pulanglah ia ke rumahnya, dan atas permintaannya dihidangkan kepadanya roti, lalu ia makan. 2 samual 12:20

Jika Kristen punya pedoman Kasih Tuhan, Kasih Yesus,
Umat Islam lebih dari itu “Allah Maha Pengasih dan Penyayang”, kita punya Kasih dan Sayang.

Islam-lah satu-satu agama yang tempat peribadatannya tidak ada patung, gambar dan berhala.
Seluruh bumi Allah adalah tempat sujud kami.

“Janganlah kamu membuat berhala bagimu, dan patung atau tugu berhala janganlah kamu dirikan bagimu; juga batu berukir janganlah kamu tempatkan di negerimu untuk sujud menyembah kepadanya, sebab Akulah TUHAN, Allahmu. Imamat 26:1

Salam,

@izza

Dalam Alkitab ada bagian cerita dan ada bagian perintah TUh@n.

Perintah TUh@n adalah pengajaran yang keluar dari Yesus ditambah murid-muridNYA (setelah kebangkitanNYA).

Bagian yang merupakan cerita (bukan esensi dari alkitab) :

- Kisah Hagar menggendong anaknya
-Urutan silsilah yang tak penting itu.
-dll

Gitu Lho.

salam

@Izza.

Imamat 26:1.

Kita tidak pernah menyembah Patung-patung itu Izz.

Kalau kami berdoa selalu ke TUh@n .

Ada dalam sahadat kami setiap minggu di gereja.

salam.

@pkab

Thousands of Danish convert to Islam

i hope and pray for u will find the TRUTH, the WAY and the LIFE, and very….very understand about Moslem

peace be with u too my father….

@jelasnggak #77

@izza

Dalam Alkitab ada bagian cerita dan ada bagian perintah TUh@n.

Perintah TUh@n adalah pengajaran yang keluar dari Yesus ditambah murid-muridNYA (setelah kebangkitanNYA).

Bagian yang merupakan cerita (bukan esensi dari alkitab) :

- Kisah Hagar menggendong anaknya
-Urutan silsilah yang tak penting itu.
-dll

Gitu Lho.

salam

Siapa yang menentukan ayat ini penting, ayat itu gak penting?
Kenapa Tuhan menurunkan ayat-ayat yang gak penting?

Karena Kitab Suci Superman konsisten dan identik dengan pahlawan yg baik, dan contoh dari orang ajaib yg suka menolong dan penuh kasih dan setia dengan kasihnya Lana Lane….

Maka….

Pembukaan pendaftaran pengikut baru akan dibuka…..

bagi yang suka cari kesalahan2 di Alkitab,

koreksi dan selesaikan dulu milik sendiri.

Contoh: Mana yang lebih dulu diciptakan Allah apakah Bumi diciptakan dahulu, baru langit.

QS 41 : 10 – 11 : Dan Dia MENCIPTAKAN DIBUMI itu gunung-gunung KEMUDIAN DIA MENUJU KEPADA PENCIPTAAN LANGIT dan langit masih merupakan asap ?

atau Langit diciptakan dahulu, baru bumi.

QS 79 : 29 – 30 : Dan Dia menjadikan malamnya gelap gulita dan menjadikan siangnya terang benderang. Dan BUMI SESUDAH ITU DIHAMPARKANNYA.

dengan keduanya diciptakan bersama-sama

QS 21 : 30 – 31 : Dan apakah orang-orang yang kafir tidak mengetahui bahwasannya LANGIT DAN BUMI ITU KEDUANYA DAHULU ADALAH SUATU YANG PADU, kemudian Kami pisahkan.

Apakah harinya Allah sama dengan 1000 tahun manusia (22:47, 32:5), atau 50.000 tahun manusia (70:4)?

Siapa yang dapat diselamatkan? Siapakah NASRANI itu??

QS 5 : 69 : Sesungguhnya orang-orang MU’MIN, ORANG-ORANG YAHUDI, SHABIIN DAN ORANG-ORANG NASRANI, siapa saja (diantara mereka) yang benar-benar saleh, maka tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati.

QS 3 : 85 : Barangsiapa mencari agama SELAIN AGAMA ISLAM, maka sekali-kali tidaklah akan diterima (agama itu) daripadanya, dan dia di akhirat termasuk orang-orang yang rugi.

kemudian renungkanlah:
“Maka apakah mereka tidak memperhatikan Al-Quran? Kalau kiranya Al-Quran itu bukan dari sisi Allah, tentulah mereka mendapati pertentangan yang banyak di dalamnya,” An-Nisaa’: 82.

@ izzathar #72,

[quote] Tidak jadi masalah saudaraku kalau ada Muslim radical menjadi Kristen. Dia berhak menentukan pilihannya sendiri. Karena di Islam tidak mengajarkan radikalisme.[/quote]

bagi kebanyakan orang yang sudah melihat film pendek tentang FITNA (buatan Geert Wilders), akan mudah memiliki gambaran sisi/ wajah yang gelap dan garang. di dalam film pendek itu banyak diperlihatkan hubungan (yang coba dibangun oleh si Geert) antara kutipan2 ayat dan contoh pidato agitasi dari para pemimpinnya serta reaksi para pendengarnya yang kemudian jadi beringas.

apakah sudah melihat sebuah adegan pada

di mana tokoh utama tersebut sedang kebingungan dan kemudian sembahyang tahajud untuk mendapatkan jawaban yang pasti kepada siapa ia harus menyembah dan mempercayai AlQuran atau Alkitab??

semoga andapun bisa memperoleh jawaban yang pasti tentang Ikhdinaz Sirotol Mustakim (jalan yang lurus) yang selama ini anda cari-cari.

Yahya 14:6 قَالَ لَهُ يَسُوعُ: «أَنَا هُوَ الطَّرِيقُ وَالْحَقُّ وَالْحَيَاةُ. لَيْسَ أَحَدٌ يَأْتِي إِلَى الآبِ إِلاَّ بِي.

peace be with u, brother.

@ pkab (father)

Untuk jawaban diatas kita tunda dulu, bukannya gak mau jawab, tapiiiiiiii saya nunggu yg mau nyamber apakah pertanyaan anda inrelevan gak di diskusi ini…….karena di sirah nabawiyah ada yg langsung diinterupsi kaya gitu sih bro………..

Kata Motto pertandingan sepakbola fairplay gitu loh………

Salam

@izza#67 dan irlander#71

Wah sorry sekali kalau tersinggung. Point saya adalah bahwa banyak dari kalian yang bilang Injil sudah dipalsukan. Apakah yang memalsukan orang “bloon”?
Perbedaan-perbedaan antara pengarang penulis bagian Alkitab (dimana anak kecil juga tahu) telah lama diketahui dari dulu oleh para “elite” agama. Tetapi toh mereka tidak mengubahnya menurut selera mereka. Mereka membiarkan sesuai dengan aslinya. Dan kalau ini masih asli, kan kalian juga disuruh percaya. Ya kan? Tapi kok tidak ya?

Salam,

@ir
Nyambung lagi..
Kalau saya sih tidak menyangkal kalau kitab yang kalian yakini juga masih asli sesuai dengan terbitan pertama. Tapi kalau kebenarannya itu soal lain.

Salam,

@ pkab

BTW…..bapa suka dengan provokasi si pembela Kaum Homo Wilders itu ya…..??? dan hari gini bapa juga masih percaya dengan anggota parlemen yg sering bolak-balik ke israel dan mengaku sering bertemu dengan Ariel Sharon dan Ehud Olmert, yg negaranya punya MOSSAD yg punya MOTTO :

“By means of deception, thou shall wage war.”,

“Dengan cara tipu-muslihatlah, engkau hendaknya berperang.”

Bapa……ketika dia secara radikal berkeras tetap ingin menanyangkan film tsb, menurut bapa apa dia punya sifat KASIH kalau kekerasan psikologis yg dia lakukan itu memancing kemarahan umat muslim……..

Coba lihat pernyataannya bahwa dia akan menghentikan arus migran dari negara-negara Islam, karena menurut dia, budaya Belanda akan semakin punah.

Seorang Wilders…….pernah berucap bahwa dia…..

Tidak akan mengizinkan pembangunan mesjid dan akan menutup sekolah-sekolah Islam.

Dan Dia…….

Mengusulkan agar sebagian dari Al Quran dicoret dan menuntut agar Al-Quran dilarang total.

Bapa setuju kalau cara2 ini di duplikasikan di Indonesia…..???

Kalau Bapa setuju undanglah mereka bernostalgia seperti ketika mereka numpang makan, tidur dan menyuruh paksa bekerja irlander2 dengan moncong senjata di kepala mereka selama 350 tahun…….!!!!!!

Dan Wilders adalah seorang yang ingin budaya Belanda tetap dominan di atas budaya-budaya lain………

Bapa suka Film FITNA dan Budaya Belanda ya……..????

Salam dan Tangis buat Bapaku PKAB yg terkasih

@sayathink #85

Tul sekali,,,!

Dari dulu sudah dibilangin…

“keanehan” alkitab sudah diketahui dari jaman Baheulak dulu.

salam.

@irlander #81

Kamu tulis:

Karena Kitab Suci Superman konsisten dan identik dengan pahlawan yg baik, dan contoh dari orang ajaib yg suka menolong dan penuh kasih dan setia dengan kasihnya Lana Lane….

Maka….

Pembukaan pendaftaran pengikut baru akan dibuka…..

—————-

Kalau kamu percaya kitab suci superman akan memberikan jaminan keselamatan akhirat, ya silahkan ikuti.

Aneh-aneh kamu Ir.

salam

@fysnin.

Kamu tulis:

Siapa yang menentukan ayat ini penting, ayat itu gak penting?
Kenapa Tuh@n menurunkan ayat-ayat yang gak penting?

————————

Pertanyaan semacam ini sepertinya ngga usah saya jawab ya.

Coba renungkan sendiri.

salam

@ say #85

Sumpah urat tersinggung saya dan umat Islam pada umumnya dah putus dengan fitnah2 yg bertubi-tubi model begitu kok say……

ehem…….kok kamu bisa menyimpulkan orang bloon….???

Kebanyakan sih yg berbahaya bukan begitu tipenya say……..tapi orang2 pintar yg gak punya hati nurani yang pengen diinget, dipuji, disanjung, dihormati, punya kuasa tinggi, punya banyak pengikutnya dan segala-galanya deh……

Nah…..

Orang2 seperti ini ujung-ujungnya mereka minta dianggap sebagai Rasul dan kalau masih ndableg mereka pengen dianggap sebagai TUHAN…………

@ say #86

Kok gitu to say………sayang marah ya….??? jangan dong……..kan aku jadi sedih………

Damai ya……

@ jelasnggak #88

oooo jadi kamu mengakui ada yang aneh ya jel………….

@ jelasnggak #89

Loh aku cuma ngikutiin sarannya sayathink aja kok jel……..

@jelasnggak #90

@fysnin.

Kamu tulis:

Siapa yang menentukan ayat ini penting, ayat itu gak penting?
Kenapa Tuh@n menurunkan ayat-ayat yang gak penting?

————————

Pertanyaan semacam ini sepertinya ngga usah saya jawab ya.

Coba renungkan sendiri.

salam

Saya sudah renungkan, dan saya gak dapetin jawabannya, makanya saya bertanya kepada Anda yang sudah memahami Bible.

Saya kan domba yang tersesat, saya udah kesana kemari mencari jalan, tapi gak ketemu juga. Daripada saya semakin tersesat, makanya saya bertanya kemana jalan yang benar. Katanya kan Anda punya jalan kebenaran, tolong dong tunjukkan jalan kebenaran itu.

Apa pertanyaan tersebut cukup susah buat Anda?

Tolong dong dijawab pertanyaan saya:

Siapa yang menentukan ayat ini penting, ayat itu gak penting?
Kenapa Tuh@n menurunkan ayat-ayat yang gak penting?

@pkab

Kok Bapa belum ada yg interupsi yah………

Moderatornya berat sebelah ah…..setali tiga uang nih…….hehehehe……

@Fysnin.

Yang menentukan adalah diri kamu sendiri.
Hati nurani kamu.

Kalau kamu berpikir perbedaan itu lebih penting daripada esensi ajarannya, ya silahkan saja.

Tapi kalau kamu merasa sebaliknya, ya silahkan juga.

Yang menentukan adalah kamu sendiri.

Apa yang saya akan katakan adalah percumah kalau kamu gagal memahami esensi dari alkitab.

Yohanes 21:25

Masih banyak hal-hal lain lagi yang diperbuat oleh Yesus, tetapi jikalau semuanya itu harus dituliskan satu per satu, maka agaknya dunia ini tidak dapat memuat semua kitab yang harus ditulis itu.

Kalau semua kejadian pada jaman itu di tulis secara detail, pasti TIDAK akan ada perbedaan itu.

Bayangin aja yang nulis 4 orang, masak kamu berharap semuanya sama…. Ya ngga masuk akal kan…

Yang penting kan esensi dari apa yang ditulis, bukan detail.

Semoga jelas.

ps. saya sarankan kamu beli injil dan mulai baca.
(tapi ati-ati… ada “sihir”nya, kamu pasti tertarik nantinya…ha ha ha)

salam.

@irlander.

Itu udah saya sediakan tempat di jelasnggak.worldpress.com untuk berdiskusi mengenai adanya indikator Muhamad di kitab sebelumnya.

Kenapa kamu belum mulai menulis?

Takut ya..?

Kalau sendirian takut, banyakan juga boleh kok…

S1, s2, s3 pun boleh bantuin kamu kok..

Saya sendirian ngga apa-apa kok…

silahkan… mari mas….

salam.

@ Jelasnggak #95

Kitab Superman juga ada esensinya loh apalagi Kitabnya Lia Eden.

@ Jelasnggak #96

mmm…….jadi di forum ini kamu udah nyerah yah……??? kehabisan argumen….???? terus ngajak ke forum lain gitu…….

Jawabanmu banyak serba nggkjelas sih……..

@Sdr. pkab di#82&83

Saya hargai komentar anda dengan memberikan cuplikan-cuplikan tentang kekerasan Islam, namun perlu saya tekankan sekali lagi bahwa Islam tidak mengajarkan membunuh tanpa alasan, coba anda baca jawaban saya di “sirah nabawiyyah” terbaru.

Jadi kalau anda memaksakan dengan cuplikan film fitnah dan sebelumnya, itu terserah anda. Fatwa haram teroris juga telah dikeluarkan oleh ulama dunia.
Di dalam setiap ajaran pasti ada pihak yang menyimpang atau kita sebut oknum, seperti berkali-kali saya sebutkan contoh di agama anda, banyak oknum menjadi penjajah negeri ini, maaf.
Oknum tidak bisa kita sebut untuk menyamaratakan atau menyimpulkan bahwa begitulah ajaran Islam, karena arti kata Islam sendiri adalah damai. Untuk itulah di Islam sendiri dianjurkan terus berdoa untuk tetap pada jalan yang lurus, artinya apa ?
1. Jalan tidak menyimpang diluar Islam, seperti orang2 yang dimurkai “Yahudi” dan orang-orang yang tersesat “Nasrani”
2. Jalan yang tetap pada Al-Quran, yang memerintahkan tidak membunuh kecuali dengan alasan yang benar, dan teroris serta radikalisme yang anda gambarkan itu tidak sesuai dengan syariah Islam.

———-

Anda memberi cuplikan ayat Al-Quran untuk menunjukkan seakan-akan itu pertentangan :)
itu tidak pertentangan saudaraku.
Islam adalah agama terakhir penyempurna agama-agama terdahulu yang telah dibawa nabi-nabi Nuh, Ibrahim, Musa, Isa, dst, dimana telah dipersimpangkan oleh pemeluknya.
Ibarat sebuah buku, Al-Quran adalah edisi terakhir untuk membetulkan edisi-edisi sebelumnya yang banyak dihilangkan dan disisipkan. Sumbernya adalah satu, yaitu Allah SWT.

Muslim, atau pemeluk Islam artinya orang yang berserah diri kepada Allah SWT sepenuhnya dan tidak mempersekutukannya. Maka Adam, Nuh, Ibrahim, Ishak, Isa disebut juga Muslim. Jadi Yahudinya Musa adalah Muslim, Nasraninya Yesus adalah Muslim. Yahudi, Nasrani, dan Orang-orang Shabiin yang Soleh, tidak mempersekutukan Allah dengan yang lain adalah Muslim. Itulah jalan yang lurus, jalan yang sesuai hati nurani dan fitrah manusia, bukan jalan yang ditetapkan melalui sebuah Konsili 300 tahun setelah meninggalnya Yesus. 300 tahun bukanlah waktu yang pendek untuk terjadinya perselisihan, penyisipan ayat, penambahan ayat, sehingga ajarannya pun maklum dipertanyakan.

Ini hanya sedikit jawaban saya semoga bisa menjelaskan, karena saya kira anda termasuk orang terpelajar.

Jangan anda kira membalikkan istilah Ihdinasshirotol mustaqim seakan-akan kita tidak tahu maknanya :)
Kebenaran datangnya dari Allah SWT semata.

QS. Al-Maidah: 116-118
116 Dan (ingatlah) ketika Allah berfirman: “Hai Isa putra Maryam, adakah kamu mengatakan kepada manusia: “Jadikanlah aku dan ibuku dua orang tuhan selain Allah?” Isa menjawab: “Maha Suci Engkau, tidaklah patut bagiku mengatakan apa yang bukan hakku (mengatakannya). Jika aku pernah mengatakannya maka tentulah Engkau telah mengetahuinya. Engkau mengetahui apa yang ada pada diriku dan aku tidak mengetahui apa yang ada pada diri Engkau. Sesungguhnya Engkau Maha Mengetahui perkara yang gaib-gaib”.

117. Aku tidak pernah mengatakan kepada mereka kecuali apa yang Engkau perintahkan kepadaku (mengatakan) nya yaitu: “Sembahlah Allah, Tuhanku dan Tuhanmu”, dan adalah aku menjadi saksi terhadap mereka, selama aku berada di antara mereka. Maka setelah Engkau wafatkan (angkat) aku, Engkau-lah yang mengawasi mereka. Dan Engkau adalah Maha Menyaksikan atas segala sesuatu.

118 Jika Engkau menyiksa mereka, maka sesungguhnya mereka adalah hamba-hamba -Mu, dan jika Engkau mengampuni mereka, maka sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.

Lihatlah begitu kasihnya Yesus terhadap umatnya, sehingga meskipun tersesat, Yesus Alaihissalam masih mendoakan untuk pengampunan umatnya.
Umat Muslim selalu menyebut Yesus dengan sebutan Alaihissalam dibelakangnya, juga untuk nabi-nabi yang lain, artinya “semoga keselamatan selalu tercurah kepada mereka”.
Mereka sudah dijamin Allah SWT sebagai penghuni Syurga, namun kalimat itu adalah penghormatan kami Muslim terhadap para nabi. Begitu agungnya kehidupan seorang Muslim.

Renungkan kembali…

Salam,

Sehari setelah George Bush memerintahkan menembakkan rudal ke Iraq yang terkena warga sipil termasuk anak-anak, keesokan harinya dia melenggang pergi ke Gereja, bertemu pendeta dan berceloteh mengenai perdamaian. Sang pendeta pun tidak berani menyadarkannya.

Jadi boleh dong kalau saya menyimpulkan bahwa itulah sebenarnya ajaran Kristen yang digambarkan oleh George Bush.
Ini bukan film buatan atau tayangan Youtube, tapi ini jelas-jelas nyata di CNN, BBC, dan orang dunia juga tahu.

Begitukah saudaraku ajaran Kristen?

Salam,

Buat yang ingin berpusing ria, silahkan mengunjungi situs saudaraku ini,
jelasnggak.worldpress.com

saya sarankan sebelumnya untuk sediakan paramex, panadol atau sejenisnya, selamat menikmati ……

@jelasnggak #95

Kalau semua kejadian pada jaman itu di tulis secara detail, pasti TIDAK akan ada perbedaan itu.

Bayangin aja yang nulis 4 orang, masak kamu berharap semuanya sama…. Ya ngga masuk akal kan…

Yang penting kan esensi dari apa yang ditulis, bukan detail.

Saya tidak meminta kejadian yang tidak tertulis dalam Bible, saya cuma minta penjelasan tentang kejadian yang ditulis dalam Bible. Bukankah Bible itu sebuah kitab suci? Dan bukankah kitab suci itu seharusnya bebas dari kesalahan-kesalahan?

Dan saya juga tidak mencari perbedaan-perbedaan yang ada dalam Bible. Tetapi perbedaan-perbedaan tersebut ada dalam Bible dan tertulis secara jelas.

Dan kalau masing-masing kita sendiri yang harus menentukan mana yang penting, mana yang gak penting, tanpa ada aturan yang jelas yang sesuai dengan ajaran agama Kristen, hanya akan membuat makin banyak pertentangan antar umat Kristen sendiri, karena masing-masing dibebaskan untuk menginterpretasikan sendiri soal agamanya (Kristen).

Apa yang saya akan katakan adalah percumah kalau kamu gagal memahami esensi dari alkitab.

Makanya jelaskan pada saya kenapa ada perbedaan tersebut. Karena saya adalah domba yang tersesat.

Yohanes 21:15
Sesudah sarapan Yesus berkata kepada Simon Petrus: “Simon, anak Yohanes, apakah engkau mengasihi Aku lebih dari pada mereka ini?” Jawab Petrus kepada-Nya: “Benar Tuhan, Engkau tahu, bahwa aku mengasihi Engkau.” Kata Yesus kepadanya: /”Gembalakanlah domba-domba-Ku.“*

@irlander #97

Kamu berkata:

mmm…….jadi di forum ini kamu udah nyerah yah……??? kehabisan argumen….???? terus ngajak ke forum lain gitu

———————

Lho? bukan begitu mas/mbak (mas atau mbak sih ya, kasih tau dong)

Kalian kan yang nantang-nantang 1 on 1 , membahas masalah APA SAJA, DIMANA SAJA , ya saya sudah buatkan tempat baru di blog saya itu.

Kebetulan kamu(irlander) menawarkan untuk membuktikan bahwa Muhamad itu ada di kitab sebelumnya.

Jadi.. saya berinisiatip membuatkan tempat.

siapa yang nyerah…?

Emang kita lagi perang..? ha ha ha..

mari silahkan dijawab…

mari mas

silahkan

***menunggu…***

@izzahart #100.

Saya ngga ngajakin berpusing ria..

Silahkan jawab saja di sana..

anggaplah kita sama-sama sedang belajar diskusi dan/atau berdebat.

Jangan takut mas-mas/mbak-mbak…
Saya ngga akan bilang kalian ngga selevel dengan saya, bad komunikasi, norak, ngga lulus s1, abg, anak kecil atau apalah..

Kenapa?, karena kata-kata seperti itu adalah ngga ada hubungannya dengan topik yang saya ajukan.
Dan orang yang sering berkata begitu saya pastikan orang yang kalah dalam berdiskusi.

salam

Ya tapi kalau ngga mau ya ngga apa-apa…

saya tetap nongkrong disini kok
(juga di imankristen.wordpress.com)

Fysnin #101

Kamu berkata kitab suci seharusnya bebas dari kesalahan. Dan kesalahan yang kamu maksud adalah adanya perbedaan yaitu lukas berkata 18, tapi matius 48.

Jawabab saya.
Adanya perbedaan antara matius dan lukas, bukan berarti kesalahan dalam alkitab, Fys.

Kemungkinan, lukas mempersingkat silsilah, sehingga terjadilah angka 18 itu.
atau kemungkinan Matius membahas secara detail tentang silsilah sehingga timbullah angka 48 itu.

Dan juga kemungkinan lain yang kita tidak mengetahuinya karena kita tidak hidup pada jaman Lukas & matius.

Nah, sekarang.
apakah salah kalau Lukas mempersingkat ?
Apakah salah juga kalau Matius memberikan detail?

Kemudian.
Saya tidak tertarik untuk membuktikan apakah kemungkinan-kemungkinan tsb di atas itu adalah benar atau salah. Saya tidak tertarik dengan perbedaan antara matius dan lukas itu. Bagi saya itu bukan masalah besar. Bagi saya itu ngga esensial Yang penting bagi saya adalah ajaran yang ada di injil itu.

Contoh ajaran yang baik itu adalah perintah : Kasihilah sesama manusia seperti dirimu sendiri.

Tetapi sebaliknya, kamu yang tertarik, karena kamu berpikir itu masalah besar.
Nah silahkan buktikan sendirilah.

btw. Kalau kamu menganggap hanya karena perbedaan itu, maka kamu menganggap seluruh alkitab adalah salah, dan malahan mengabaikan hal penting yang ada dalam alkitab itu, … ya terserah saja lah.

kira-kira begitu.

People of World, Do you know about Islam …
This is Islam …

uk.youtube.com/watch?v=aa-TFngEFDM&feature=related

You all must this beautiful song …

Peace all of you,

@All

@All

Damai di Hati. Damai di Hati.

Jangan Mudah Terganggu.

Damai di Hati. Damai di Hati.

Yeah rite.. =)

Salam.

@jelasenggak

Gini lho cah ngguanteng.. =)

Maksudnya adalah :

1. Suci adalah Tanpa Kesalahan.

2. Pertentangan / Perbedaan / Ketidakkonsistenan Sebuah Sumber adalah Kesalahan.

Adakah No.2 pada Injil??

Dan ingat, yang dimaksud “Injil” disini adalah “Kitab Injil”.

“Kitab”nya.

“Kumpulan” Kisah / Kata-katanya.

Kalau dalam “Kitab / Kumpulan”nya terdapat No.2.

Ya berarti “Kitab / Kumpulan” itu Tidak Suci.

Guampuang Buanget begini kok.

Atau Susah ya buat kamu? =)

Salam.

@nitt.

kalau kitab injil yang menulis satu orang, maka pertentangan itu menjadi kesalahan.

gitu nitt.

salam

@jelasenggak

Mau yang Nulis Injil 1,2,3,4,1000 orang..

Tetap Saja kalian menyebutnya “Kitab Suci” bukan??

Sekali lagi..

Kitab Suci adalah Tanpa Kesalahan.

Pertentangan adalah Kesalahan.

Injil kalian itu ada Pertentangan.

Tidak Suci berarti.

Kecuali kamu Mendefinisikan Suci semau kamu.

Itu Lain Lagi.

Salam.

@All

@Kristiani

Posting sdr. Jesusjustman #13 di Forum ini kok Tidak Ada yang Menanggapi ya??

Salam.

@nitt.

Kalau injil lukas dibandingkan dengan injil lukas, tentu saja tidak akan ada pertentangan itu.


Pertanyaan2 yang lain akan dibahas satu persatu.
Yang ini dulu di tuntaskan.

salm

@Nitt,
Seperti biasa, dia tidak akan dapat menangkap inti masalahnya, dan seperti kata kamu, mendefinisikan semau sendiri .. :) udah bisa kebaca kok.

itu salah satu taktik dia untuk menghindar, atau ? :)

Salam,

Yang saya heran tu @Nitt,
kok ada orang yang dengan pendapatnya sendiri mengamati kemenangan Romawi atas Persia, salah satunya dengan faktor pemimpin yang briliant, dan menafikkan nubuat dari Tuhan,

tapi diminta pendapatnya atas kemenangan Muslim dalam perang Yarmuk yang jumlahnya sedikit, tidak lebih dari setengahnya, malah diam.

secara nggak langsung dia ingin mengatakan bahwa Muhammad, Khalid bin Walid itu adalah pemimpin yang briliant. Tul nggak?

bocah …bocah …ora mudeng aku .. :)

@Jelasnggak #113

Jadi Tuhan-nya Lukas dan Tuhan-nya Markus beda ya?
simpel kan … pertanyaan orang awam lho …:)

Salam,

@All

@jelasenggak

Kamu katakan :

Kalau injil lukas dibandingkan dengan injil lukas, tentu saja tidak akan ada pertentangan itu

Hehe.

Injil Lukas dengan Injil Markus yang Suci yang Mana?

Injil Lukas atau Injil Markus?

Kalau kamu katakan Keduanya Suci..

Maka kamu katakan Keduanya Bebas dari Kesalahan (Suci).

Sekarang..

Injil Lukas mengatakan A.

Injil Markus mengatakan B.

Kamu katakan Keduanya Suci?

“Kejadiannya” hanya 1.

Jadi “Kebenarannya” hanya 1.

Lha ini ada 2.

A dan B.

Suci??

Ayo lah.

Salam.

@nitt,

Kamu mengatakan:

Kitab Suci adalah Tanpa Kesalahan.
Pertentangan adalah Kesalahan.
Injil kalian itu ada Pertentangan.
Tidak Suci berarti.

==> buku matematika karangan Prof. Notodiharjo tidak ada kesalahan karena di buku itu tidak ada pertentangan.

Jelas di sini, buku matematika ini layak disebut kitab yang suci.

Apakah buku matematika ini “kitab suci”?
Bukan.

Pernyataan pendukung kamu saja sudah ngga valid….

madsen pirie?

—————————
@all,

Yang pokok disini adalah ajaran dalam kitab itu.

Kitab suci = istilah, dalam hal ini.

Saya pribadi selalu menganggap injil sebagai “kabar Gembira”

———-
Kemudian.
Siapa sih yang berhak menentukan kriteria “suci”?

Kamu?
Saya?
Depag?

Sebagai bahan pemikiran:

Contoh,

Kitab agama A isinya/ayatnya sbb:

1. Bunuhlah semua orang yang tidak seagama dengan kamu
2. Bunuhlah semua orang yang murtad dari agama kamu
3. Bunuhlah orang yang memaki nabi kamu
4. Bela agama kamu, kalau perlu bunuh diri
5. ayat lainnya.

Kemudian,

Tidak ada pertentangan antara ayat satu dengan lainnya dalam kitab agama A itu.

Apakah itu berarti kitab suci?

Berdasarkan kriteria kalian, kitab tsb adalah kitab suci. Karena tidak ada pertentangan.
Ya silahkan saja ikuti “kitab suci” itu.

———

Lukas menulis 18, matius menulis 48.
Kenapa?

Mungkin lukas menyingkat penulisan, sedangkan matius tidak.

Tapi apakah perbendaan/pertentangan itu menjadi hal yang besar/kesalahan?

Belum tentu. Karena masih dibutuhkan penyelidikan/riset, pemahaman yang mendalam untuk mencari tau kenapa lukas menulis 18 sedangkan matius 48.

————–

Kitab suci adalah istilah yang digunakan pada kitab yang dipergunakan oleh suatu agama .

Apakah kitab itu suci atau tidak, dapat dilihat dari ajarannya.

Ajaran injil :

1. Kasihilah Tuh@n dengan segenap hati mu
2. kasihilah sesama mu masusia, seperti kamu mengasihi dirimu sendiri

—-
Terakhir.
Sudah saya tekankan berkali-kali.
Kalau kalian tidak mau menyebut alktitab/injil sebagai kitab suci, hanya karena melihat perbedaan (18 dan 48) itu,….
ya silahkan saja.

kira-kira begitu..

salam.

@Muslim

Seperti yang saya pernah katakan sebelumnya.

Dalam alkitab, ada bagian kisah cerita dan ada bagian ajaran.

Silahkan baca lagi di posting no 77.

salam.

@jelasnggak #104

btw. Kalau kamu menganggap hanya karena perbedaan itu, maka kamu menganggap seluruh alkitab adalah salah, dan malahan mengabaikan hal penting yang ada dalam alkitab itu, … ya terserah saja lah.

Saya tidak pernah mengatakan bahwa seluruh alkitab salah. Tunjukkan di mana saya pernah mengatakan itu.

Anda sering mengatakan bahwa yang penting adalah esensi dari ajaran Bible. Siapa yang membawa ajaran dalam Bible? Anda pastinya menjawab Yesus dong. Bener gak?

Apa sih ajaran yang dibawa oleh Yesus?

Jawaban Jelasnggak #119:

Ajaran injil :

1. Kasihilah Tuh@n dengan segenap hati mu
2. kasihilah sesama mu masusia, seperti kamu mengasihi dirimu sendiri

Hmm, kelihatannya ajarannya bagus, nggak seperti agama lain yang katanya mengajarkan untuk berperang dan membunuh.

Pertanyaan selanjutnya adalah siapa sih Yesus yang membawa ajaran ini?
Coba kita cari jawabannya.

Dalam Matius 1:1 – 1:16 disebutkan silsilah Yesus. Dari silsilah tersebut jelas disebutkan bahwa Yesus adalah anak dari Yusuf, dan kakek Yesus adalah Yakub. Sampai disini tidak ada yang aneh.

Tetapi, dalam Matius 1:18 kita mendapati:
“Kelahiran Yesus Kristus adalah seperti berikut: Pada waktu Maria, ibu-Nya, bertunangan dengan Yusuf, ternyata ia mengandung dari Roh Kudus, sebelum mereka hidup sebagai suami isteri.”

Dalam Matius 1:18 ternyata Yesus bukan anak dari Yusuf, tetapi anak dari Maria yang mengandung dari Roh Kudus.

Nah, disini saya bingung, yang mana yang benar?
Apakah Yesus anak dari hasil hubungan Yusuf dan Maria (seperti yang terdapat dalam silsilah)?
ataukah
Yesus anak dari Maria yang mengandung dari Roh Kudus (Matius 1:18)?

Pastinya Anda menjawab bahwa Maria mengandung Yesus tanpa ada campur tangan seorang laki-laki.

Lalu siapa Yesus yang ada dalam silsilah tersebut (Matius 1:1 – 1:16)? Apakah orang yang sama dengan yang ada dalam Matius 1:18?

Apakah Matius merujuk pada orang yang sama? Ataukah ada dua orang yang berbeda tetapi namanya sama (Yesus)?

Dan Jelasnggak masih menganggap bahwa hal ini tidak penting, yang penting adalah ajarannya (ajaran Yesus).

Trus, Yesus yang mana yang ajarannya ada dalam Bible?

Nah, ini baru dalam Matius, belum lagi dalam Lukas yang mempunyai silsilah yang lain lagi.

@Jelasnggak #104

Adanya perbedaan antara matius dan lukas, bukan berarti kesalahan dalam alkitab, Fys

Jika Tuhan adalah penulis setiap kata, koma dan titik dalam Bible, seperti yang dinyatakan umat Kristen, maka berarti Tuhan jugalah pembuat semua perbedaan yang ada dalam Bible!

@Jelasnggak #119

==> buku matematika karangan Prof. Notodiharjo tidak ada kesalahan karena di buku itu tidak ada pertentangan.

Jelas di sini, buku matematika ini layak disebut kitab yang suci.

Apakah buku matematika ini “kitab suci”?
Bukan.

Betul, buku matematika tersebut bukan kitab suci, karena buku tersebut adalah buatan manusia.

Bible adalah kitab suci, karena Bible adalah buatan Tuhan.

Yang jadi masalah adalah, kenapa dalam Bible terdapat banyak perbedaan dan pertentangan?
Manusia aja mampu membuat sebuah buku yang tidak ada pertentangannya (seperti contoh Anda di atas), lalu kenapa Tuhan membuat sebuah kitab yang banyak sekali perbedaan dan pertentangannya?

He he he…

Salam semuanya.

Perbedaan itu ada karena memang berbeda melihatnya. Itu bukan pertentangan.

Pertentangan itu: “Bulat” dan “Lurus”.

Contoh: si JelasEnggak.

Coba beberapa orang di forum ini menggambarkan mengenai jelasenggak, pasti berbeda. Tapi itu belum tentu bertentangan, karena “melihat” dari sudut pandang masing-masing.

Jadi ketika menggambarkan JelasEnggak,
1. Ada yang menampilkan tampak depan jelasenggak, jadi terlihat wajahnya.
2. Ada yang menggambarkan dari tampak belakang, jadi terlihat cuma punggung, rambut kepala belakang, betis…
3. Ada yang menggambarkan dari tampak atas, jadi kelihatan bulatan kepala dan pundak dari atas…

Dan sebagainya…

Apakah berbeda? Ya betul.
Apakah sama? Ya sama.
Artinya melihat dengan cara yang berbeda pada objek yang sama.

Ini namanya keindahan, bukan pertentangan.

Salam.

Tambahan…

Nah. dengan melihat banyak sisi itu, berarti lebih lengkap.

Solusinya bagaimana?

1. Di pertentangkan, or
2. Di gabungkan.

Kalau dipertentangkan, maka kita tidak pernah tahu jelasenggak dengan benar.

Tapi kalau digabungkan, kita bisa mengerti jelasenggak secara lebih lengkap/komplit.

Salam.

Btw…, ada yang mau menggambarkan jelasenggak?

Kalau saya gambarkan, jelasenggak itu:

Sepertinya calon pastur tuh…. he he he

@ImanKristen

Iya bener. Saya setuju.
Contoh yang ok banget.
(ngga pernah terpikir he he he. Thanks )
Saya juga sudah berkata di 95, yang menulis injil itu bukan cuma satu orang. Melainkan 4 orang.

Kenapa mereka lalu menghubungkan dengan Tuh@n ya?

Apa mereka lupa yang nulis alkitab itu manusia?
Mungkin lupa kali ya ?
Mungkin mereka masih yakin, kitab suci mereka itu suci karena turun langsung dari langit… TING!!!
(sory muslim friends, bercanda!)

—–

Calon pastur? ha ha ha.
ngga ah.

salam

@fysnin (121)

Apa yang yang saudara sangkakan bahwa memang ada 2 Yesus, nampaknya ada juga benarnya.

Ada dua kisah/sejarah dalam PB dari dua penullis yang menceritakan kisah Yesus pada waktu masih bayi.

Satu kisah mengatakan ada Yesus yang dilarikan ke Mesir dan satu lagi kisah yang mengatakan setelah selesai disunat, Yesus yang satu ini lalu dibawah ke Nazaret.

Salam

@Jelasnggak #88,
Lagi-lagi saya kehabisan tenaga Jel..sama orang-orang yang “berlogika” itu

@irlander#91
Nggak marah kok..sedikitpun..nggak ada.
Cuma maksud saya di #86 saya nggak punya bukti kok bahwa kitab kalian sudah diubah.. Cuma.. kan waktu pertamakalinya nerima ayat kan nggak ada yang tahu itu benar atau salah (katanya yang nerima juga bingung.. -ini perlu konfirmasi-). Tapi kalau dari contentnya banyak yang saya sulit yakini bahwa itu dari Yang Maha Kuasa, jadi saya nggak percaya..nggak masalah kan?

Salam,

@imankrsiten

Anda katakan :

Jadi ketika menggambarkan JelasEnggak,
1. Ada yang menampilkan tampak depan jelasenggak, jadi terlihat wajahnya.
2. Ada yang menggambarkan dari tampak belakang, jadi terlihat cuma punggung, rambut kepala belakang, betis…
3. Ada yang menggambarkan dari tampak atas, jadi kelihatan bulatan kepala dan pundak dari ata(/blockquote>

Mau Nanya aja..

Bila Semua orang Yang Melihat mempunyai Sudut Pandang, Kemampuan dan Waktu yang Sama..

1. SEMUA yang melihat Tampak Depan, akan Mengatakan Hal Yang SAMA atau Tidak?
2. SEMUA yang melihat Tampak Belakang, akan Mengatakan Hal Yang SAMA atau Tidak?
3. SEMUA yang melihat Tampak Atas, akan Mengatakan Hal Yang SAMA atau Tidak?

..

SEMUA Penginjil itu (ceritanya) Mempunyai a.k.a “Melihat” dari SATU Sumber a.k.a Satu “Tampak”.

Jesus.

Bagaimana Mungkin mengatakan 1 Hal tapi Didengar 2 Hal.

Suci??

..

Kalau saya Ngomong A, ya saya ngomong A.

Bukan, B, C atau D.

Jangan jadi Kreatif. :)

..

Salam.

@imankrsiten

Anda katakan :

Jadi ketika menggambarkan JelasEnggak,
1. Ada yang menampilkan tampak depan jelasenggak, jadi terlihat wajahnya.
2. Ada yang menggambarkan dari tampak belakang, jadi terlihat cuma punggung, rambut kepala belakang, betis…
3. Ada yang menggambarkan dari tampak atas, jadi kelihatan bulatan kepala dan pundak dari atas

Mau Nanya aja..

Bila Semua orang Yang Melihat mempunyai Sudut Pandang, Kemampuan dan Waktu yang Sama..

1. SEMUA yang melihat Tampak Depan, akan Mengatakan Hal Yang SAMA atau Tidak?
2. SEMUA yang melihat Tampak Belakang, akan Mengatakan Hal Yang SAMA atau Tidak?
3. SEMUA yang melihat Tampak Atas, akan Mengatakan Hal Yang SAMA atau Tidak?

..

SEMUA Penginjil itu (ceritanya) Mempunyai a.k.a “Melihat” dari SATU Sumber a.k.a Satu “Tampak”.

Jesus.

Bagaimana Mungkin mengatakan 1 Hal tapi Didengar 2 Hal.

Suci??

..

Kalau saya Ngomong A, ya saya ngomong A.

Bukan, B, C atau D.

Jangan jadi Kreatif.

..

Salam.

@Sayathink #127
Cuma maksud saya di #86 saya nggak punya bukti kok bahwa kitab kalian sudah diubah.. Cuma.. kan

@Jelasnggak #119
Mungkin lukas menyingkat penulisan, sedangkan matius tidak.

————-
Diskusi masalah keyakinan kok
“mungkin ….?
“cuma …..?

jangan2 dalam berkeyakinan juga
“mungkin …?
“cuma …? …serba nggak meyakinkan ….

@Jelasnggak
Kenapa mereka lalu menghubungkan dengan Tuh@n ya?

————
lah ini bahas novel apa kitab suci, wah ternyata selama ini saya salah masuk kamar.
oke deh ..kita bahas Hary Potter aja dah … gak ada hubungannya sama Tuhan, enak kan :)

@imankristen

Jelasenggak calon Pastur? :)

Bukannya Pastur Ngga Boleh Gampang Terusik ya?

Yah tapi mungkin juga Ngga ada Syarat itu ya..

Soalnya saya pernah tuh liat di youtube pastur (pendeta?) yang Mukulin perempuan dalam suatu Acara di Gereja. Pertama Perempuan itu disiram pake air apa gitu yang ada di gelas dari logam yg dia pegang, terus setelah itu dia deketin perempuan itu sambil mukul-mukul gitu.

Di depan para jemaahnya dia melakukan itu. :)

..

Yah gitu deh.

..

Salam.

@imankristen
udahlah nggak usah pakai perumpamaan yang dipaksakan, tetap nggak mengena. :)

Gini aja deh, kan nggak ada dosa turunan di (Ezekiel 18:20-21), lah kalian harusnya wajib mengimani itu, kalau nggak mengimani, ini kalau saya yah … mending saya sobek saja ayat itu, malu euy bawa-bawa.

@izzathar

Haha..

“Bahas Novel atau Kitab Suci?”

“Kita bahas Harry Potter aja..”

Hahahaha… :)

..

Tapi memang salah satu Perbedaan Mendasar antara Muslim dan Kristen adalah Bagaimana kita Menilai Kitab Suci.

Bagi mereka, Kitab Suci itu Ngga Masalah Siapa yang Ngomong, Isinya Bertentangan atau Tidak, Kata-katanya Benar (Sama Dengan Perkataan Jesus) atau Salah (Berbeda Dengan Perkataan Jesus).

Yang Penting Isinya “Bagus”.

Udah. Titik.

..

Um,

Bedanya dengan Buku-buku Motivasi atau Kebahagiaan apa ya?? :)

..

Salam.

Atau kalian suka baca bagian di (Ezekiel 23:1-21) ….ehmmm hot ..hot..syurrr …

kitab suci men …..

sori, jangan pada marah yah :) emang kenyataannya demikian. saya juga normal sebagai laki-laki kalau baca itu, rasanya gimana gitu :)

atau saya sedang bicara bukan dengan laki-laki?

Pertanyaan Kalian seperti ditulis di #45:

Berapa nama silsilah Daud sampai dengan Yesus ?
a. Lukas mencatat 43 nama dari Daud sampai dengan Yesus.
b. Matius hanya mencatat 28 nama dari Daud sampai dengan Yesus.

———–
Sekarang,
menurut Kalian,

Pencatatan silsilah yesus itu berbicara tentang ‘pengajaran’ atau bukan ?
Apakah pencatatan silsilah itu adalah dari Tuh@n atau Penulis alkitab?

Sudah sayategaskan berkali-kali, bahwa yang terpenting dalam alkitab adalah ‘pengajarannya’,

bukan detailnya.

Contoh ajaran:

“kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri”

Contoh hal detail yang ngga perlu:

“hagar menggendong ismail”
“silsilah Yesus”

Harap diingat, alkitab bukan cuman berisi pengajaran, tetapi juga kisah.
Kisah yang ditulis oleh orang berbeda.
Tentu saja ‘detail’ nya berbeda antara penulis yang satu dengan penulis yang lain.

Apakah “Pengajarannya” sama?

Jawabnya: IYA.

Kalo ngga percaya, silahkan cek sendiri.

Jadi adalah penting bagi kalian teman muslim untuk bisa membedakan mana bagian alkitab yang merupakan cerita/detail ngga perlu, dan mana yang merupakan ajaran.

Masak kalian ngga bisa menangkap penjelasan saya mengenai “ajaran” sih..?
Ya sudah kalau begitu saya tulis lagi disini.

Ada suatu agama. Sebut Agama A.

Kitab agama A isinya/ayatnya sbb:

1. Bunuhlah semua orang yang tidak seagama dengan kamu
2. Bunuhlah semua orang yang murtad dari agama kamu
3. Bunuhlah orang yang memaki nabi kamu
4. Bela agama kamu, kalau perlu bunuh diri
5. ayat lainnya.

Tidak ada pertentangan antara ayat satu dengan lainnya dalam kitab agama A itu.
Ngga ada kan? Wong isi setiap ayatnya cuman sepenggal kalimat perintah…
tidak ada detail, yang mengarangpun cuma 1 orang.

Berdasarkan kriteria kalian, kitab tsb adalah kitab yang suci. Karena tidak ada pertentangan.

Makanya ada orang yang “he-eh” 2x (artinya mengiyakan -manggut2) saja. Lha wong Kitab suci, dan tak ada pertentangan.

tapi apakah ajarannya benar? sesuai dengan hati nurani kita?

begitu kira-kira…

salam.

ps. Lain kali coba tolong tanya tentang ajaran saja…

salam

@nitt.

Kamu berkata

Bedanya dengan Buku-buku Motivasi atau Kebahagiaan apa ya??

——————-

Bedanya, buku motivasi tidak menjanjikan keselamatan akhirat yang pasti, seperti injil itu.

Masak ngga tau sih..

Harap dipikirkan kembali kata2 kamu itu.
Jangan nanti orang beranggapan kamu itu muridnya madsen pirie.. (eh salah… ha ha ha)

salam

@nitt.

Kamu berkata:
Bagi mereka, Kitab Suci itu Ngga Masalah Siapa yang Ngomong, Isinya Bertentangan atau Tidak, Kata-katanya Benar (Sama Dengan Perkataan Jesus) atau Salah (Berbeda Dengan Perkataan Jesus).

———————-

==> nah kalau yang ini kamu cuman asal ngucap.

Madsen Pirie?

Sekarang, coba sebutkan,

Mana isi yang bertentangan dengan kata-kata yesus? coba ditulis disini.

salam

@izzahart.

Tolong kalau nanya satu2.

Yang ini belum kelar sudah nanya yang lain.

nanti terakhir kalian gembar-gembor di website muslim bahwa kristen tidak bisa menjawab pertanyaan tentang silsilah yesus.

Jangan gitu dong ah…

salam

@nitt #129.

Begini nitt.

Yang dimaksud ImanKristen di 128 adalah,

Lukas melihat silsilah Yesus dari sudut pandang yang berbeda dengan Matius .

Gitu nitt.

Masak murid Masden Pirie salah nangkep maksud perkataan orang.

Sebaiknya sebelum berkomentar, kita wajib untuk mengerti, at least mencoba untuk mengerti, apa yang lawan bicara maksudkan, sehingga diskusi bisa menjadi lebih epektip.

salam.

@jelasenggak

Injil Tidak Bebas dari Kesalahan, itu kamu Akui.

Injil Tidak Suci, itu Tidak Kamu Akui.

..

Mungkin kamu perlu cek di Kamus Besar Bahasa Indonesia arti Suci itu Apa.

..

Jadi kalo saya Mengarang Buku tentang Motivasi dan Kebahagiaan yang Isinya Menjanjikan Keselamatan..

Buku saya itu jadi Kitab Suci ya??

Ngerti ngga nih?

Kejauhan ngga nih saya Mikirnya bagi kamu?? =)

..

Tapi yah sudahlah dengan “Iman” kalian itu.

Tapi kalau saya sih lebih senang Berpikir. =)

..

Salam.

@jelasenggak

Kata-kata Jesus saling Bertentangan??

Baca (dan Jawab..kalian belum juga jawab nihh..udah lamaa bangett belum dijawab2 juga..) posting jesusjustman #13.

..

Cari Topik yang tentang Perkataan Jesus.

..

Baca dan Jawab.

..

Salam. =)

@jelasenggak

Kamu katakan :

@nitt #129.

Begini nitt.

Yang dimaksud ImanKristen di 128 adalah,

Lukas melihat silsilah Yesus dari sudut pandang yang berbeda dengan Matius .

Gitu nitt

Baca lagi posting saya itu Pelan-Pelan.

..

Pelan-Pelan.

..

Pelan..

Pelan..

..

Salam.

@izza #132.

Ezekiel 18:20-21 tidak ada hubungan dengan dosa warisan itu.

Konteksnya berbeda yaa.

Dosa Warisan adalah hilangnya kekudusan manusia, sehingga manusia tidak lagi layak untuk tinggal bersama Tuh@n di Surga.

Hubungan antara manusia dan Tuh@n tidak lagi seperti sebelum adam melakukan dosa pertama.

tapi harap ini dibahas nanti saja, karena kita sedang fokus kepada perbedaan silsilah itu.

salam.

@nitt.

Sudah saya baca tulisan di posting #13.

Menurut saya Ngga ada tuh .

Coba kamu tulis di sini.

salam.

@nitt. #142.

Sudah saya baca pelan-pelan nitt.

Tapi tetap sama tuh.

Saya pikir kamu salah menangkap maksud ImanKristen itu.

ngga nyampe ya? masak sih? murid Madsen Pirie lho.

Gini saya kasih tau.

Perhatikan kata “jelasnggak” di point nomor 1 postingan imanKristen no #123 itu.

ganti kata “jelasnngak” itu dengan “silsilah”

terus Baca kembali point no 1 itu.

semoga membantu.

salam

ps. Kamu ngga kasihan sama Masden Pirie ya?. Malu lho dia…

***tersenyum…****

@nitt.

Confidence itu perlu…

tapi…

ah sudahlah..

salam

To All muslim…

Semua yang saya tuliskan itu adalah prinsip-prinsip dasar. Kalau akar kita berbeda, maka melihatnyapun berbeda.

Jangankan saya yang tulisannya sulit anda mengerti dengan dasar berpikiran agama anda, Allah saja yang berbicara, manusia tidak mau taat dan percaya, malah pada melawan. Jadi apa yang anda tuliskan itu benar-benar membuktikan isi Alkitab. Isi apa? Coba cari di Alkitab mengenai nubuatan pada jaman akhir.

Saya kasih rahasia besar (banyak orang yang tidak mengerti rahasia ini):
1. Alkitab itu adalah Firman Allah yang hidup.
2. Merenungkan Alkitab perlu bimbingan Roh Kudus, syaratnya harus punya hati yang kudus, kenapa?

Karena ada 2 resiko besar dalam membaca Alkitab:
1. Makna didalamnya menghidupkan (kuasa Allah).
2. Jebakan Hurufiah yang mematikan.

Jadi kalau setiap manusia (termasuk pemeluk agama Kristen sendiri) belajar Alkitab hanya ada 2 kemungkinan:
1. Mengerti sungguh-sungguh
2. Sesat.

Jadi banyak tuh pendeta yang ngawur…, karena itu kami mengatakan:
1. Agama tidak menyelamatkan, temasuk agama Kristen.
2. Hanya kristus yang menyelamatkan.

Untuk mengerti Alkitab itu mudah saja, anda harus seperti seorang anak kecil yang datang kepada Allah. Nanti anda akan diperbaharui oleh “Roh Kudus” dan terjadi proses “pengudusan serta pengajaran” terus menerus hingga bertemu dengan Allah kembali.

To nitt…

he he he…, yang saya tulis itu mungkin terlalu dalam buat anda…, it’s ok. Untuk level anda, kalau anda merenung lebih lama lagi, pasti ketemu “nur” dari tulisan saya itu.

Untuk yang lain…, wah maaf ya…, kalau anda tidak sepintar nitt yah…, mungkin tidak ada harapan. Kecuali mau seperti anak kecil mencoba belajar Alkitabnya.

Salam.

Nb.
1. Kita memang sulit diskusi, karena kami berdasarkan pikiran yang menganalisa tulisan dan mencari makna, anda bedasarkan hapalan. Btw, Mohammad ngak bisa baca & tulis-kan?
2. Membaca adalah melihat makna didalamnya.

@ImanKristen

Tul sekali.

Untuk mengerti alkitab , kita harus seperti cangkir ember yang kosong yang siap di isi.

salam

@nitt. 140.

Yang ini kelupaan.

Yang mendefinisikan pertentangan itu = kesalahan adalah kamu nitt.

pendefinisian secara sepihak tuh.

lucu kamu ini.

salam

@Iman Kristen #147

Jadi kalau setiap manusia (termasuk pemeluk agama Kristen sendiri) belajar Alkitab hanya ada 2 kemungkinan:
1. Mengerti sungguh-sungguh
2. Sesat.

Jadi banyak tuh pendeta yang ngawur…, karena itu kami mengatakan:
1. Agama tidak menyelamatkan, temasuk agama Kristen.
2. Hanya kristus yang menyelamatkan.

Jadi kesimpulannya apa pun agamanya itu gak penting, yang penting percaya dengan kristus. Betul gak?

Kristus itu Yesus kan?
Yesus yang mana yang harus saya percaya?
Apakah Yesus yang ada di Matius
atau
Yesus yang di Lukas
atau Yesus yang ada di agama Islam (Isa as)?

Sebentar-sebentar……..aku mau nyekokin ludah si jel sendiri dan yang laen boleh bantu…..

ini nih……

@Jelasnggak #137

>>> Mana isi yang bertentangan dengan kata-kata yesus? coba ditulis disini.

salam
——————————————————————————-

Baca baik-baik dan resapi kata2nya dengan pemahaman BAHASA INDONESIA YG BAIK DAN BENAR……….

1. “Janganlah kamu menyangka, bahwa Aku (Yesus) datang untuk MENIADAKAN HUKUM TAURAT atau KITAB PARA NABI. AKU DATANG BUKAN UTK MENIADAKANNYA, melainkan untuk menggenapinya. (Matius 5:17)

2. Karena Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya selama belum lenyap langit dan bumi ini, SATU KATA ATAU SATU TITIKPUN tidak akan DITIADAKAN dari hukum Taurat, sebelum semuanya terjadi. (Matius 5:1 8)

3. Karena itu siapa yang MENIADAKAN SALAH SATU PERINTAH HUKUM TAURAT SEKALIPUN YANG PALING KECIL, dan mengajarkannya demikian kepada orang lain, ia akan MENDUDUKI TEMPAT YANG PALING RENDAH di dalam Kerajaan SORGA; tetapi siapa yang melakukan dan mengajarkan segala perintah-perintah hukum Taurat, ia akan menduduki tempat yang tinggi di dalam Kerajaan Sorga. (Matius 5:19), (Matius 5:20).

Rekan2 nasrani…….

Tolong jelaskan LOGIKA, AKAL SEHAT DAN IMAN yg bagaimana kalau bilang ayat ini gak penting dibandingkan asumsi dan esensi ajaran “S”aulus……..???? ITU SABDANYA SIAPA SIH…….???

Terus

Masih mau ndableg kalo gak ada pertentangan dengan PB……???

yang penting……

Esensi…….

asalkan…..

iman…..???

Dari 3 pasal itu aja udah bisa diketahui siapa yg menyesatkan ajaran Isa Almasih (Yesus) dan siapa yg ikut tersesat kok…….tepek deh…..

He he he…

Anda lagi bicara apa sih???

Lucu saya bacanya…, makanya kalau belajar itu yang lengkap, jangan tulisan mengenai Kristen yang asal-asalan dipegang jadi kebenaran dan terus tanya ke kami??

Saya bacanya jadi aneh sekali.

Gini yah…, coba baca tulisan dari referensi Kristen yang baik/berbobot, baru tanya kemari mengenai isi tulisan mereka, baru bisa diskusi.

Atau, silahkan ke blog saya dan tanya dari isi tulisan saya disitu.

He he he…, anda yang kebingungan sendiri dengan “tulisan muslim mengenai kristen..”, yah tanya sama mereka (muslim) saja kenapa mereka tulis demikian.

Saya sekejap membaca saja sudah mengerti salah pengertian anda dimana. Coba belajar lagi dari sumber Kristen yang benar mengenai doktrin Alkitab.

Salam.

Nb.
Banyak sumber tulisan Kristen yang baik, coba salah satu di: http://www.yabina.org, nah baca keseluruhan supaya mengerti pola pikirnya. Baru tanya lagi kesini mengenai pola pikir dari website tersebut. Web itu untuk kaum awam, bukan untuk kaum theologian.

#151

He he he…

Anda lagi bicara apa sih???

Lucu saya bacanya…, makanya kalau belajar itu yang lengkap, jangan tulisan mengenai Kristen yang asal-asalan dipegang jadi kebenaran dan terus tanya ke kami??

Saya bacanya jadi aneh sekali.

Gini yah…, coba baca tulisan dari referensi Kristen yang baik/berbobot, baru tanya kemari mengenai isi tulisan mereka, baru bisa diskusi.

Atau, silahkan ke blog saya dan tanya dari isi tulisan saya disitu.

He he he…, anda yang kebingungan sendiri dengan “tulisan muslim mengenai kristen..”, yah tanya sama mereka (muslim) saja kenapa mereka tulis demikian.

Saya sekejap membaca saja sudah mengerti salah pengertian anda dimana. Coba belajar lagi dari sumber Kristen yang benar mengenai doktrin Alkitab.

Salam.

Nb.
Banyak sumber tulisan Kristen yang baik, coba salah satu di: http://www.yabina.org, nah baca keseluruhan supaya mengerti pola pikirnya. Baru tanya lagi kesini mengenai pola pikir dari website tersebut. Web itu untuk kaum awam, bukan untuk kaum theologian.

Tambahan…,

Maaf ya…, saya lihat anda ini pengikut Mohammad sejati. Menghapal ya??

Salam.

Tambahan…,

Maaf ya…, saya lihat anda ini pengikut Mohammad sejati. Menghapal ya?? Latihan baca tulis dong…

He he he …, peace.

Salam.

@imanKristen.

Tul Sekali .

Kebanyakan mereka ngga tau apa arti sebenarnya/salah mengartikan kemudian langsung teriak-teriak begitu.

Yeahhh tugas kita lagi lah untuk menggembalakan domba-domba tersesat itu….

@Irlander

Kuncinya ada di kata “menggenapi”

Apakah “menggenapi” sama dengan “mengganti/mengubah” ?

Begitu kira-kira…

Silahkan dipikirkan mas/mBak (ini mas atau mBak ya?)

silahkan…

salam

@fysnin

kamu katakan:

Yesus yang mana yang harus saya percaya?
Apakah Yesus yang ada di Matius
atau
Yesus yang di Lukas
atau Yesus yang ada di agama Islam (Isa as)?

==> Kenapa kamu bertanya seperti itu?
Yesus yang ada di matius adalah SAMA dengan yang ada di lukas.
Yaitu yesus yang disalib, yang telah wafat, dan bangkit dari antara orang mati, yang naik ke surga , yang akan datang mengadili orang hidup dan orang mati.

Yesus yang ada di islam adalah yesus yang sama.
Cuman…
Kaum muslim pada saat itu malu untuk mengakui bahwa yesus itu mati disalib. Itulah sebabnya mereka menuliskan bahwa yesus TIDAK mati di salib.(disini muslim membelokkan sejarah – walaupun maksudnya baik)
Silahkan cari tahu kenapa muslim percaya bahwa yesus tidak disalib.

Jadi , saya sarankan kepadamu untuk mencoba memahami esensi yang ada dalam injil itu, bukan hal detail yang ngga perlu.

Coba mulai sekarang, sebelum kamu baca injil, kamu berdoa dulu kepada Tuh@n (Tuh@n yang beneran maksud saya), minta supaya dibimbing dalam mengerti injil.

salam.

ps. Nanti kalu sudah di baptis, bikin blog yang seperti ini yaa..
he he eh

Ketika kekristenan di awal mula-mula, permasalahan Allah Tritunggal sudah muncul.

Secara garis besar, ada 2 aliran yang menyimpang dari konsep Tritunggal:

1. Hanya Allah semata, jadi Yesus itu semacam penampakan Allah semata, jadi tidak ada fisiknya.
2. Yesus itu manusia biasa saja, bukanlah Allah.

Kemudian…, abad ke 5 (500 tahun setelah Kristus), sebagian dari pengikut konsep no.2 itu pergi ke Arab…, nah ketemu sama Mohammad di sana. Disinilah Mohammad belajar Alkitab.

Kemudian Alkitab disadur ulang dan direvisi sesuai dengan kemauan Mohammad. Karena tidak bisa baca dan tulis, maka bisanya menghapal semaksimal mungkin yang bisa dihapal. Jadilah Alquran yang seperti sekarang ini. Kenapa tidak bisa seluruh Alkitab komplit disadur ulang/revisi? Karena Mohammad tidak bisa menghapal semua itu.

Jadi dipilihlah kitab-kitab dalam Perjanjian Lama yang direvisi dan mampu dihapalkan oleh Mohammad.
Kemudian untuk konsep Yesus, dituliskan versi Isa Almasih, sesuai konsep no.2 tersebut.

Jadi kalau untuk saya ditanyakan, apakah Yesus = Isa Almasih?

Bagi saya itu berbeda. Tapi kalau mereka mengimani Isa Almasih yang sesui dengan Alkitab, baru saya setuju. Misalnya mereka percaya Isa Almasih adalah Allah. Itu baru sama. Karena bagi saya, apalah arti sebuah nama?

Salam

@Iman Kristen

hehehe……saya juga lucu ketika anda mentertawakan isi matius itu, emangnya itu pernyataan Yesus yg gak penting…??? sekali lagi coba bandingkan dengan pernyataan “S”aulus yg gak mentaati hukum taurat, dan tolong dibaca bahwa itu bukan cuma 1 ayat yg menggarisbawahi bahwa cuma MENGGENAPI….tapi juga ANCAMAN

@Irlander.

Apakah Paulus meniadakan/menghapuskan hukum taurat?

ngga kan?

Wong hukum taurat masih ada sampai sekarang.

he he he..

salam.

@irlander

Meniadakan ==> Yang tadinya ada jadi ngga ada.
Menghapus ==> dari yang tadinya ada, jadi ngga ada.

Menggenapi artinya:

=======================================
*
*Yang tadinya ganjil , jadi genep,.. nep… neepppp
*Yang tadinya kurang sempurna, menjadi sempurna
*Yang tadinya pilihannya cuman 1, sekarang menjadi 2
*
=======================================

Begitu kira-kira…

***tersenyum dulu ahh…***

salam

He he he…, malas ah jelasin lagi.

Coba keliling dulu di post mengenai Sirah (blog ini) dan blog saya.

Taurat ini seperti dokter rotgent dan Injil seperti Dokter spesialis Penyembuh.

Keduanya sama-sama kualitas dokter spesialis. Jadi tidak ada satupun kualitas dokternya yang meragukan.

Btw, konsep mengenai Paulus yang ini dan itulah serta sebagainya dan dialah yang menjadi “kambing hitam” mengapa kekristenan menjadi seperti ini…
he he he… malas ah.

Anda bukan yang pertama saya temui, jadi jangan merasa apa yang anda tanyakan itu sesuatu yang begitu hebatnya…

Ciri-ciri paling mudah bagi saya menebak orang muslim yang sudah baca referensi muslim mengenai Kristen adalah: Paulus. Ini dia kambing hitamnya muslim untuk menyatakan kesalahan Alkitab.

Keliling saja ke forum-forum kristen baik yang katolik maupun protestan…, anda akan temukan jawabannya.

Paulus menjadi kambing hitam…? tidak pernah ada satupun pada blog kristen manapun yang berbobot.

Salam.

@im

Maaf saya tdk merasa hebat, tapi kalian ketika menjelaskan sesuatu selalu mengambang gak jelas.

Sekali lagi saya minta jawaban yg lugas, dilarang makan babi, mabok, hukumnya bersunat, dilarang membuat patung /berhala dilarang nggak…???

>>>> Paulus menjadi kambing hitam…? tidak pernah ada satupun pada blog kristen manapun yang berbobot.
——————————————————————————

Heheheee……..menurut anda lukas. markus, matius bisa nyebut salah nama atau saling berselisih angka dalam sebuah KITAB SUCI (murni, tak tercemar, tanpa kesalahan) apa itu dianggap berbobot…….lucu anda ini……

Kenapa “S”aulus dkk yg jadi pokok pembicaraan…??? ya karena JUDUL DISKUSI KITA SEKARANG “SALIB LAMBANG KESELAMATAN”

Siapa yg membentuk image salib penting dan hukum taurat gak penting ya anda punya jawabannya dong………

Kalau anda sedikit membuka akal pikiran anda sebenarnya yg di Kambing Hitamkan itu Isa Almasih (Yesus) apa “S”aulus sih…..??????

Salam

@iman kristen

Ups…..soal pernyataan berbobot kamu kok aku jadi bingung…?????!@#!@#! emang di blog2 kristen gak ada yg berbobot ya……

Maksudnya

Cara menjawab suatu pertanyaan….???

Apa…

Isinya emang gak berbobot karena hanya bicara esensinya aja tanpa bicara hukum dasarnya, atau yg lain…….???

O ya ada pertanyaan yg menurut saya juga sangat mendasar untuk sebuah kitab suci, dan tidak usahlah saya bandingkan dgn sirah-sirahan……..

Begini

Kenapa Kristen Prostestan tidak mengakui 7 Kitab Tambahan yg ada pada Kitab Kristen Katolik….???

Salam

@irlander.

Kamu tanya:
Sekali lagi saya minta jawaban yg lugas, dilarang makan babi, mabok, hukumnya bersunat, dilarang membuat patung /berhala dilarang nggak…???

—————–

==> Menurut Taurat itu dilarang… rang… raaannnggg.

===> Menurut PB, itu TIDAK DILARANG, asalkan, kamu percaya Yesus Kristus sebagai juruselamat dan TUh@n, dan mengikuti perintahNYa.

PB menghilangkan Taurat ?=====> Ya Tidak dak daaak.

Yang mau ikut taurat silahkan ikutin taurat.

Yang mau ikutin Yesus, ngga perlu lagi ikutin Taurat.

Kalau kamu mau ikut taurat, ya silahkan saja, tapiiiii,…….

eng ing eng….

siap-siap saja dihakimi di akhirat nanti dengan hukum taurat itu.

Begitu kira-kira.

salam

@iralander,

Iman Kristen bener tuh.

Kamu ngomongnya ngga jelas…

bingung saya juga..

salam

@jelasnggak

Kalau kamu mau ikut taurat, ya silahkan saja, tapiiiii,…….

eng ing eng….

siap-siap saja dihakimi di akhirat nanti dengan hukum taurat itu.
——————————————————————————-

oooooo……jadi yg nggak makan babi, yang udah sunat, sama yg nggak suka teler dihakimi diakhirat dengan hukum taurat…..???????

@ jelasnggak #166

Aku jadi doyong dengan komentarmu di 165

hhihihi…sadar nggak sih kamu kalo komentar

lucu

@jelasnggak

Mas Dewo udah sunat loh…..kamu udah belum….??? kalo belum maaf…rajin2 bersihin kulupnya ya, nanti jadi penyakit…..

Salam

@ jelasnggak

Jadi cukup percaya Yesus, mau mabok2an sesukanya boleh to??? pantes kriminalitas sama kecelakaan lalulintas banyak terjadi di negara2 yg mayoritas menghalalkan apa yg disukai perut

btw

Yesus itu asalnya dari Yerusalem apa dari eropa sih….???

oya

Pertanyaan sederhana lagi

Yang melaksanakan Hukum2 di Taurat sebelum Yesus lahir kira2 di akherat masuk neraka nggak…..???

@ jelasnggak #166

Duuuh yang dapet temen mang kris……..

@jelasenggak

Kamu katakan :

Hubungan antara manusia dan Tuh@n tidak lagi seperti sebelum adam melakukan dosa pertama

Kan Adamnya yang Bersalah..

Kok “Semua Manusia” dibawa-bawa..??

..

Adam yang Salah.

Bukan saya.

..

Hubungan dengan Adam ya hubungan dengan Adam.

Apa ngaruhnya hubungan dengan Saya??

..

Apa-apan nih..???? =)

..

Salam.

@jelasenggak

Kamu katakan :

Sudah saya baca tulisan di posting #13.

Menurut saya Ngga ada tuh .

Coba kamu tulis di sini

Masa ssiiiiiieeehhhhhhh…????? =)

..

Baca tentang “Ayat-Ayat Kontradiksi” pada Posting tersebut.

..

Setelah itu baca yang Lain juga. -)

..

Dan Jawab.

..

Kamu ini.

..

Ya sudah lah.

..

Salam.

@All

Domba-domba..

Hehe..

Manusia kok disamain sama Domba.

Kok mau sih?? =p

..

Kan kita bukan binatang ternak..

Yang disuruh ke kiri..

Ayyooooo….

Disuruh ke kanan..

Ayyooooo….

..

Nurut aja Ngga Mikir-mikir. =)

..

Salam.

@imankristen #158

Cerita kamu tentang Nabi Muhammad itu.. =)

Hehe..

Kamu sudah Baca Al Qur’an belum..?

Kamu tau Azbabul Nuzul (Sebab-Sebab Turunnya Ayat Al Qur’an) ngga?

Kamu tau bagaimana kondisi tubuh Nabi saat menerima Ayat Al Qur’an ngga?

Karena kalo kamu tau hal-hal tersebut..

Kamu seharusnya Tidak Berpikir seperti itu.

Baca aja deh Al Qur’an.

Dan Bandingkan dengan Injil kamu.

Bandingkan Pilihan katanya.

Bandingkan Susunan kalimatnya.

Bandingkan Ketegasan dan Kelembutan kata-katanya.

..

Dan harap diingat..

Itu semua diucapkan oleh seorang Buta Huruf di antara Suku-suku Padang Pasir pada zaman Arab jahiliah dengan segala kekerasannya.

..

http://www.quranexplorer.com/quran

..

Salam.

@Nitt#133
Apa bisa saya simpulkan kalau bagi anda yang penting siapa yang ngomong. Mau isinya “bagus” atau “tidak” nggak masalah.
Gitu ya..?? Saya jadi ngeri nih…

Salam

@ All kris

Ada pertanyaan simpel saya di iman kristen tapi berhubung mang kris kebanyakan gaya bicaranya ala diplomat saya mau nanyakan disini ajah…….

Gini…….

Ini juga berhubungan dgn nyang laen sih……..

Kenapa Kristen Protestan tidak mengakui 7 Kitab tambahan yg ada di Kitab Katolik……??? jadi kita gak usah jauh2 dulu membandingkan dengan Al-Qur’an okehhh…..

Mohon dijawab……sungguh, sumpah saya gak tau kenapa, saya ingin jawaban yg lugas dan jelas, dan dak pake sayap…..

thanks

@irlander #167.

Kamu bertanya:
oooooo……jadi yg nggak makan babi, yang udah sunat, sama yg nggak suka teler dihakimi diakhirat dengan hukum taurat…..???????

—–

==>Bukan begitu maksudnya.

Dihakimi tidak sama dengan dihukum disini.

Kalau kamu memutuskan untuk hidup menggunakan hukum taurat, maka kamu harus mematuhi SEMUA larangan yang ada dalam hukum taurat itu. Ngga cuma sunat, ngga teler dan ngga makan babi.

Kalau kamu sudah sunat, ya baguslah. Berarti kamu tidak melanggar perintah taurat mengenai sunat.
Kalau kamu ngga suka teler, ya berarti kamu sudah mengikuti hukum taurat itu dan tidak akan dihukum.
Kalau kamu ngga makan babi, berarti kamu telah menjalankan hukum taurat itu.
Tapi jangan lupa,kamu juga harus melaksanakan perintah lainnya di hukum taurat (bukan cuman sunat, ngga makan babi, ngga teler).

Jadi bukan berarti hanya dengan ngga makan babi, sudah sunat, dan ngga teler, otomatis kamu akan masuk surga.
Masih ada larangan2 lainnya yang harus kamu ikuti, gitu lho.

Jadi disini kamu salah menangkap maksud saya itu.

salam.

@irlander #168

Kamu mengatakan:

@jelasnggak

Mas Dewo udah sunat loh…..kamu udah belum….??? kalo belum maaf…rajin2 bersihin kulupnya ya, nanti jadi penyakit

—-

===> yang ini kayaknya ngga usah saya bahas ya.
Karena ngga ada relevansinya gitu lho.

salam

173#nitt

Nitt…, mbok ya kalau membela kitab sucinya itu lihat pandangan secara umum saja. Saya tahu, bahwa di Alquran ada kalimat pedang (karakter Muhammad) dan kalimat yang halus (kutip dari Alkitab).

Namun sebaiknya kita jangan lihat dari pandangan kita terhadap kitab suci kita masing-masing dulu. Tapi secara sederhana saja:

1. Mana kitab yang diidentikkan dengan kekerasan/terorisme?
a. Alquran
b. Alkitab

2. Mana kitab yang sering diidentikan dengan ajaran Kasih?
a. Alquran
b. Alkitab

Kalau tukang kecap, tentu merasa kecapnya yang paling penting.

Kalau kedua kitab tersebut dibawa ke pengadilan untuk ditanya ke “otentikannya”, mana yang punya bukti-bukti kuat berupa saksi-saksi kuat. Pengadilan bisa menerima bukti-bukti dari saksi-saksi tersebut, pertanyaannya: siapakah yang punya? Kitab manakah yang ada saksinya ketika dituliskan?
a. Alquran
b. Alkitab

Salam.

Kebenaran Sejati

@irlander #169

kamu katakan :
Jadi cukup percaya Yesus, mau mabok2an sesukanya boleh to??? pantes kriminalitas sama kecelakaan lalulintas banyak terjadi di negara2 yg mayoritas menghalalkan apa yg disukai perut

===> kan saya sudah katakan. Ikut yesus dan menjalankan ajarannya.

———
Kamu tanya:
Yesus itu asalnya dari Yerusalem apa dari eropa sih….???

==>menurut alkitab, yesus berasal dari nasaret.

————–

Kamu berkata:

Pertanyaan sederhana lagi

Yang melaksanakan Hukum2 di Taurat sebelum Yesus lahir kira2 di akherat masuk neraka nggak…..???

===> Ya nanti saya telepon dulu deh ya…gimana?

salam

@nitt #170.

Kamu :

Kan Adamnya yang Bersalah..

Kok “Semua Manusia” dibawa-bawa..??

===> karena kamu keturunan adam.

Atau bukan?

salam

Tambahan untuk nitt…

“Ketika Yesus di baptis…, lalu turunlah Roh Kudus berbentuk burung merpati dan terdengarlah suara dari sorga… dst” Ini adalah cuplikan dari kitab injil. Apakah ada saksi yang melihat cerita itu? Ada, ribuan orang yang ikut dibaptis oleh Yohanes Pembaptis.

Yesus naik terangkat ke sorga, apakah ada saksinya? Ada, murid-murid Yesus melihat langsung.

Siapakah yang dipesembahkan oleh Abraham?
Alkitab menyatakan Ishak (diterbitkan 1500 BC),
Alquran menjawab Ismail (diterbitkan tahun 5000).
Total ada perbedaan 2000 tahun.
Kejadian Abraham itu terjadi sekitar tahun 1800 BC.
Mana yang lebih akurat ya?
Israel mempunyai konsep baca tulis dalam perkamen, sehingga sejarah Abraham masih tersimpan rapi ketika Musa menuliskannya pada abad 15 BC. Seluruh generasi Umat Perjanjian Allah itu bisa baca tulis, eh…, tiba-tiba diteruskan hingga abad ke 5 ke yang tidak bisa baca tulis??
Allah yang aneh kalau begitu.

Jadi setiap cerita di kitab suci itu harus ada pembuktiannya.

Salam.

@Nitt # 171.

Kamu ini aneh.

Kamu mengklaim ada pertentangan.

Saya tanya: dimana?

Kamu jawab : Di nomor #13.

Saya berkata : Menurut saya yang di #13 itu tidak ada masalah.

Kamu ngotot : ADA!

Saya tanya: ya yang mana, coba tulisin di sini.

Kenapa kamu bisa berkata itu adalah pertentangan.
Itu yang pokok.

Aneh deh.

Madsen Pirie lagi ?

wah.. wah..wah.

salam

@iman kristen.

Kayaknya tugas kita sebagai gembala dari domba-domba yang tersesat itu akan semakin susah yaa..

salam.

Tambahan untuk nitt…

Coba misalnya saja, Alquran itu ditiadakan isi mengenai Muhammad. Seluruh ucapan Muhammad dan para sahabat ditiadakan.

Bandingkan Alquran tersebut dengan Alkitab…, akan terlihat mirip sekali.
Baca “Alquran” tersebut dan baca Alkitab, lalu tanyalah: Siapakah Yesus itu? Pilih 1 dari antara 2:
a. Manusia biasa saja,
b. Anak yang dilahirkan oleh Roh Allah.

Salam.

Tambahan 182#imankristen

Alkitab punya sejarah penulisan perkamen,
Alquran punya sejarah menghapal,

Kok bisa ya, nabi yang meneruskan lebih bodoh dari yang sebelumnya? Kok bisa ya sejarah penulisan diganti ke penghapalan? Bahkan sampai abad inipun bangga dengan hapalannya… he he he (peace)…

Ada 2 kemungkinan:
1. Allah adalah Allah yang bodoh
2. Terjadi pemutarbalikan fakta.

Salam.

@imankristen

Ini Ayat Kasih? :

Numbers 31:17-18 (New International Version)
17 Now kill all the boys. And kill every woman who has slept with a man, 18 but save for yourselves every girl who has never slept with a man.

..

Dan bagaimana dengan ayat Hosea itu?

Yang nyuruh gilas-gilas itu??

..

Kalo kamu bilang “oh..yang ini Yahudi, Yang itu Kristen. Yahudi Keras, Kristen Lembut, PB menggenapi PL.

Padahal kamu tau Persis bahwa keduanya (PL dan PB) adalah Injil Yang Suci (kata kamu..)

Yah saya mau ngomong apa lagi kalo udah Diskusi gaya begini??

Salam.

@All

Al Qur’an menyampaikan Kabar Baik DAN Peringatan.

Ngga Percaya di Qur’an tertulis seperti itu??

Baca Sendiri deh ya..

Salam.

@imankristen

Kamu katakan :

Seluruh ucapan Muhammad dan para sahabat ditiadakan

Apa??

PANTESANNNN.

Kamu tuh TIDAK PERNAH Baca Al Qur’an ya????

..

2 Komentar.

1. Bagaimana bisa Ucapan Nabi ditiadakan? Kan yang menerima Wahyu Nabi. SEMUA Isi Al Qur’an adalah Ucapan Nabi yang berasal dari Wahyu Tuhan. Dicatat tidak lama setelah Nabi mengatakannya. Beda dengan Injil. =)

2. TIDAK ADA SATUPUN Ucapan para sahabat di Al Qur’an. Tidak Ada Satupun.

..

Makanya Suci.

..

Kamu ini banyak komentar tapi ngga tau apa-apa (bahkan hal dasar sekalipun) dari yang dikomentari.

..

Pantes.

..

Salam.

@jelasenggak

Kamu katakan :

Kamu :

Kan Adamnya yang Bersalah..

Kok “Semua Manusia” dibawa-bawa..??

===> karena kamu keturunan adam.

Atau bukan?

salam

Saya ngomong Kesalahan.

Eh kamu Ngomong Keturunan.

Nyambung Ngga tuh??

Kesalahan = Perbuatan.

Bayi berbuat apa Jel kok sampai Tuhan Tidak Mempunyai Hubungan Yang Sama lagi..

..

Lha yang salah Bapaknya kok..

Anaknya yang masih Bayi diikut-ikutin..

“Tuhan” tuh..? =)

..

Doktrin yang …. =)

..

Salam.

PS: coba deh, bela aja terus Doktrin kamu yang satu ini..saya mau tau sampai mana usaha kamu..mau tau kamu mau pake cara apa aja sih..hehe.. =)

@Kritiani

Gampang banget yah cari Kesalahan Agama (Ajaran, bukan Sejarah) kalian. =)

Tapi kalian keukeuuhhhhh aja.. Belaaaaaa terussshhhh…

..

Jangan jadi Domba lah. =)

..

Jangan jadi Binatang Ternak.

..

Salam.

@jelasenggak

Kamu katakan :

Kamu ngotot : ADA!

Perasaan saya ngga pernah mengatakan “ADA!” gitu deh.. =)

Seru banget. =)

Saya kan sudah katakan :

Baca tentang “Ayat-Ayat Kontradiksi” pada Posting tersebut

Sudah baca ‘Kontradiksi” ??

..

Tau arti “Kontradiksi” ngga?

Artinya “Pertentangan antara Satu Pernyataan dengan Pernyataan yang lain”

..

Cape deeh.

..

Salam.

@imankristen

Kamu katakan :

Alkitab punya sejarah penulisan perkamen,
Alquran punya sejarah menghapal

Huee??

Dihapal saja??

DICATAT juga man.

..

DICATAT.

DIBACAKAN KEPADA NABI.

DIHAPAL.

DISIMPAN.

DIBACA WAKTU SHOLAT WAJIB 5 WAKTU SETIAP HARI dan SHOLAT-SHOLAT SUNNAH serta DOA-DOA diantaranya.

OLEH BANYAK SEKALI ORANG.

..

Ngga Tau ya??

..

Udah ngga heran sih.

..

Salam.

@imankristen

Kamu pikir, Al Qur’an itu ditulis diam-diam ya??

Ngga ada yang lihat gitu ya..??

..

Kamu harus Belajar banyak banget man.

..

Ke Gramedia deh..

Atau yang lebih bagus lagi..

Coba ke Universitas Al Azhar Jakarta deh.

Coba bicarakan apa yang kamu ingin ketahui dengan Scholar di Universitas itu.

..

Salam.

@imankristen #182

Tentang John The Baptist ini..

..

Itu adalah link untuk National Geographic’s “Rivals Of Jesus”.

..

Salam.

@ nitt

lihat komen mang kris #186 rupanya setali tiga uang juga sama si jel…….keluar sifat aslinya hehehe……

Emang beda cara menjawab mereka sama kita2.

Kita argumen dgn nyebutin dari Pasal AQ dan dalam Injil komplit penjelasannya, tapi jawaban mereka terbang gak karu2an……..

jangan2 gara2 minum tuak campur lemak babi tuh…hihihi

Rasanya enak nggak, tapi mungkin minta dianggep jago mabok kali ya…..

Kenapa pertanyaan saya #175 gak ada yg berani nyenggol yah….!@#!$!@#

Salam

@irlander

Pertanyaan kamu ngga dijawab ya karena memang mereka juga ngga ngerti jawabnya gimana.

Mereka itu udah paham bahwa ada yang salah dengan ajaran agama mereka.

Tapi setiap kali ada pikiran itu melintas di otak mereka..

Mereka langsung mengalihkannya dengan fokus kepada Iman mereka.

Mereka terlalu takut untuk Berpikir diluar Iman tentang Agama mereka.

Salam.

@Kristian

Ada tanggapan mengenai video ini?

Di situ dikatakan bahwa Injil yang sekarang ini lebih kepada cerita fiksi.

Klik aja.

Oiya, saya pikir kamu akan kaget mengetahui siapa yang mengatakan ini.

Just watch. =)

Dan harap menonton sampai habis. =)

Salam.

@All

Mau tau contoh ayat-ayat yang serupa dengan ayat Hosea??

Salam.

To nitt

He he…, memang Alquran itu tidak ditulis oleh para sahabat, tapi maksudnya gini lho…,

Penafsiran Alquran itu ditentukan oleh tulisan para sahabat.

Mosok baca masud tulisan itu, gitu saja sulit sih…

Btw…, semua tulisan saya itu mohon direnungkan dengan baik. Semua video itu siapapun bisa buat termasuk yang kemarin itu heboh lho…., sampai-sampai intenet ke YouTobe di blokir segala. Yah itu kan ciri-ciri kekurang dewasaan.

Untuk menanggapi tulisan saya itu, saya persilahkan ke:
Kebenaran Sejati

Ini untuk terdisiplin. Topik post ini adalah: Salib Lambang Keselamatan.

Pada Kebenaran Sejati merupakan penulisan ulang dari beberapa komentar saya diatas.

Ditunggu.

Salam,

Kebenaran Sejati

Untuk admin agamaku.., tulisan saya ada yang termoderasi.
Thanks ya.

Salam.

Sebenarnya ini sudah saya diskusikan dengan rekan Kristiani dalam salah satu halaman diblog ini. Saya ingin tanggapan dari rekan kristiani yang masih yang masih ada di halaman ini dan juga dari rekan muslim.

Yaitu mengenai :

*Matius 2 : 13,14 dan 15

yang mencertitakan tentang bayi Yesus yang di bawa lari ke Mesir dan ini dikatakan itu adalah penggenapan firman Tuhan dimana Dia memanggil anaknya ke Mesir.

dan

*Lukas 2 : 21, 39

Yang menceritakan bayi Yesus yang berusia 8 hari disunat dan setelah itu dibawa ke Nazaret.

Salam

@imankristen

Kamu katakan :

Penafsiran Alquran itu ditentukan oleh tulisan para sahabat

Sekali lagi..

Kata Siapa????

..

Sahabat ya Sahabat.

..

Penafsiran Apa????

..

Kamu ternyata benar-benar Ngga Tau apa-apa tentang Islam.

..

Kamu katakan :

Semua video itu siapapun bisa buat

Iya.

Semua bisa buat.

Terus??

Apa hubungannya?

Hanya karena Semua bisa buat..

Maka menjadikan Isi Video itu Salah??

Jawab saja disini isi video itu kalo Ngga Setuju.

Mudah kan?

Gimana?

..

Salam.

@imankristen

Quraish Shihab melakukan Penafsiran ayat Al Qur’an loh..

Tau Quraish Shihab ngga?

Itu, mantan menteri Agama, ulama yang sering muncul di TV Indonesia.

Dia sampai Nulis buku segala sepertinya (Tafsir Al Misbah) tentang tafsir Ayat2 Al Qur’an tuh..

..

Dia memangnya Sahabat Nabi ya? =)

..

Salam.

@Irlander.

Tentang pertanyaan kamu nomor 175.

Bukan ngga ada yang jawab karena ngga bisa.
Tetapi,

1. Kamu bisa cari sendiri di google.
2. Itu bukan masalah yang esensial di sini.
3. Kalauy ada teman kristen protestan yang baca di sini, pasti dia akan menjawab.

salam.

ps. dari pada saya kasih tau jawabanya gini gitu, kamunya nanti malahan ngotot.

@nitt.

Saya ngomong Kesalahan.

Eh kamu Ngomong Keturunan.

Nyambung Ngga tuh??

Kesalahan = Perbuatan.

Bayi berbuat apa Jel kok sampai Tuhan Tidak Mempunyai Hubungan Yang Sama lagi..

==> pd baget ya jawabannya…

Saya tanya.

Kenapa adam di buang ke bumi?
Kenapa adam tidak tinggal terus di sorga?

salam.

@nitt #192

Artinya “Pertentangan antara Satu Pernyataan dengan Pernyataan yang lain”

..

Cape deeh.

==> iyaa…..

saya tidak melihat itu sebagai pertentangan.

Kalau kamu melihatnya sebagai pertentangan…
silahkan dituliskan disini… KENAPA nya?

salam.

murid madsen pirie, yang beginian ngga nangkep…
ck ck ck

@ all Muslim

Itu ..

Blog saya ngga ada yang datengin tuh…

Kasihan deh …

dulu ada yang nantang2 …. 1 on 1 lah ini lah itu lah..

entah takut atau apa ya…

ngga ngerti…

aneh gitu lho…

nantang…

akhirnya di jawab…

tapi diem aja…

salam

@irlander #196

Kamu berkata:

@ nitt

lihat komen mang kris #186 rupanya setali tiga uang juga sama si jel…….keluar sifat aslinya hehehe……

Emang beda cara menjawab mereka sama kita2.
.
.

jangan2 gara2 minum tuak campur lemak babi tuh…hihihi

Rasanya enak nggak, tapi mungkin minta dianggep jago mabok kali ya…..

==> Kamu Koq ngomongnya begitu sih….

Komen ImanKristen di #186 ngga ada hubungannya dengan apakah dia minum tuak campur lemak babi atau tidak.

Apa kamu mau ikut-ikut ngaku-ngaku sebagai murid madsen Pirie juga?
Soalnya, berdasarkan pengalaman, ada murid madsen pirie yang membenarkan hal-hal yang ngga nyambung macam begitu…
Jadi kalau kamu juga ngaku murid Madsen Pirie, yaa saya akan memaklumi perkataan kamu itu….( soalnya sama kelakuan dengan murid Madsen pirie yang lainnya itu ).

Salam.

@Jelasenggak

Kamu katakan :

Kenapa adam di buang ke bumi?
Kenapa adam tidak tinggal terus di sorga?

Kata Injil kamu karena ADAM bersalah ya? (kalo di Qur’an saya sih Adam DIMAAFKAN tuh sama Tuhan. Kan Tuhan Maha Pengasih..).

Note: Kata Kuncinya adalah “Adam”.

..

Dalam membahas ini jangan MELENCENG dari Kata Kunci.

..

Salam.

PS: pergi dulu ya..mau diajakin makan2 sama Adikku. =)

@nitt. #210.

Jelasnngak bertanya : “Kenapa adam tidak tinggal terus di sorga?”

Nitt: “kalo di Qur’an saya sih Adam DIMAAFKAN tuh sama Tuhan. Kan Tuhan Maha Pengasih.”

==> lain kali, kalo jawab dipikir dulu ya..

Kan kamu maunya di anggap seperti muridnya madsen pirie..

salam.

@nitt #210

Kamu katakan :

kalo di Qur’an saya sih Adam DIMAAFKAN tuh sama Tuhan. Kan Tuhan Maha Pengasih

Mau tanya.

Menurut kamu, kira-kira tuhan kamu itu maha adil ngga tuh?

Adam salah, di maafkan.
Setan salah, ngga di maafkan.

Kan setan sama adam sama-sama mahluk ciptaannya.

salam.

@jelasenggak

Jawab aja apa hubungannya “Bayi” dengan “Adam”??

Adam yang Salah..

Bayi ikut2an disalahin.

Kenapa?

Lucu Banget iman kamu. =)

Eh, bayar saya dong jel soalnya kemarin ada orang yang nyopet dompet saya (semua orang keturunan Adam kan? jadi yg nyopet saya itu sodara kamu..ganti rugi dong..) haha.. =)

Sekolah S1 dulu kali ya kamu biar bisa ngerti Bepikir dengan Benar.

Bisa? =)

Salam.

@nitt

Jelasnngak bertanya : “Kenapa adam tidak tinggal terus di sorga?”

Nitt: “kalo di Qur’an saya sih Adam DIMAAFKAN tuh sama Tuhan. Kan Tuhan Maha Pengasih.”

==> lain kali, kalo jawab dipikir dulu ya..

Kan kamu maunya di anggap seperti muridnya madsen pirie..

salam.

ps. Argument kamu jangan bikin malu gitu ah..

@nitt.

Kamu berkata:

Eh, bayar saya dong jel soalnya kemarin ada orang yang nyopet dompet saya (semua orang keturunan Adam kan? jadi yg nyopet saya itu sodara kamu..ganti rugi dong..) haha.. =)

===> Orang yang nyopet dompet kamu irrelevant di sini

Orang yang nyopet dompet kamu itu ngga ada hubungannya dengan dosa warisan ya.

Dosa warisan adalah hilangnya kekudusan manusia sehingga manusia tidak dapat lagi tinggal dengan Tuh@n di dalam surga.

Lagipula, kalau kamu sudah sepakat bahwa semua orang keturunan adam, berarti yang nyopet dompet kamu itu adalah saudara kamu juga. Kenapa saya disuruh ganti ya?
he he he…

Kayaknya pemikiran kamu tambah lama tambah asal-asalan nih..

Kan kamu maunya dianggep sebagai muridnya madsen pirie.. gimana kalau argument kamu mulai dirubah nitt, janga seperti itu lagi… malu-maluin lho…..

salam.

@nitt.

Itu nomor 212 belum dijawab tuh..

Ngga bisa ya?

Atau emang bener, tuhan yang kamu sembah itu tuhan yang BUKAN maha adil..

Pantesan…

salam.

@jelasngga

Kamu katakan :

Jelasnngak bertanya : “Kenapa adam tidak tinggal terus di sorga?”

Karena Adam makan buah terlarang. Tapi Dosa Adam sudah DIMAAFKAN. Ngerti? (kayanya sih ngga yah..hehe).

..

Dosa warisan adalah hilangnya kekudusan manusia sehingga manusia tidak dapat lagi tinggal dengan Tuh@n di dalam surga

Iya. Yang Menghasilkan ini :

“Semua Bayi Yang Lahir Di Dunia BERDOSA”.

Betul / Salah ??

Ngerti? (kayanya sih ngga yah, hehe..).

..

Copet adalah SALAH.

SEMUA Orang adalah Sodara Pencopet.

SEMUA ORANG SALAH.

Ngerti? (kayanya sih ngga yah, hehe..)

..

Lulus S1 dulu deh.

Mampu?

..

Salam.

@nitt #217

Jelasnggak: “Kenapa adam tidak tinggal terus di sorga?”
Nitten : “Karena Adam makan buah terlarang.”

nah gitu jawabnya. Pola pikir kamu sudah mulai terbentuk nitt. Good.

Sekarang.

Perhatikan jawaban saya ini:

Dosa warisan adalah hilangnya kekudusan manusia sehingga manusia tidak dapat lagi tinggal dengan Tuh@n di dalam surga

Adam tidak tinggal di surga karena adam sudah kehilangan kekudusannya.

Kita pun tinggal TIDAK di sorga. Karena kita adalah manusia keturunan adam.
Kalau kita tidak memiliki dosa warisan, kita akan langsung tinggal di sorga pada saat lahir.

Kecuali kalau kamu mau bilang kalau kau itu keturunan monyet yang berevolusi menjadi manusia.

PenCopet (analogi kamu yang berantakan itu) sudah memiliki dosa warisan. Karena dia keturunan adam dan dilahirkan di bumi.

Sudah jelas kan.?

————

Kamu :

Copet adalah SALAH.

SEMUA Orang adalah Sodara Pencopet.

SEMUA ORANG SALAH.

===> ha ha ha… makin berantakan nitt.. nitt…

Terus terang saya kasihan sama kamu. Cape-cape sekolah Sampai S2 cuman buat membuat pernyataan seperti ini gitu lho.

Ini lebih baik ngga usah saya bahas deh yaa…karena udah jelas-jelas ngga nyambung (kecuali kalau kamu ngotot minta saya ajarin/jelaskan)

ok.

salam

@muslim

itu BLOG saya (jelasnggak.wordpress.com) ngga ada yang lihat.

Kasihan deh blog itu…

Katanya dulu ada yang nantang-nantang 1 on 1…
Dimana saja, topik apa saja…

Sekarang kok di cuekin begitu sih ya.

Yahh kalau ngga berani 1 on 1, many on 1 juga ngga apa-apa lah…

Yang punya pendidikan, dari SMA sampai S3 juga saya persilahkan gitu lho….

salam.

@ALL Muslim.

Karena si nittenichiryu ngga bisa jawab, terpaksa saya tanyakan ke muslim yang lain, barang kali ada yang lulus S3.

Ini pertanyaan saya.

kalo di Qur’an Adam DIMAAFKAN tuh sama Tuhan, Kan Tuhan Maha Pengasih

Mau tanya.

Menurut kalian, kira-kira tuhan kalian itu maha adil ngga tuh?

Adam salah, di maafkan.
Setan salah, ngga di maafkan.

Kan setan sama adam sama-sama mahluk ciptaannya.

Ciri agama yang……….? Ben… ehem (batuk) arrrr..?

salam.

@jelasenggak

Adddduuuhhhhhh..

Gimana ya.

Gini.

Saya ini Nanya :

“Kenapa Bayi Berdosa?”

BUKAN :

“Apa definisi Dosa Turunan”.

Jawab saja Jel Pertanyaan saya :

“Kenapa Bayi Berdosa?”

..

Kamu katakan Tulisan ini Salah :

Copet adalah SALAH.

SEMUA Orang adalah Sodara Pencopet.

SEMUA ORANG SALAH

Kalo Tulisan ini Benar / Salah ? :

Adam adalah Berdosa.

SEMUA Bayi adalah Keturunan Adam.

SEMUA BAYI BERDOSA.

..

Jawab aja.

Ngga dijawab-jawab.

Kalo kamu ngga bisa jawab, berarti kamu mengakui Iman kamu Ngga Beres.

..

hiks..

..

Salam.

@jelasenggak

Kamu tanyakan :

Menurut kalian, kira-kira tuhan kalian itu maha adil ngga tuh?

Adam salah, di maafkan.
Setan salah, ngga di maafkan.

Kan setan sama adam sama-sama mahluk ciptaannya

Tidak ada Sesuatu Hal pun yang Tidak Diketahui Tuhan, Termasuk segala rencana Setan.

Setan Turun ke Dunia BUKAN karena Tidak Mendapat Maaf Tuhan jel..(ngga tau di agama kamu itu ya..hehe).

Setan turun ke Dunia karena memang sudah dikehendaki Tuhan seperti itu, untuk Menguji sejauhmana Muslim dapat Beriman / Bertakwa.

Bila Tuhan menghendaki, maka Semua Manusia dapat dibuat Patuh terhadap tuhan (ini disebutkan secara gamblang di Al Qur’an..).

Jadi bukannya karena Tuhan Tidak Memaafkan setan sehingga setan dikirim ke Dunia (btw, kamu dapat ide darimana Tuhan tidak memaafkan setan, atau Tuhan marah kepada setan sih??)

..

5 menit-an (termasuk buat nulisnya) =)

..

Salam.

@jelasenggak

Biar cepet ya.

Saya tanyakan :

“Kenapa Bayi Berdosa”

Kamu (most likely) akan jawab :

“Karena Adam berdosa, sehingga turun ke bumi. Dan karena Bayi juga ada di bumi, maka Bayi juga IKUT-IKUTAN ngerasain Dosa Adam”.

Gitu kan?? (cape deh ngejelasin gini aja ngga nyampe2..setelah kamu nyampe kesini, saya mau Nulis ini nih..)

Atau Salah? (haha..)

..

Pertanyaan saya (yang sebenarnya buat Selanjutnya, tp keburu lama deh..) adalah :

“Kalo Alasan Tuhan menurunkan Adam untuk Memberi Adam Hukuman (akibat dari Dosa), kenapa Bayi juga Dihukum??”

Jawab aja.

..

Salam.

@jelasenggak

Sebenarnya ada 1 jawaban yang kalo kamu udah mengemukakan jawaban itu..

Saya udah ngga bisa ngomong apa-apa.

(tapi yah pastinya jawaban itu jawaban Iman sih..seperti biasa..jadi tergantung kita aja menilai Iman / Ajaran kita itu Beres atau Ngga..hehe).

..

Salam.

PS: ayo jel..chayoooo (semangaaaatt..).. =)

@jelasenggak

Blog kamu itu..

http://www.jelasenggak.wordpress.com

Ngga Ada.

(Sebenernya saya males sih nulis ini..tp yah drpd kamu Ngemeng terus..hehe)

..

Salam.

@nitt #221.

waduh terus terang saya ngga tau lagi harus jelasin gimana ke kamu.

Hhhh…

Coba yang ini deh yaa… (mudah-mudahan)

Definisi Dosa menurut kamu itu apa sih?

Pasti berbuat kejahatan seperti mencopet, rampok dll. Gitu ya nitt?

Sehingga bayi yang ngga pernah melakukan hal2 semacam itu kamu anggap tidak pernah melakukan dosa.

Gitu?

Hhh

Saya tuliskan lagi APA ITU dosa turunan ya, semoga jelas.

****Dosa warisan adalah hilangnya kekudusan manusia sehingga manusia tidak dapat lagi tinggal dengan Tuh@n di dalam surga *****

Jelas?

Karena satu orang (orang pertama, yaitu adam) berdosa, maka hilanglah sudah kekudusan manusia adam itu. Jadi seluruh turunan si adam juga ikutan terkena dosa itu (kehilangan kekudusan itu)

Kalau pas (misalnya) si encim (yaitu turunan, misalnya, ke 1 juta dari adam) yang melakukan dosa, maka adam masih ada di surga, dan mulai dari turunan si encim itualah yang tinggal di bumi.

Jelas?

Mudah-mudahan…

salam

@nitt #222

Kan saya tanya:

Menurut kalian, kira-kira tuhan kalian itu maha adil ngga tuh?

Adam salah, di maafkan.
Setan salah, ngga di maafkan.

Kan setan sama adam sama-sama mahluk ciptaannya

Sederhana kan pertanyaan saya?

Adil.

Atau.

Tidak.

Siapa yang nanya setan turun kedunia dst.?

aneh-aneh.

Oke deh.

Ngga apa-apa..

Yang ini saya lupain.

MUlai dari awal lagi ya.

Silahkan jawab pertanyaan saya itu?

salam.

@nitt

Kamu:

Kalo Tulisan ini Benar / Salah ? :

Adam adalah Berdosa.

SEMUA Bayi adalah Keturunan Adam.

SEMUA BAYI BERDOSA.

===> Jawabnya adalah : BENAR.

Tapi kamu harus bedakan antara Dosa: mencopet, merampok dan membunuh

dengan dosa yang dimaksud dalam “dosa turunan”

Ok?

Bayi yang berdosa itu bukan bayi yang melakukan pencopetan, pembunuhan dst.
Tapi berdosa karena turunan dari manusia yang telah kehilangan kekudusannya.

Jelas?

——

Sekarang.

Mengenai analogi yang ini:

Copet adalah SALAH.

SEMUA Orang adalah Sodara Pencopet.

SEMUA ORANG SALAH

==> salahnya dimana ya?

Sodara TIDAK SAMA dengan Keturunan.
Coba ganti kata “sodara” dengan “keturunan”..

jelas ngga ya? apa masih mau ngotot seperti yang sudah-sudah?

salam.

salam.

@nitt 225.

Jangan panas gitu dong nitt. he he he..

Blog saya ngga pakai www nit…

ha ha ha (pokur-pokur nih…)

salam.

ps. Mungkin kamu mau ajak irlander, pandora, sama izza, biar sekalian saya jawabnya, gimana?

Sdr. Nitt.

Blognya jelasenggak ada di :

http://jelasenggak.wordpress.com/2008/02/11/3-hari-3-malam-yesus-ada-di-kubur/#comment-11

Memang agak konyol pencarian yang saya lakukan, tapi itulah hasilnya.

Selamat ber 1 on 1

Salam

kristiani,

Kamu katakan bahwa bayi berdosa karena *dosa turunan*. dan bukanlah karena dosa mencopet, membunuh dll.

Apakah dengan begitu, bayi yang dilahirkan, kemudian mati sebelum dibaptis dia tetap membawa dosa turunannya tersebut dan dimana pula tempatnya ? di sorga atau di neraka ?

Sdr. Nitt,

Blognya jelasenggak memang misterius, setelah saya kembali mencarinya sesuai posting saya no. 230, blog itu tidak dapat hadir.

Coba yang satu ini :

http://jelasenggak.wordpress.com/2008/02/3-hari-3-malam-yesus-ada-di-kubur/

Kalau tidak juga bisa dibuka yang, ya biarkan saja.

PS : saya sudah berkunjung kesitu.

@pandora.

Blog saya :

Cukup gampang kok.

Ketik saja :

Jelasnggak.wordpress.com

Pasti ketemu.

memang ngga sebagus blog ini. (maklum masih belajar nge blog)

salam.

To, yang mau 1 on 1

Kalau seru…, saya akan kasih komentar-komentar pencerahan disana.

Padora, link anda itu kurang tepat.

jelasnggak.wordpress.com, bukannya jelasenggak.wordpress.com

ada beda e

Salam.

Kristiani,

Kemaren saya berkunjung ke Blognya jelasnggak (3 hari 3 malam yesus didalam kubur), setelah send, posting tersebut tampil dengan sempurna. Tapi semalam dan pagi ini posting tersebut tidak lagi ada tampil disana. Mohon penjelasannya.

@jelasenggak

Kamu katakan :

===> Jawabnya adalah : BENAR.

Tapi kamu harus bedakan antara Dosa: mencopet, merampok dan membunuh

dengan dosa yang dimaksud dalam “dosa turunan”

Ok?

Bayi yang berdosa itu bukan bayi yang melakukan pencopetan, pembunuhan dst.
Tapi BERDOSA karena TURUNAN dari manusia yang telah kehilangan kekudusannya.

Jelas?

Jelas Buanget.

Makanya saya bingung kenapa ada Iman seperti itu. =)

..

Perhatikan kata yang sengaja saya rubah ke huruf KAPITAL dalam kutipan posting kamu itu.

..

Saya diajarkan bahwa hanya karena seorang Bayi lahir dari seseorang yang Berdosa..

TIDAK membuat bayi itu BERDOSA (kehilangan kekudusannya)

Semua Bayi adalah KUDUS.

..

Gini deh..

Agar memperjelas Konsep Dosa Turunan kamu..

Pertanyaan saya :

“Bila Jesus TIDAK DATANG ke Bumi, Apakah Bayi yang Meninggal begitu dilahirkan BERDOSA?”

..

Jawab ini.

Saya pikir ini dapat Memperjelas konsep Dosa Turunan kamu itu.

..

Salam.

@jelasnggak

Maksudnya ngga pake www????

Kamu tulis “www” dengan tulis “http” atau kamu tulis “alamat situsnya langsung” SAMA aja jel.

Hhahahahahha… =)

..

Saya ngga panas kookk.. =)

Mungkin yang Panas itu yang Nulis kata “Salam”nya sampe 2x.

Hehe.

..

Salam.

@jelasenggak

Kamu tanya kan nih :

Menurut kalian, kira-kira tuhan kalian itu maha adil ngga tuh?

Adam salah, di maafkan.
Setan salah, ngga di maafkan.

Kan setan sama adam sama-sama mahluk ciptaannya

Ini jawaban saya di #222 itu :

Tidak ada Sesuatu Hal pun yang Tidak Diketahui Tuhan, Termasuk segala rencana Setan.

Setan Turun ke Dunia BUKAN karena Tidak Mendapat Maaf Tuhan jel..(ngga tau di agama kamu itu ya..hehe).

Setan turun ke Dunia karena memang sudah dikehendaki Tuhan seperti itu, untuk Menguji sejauhmana Muslim dapat Beriman / Bertakwa.

Bila Tuhan menghendaki, maka Semua Manusia dapat dibuat Patuh terhadap tuhan (ini disebutkan secara gamblang di Al Qur’an..).

Jadi bukannya karena Tuhan Tidak Memaafkan setan sehingga setan dikirim ke Dunia (btw, kamu dapat ide darimana Tuhan tidak memaafkan setan, atau Tuhan marah kepada setan sih??)

BACA paragraf pertama & paragraf terakhir (yang dalam kurung).

Buru-buru aja sihh. =)

Tenang aja Jel.

Tenang. =)

..

Udah dijawab kok nanya lagi..hehe

..

Tapi..

Ngerti ngga yyyaaaaaaa???? =)

(kayanya sih ngga yah, hehe..)

..

Salam.

@nitt 238

Pertanyaan saya:

tuhan kalian itu maha adil ngga.

jawab IYA atau TIDAK.

Bukan “kecapnya yang banyak bang”

he he he…

salam.

@nitt.

Kamu tulis “www” dengan tulis “http” atau kamu tulis “alamat situsnya langsung” SAMA aja jel.

Ya udah, sekarang.

tulis saja di browser kamu itu : jelasnggak.wordpress.com.

Gampang kan?

salam.

ps. hati boleh panas, pikiran harus dingin nitt.

@nitt.

kamu :
Pertanyaan saya :

“Bila Jesus TIDAK DATANG ke Bumi, Apakah Bayi yang Meninggal begitu dilahirkan BERDOSA?”

———————–

jawab : Berdosa.

———————————————
Kamu Berkata:
Saya diajarkan bahwa hanya karena seorang Bayi lahir dari seseorang yang Berdosa..

TIDAK membuat bayi itu BERDOSA (kehilangan kekudusannya)

Semua Bayi adalah KUDUS

===> hi hi hi..
Jadi kamu maunya saya ngikutin doktrin kamu yang itu ya?

Kamu nanya, saya jawab, kenapa kamu kemudian bilang “kalau di saya..”

aneh-aneh…

salam.

waduh..

emang bener..
banyak yang menghujat Yesus tapi..
udah emang dinubuatin kayak gitu paling..

tapi dengan mati di kayu salib..
itu udah memberi kita keselamatan..
coba kalo gak??
bakalan masuk neraka kita???

TO JELASNGAK

(Yesus yang ada di islam adalah yesus yang sama.
Cuman…
Kaum muslim pada saat itu malu untuk mengakui bahwa yesus itu mati disalib. Itulah sebabnya mereka menuliskan bahwa yesus TIDAK mati di salib.(disini muslim membelokkan sejarah – walaupun maksudnya baik)

hey cuy hati2 dunk kl ngomong…
bkn nya km malu, tu emang knyataan gitukan dia mati bknna d salib, tp d angkat ke langit ama Allah n akn dtg ke dunia kembali dan tidak sebagai nabi melain kan sebagai pemimpin umat islam, dan ia akan membunuh dajjal dan pengikutna n pd waktu tu ia akn shalat n menjadi imam dlm shalat tu.

btw kalo g da penebusan dosa gi mn dunk…?
berarti pd msk neraka dunk…?

berati umat kristiani hrs berterimakasih kpd Yudas, karena dia telah berkhianat kpd Yesus n hrs berterima ksh jg ama gebernur jendral roma…
kalo g da mereka apakah Yesus bkln d salib…?

n kalo Yesus g d salib maka g da dunk yg nm ny penebusan dosa, yach kan……………..????????????
cpt d bls yach……??????

@Harizal.

Kalo Yesus ngga mati di salib, ngga ada yang namanya penebusan dosa, tanya kamu.

Betul itu.

Penebusan dosa oleh Yesus adalah HAL TERPENTING dalam kepercayaan kristiani.

Kalo ngga percaya Yesus Mati di salib, ya ngga ada penebusan dosa.

Artinya ya kamu harus berusaha sendiri buat masuk surga.

Berbuat baiiikkkkk terus selama hidup.

Inget ya. Untuk masuk surga, manusia harus kudus. TAK TERCELA setitikpun.

ibarat melewati rabut yang dibelah tujuh…. he he he…

Bisa ngga kamu begitu.

Ngga ada itu namanya sistem timbangan .

————————

Karena satu manusia berdosa (adam), maka semua manusia binasa.
Karena satu manusia taat sampai mati (Yesus), semua manusia diselamatkan.

Bacalah ! IQra!

1 Korintus 15:20-22:

“Tetapi yang benar ialah, bahawa Kristus telah dibangkitkan dari antara orang mati, sebagai yang sulung dari orang-orang yang telah meninggal. Sebab sama seperti maut datang karena satu orang manusia, demikian juga kebangkitan orang mati datang karena satu orang manusia.Karena sama seperti semua orang mati dalam persekutuan dengan Adam, demikian pula semua orang akan dihidupkan kembali dalam persekutuan dengan Kristus.”

Roma 5:12 menulis:

“Sebab itu, sama seperti dosa telah masuk ke dalam dunia oleh satu orang, dan oleh dosa itu juga maut, demikianlah maut telah menjalar kepada semua orang, karena semua orang telah berbuat dosa.”

Salam damai

berarti anda melaggar isi kitab anda sendiri dunk yg isi ny:

Ketika Yesus melihat hal itu, Ia marah dan berkata kepada mereka: “Biarkan anak-anak itu datang kepada-Ku, jangan menghalang-halangi mereka, sebab orang-orang yang seperti itulah yang empunya Kerajaan Allah. (Markus 10:14)

Orang yang berbuat dosa, itu yang harus mati. Anak tidak akan turut menanggung kesalahan ayahnya dan ayah tidak akan turut menanggung kesalahan anaknya. Orang benar akan menerima berkat kebenarannya, dan kefasikan orang fasik akan tertanggung atasnya. (Yehezkiel 18:20)

dri ayat pertama dan ke-2 jls skli bahwa dlm ajaran Yesus (Isa) g da yg nm ny dosa turunan. coba anda pahami ayat ini….

@harizal Prima.

Kamu menuliskan :

Ketika Yesus melihat hal itu, Ia marah dan berkata kepada mereka: “Biarkan anak-anak itu datang kepada-Ku, jangan menghalang-halangi mereka, sebab orang-orang yang seperti itulah yang empunya Kerajaan Allah. (Markus 10:14)

Ayat itu mengajarkan agar kita sebagai manusia berkelakuan seperti anak kecil.
Tau ngga kelakuan anak kecil itu gimana..?

POLOS.

Dijahatin diem aja, di ledekin diem aja, ngga ada prasangka, ngga ada dendam, ngga ada iri, ngga ada marah dll.

Nah.
Lewat ayat itu tuh Yesus berpesan agar kita hidup seperti anak kecil.

“Orang-orang yang seperti itu lah…dst..” itu artinya.

—————————

Kamu menulis :

Orang yang berbuat dosa, itu yang harus mati. Anak tidak akan turut menanggung kesalahan ayahnya dan ayah tidak akan turut menanggung kesalahan anaknya. Orang benar akan menerima berkat kebenarannya, dan kefasikan orang fasik akan tertanggung atasnya. (Yehezkiel 18:20)

Yang pertama sekali saya mau ngasih tau kamu. Yehezkiel itu perjanjian Lama mas.

Oke sekarang.
Kembali ke laptop.

Yang dimaksudkan ayat yehezkiel ini adalah dosa akibat perbuatan manusia.

Dosa jenis ini berbeda dengan dosa warisan.

Dosa warisan adalah dosa karena CiptaanNYA yang bernama manusia ini telah kehilangan KEKUDUSANNYA.
Untuk hidup dengan Tuh@n, Manusia haruslah Kudus.

Nah karena udah hilang kekudusannya (adam melakukan dosa) maka kita tidak layak lagi untuk tinggal bersamaNYA.

itu bedanya.

salam

brarti scra pikiran nya pun hrs sprti anak2m dunk…..?

kpn dwasanya bu……..???

berarti ayat yg ke-2 g berlaku dunk…..
jd utk apa d simpan d dlm kitab anda……..?

loh kok gt…..? jd hrs meninggalkan adam bgitu saja……?

truz klo adam g d ciptain berarti g da dunk kita………..

tega bgt tuhan g mau maafin adam……….
hnya krna memlakukan kesalahan seperti itu………

@harizalprima

> brarti scra pikiran nya pun hrs sprti anak2m dunk…..?
kpn dwasanya bu……..???

Anda pernah dengar tdk kalau masa kanak2 merupakan masa2 yang bagus untuk membentuk kepribadian seseorang kedepannya? Termasuk salah satu masa penentu seseorang. Seperti misalnya, bukankah lebih baik mengajari seseorang bermain piano, balet, dll (misalnya) pada masa kanak2? mengapa coba? Karena kepribadian, pola pikir, dll lebih mudah dibentuk pada usia segitu. coba aja anda belajar piano setelah beranjak dewasa. anda pasti merasa kesusahan. Atau coba anda diajarin sopan santun & tata krama ketika sudah dewasa, pasti susahnya minta ampun. hal2 seperti itu harus sudah dipupuk dari awal.

Itulah makanya Yesus berkata begitu. Karena selain polos, anak2 lebih mudah untuk diajarin & diarahkan. Biar tdk keras hati kalau diajarin ketika sudah berusia dewasa. Kalau begitu bukan kah wajar kalau Yesus mengambil kesimpulan seperti itu? Anda ini aneh.

> berarti ayat yg ke-2 g berlaku dunk…..
jd utk apa d simpan d dlm kitab anda……..?

tidak penting kan menurut anda. Tuhan punya rencana & Dia enggan berbagi & memberi tahu kepada anda. Urusan menempatkan atau tidaknya sebuah ayat itu kuasa Tuhan yg nentuin. Kalau tidak perlu, ngapain Tuhan membimbing orang2 pilihanNya untuk menuliskan hal itu? tulis aja novel anda sendiri. biar orang bisa memberitahu mana yg harus dibuang.

> loh kok gt…..? jd hrs meninggalkan adam bgitu saja……?

justru adam yg memilih untuk ikut memakan buah terlarang itu (setelah memakannya, mereka jadi seperti Tuhan dalam artian tahu mana yg baik & tahu mana yg buruk. Singkat kata akhirnya mereka berkenalan dengan dosa). Kalau melanggar perintah Tuhan, ya harus tanggung konsekuensinya donk (diusir dari taman eden). Selain itu mereka juga dijauhkan Tuhan dari buah yg satu lagi supaya mereka tidak bisa hidup selamanya (alias bisa mati). Baca lagi deh. Pada hari penghakiman, jika anda sukses sampai ke surga (ini jika lho. jangan senang dulu), anda akan hidup abadi & tidak mengenal kata mati lagi.

> truz klo adam g d ciptain berarti g da dunk kita………..

Maksud anda apaan? Adam & Hawa kan pada akhirnya bisa mati alias tidak abadi? apa hubungannya dengan kelanjutan keturunan mereka? Anda sengaja membodohin diri anda sendiri ya?

> tega bgt tuhan g mau maafin adam……….
hnya krna memlakukan kesalahan seperti itu………

Jangan melucu deh. saya lagi tdk pengen tertawa hari ini. Tapi untuk anda gpp deh. saya akan tetap tertawa : Wakakakakakakak.

God bless.

mengapa anda ketawa…

secara logis adam n hawa adalah manusia pertama, yg menurut anda tinggalna d Eden, benerkan…..?
tp apakah memangnya Tuhan menciptakan adam hanya untuk tinggal d Eden, tentu tidak, karena sesungguhnya Tuhan menciptakan adam untuk mengurusi bumi ini (Khalifa), so walau pun adam tdk makan buah itu, toh Tuhan tetap menyuruhna turun ke bumi kok…

seandainya adam tdk d turunkan ke bumi, apakah anda akan ada d bumi ini……………?

@harizalprima

> mengapa anda ketawa…

tidak mengerti dengan ketololan anda.

> secara logis adam n hawa adalah manusia pertama, yg menurut anda tinggalna d Eden, benerkan…..?

ya.

> tp apakah memangnya Tuhan menciptakan adam hanya untuk tinggal d Eden, tentu tidak,

pada awalnya mereka ditempatkan di taman eden. karena mereka berbuat dosa (melanggar perintah Tuhan) makanya mereka diusir. dan ini versi Alkitab. apa hubungannya dengan bantahan saya sebelumnya? taman eden digambarkan bagus, baik, dll. setelah diusir, tanah yg mereka tempatin luar biasa buruk. adam harus bersusah payah mengusahakannya, dll. sementara sebelumnya di taman Eden kehidupan mereka enak dan tidak perlu bersusah payah gitu.

> karena sesungguhnya Tuhan menciptakan adam untuk mengurusi bumi ini (Khalifa), so walau pun adam tdk makan buah itu, toh Tuhan tetap menyuruhna turun ke bumi kok…

begini aja deh, samakan persepsi dulu. menurut anda taman Eden itu ada dimana?

> seandainya adam tdk d turunkan ke bumi, apakah anda akan ada d bumi ini……………?

ini aku tanya. menurut anda sendiri taman Eden itu ada dimana? menurut saya, pertanyaan anda ini tak ada hubungannya dengan bantahan saya kemarin. saya bicara akibat dosa, mereka harus mati (tidak abadi) dan harus jauh dari taman eden. anda bicara seandainya tidak diturunkan ke bumi. bukankah itu aneh?

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Stat

Blog Stats

  • 331,258 hits
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: